Flow chart

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

22 Agustus 2022, 11.07

Bagan alir sederhana yang mewakili proses untuk menangani lampu yang tidak berfungsi. (Wikipedia)

Flowchart adalah jenis diagram yang mewakili alur kerja atau proses. Flowchart juga dapat didefinisikan sebagai representasi diagram dari suatu algoritma, pendekatan langkah demi langkah untuk menyelesaikan tugas.

Flowchart menunjukkan langkah-langkah sebagai kotak dari berbagai jenis, dan urutannya dengan menghubungkan kotak dengan panah. Representasi diagram ini menggambarkan model solusi untuk masalah yang diberikan. Flowchart digunakan dalam menganalisis, merancang, mendokumentasikan atau mengelola suatu proses atau program di berbagai bidang.

Ringkasan

Flowchart dari gaya-C untuk loop

Flowchart digunakan untuk merancang dan mendokumentasikan proses atau program sederhana. Seperti jenis diagram lainnya, diagram membantu memvisualisasikan proses. Dua dari banyak manfaat adalah kekurangan dan kemacetan mungkin menjadi jelas. Flowchart biasanya menggunakan simbol utama berikut:

  • Langkah proses, biasanya disebut aktivitas, dilambangkan sebagai kotak persegi panjang.
  • Sebuah keputusan biasanya dilambangkan sebagai berlian.

Bagan alir digambarkan sebagai "fungsi silang" ketika bagan dibagi menjadi bagian vertikal atau horizontal yang berbeda, untuk menggambarkan kontrol unit organisasi yang berbeda. Simbol yang muncul di bagian tertentu berada dalam kendali unit organisasi tersebut. Bagan alir lintas fungsi memungkinkan penulis untuk dengan benar menemukan tanggung jawab untuk melakukan suatu tindakan atau membuat keputusan, dan untuk menunjukkan tanggung jawab setiap unit organisasi untuk bagian yang berbeda dari satu proses.

Flowchart mewakili aspek-aspek tertentu dari proses dan biasanya dilengkapi dengan jenis diagram lainnya. Misalnya, Kaoru Ishikawa mendefinisikan diagram alur sebagai salah satu dari tujuh alat dasar pengendalian kualitas, di samping histogram, bagan Pareto, lembar periksa, bagan kendali, diagram sebab-akibat, dan diagram pencar. Demikian pula, dalam UML, notasi pemodelan konsep standar yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak, diagram aktivitas, yang merupakan jenis diagram alur, hanyalah salah satu dari banyak jenis diagram yang berbeda.

Diagram Nassi-Shneiderman dan Drakon-chart adalah notasi alternatif untuk aliran proses.

Nama-nama alternatif yang umum meliputi: diagram alir, diagram alir proses, diagram alir fungsional, peta proses, bagan proses, bagan proses fungsional, model proses bisnis, model proses, diagram alir proses, diagram alur kerja, diagram alir bisnis. Istilah "bagan alir" dan "bagan alir" digunakan secara bergantian.

Struktur grafik yang mendasari diagram alur adalah grafik aliran, yang mengabstraksikan jenis simpul, isinya, dan informasi tambahan lainnya.

Sejarah

Metode terstruktur pertama untuk mendokumentasikan alur proses, "bagan proses alur", diperkenalkan oleh Frank dan Lillian Gilbreth dalam presentasi "Bagan Proses: Langkah Pertama dalam Menemukan Satu Cara Terbaik untuk Melakukan Pekerjaan", kepada anggota American Society of Insinyur Mekanik (ASME) pada tahun 1921. Alat Gilbreths dengan cepat menemukan jalan mereka ke dalam kurikulum teknik industri. Pada awal 1930-an, seorang insinyur industri, Allan H. Mogensen mulai melatih pebisnis dalam penggunaan beberapa alat teknik industri pada Konferensi Penyederhanaan Kerjanya di Lake Placid, New York.

Art Spinanger, lulusan tahun 1944 dari kelas Mogensen, membawa alat itu kembali ke Procter and Gamble di mana ia mengembangkan Program Perubahan Metode yang Disengaja. Ben S. Graham, lulusan tahun 1944 lainnya, Direktur Formcraft Engineering di Standard Register Industrial, menerapkan diagram alur proses ke pemrosesan informasi dengan pengembangan diagram proses multi-alirannya, untuk menyajikan banyak dokumen dan hubungannya. Pada tahun 1947, ASME mengadopsi kumpulan simbol yang diturunkan dari karya asli Gilbreth sebagai "ASME Standard: Operation and Flow Process Charts."

