Hak Anak untuk Mendapatkan Akta Kelahiran Prioritas Bagi Indonesia

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

30 April 2024, 10.53

Sumber: Pinterest.com

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia,memiliki posisi geografis yang sangat luas. Ukuran geografisnya lebih besar daripada Eropa Tengah, yang membawa banyak kompleksitas.  Pemerintah berurusan dengan pengelolaan hak-hak 278 juta orang.  Penting untuk menyeimbangkan pembangunan ekonomi dengan nilai-nilai budaya dan tradisi. Pertumbuhan Indonesia yang cepat telah menyebabkan perubahan signifikan dalam penggunaan lahan, yang terkadang mengganggu masyarakat dan menggusur sumber daya budaya dan alam.  Inisiatif untuk mengatasi investasi asing dapat berbenturan dengan program-program untuk melestarikan warisan budaya.  Menemukan solusi yang berkelanjutan tetap menjadi tantangan yang berat bagi para pembuat kebijakan dan aktivis. 

Pemerintah mengambil pendekatan komprehensif untuk mengatasi kerawanan pangan, yang berfokus pada peningkatan kesadaran gizi dan kesehatan, serta akses yang adil terhadap pangan bagi populasi yang paling rentan. Negara ini telah membuat langkah maju dalam memerangi kelaparan dan kekurangan gizi.  Kemajuan yang signifikan telah dicapai sejak tahun 2000, seperti yang ditunjukkan dalam peningkatan 32 poin pada indeks kelaparan global.  Inisiatif-inisiatif utama, seperti rencana nasional pangan 2021-2024, bertujuan untuk mengurangi kasus kelaparan dan malnutrisi, dengan melibatkan beberapa kementerian terkait, termasuk Kementerian Pertanian dan Kementerian Kesehatan.   

Konstitusi mengakui masyarakat adat sebagai komunitas lokal yang bersifat adat.  Tanah mereka dilindungi oleh setidaknya sembilan undang-undang yang berbeda dari deforestasi dan pemerasan.  Peningkatan akses terhadap layanan kesehatan seksual dan reproduksi di seluruh negeri terus menjadi prioritas utama dalam agenda nasional.  Pemerintah telah mengesahkan beberapa kerangka kerja legislatif, termasuk satu undang-undang tentang kesehatan reproduksi.

Terkait dengan isu aborsi, Indonesia berkomitmen untuk melindungi perempuan dan anak-anak.  Praktik aborsi dilakukan sesuai dengan hukum untuk memastikan keamanan dan kepentingan terbaik bagi pasien.  Tidak ada standar internasional tentang aborsi.  Dalam hal kesehatan mental, dukungan diberikan kepada guru dan siswa, sementara pelatihan kesehatan mental terpadu diberikan kepada para pekerja di unit-unit kesehatan di seluruh Indonesia.  Pemerintah terus memperluas layanan kesehatan jiwa, dan telah membuka lebih dari 400 pusat kesehatan jiwa di 326 kota sejak tahun 2022. 

Program pendaftaran tanah secara sistematis telah mendaftarkan sekitar 82 persen tanah di Indonesia.  Reformasi agraria dilaksanakan melalui berbagai kegiatan, termasuk pendaftaran dan distribusi tanah.  Reformasi akses dilakukan dengan memberdayakan masyarakat.  Benih, sarana dan prasarana pupuk akan diberikan kepada lebih dari 130 keluarga.  Untuk menjamin kepastian hukum, Pemerintah melakukan pendaftaran tanah di seluruh Indonesia.  Diperkirakan pada tahun 2025, seluruh bidang tanah di Indonesia akan terdaftar.

Pada tahun 2023, Pemerintah mengalokasikan anggaran negara sebesar 9,25 juta USD untuk perumahan.  Pemerintah berkomitmen untuk menyediakan akses terhadap air minum dan sanitasi yang aman.  Akses terhadap air minum telah disediakan di lebih dari 400 desa di seluruh Indonesia.  Indonesia juga telah melakukan upaya restorasi ideologi di seluruh negeri.

