Fakultas Farmasi Universitas Indonesia

Dipublikasikan oleh Merlin Reineta

23 Juli 2022, 10.46

Sumber:Wikipedia

Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (FF UI) adalah salah satu fakultas termuda di Universitas Indonesia yang mempelajari tentang Ilmu Farmasi. Fakultas Farmasi adalah bagian dari Rumpun Ilmu Kesehatan Universitas Indonesia.

Sejarah

Fakultas Farmasi merupakan fakultas terbaru di UI yang didirikan berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Indonesia Nomor 2408A/SK/R/2011 tanggal 29 November 2011. Fakultas ini sebelumnya merupakan bagian dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dalam wujud Departemen Farmasi.

Jurusan Farmasi FMIPA UI didirikan dan mulai menerima mahasiswa angkatan pertama pada bulan September 1965. Jurusan yang semula berlokasi di Jl. Diponegoro Jakarta Pusat ini, tergabung dalam satu fakultas yang awalnya bernama Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA) yang kemudian berdasarkan Kepres No. 44 tahun 1982 berubah menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Pada tahun 1971-1977 Jurusan Farmasi berlokasi di belakang Fakultas Ekonomi UI Jl. Salemba Raya 4 Jakarta Pusat, dan tahun 1977-1987 menempati gedung di belakang gedung Rektorat UI Jl. Salemba Raya 4 Jakarta Pusat.

Pada tahun 1987, Jurusan Farmasi menempati gedung D FMIPA UI bersama Jurusan Matematika di Kampus Baru Universitas Indonesia Depok. Sejak tahun 2000, disamping menempati gedung D, kegiatan administrasi Departemen Farmasi dipusatkan di Gedung C.

Pada saat kepindahan ke Depok (tahun 1987), Jurusan Farmasi baru mengelola Program S1 dan Program Apoteker dengan jumlah mahasiswa l.k. 200 orang dan jumlah dosen 30 orang.

Dewasa ini Jurusan Farmasi mengelola 4 program studi, yaitu:

  • Program pendidikan sarjana farmasi
  • Program pendidikan apoteker/farmasis
  • Program pendidikan magister ilmu kefarmasian
  • Program pendidikan magister ilmu herbal
  • Program pendidikan doktor ilmu kefarmasian

Berdasarkan Keputusan Majelis Wali Amanah Universitas Indonesia Nomor 01/SK/MWA-UI/2003 tanggal 18 Januari 2003 tentang Anggaran Rumah Tangga UI, maka Jurusan Farmasi FMIPA UI telah disesuaikan namanya menjadi Departemen Farmasi FMIPA UI.

Selanjutnya guna menunjang pendirian Rumpun Ilmu Kesehatan yang terintegrasi di dalam lingkungan UI, maka berdasarkan Keputusan Rektor Nomor 2408A/SK/R/2011 tanggal 29 November 2011 tentang Pembukaan Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, maka Departemen Farmasi FMIPA UI berubah menjadi Fakultas Farmasi UI.

Program studi

Pada jenjang S1 program studi farmasi terdapat program Sarjana Reguler, kelas paralel dan Kelas Ekstensi.Untuk Jenjang Profesi terdapat program profesi Apoteker. Pada Jenjang S2 terdapat Pascasarjana Ilmu Kefarmasian yang terdiri dari peminatan teknologi farmasi, peminatan kimia farmasi/kimia medisinal, peminatan biologi farmasi dan peminatan farmasi klinik.

Berikut ini program studi FF menurut acuan matriks KKNI:

Keterangan:

  Setara dengan KKNI Level 6

  Setara dengan KKNI Level 7

  dan   Setara dengan KKNI Level 8

  Setara dengan KKNI Level 9

Sarjana
Farmasi
(S.Farm.)Profesi
Apoteker
(Apt.)Magister
Ilmu Kefarmasian
(M.Farm.)Magister
Herbal
(M.Si.)Doktor
Ilmu Kefarmasian
(Dr.)

Guru Besar

Guru besar atau sebutan lain professor (Prof.) merupakan jabatan akademik tertinggi yang bisa dicapai oleh seorang dosen di perguruan tinggi dan mencerminkan kepakaran seorang dosen di dalam bidang ilmunya. Persyaratan untuk menjadi guru besar harus memenuhi kriteria Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat). Seorang calon guru besar diusulkan dari Universitas Indonesia kepada kementerian yang mengurusi pendidikan tinggi, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendiikan Tinggi Indonesia apabila telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Dalam PP 66 Tahun 2013 tentang Statuta UI, Dewan Guru Besar UI bertugas yang menjalankan fungsi pengembangan keilmuan, penegakan etika, dan pengembangan budaya akademik. Berikut ini adalah daftar guru besar Fakultas Farmasi UI:

NoNama Guru BesarKepakaranTahun Dilantik1Prof. Dr. Endang Hanani, M.S., Apt.Fitokimia dan Farmakognosi20072Prof. Dr. Effionora Anwar, M.S. Apt.Teknologi Farmasi20083Prof. Dr. Atiek Soemiati, M.S., Apt.Ilmu Farmasi20094Prof. Dr. Yahdiana Harahap, M.Si., Apt.Kimia Farmasi20105Prof. Dr. Maksum Radji, M.Biomed., Apt.Mikrobiologi dan Bioteknologi20126Prof. Dr. Harmita, Apt.Kimia Farmasi20147Prof. Dr. Berna Elya, M.Si., Apt.Fitokimia dan Farmakognosi20148Prof. Dr. Amarila Malik, M.Si., Apt.Mikrobiologi dan Bioteknologi20149Prof. Dr. Arry Yanuar, M.Si., Apt. Kimia Farmasi201910Prof. Dr. Abdul Mun'im, M.Si., Apt.Fitokimia dan Farmakognosi201911Prof. Dr. Retnosari Andrajati, M.S., Apt.Farmasi Klinis202012Prof. Dr. Hayun, M.Si., Apt.Kimia Farmasi2020

 

Sumber: Wikipedia