Istilah Enkulturasi dalam Pembelajaran

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

29 April 2024, 14.17

Themantic Education

Teman sebaya, orang dewasa lainnya, dan orang tua adalah beberapa kekuatan yang membatasi, membimbing, atau membentuk seseorang selama proses ini—baik disengaja atau tidak. Enkulturasi mengarah pada kemahiran dalam bahasa, adat istiadat, dan nilai-nilai budaya jika efektif. Setiap orang mengalami enkulturasi dengan caranya sendiri yang unik seiring mereka tumbuh dewasa. Enkulturasi membantu mengubah seseorang menjadi warga negara yang terhormat. Disadari atau tidak, budaya mempengaruhi segala sesuatu yang mereka lakukan. Enkulturasi adalah proses mendarah daging yang menyatukan orang-orang. Aspek-aspek tertentu dari suatu budaya, seperti keyakinan inti, sikap, sudut pandang, dan metode membesarkan anak, tidak pernah berubah. Toleransi difasilitasi oleh enkulturasi dan penting untuk hidup bersama yang harmonis.

Pengertian sosialisasi, yang merupakan dasar kajian sosiologi, terkait erat dengan proses enkulturasi, yang paling sering dikaji dalam mata pelajaran antropologi. Keduanya pada hakikatnya menjelaskan bagaimana seseorang menyesuaikan diri dengan suatu kelompok sosial dengan mengambil norma-norma, nilai-nilai, dan konsep-konsep kelompok tersebut. Dalam beberapa bidang studi, sosialisasi menunjukkan pembentukan pribadi yang disengaja. Oleh karena itu, frasa tersebut dapat merujuk pada enkulturasi yang disengaja dan tidak disengaja.

Mempelajari dan mengasimilasi budaya tidak selalu harus melalui proses sosial, disengaja, atau langsung. Meskipun ada banyak cara untuk menyebarkan budaya, pendekatan sosial yang paling populer mencakup observasi sosial, pengajaran, dan penerimaan instruksi. Teknik yang kurang jelas mencakup transmisi dan adaptasi budaya lintas peradaban, seperti mempelajari budaya seseorang melalui media, lingkungan informasi, dan berbagai teknologi sosial. Ekspansi budaya hip-hop ke negara bagian dan komunitas di luar asal Amerika adalah ilustrasi utama dari hal ini.

Beberapa literatur akademis menyebut enkulturasi sebagai akulturasi. Namun tulisan yang lebih baru menunjukkan bahwa keduanya memiliki arti yang berbeda. Akulturasi mengacu pada perolehan budaya baru, seperti budaya tuan rumah, sedangkan enkulturasi mewakili proses mempelajari budaya sendiri. Yang terakhir ini dikaitkan dengan konsep kejutan budaya, yang mencirikan disonansi emosional yang tiba-tiba antara rangsangan budaya yang familiar dan asing.

Sosiolog terkenal Talcott Parsons menyebut anak-anak sebagai "orang barbar" karena mereka tidak memiliki budaya pada intinya. Harry Collins, seorang sosiolog sains, menggunakan kata "enkulturasi" untuk mencirikan model pertukaran informasi ilmiah di kalangan ilmuwan, membedakannya dari metode komunikasi "algoritmik".

Kaum minoritas mungkin sepenuhnya mengidentifikasikan diri dengan warisan ras mereka setibanya di Amerika Serikat sebelum memulai proses enkulturasi. Banyak proses yang dapat mengarah pada enkulturasi. Pendidikan langsung adalah ketika anggota keluarga, guru, atau anggota masyarakat lainnya dengan jelas menunjukkan kepada Anda keyakinan, nilai, atau standar perilaku tertentu yang diharapkan. Mengajari anak-anak perilaku yang sesuai dengan budaya mereka, seperti tata krama makan dan beberapa aspek interaksi sosial yang sopan, mungkin merupakan tanggung jawab penting orang tua. Pendidikan keluarga dan sosial yang ketat, yang seringkali menggunakan berbagai teknik penguatan positif dan negatif untuk membentuk perilaku, dapat menyebabkan seseorang berpegang teguh pada keyakinan dan praktik agamanya. Sekolah juga menyediakan lingkungan resmi untuk mengajarkan prinsip-prinsip nasional, seperti menghormati bendera, lagu kebangsaan, dan simbol patriotisme penting lainnya.

Orang terlibat dalam pembelajaran aktif ketika mereka secara aktif terlibat dengan lingkungan dan budayanya. Mereka memahami norma-norma sosiokultural setempat melalui partisipasi mereka dalam kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, dan mereka bahkan mungkin memiliki sifat dan cita-cita yang serupa. Salah satu cara untuk membantu menanamkan manfaat kepedulian terhadap lingkungan dan melindungi alam adalah dengan merencanakan acara pengumpulan sampah di taman umum di sekolah Anda. Tradisi yang ketat sering kali sangat menekankan pembelajaran interaktif; anak-anak yang ikut menyanyikan mazmur Natal, misalnya, akan menyerap tradisi dan ciri-ciri hari raya.

Ketika sebagian besar informasi diperoleh melalui melihat dan menyalin orang lain, ini dikenal sebagai pembelajaran observasional. Bahkan jika seseorang yang dekat dengan model percaya bahwa mengikuti arahan model akan membawa hasil positif dan yakin bahwa mereka mampu meniru perilaku tersebut, pembelajaran tetap dapat terjadi tanpa adanya panduan yang jelas. Misalnya, seorang anak yang cukup beruntung dilahirkan dalam hubungan penuh kasih sayang dengan walinya akan belajar bagaimana menjadi peka dan penuh perhatian dalam hubungan mereka di masa depan.

Sumber:

https://en.wikipedia.org