Pertanyaan dari para pakar komite

Ahli Komite dan Ketua Gugus Tugas, mengatakan bahwa undang-undang penciptaan lapangan kerja bermasalah karena melonggarkan sejumlah persyaratan untuk keberlanjutan, termasuk perlindungan dari bencana alam.  Pendekatan hak asasi manusia harus selalu dihormati.  Hukuman atas penyebaran alat kontrasepsi juga menjadi masalah bagi Komite.  Tidak perlu mengkriminalisasi pengetahuan dan penyebaran kontrasepsi. Apakah puskesmas atau pusat kesehatan masyarakat merupakan titik fokus untuk menyediakan langkah-langkah pengurangan dampak buruk HIV? 

Seorang Ahli Komite mengatakan bahwa tiga dari 10 anak di Indonesia mengalami stunting, yang berarti mereka mengalami kelaparan akut.  Apa yang dilakukan oleh negara untuk menangani situasi ini?  Banyak dari hal ini terkait dengan akses terhadap air bersih dan akses terhadap layanan kesehatan primer.  Sangat mengesankan bahwa jumlah pendaftaran tanah meningkat dua kali lipat.  Pendaftaran tanah saja dapat memicu beberapa konflik; bagaimana keberhasilan ini dinilai? 

Seorang Ahli Komite bertanya tentang pedoman perawatan aborsi.  Dapatkah Negara berpikir untuk mengadopsi langkah-langkah untuk meninjau peraturan yang membatasi?  Langkah-langkah apa yang telah diadopsi oleh Negara untuk memverifikasi apakah Negara telah mematuhi rekomendasi-rekomendasi mengenai para penyandang disabilitas? Bagaimana dampak program terhadap hak atas pangan bagi masyarakat adat dan komunitas petani dinilai?  Apakah masyarakat telah diajak berkonsultasi mengenai program tersebut?  Apakah hak-hak perempuan di daerah pedesaan telah diperhitungkan dalam program tersebut? Seorang pakar lain mengatakan bahwa ketahanan pangan anak dapat berdampak pada kinerja siswa dan perkembangan kapasitas kognitif mereka. Apakah ada program-program khusus di sekolah-sekolah untuk memastikan perkembangan tersebut? 

Tanggapan dari delegasi

Delegasi mengatakan bahwa undang-undang penciptaan lapangan kerja menjamin kepastian hukum.  Tidak ada satu standar internasional tentang aborsi.  Aborsi diizinkan di beberapa negara anggota PBB hanya di bawah berbagai kondisi hukum, biasanya untuk menyelamatkan nyawa perempuan.  Pemerintah Indonesia tidak mengkriminalisasi penyebaran informasi tentang kontrasepsi.  Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa informasi tersebut disebarkan melalui saluran yang tepat, termasuk melalui tenaga medis yang terampil.  Hal ini dilakukan untuk melindungi anak-anak dari paparan dini terhadap materi seksual, yang dapat membuat mereka lebih rentan terhadap eksploitasi atau pelecehan seksual.  Obat dan metode kontrasepsi hanya dapat diberikan oleh tenaga kesehatan yang terlatih. Pemerintah terus meningkatkan infrastruktur untuk memastikan akses ke layanan kesehatan di semua wilayah. 

Pemerintah telah mengambil langkah-langkah untuk mengatasi kelaparan, termasuk diversifikasi sumber pangan dan gizi serta meningkatkan distribusi pangan. Akan tetapi, tantangan tetap ada.  Skala pengalaman kerawanan pangan meningkat antara tahun 2021 dan 2022, begitu pula dengan tingkat kekurangan gizi di Indonesia.  Enam puluh dua dari 86 kasus sengketa lahan telah diselesaikan melalui kerja sama dengan kementerian, kejaksaan, dan partisipasi masyarakat.  Ketahanan pangan merupakan isu penting bagi Indonesia. 