Douglas Hartree pada tahun 1949 menjelaskan bahwa Herman Goldstine dan John von Neumann telah mengembangkan diagram alur (awalnya, diagram) untuk merencanakan program komputer. Akun kontemporernya didukung oleh para insinyur IBM dan oleh ingatan pribadi Goldstine. Bagan alur pemrograman asli Goldstine dan von Neumann dapat ditemukan dalam laporan mereka yang tidak dipublikasikan, "Perencanaan dan pengkodean masalah untuk instrumen komputasi elektronik, Bagian II, Volume 1" (1947), yang direproduksi dalam kumpulan karya von Neumann.

Flowchart menjadi alat yang populer untuk menggambarkan algoritma komputer, tetapi popularitasnya menurun pada 1970-an, ketika terminal komputer interaktif dan bahasa pemrograman generasi ketiga menjadi alat umum untuk pemrograman komputer, karena algoritma dapat dinyatakan lebih ringkas sebagai kode sumber dalam bahasa tersebut. Seringkali pseudo-code digunakan, yang menggunakan idiom umum dari bahasa tersebut tanpa secara ketat mengikuti detail bahasa tertentu.

Pada awal abad ke-21, diagram alur masih digunakan untuk menggambarkan algoritma komputer. Teknik modern seperti diagram aktivitas UML dan diagram Drakon dapat dianggap sebagai perluasan diagram alur.

Jenis

Sterneckert (2003) menyarankan bahwa diagram alur dapat dimodelkan dari perspektif kelompok pengguna yang berbeda (seperti manajer, sistem analis dan juru tulis), dan bahwa ada empat tipe umum:

  • Bagan alur dokumen, menunjukkan kontrol atas aliran dokumen melalui sistem
  • Bagan alur data, menunjukkan kontrol atas aliran data dalam suatu sistem
  • Bagan alur sistem, menunjukkan kontrol pada tingkat fisik atau sumber daya
  • Bagan alir program, menunjukkan kontrol dalam suatu program dalam suatu sistem

Perhatikan bahwa setiap jenis diagram alur berfokus pada beberapa jenis kontrol, bukan pada aliran tertentu itu sendiri.

Namun, ada beberapa klasifikasi yang berbeda. Sebagai contoh, Andrew Veronis (1978) menyebutkan tiga tipe dasar diagram alur: diagram alur sistem, diagram alur umum, dan diagram alur terperinci. Pada tahun yang sama Marilyn Bohl (1978) menyatakan "dalam praktiknya, dua jenis diagram alur digunakan dalam perencanaan solusi: diagram alur sistem dan diagram alur program...". Baru-baru ini, Mark A. Fryman (2001) mengidentifikasi lebih banyak perbedaan: "Diagram alur keputusan, bagan alur logika, bagan alur sistem, bagan alur produk, dan bagan alur proses hanyalah beberapa dari jenis bagan alur berbeda yang digunakan dalam bisnis dan pemerintahan".

Selain itu, banyak teknik diagram yang mirip dengan diagram alur tetapi memiliki nama yang berbeda, seperti diagram aktivitas UML.

Blok bangunan

Simbol umum

The American National Standards Institute (ANSI) menetapkan standar untuk diagram alur dan simbolnya pada 1960-an. Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) mengadopsi simbol ANSI pada tahun 1970. Standar saat ini, ISO 5807, direvisi pada tahun 1985. Umumnya, flowchart mengalir dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan.

Simbol lainnya

Standar ANSI/ISO mencakup simbol di luar bentuk dasar. Beberapa adalah:

Proses paralel

  • Mode Paralel diwakili oleh dua garis horizontal pada awal atau akhir operasi simultan

Untuk pemrosesan paralel dan bersamaan, garis horizontal Mode Paralel atau bilah horizontal menunjukkan awal atau akhir bagian proses yang dapat dilakukan secara independen:

  • Di percabangan, proses membuat satu atau lebih proses tambahan, yang ditunjukkan oleh bilah dengan satu jalur masuk dan dua atau lebih jalur keluar.
  • Pada suatu join, dua atau lebih proses berlanjut sebagai satu proses, ditunjukkan dengan sebuah bar dengan beberapa jalur masuk dan satu jalur keluar. Semua proses harus selesai sebelum proses tunggal berlanjut.

Perangkat lunak

Pembuatan diagram

Flowgorithm

Program menggambar apa pun dapat digunakan untuk membuat diagram diagram alur, tetapi ini tidak akan memiliki model data yang mendasari untuk berbagi data dengan database atau program lain seperti sistem manajemen proyek atau spreadsheet. Ada banyak paket perangkat lunak yang dapat membuat diagram alur secara otomatis, baik langsung dari kode sumber bahasa pemrograman, atau dari bahasa deskripsi diagram alur.

Ada beberapa aplikasi dan bahasa pemrograman visual yang menggunakan diagram alur untuk mewakili dan menjalankan program. Umumnya ini digunakan sebagai alat pengajaran untuk siswa pemula. Contohnya termasuk Flowgorithm, Raptor, LARP, Visual Logic, Fischertechnik ROBO Pro, dan VisiRule.

 

Sumber Artikel: en.wikipedia.org