Institut Teknologi Sumatera: Perkembangan Program Studi dan Kontribusinya dalam Pendidikan Teknologi di Indonesia

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

13 Maret 2024, 13.38

Sumber: id.wikipedia.org

Institut Teknologi Sumatera yang disingkat ITERA adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di wilayah Lampung Pulau Sumatera. Wilayahnya berada di antara wilayah Lampung Selatan dan kota Bandar Lampung. ITERA ditandatangani oleh Presiden Republik Indonesia, Prof. dokter H. Susilo Bambang Yudhoyono, M.A. Disetujui 6 Oktober 2014, diterbitkan 9 Oktober 2014. Walaupun peresmiannya dilaksanakan pada 2014, tetapi ITERA sudah memulai kegiatan akademik dengan menerima mahasiswa baru sejak 2012-2013. Selain ITB dan ITS, dengan dibukanya ITERA dan ITK, maka pemerintah Indonesia memiliki empat institut teknologi.

Sejarah pendirian masing-masing program studi di kampus ITERA

Fisika (2012)

Ilmu fisika merupakan salah satu pilar utama ilmu pengetahuan dan teknologi yang memberikan pemahaman mengenai fenomena alam serta kemungkinan aplikasinya dalam meningkatkan kesejahteraan hidup umat manusia. Di dalam Prodi ini mahasiswa akan mempelajari berbagai hal ditinjau dari aspek fisisnya.

Teknik Geomatika (2012)

Dalam Program Sarjana Teknik Geodesi dan Geomatika, mahasiswa dididik melalui kegiatan perkuliahan, praktikum (di laboratorium dan lapangan), kemah kerja dan penelitian tugas akhir. Mata kuliah wajib dalam kurikulum mencakup mata kuliah ilmu dasar (geodesi, survey dan pemetaan) serta teknologi informasi spasial (satelit penginderaan jauh dan sistem informasi geografi) dan mata kuliah pilihan yang merupakan pendalaman dan aplikasi dari ilmu geodesi yaitu antara lain: sistem informasi geospasial, kadaster, survei rekayasa pantai, survei satelit untuk penentuan posisi, dan survei deformasi and geodinamika.

Teknik Geofisika (2012)

Teknik Geofisika mempelajari aspek-aspek fisik dan dinamis bumi, yang mencakup kegiatan pengukuran dengan menggunakan peralatan geofisika (gravitasi, seismik, geomagnetik, geoelektrik, elastisitas, radiometrik dating, serta melakukan kuantifikasi proses alam dalam bentuk nyata), melakukan pemrosesan data mengenai gejala-gejala alam, serta melakukan interpretasi data yang secara keseluruhan dapat dimanfaatkan oleh komunitas ilmu kebumian.

Perencanaan Wilayah dan Kota (2012)

Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota adalah prodi yang mempelajari tentang perencanaan, baik pada aspek keruangan (spasial) atau yang dikenal dengan perencanaan tata ruang dan pembangunan atau perencanaan pembangunan. Pemahaman tentang aspek keteknikan, ekonomi, sosial, kemasyarakatan menjadi bahan kajian untuk menghasilkan lulusan yang dapat membuat perencanaan pada skala lokal (site plan atau detailed plan), perencanaan kabupaten/kota, provinsi dan nasional. Bidang studi meliputi, namun tidak terbatas pada, pariwisata, transportasi, industri, pedesaan, partisipasi masyarakat, kebencanaan dan perubahan iklim.

Teknik Sipil (2013)

Program Penelitian Teknik Sipil . Pada tahun 2013, jumlah mahasiswa pertama sebanyak 6 orang. Saat ini Prodi Teknik Sipil ITERA membuka sebanyak 70 mahasiswa pascasarjana (S1). Saat ini fasilitas pendukung pengajaran berupa fasilitas pengajaran langsung dan perguruan tinggi yang sebagian besar disediakan langsung dari ITB.

Teknik Informasi (2013)

Mata kuliah Teknik Informasi mencakup ilmu komputer. Sains, ilmu komputer, sistem informasi. Ilmu komputer mencakup penelitian teoretis dan algoritmik tentang perkembangan robotika, visi komputer, sistem kognitif, biologi, dan bidang minat lainnya. Teknik komputer adalah studi tentang pengembangan dan pemeliharaan sistem komputer yang berfungsi dengan andal dan efisien, ekonomis untuk dikembangkan dan dipelihara, serta memenuhi semua persyaratan yang diperlukan.

Arsitektur (2016)

Arsitektur adalah disiplin ilmu baru yang disetujui negara. Melalui Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 114/KPT/I/2015, tanggal 18 November 2015. Dalam arsitektur, arsitek belajar merancang objek pengembangan secara utuh dan lengkap, dimulai dari lingkungan terkecil. Kuliah di Jurusan Arsitektur bukanlah belajar menulis, namun membutuhkan pemikiran kreatif, pemikiran lingkungan dan pengetahuan umum tentang banyak hal.

Farmasi (2018)

Program gelar Farmasi merupakan program penelitian baru. Dimulai pada tahun ajaran 2018/2019. Program penelitian ini mengeksplorasi pengetahuan tentang identifikasi, sintesis, pengembangan, distribusi, pengobatan dan pemantauan penggunaan obat sintetis dan alami. Program Studi Farmasi (PSFA) ITERA resmi berdiri pada tanggal 19 September 2017 dengan fokus menyelenggarakan pendidikan kefarmasian dalam bidang kedokteran komunitas dan produk alam.

Teknik Perkeretaapian (2020)

Teknik Perkeretaapian di ITERA O study The Studi Program (PS) KA) disetujui pada tanggal 5 Agustus 2020 dengan fokus pada pemberian pelatihan teknik perkeretaapian di bidang manajemen, sistem kendali, infrastruktur dan mekanik. Kurikulum program gelar PS KA ITERA mengikuti mata kuliah 144 SKS selama 8 semester. Lulusan ITERA PS KA diharapkan terlebih dahulu melanjutkan studi Magister/PhD di bidang teknik perkeretaapian dan menjadi pemain kunci dalam industri pengembangan perkeretaapian Indonesia, insinyur perkeretaapian, peneliti konstruksi dan struktur, serta instruktur teknik perkeretaapian.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.org