Beberapa langkah telah diambil untuk melindungi petani skala kecil, termasuk dengan menyediakan pupuk bersubsidi, asuransi, dan dukungan untuk penanaman terencana.  Implementasi program food estate memastikan keterlibatan petani kecil.  Pertemuan-pertemuan telah diadakan di berbagai kabupaten dengan para petani lokal dalam rangka persiapan program lumbung pangan di daerah tersebut.  Sebuah rencana induk juga menetapkan tujuan untuk mendukung petani skala kecil dan menyediakan model bisnis yang lebih baik bagi mereka.  Program lumbung pangan telah berhasil, meningkatkan produksi beras hampir 20 persen di berbagai daerah. 

Pertanyaan dari ahli komite

Seorang Ahli Komite bertanya tentang upaya yang dilakukan untuk mengatasi ketidaksetaraan dalam hal layanan pendidikan, sebagai akibat dari kesenjangan digital dan buta huruf digital?  Apakah informasi terkini dari Desember 2020 dapat diberikan terkait zona pendidikan?  Berapa banyak orang yang telah menerima manfaat dari program beasiswa digital?  Bagaimana penerima manfaat dipilih?  Apa rencana Pemerintah untuk terus mendorong investasi di sektor ini?  Komite mendapatkan informasi yang mengkhawatirkan tentang hasil penilaian Pisa 2022, yang menunjukkan penurunan kinerja siswa di Indonesia.  Langkah-langkah apa yang direncanakan Pemerintah untuk mengatasi hal ini? 

Tingkat putus sekolah di kalangan anak laki-laki lebih tinggi daripada anak perempuan. Apakah ada bukti bahwa putus sekolah terjadi karena pekerja anak atau remaja?  Mungkinkah hal ini disebabkan oleh pernikahan dini di kalangan remaja?  Apakah pendidikan secara universal gratis dan mudah diakses?  Apakah tersedia informasi spesifik mengenai penyebab putus sekolah?  Berapa jumlah yang dialokasikan untuk memperbaharui dan membangun kembali sekolah?  Apakah pendidikan di Papua Timur telah meningkat?  Langkah-langkah apa yang akan diambil Pemerintah untuk mengaktifkan kembali kegiatan pendidikan di daerah-daerah yang terkena dampak konflik? 

Apakah ketentuan pendidikan yang ada saat ini sudah memenuhi kebutuhan para penyandang disabilitas?  Langkah-langkah apa yang telah diambil oleh Pemerintah untuk memastikan akses terhadap ilmu pengetahuan, khususnya bagi perempuan, penyandang disabilitas, dan mereka yang hidup dalam kemiskinan? Langkah-langkah apa yang telah diambil oleh Negara untuk memastikan persetujuan atas dasar informasi di awal tanpa paksaan dari masyarakat adat?  Apa saja langkah-langkah hukum dan prosedural untuk menjamin hak ini?  Apakah hak-hak atas pelestarian, tanah, dan identitas budaya terjamin?  Apakah hak-hak ini tercakup dalam undang-undang baru tentang masyarakat adat?

Tanggapan dari delegasi

Delegasi mengatakan bahwa layanan internet sedang ditingkatkan di fasilitas umum di seluruh Indonesia.  Pada tahun 2022, akses internet tersedia di lebih dari 15.000 lokasi di seluruh Indonesia, termasuk di fasilitas pendidikan dan kesehatan, serta kantor-kantor pemerintah.  Pada tahun 2020, 58.000 orang berpartisipasi dalam kelas beasiswa pelatihan digital.  Kelas-kelas yang ditargetkan untuk perempuan juga disediakan, serta kelas-kelas yang dapat diakses oleh para penyandang disabilitas.  Indonesia telah membuat langkah besar dalam meningkatkan kesempatan pendidikan di negara ini.  Lebih dari 4,6 juta anak di negara ini terdaftar dalam pendidikan pra-sekolah.  Pada tahun 2023, Pemerintah telah mendistribusikan dana kepada lebih dari 9 juta siswa untuk mendukung biaya pendidikan mereka, termasuk perlengkapan sekolah dan transportasi.

Proses pendidikan di Papua terus dilakukan oleh Pemerintah Pusat untuk memastikan anak-anak di Papua menikmati pendidikan yang berkualitas sama seperti anak-anak di daerah lain di Indonesia.  Dalam kurun waktu lima tahun, Pemerintah telah membangun 34 sekolah menengah pertama yang disesuaikan dengan kondisi geografis masing-masing daerah. Beasiswa diberikan kepada anak-anak Papua untuk mendukung pendidikan mereka. 

