Framing dalam Bersosial

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

22 April 2024, 16.08

Sensus dan survei awal menyediakan data demografi - Wikipedia

Dalam ilmu-ilmu sosial, framing terdiri dari serangkaian konsep dan perspektif teoretis tentang bagaimana individu, kelompok, dan masyarakat mengatur, memahami, dan berkomunikasi tentang realitas. Framing dapat terwujud dalam pemikiran atau komunikasi antarpribadi. Bingkai dalam pemikiran terdiri dari representasi mental, interpretasi, dan penyederhanaan realitas. Bingkai dalam komunikasi terdiri dari bingkai-bingkai komunikasi antar aktor yang berbeda. Framing adalah komponen kunci sosiologi, studi tentang interaksi sosial antar manusia. Framing merupakan bagian integral dalam penyampaian dan pemrosesan data sehari-hari. Teknik pembingkaian yang berhasil dapat digunakan untuk mengurangi ambiguitas topik yang tidak berwujud dengan mengkontekstualisasikan informasi sedemikian rupa sehingga penerima dapat terhubung dengan apa yang telah mereka ketahui.

Dalam teori sosial, framing adalah skema interpretasi, kumpulan anekdot dan stereotip, yang diandalkan individu untuk memahami dan merespons peristiwa. Dengan kata lain, manusia membangun serangkaian “filter” mental melalui pengaruh biologis dan budaya. Mereka kemudian menggunakan filter ini untuk memahami dunia. Pilihan yang mereka ambil kemudian dipengaruhi oleh penciptaan bingkai. Pembingkaian melibatkan konstruksi sosial atas suatu fenomena sosial – oleh sumber media massa, gerakan politik atau sosial, pemimpin politik, atau aktor dan organisasi lainnya. Partisipasi dalam komunitas bahasa tentu mempengaruhi persepsi individu terhadap makna yang dikaitkan dengan kata atau frasa. Secara politis, komunitas bahasa dalam periklanan, agama, dan media massa sangat diperebutkan, sedangkan pembingkaian dalam komunitas bahasa yang kurang dilindungi mungkin berkembang tanpa disadari dan secara organik dalam kerangka waktu budaya, dengan lebih sedikit cara perdebatan terbuka.

Bergantung pada audiens dan jenis informasi yang disajikan, seseorang dapat melihat framing dalam komunikasi sebagai sesuatu yang positif atau negatif. Bingkainya dapat berupa bingkai penekanan, yang memusatkan perhatian pada subkumpulan elemen yang relevan dari suatu situasi atau masalah, atau bingkai kesetaraan, di mana dua atau lebih pilihan yang setara secara logis digambarkan dengan cara yang berbeda (lihat efek pembingkaian). Informasi yang disajikan dalam "kerangka kesetaraan" berasal dari fakta yang sama, tetapi "kerangka" penyajian berubah, menyebabkan persepsi yang bergantung pada referensi.

Dampak framing dapat dilihat dalam jurnalisme: frame yang melingkupi suatu isu dapat mengubah persepsi pembaca tanpa harus mengubah fakta sebenarnya karena informasi yang sama digunakan sebagai landasan. Hal ini dilakukan melalui pemilihan kata dan gambar tertentu oleh media untuk meliput suatu cerita (misalnya menggunakan kata janin vs. kata bayi). Dalam konteks politik atau komunikasi media massa, bingkai mendefinisikan pengemasan suatu unsur retorika sedemikian rupa untuk mendorong penafsiran tertentu dan mematahkan penafsiran lainnya. Untuk kepentingan politik, framing sering kali menyajikan fakta sedemikian rupa sehingga berimplikasi pada suatu permasalahan yang memerlukan solusi. Anggota partai politik berupaya menyusun isu sedemikian rupa sehingga solusi yang berpihak pada politik mereka tampak sebagai tindakan yang paling tepat untuk situasi yang ada.

Pemahaman kita sering kali didasarkan pada interpretasi kita (framing) ketika mencoba menjelaskan suatu kejadian. Kita merespons secara berbeda ketika seseorang dengan cepat menutup dan membuka matanya, bergantung pada apakah kita melihatnya sebagai "bingkai fisik" (mereka berkedip) atau "bingkai sosial" (mereka mengedipkan mata). Partikel debu mungkin menjadi penyebab kedipan, yang merupakan reaksi otomatis dan tidak berarti. Aktivitas yang disengaja dan sukarela (seperti berbagi humor dengan pasangan) dapat tersirat dalam kedipan mata.

Peristiwa yang diinterpretasikan oleh pengamat hanya bersifat fisik atau terjadi dalam bingkai “alam” akan ditafsirkan berbeda dengan peristiwa yang ditafsirkan terjadi dalam bingkai sosial. Namun, kami tidak hanya "menerapkan" bingkai pada suatu peristiwa setelah melihatnya. Sebaliknya, manusia terus-menerus memproyeksikan kerangka penafsiran yang membantu mereka memahami dunia di sekitar mereka; kita hanya mengubah kerangka kita—atau menyadari kerangka yang telah kita terapkan—ketika ada keganjilan yang menuntut hal itu. Dengan kata lain, kita menjadi sadar akan kerangka yang kita gunakan secara konsisten hanya ketika keadaan memaksa kita untuk mengganti satu kerangka dengan kerangka lainnya.

Meskipun beberapa pakar berpendapat bahwa penetapan agenda dan penyusunan agenda dapat dipertukarkan, sebagian pakar lainnya menyatakan bahwa terdapat perbedaan di antara keduanya. Sebuah esai yang ditulis oleh Donald H. Weaver menyatakan bahwa penetapan agenda menyajikan topik suatu isu agar lebih menonjol dan mudah didekati, sedangkan framing memilih komponen-komponen spesifik dari suatu isu dan menjadikannya lebih menonjol untuk memperoleh interpretasi dan evaluasi spesifik terhadap isu tersebut.

Disadur dari:

https://en.wikipedia.org