Integrasi Vertikal, Apakah Sama dengan Ekspansi Vertikal?

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

26 Februari 2024, 01.02

Diagram Integrasi Horizontal - Wikipedia

Dalam dunia mikroekonomi, manajemen, dan ekonomi politik internasional, integrasi vertikal merupakan tatanan di mana rantai pasokan suatu perusahaan terintegrasi dan dimiliki oleh perusahaan tersebut. Setiap anggota rantai pasokan umumnya memproduksi produk atau layanan berbeda yang, ketika digabungkan, memuaskan kebutuhan bersama. Ini berbeda dengan integrasi horizontal, di mana perusahaan memproduksi beberapa item yang saling terkait. Konsep integrasi vertikal juga mencakup gaya manajemen yang membawa sebagian besar rantai pasokan tidak hanya menjadi milik bersama tetapi juga menjadi satu korporasi (seperti pada tahun 1920-an ketika Ford River Rouge Complex mulai memproduksi sebagian besar baja sendiri daripada membelinya dari pemasok).

Integrasi vertikal dapat diinginkan karena mengamankan pasokan yang diperlukan oleh perusahaan untuk memproduksi produknya dan pasar yang diperlukan untuk menjual produk tersebut. Namun, dapat menjadi tidak diinginkan ketika tindakan perusahaan menjadi anti kompetitif dan menghambat persaingan bebas di pasar terbuka. Integrasi vertikal menjadi salah satu cara mengatasi masalah pemerasan. Monopoli yang dihasilkan melalui integrasi vertikal disebut sebagai monopoli vertikal: konsep vertikal dalam rantai pasokan mengukur sejauh mana suatu perusahaan dari konsumen akhir; misalnya, perusahaan yang menjual langsung kepada konsumen memiliki posisi vertikal 0, perusahaan yang menyuplai perusahaan ini memiliki posisi vertikal 1, dan seterusnya.

 

Integrasi vertikal pun sering dikaitkan dengan ekspansi vertikal, yang dalam konteks ekonomi adalah pertumbuhan suatu bisnis melalui akuisisi perusahaan yang memproduksi barang antara yang dibutuhkan oleh bisnis atau membantu memasarkan dan mendistribusikan produknya. Ekspansi ini diinginkan karena mengamankan pasokan yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk memproduksi produknya dan pasar yang diperlukan untuk menjual produk tersebut. Ekspansi semacam itu dapat menjadi tidak diinginkan ketika tindakan perusahaan menjadi anti kompetitif dan menghambat persaingan bebas di pasar terbuka.

Hasilnya adalah bisnis yang lebih efisien dengan biaya lebih rendah dan lebih banyak keuntungan. Di sisi yang tidak diinginkan, ketika ekspansi vertikal menuju kendali monopoli atas suatu produk atau layanan, tindakan regulatif mungkin diperlukan untuk mengoreksi perilaku anti kompetitif. Terkait dengan ekspansi vertikal adalah ekspansi lateral, yaitu pertumbuhan suatu bisnis melalui akuisisi perusahaan serupa, dengan harapan mencapai efisiensi skala.

Ekspansi vertikal juga dikenal sebagai akuisisi vertikal. Ekspansi atau akuisisi vertikal juga dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan dan mendapatkan kekuatan pasar. Akuisisi DirecTV oleh News Corporation adalah contoh ekspansi vertikal maju atau akuisisi. DirecTV adalah perusahaan TV satelit yang memungkinkan News Corporation mendistribusikan lebih banyak kontennya: berita, film, dan acara televisi. Akuisisi NBC oleh Comcast adalah contoh dari integrasi vertikal mundur. Misalnya, di Amerika Serikat, melindungi masyarakat dari monopoli komunikasi yang dapat dibangun dengan cara ini adalah salah satu misi Federal Communications Commission.

Penemuan para sarjana menunjukkan bahwa pengurangan ketidakefisienan yang disebabkan oleh rantai nilai vertikal pasar termasuk harga downstream, markup ganda dapat dibatalkan dengan integrasi vertikal. Penerapan dalam lingkungan yang lebih kompleks dapat membantu perusahaan mengatasi kegagalan pasar (pasar dengan biaya transaksi tinggi atau aset spesifik). Para sarjana juga mengidentifikasi potensi risiko dan batasan yang mungkin terjadi dalam integrasi vertikal, termasuk potensi pesaing, peningkatan kolusi horizontal, dan pengembangan hambatan masuk. Meskipun masih diperdebatkan apakah efisiensi yang diharapkan dari integrasi vertikal dapat menyebabkan kerugian kompetitif bagi pasar, beberapa menyimpulkan bahwa dalam banyak kasus, efisiensi tersebut lebih besar daripada risiko potensial.

Disadur dari https://en.wikipedia.org/wiki/Vertical_integration