Pemerintah akan menyediakan lahan seluas 500 meter persegi bagi mereka yang setuju untuk direlokasi untuk alasan pembangunan.  Setiap individu di masyarakat setempat akan menerima 1,2 juta rupiah sebagai kompensasi.  Masyarakat setempat adalah pihak yang paling terkena dampak dari situasi ini, dan kekhawatiran mereka akan dipertimbangkan dalam proses penyelesaian.  Pada tahun 2022, inspeksi terhadap norma-norma pekerja anak dilakukan. Sanksi dijatuhkan kepada mereka yang melanggar ketentuan pekerja anak.

Pertanyaan oleh ahli komite

Seorang Ahli Komite bertanya tentang dampak dari inisiatif untuk mengatasi anak putus sekolah?  Berapa gaji guru di Indonesia; apakah mereka kompetitif?  Bagaimana perbandingannya dengan upah minimum di Indonesia?  Apa gunanya hanya mencerminkan salah satu dari enam agama selama pernikahan?  Apakah seseorang dapat berpindah agama dengan mudah?  Pilihan apa yang dimiliki oleh mereka yang berasal dari kelompok agama lain? Ahli Komite lainnya mengatakan bahwa diplomasi Indonesia telah menunjukkan kinerja yang baik di bidang hak asasi manusia. 

Tanggapan dari delegasi Indonesia

Delegasi mengatakan bahwa Pemerintah Indonesia memiliki komitmen yang kuat terhadap pendidikan yang berkualitas.  Peluncuran Program Indonesia Pintar dan Program Wajib Belajar 12 Tahun bertujuan untuk memastikan anak-anak dari keluarga miskin dan rentan dapat menyelesaikan pendidikan mereka.  Sekitar 48 juta siswa terdaftar di berbagai jenjang pendidikan di Indonesia. Selama pandemi, Indonesia berhasil mempertahankan tingkat pendidikan. 

Konstitusi Indonesia menjamin hak asasi manusia yang mendasar untuk memeluk agama.  Pemerintah Indonesia mengakui enam agama resmi, serta kepercayaan tradisional.  Sebagaimana diamanatkan oleh keputusan Mahkamah Konstitusi, para penganut sistem kepercayaan tradisional dapat mendaftarkan identitas agama mereka di kartu identitas mereka, yang telah mencegah diskriminasi karena keyakinan agama.  Hal ini memungkinkan mereka untuk mengakses semua layanan publik. Tidak ada undang-undang nasional yang melarang penggunaan jilbab dalam sistem pendidikan di Indonesia. 

Penutup

Ahli Komite dan Ketua Gugus Tugas, mengatakan ada dua isu utama yang perlu disoroti untuk Indonesia. Keseimbangan antara kesejahteraan dan pembangunan tampaknya menjadi kompromi besar.  Isu besar lainnya adalah alokasi sumber daya.  Dalam kedua kasus tersebut, penting untuk menggarisbawahi pengarusutamaan partisipasi dan pendekatan berbasis hak asasi manusia.  Nonthasoot berterima kasih kepada delegasi Indonesia atas minat dan partisipasinya selama dialog berlangsung.

Tri Tharyat, Wakil Menteri luar negeri untuk kerjasama multilateral di kementerian luar negeri Indonesia dan ketua delegasi Indonesia, menyampaikan penghargaan kepada Komite atas kesempatan untuk terlibat dalam dialog yang konstruktif.  Partisipasi aktif Indonesia merupakan indikasi dari komitmen Indonesia yang teguh untuk meningkatkan hak asasi manusia.  Indonesia sangat yakin bahwa keterlibatan dan dorongan akan lebih konstruktif daripada tuduhan yang tidak berdasar.  Indonesia berkomitmen untuk memastikan bahwa hasil dari dialog tersebut dapat diwujudkan dan berkontribusi pada perubahan positif dalam meningkatkan hak asasi manusia.

Disadur dari: ungeneva.org