Eksplorasi Lebih Lanjut tentang Konsep Perkebunan

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

30 April 2024, 09.25

Sumber: en.wikipedia.org

Perkebunan adalah pertanian yang mengkhususkan diri pada tanaman komersial, biasanya terutama menanam tanaman tunggal, dengan area tambahan untuk sayuran untuk dimakan dan sebagainya. Perkebunan, yang berpusat di rumah perkebunan, menanam tanaman termasuk kapas, ganja, kopi, teh, kakao, tebu, opium, sisal, biji minyak, kelapa sawit, buah-buahan, pohon karet, dan pohon-pohon hutan. Kebijakan proteksionis dan keunggulan komparatif alamiah terkadang turut menentukan lokasi perkebunan.

Dalam penggunaan modern, istilah ini biasanya hanya merujuk pada perkebunan berskala besar. Namun demikian, sebelum sekitar tahun 1800, istilah ini merupakan istilah yang umum digunakan untuk perkebunan dalam berbagai ukuran di bagian selatan Amerika Utara Britania, dan seperti yang dicatat oleh Noah Webster, "perkebunan" menjadi istilah yang umum digunakan di bagian utara Maryland. Istilah ini digunakan di sebagian besar koloni Inggris, namun sangat jarang digunakan di Inggris sendiri dalam pengertian ini. Di sana, seperti halnya di Amerika, istilah ini digunakan terutama untuk perkebunan pohon, area yang ditanami pohon secara artifisial, baik murni untuk kehutanan komersial, atau sebagian untuk efek hias di kebun dan taman, yang juga dapat mencakup penanaman semak-semak di taman.

Di antara contoh perkebunan yang paling awal adalah latifundia di Kekaisaran Romawi, yang menghasilkan biji-bijian, anggur, dan minyak zaitun dalam jumlah besar untuk diekspor. Pertanian perkebunan berkembang pesat seiring dengan meningkatnya perdagangan internasional dan perkembangan ekonomi dunia yang mengikuti ekspansi kolonialisme Eropa.

Tanaman

  • Perkebunan pohon

Perkebunan pohon, di Amerika Serikat sering disebut perkebunan pohon, didirikan untuk produksi komersial kayu atau produk pohon seperti kelapa sawit, kopi, atau karet. Perkebunan jati dan bambu di India telah memberikan hasil yang baik dan menjadi solusi tanaman alternatif bagi para petani di India tengah, di mana pertanian konvensional tersebar luas. Namun karena meningkatnya biaya input pertanian, banyak petani telah melakukan perkebunan jati dan bambu, yang hanya membutuhkan sedikit air (hanya selama dua tahun pertama). Jati dan bambu memiliki perlindungan hukum dari pencurian. Bambu, sekali ditanam, dapat menghasilkan selama 50 tahun sampai berbunga. Jati membutuhkan waktu 20 tahun untuk tumbuh dewasa dan menghasilkan.

Bambu dapat ditanam untuk perlindungan daerah aliran sungai atau tanah. Hutan tanaman ini ditanam untuk pengendalian erosi, stabilisasi tanah longsor, dan penahan angin. Perkebunan semacam itu didirikan untuk menumbuhkan spesies asli dan mendorong regenerasi hutan di lahan yang terdegradasi sebagai alat restorasi lingkungan.

 

Pekerja tebu di Puerto Rico, 1941

  • Gula

Perkebunan gula sangat dihargai di Karibia oleh penjajah Inggris dan Prancis pada abad ke-17 dan ke-18, dan penggunaan gula di Eropa meningkat selama periode ini. Tebu masih merupakan tanaman penting di Kuba. Perkebunan gula juga muncul di negara-negara seperti Barbados dan Kuba karena kekayaan alam yang mereka miliki. Kekayaan alam ini termasuk tanah yang kondusif untuk menanam gula dan produk marjinal yang tinggi dari tenaga kerja yang direalisasikan melalui peningkatan jumlah orang yang diperbudak.

  • Karet

 

Perkebunan tebu di pedesaan Kuba

Penanaman pohon karet Pará (Hevea brasiliensis) biasanya disebut perkebunan.

  • Tanaman Kelapa Sawit

Pertanian kelapa sawit berkembang pesat di seluruh wilayah tropis basah dan biasanya dikembangkan dalam skala perkebunan.

  • Kebun Buah-buahan

Kebun buah terkadang dianggap sebagai perkebunan.

  • Tanaman yang dapat ditanami

Ini termasuk tembakau, tebu, nanas, paprika, dan kapas, terutama dalam penggunaan historis. Sebelum munculnya kapas di Amerika Selatan, nila dan padi juga terkadang disebut tanaman perkebunan.

Dampak ekologis

Mungkin faktor yang paling penting yang dimiliki perkebunan terhadap lingkungan setempat adalah lokasi di mana perkebunan didirikan. Di Brazil, perkebunan kopi menggunakan sistem pertanian tebang dan bakar, dengan menebang hutan hujan dan menanam pohon kopi yang menguras unsur hara di dalam tanah.


Memanen teh di Bogor, Jawa Barat.

Setelah tanahnya habis, para petani akan berpindah ke tempat lain. Jika hutan alam ditebang untuk hutan tanaman, maka akan terjadi penurunan keanekaragaman hayati dan hilangnya habitat. Dalam beberapa kasus, pendirian hutan tanaman mungkin melibatkan pengeringan lahan basah untuk menggantikan kayu keras campuran yang sebelumnya didominasi oleh spesies pinus. Jika hutan tanaman dibangun di lahan pertanian yang ditinggalkan atau lahan yang sangat terdegradasi, maka hal ini dapat meningkatkan habitat dan keanekaragaman hayati. Hutan tanaman dapat dibangun secara menguntungkan di lahan yang tidak akan mendukung pertanian atau mengalami kekurangan regenerasi alami.

Spesies pohon yang digunakan dalam perkebunan juga merupakan faktor penting. Ketika varietas atau spesies yang tidak asli ditanam, hanya sedikit fauna asli yang dapat beradaptasi untuk memanfaatkannya, dan kehilangan keanekaragaman hayati pun terjadi. Namun demikian, bahkan spesies pohon non-asli dapat berfungsi sebagai koridor bagi satwa liar dan bertindak sebagai penyangga bagi hutan asli, sehingga mengurangi efek tepi.

Setelah sebuah perkebunan dibangun, pengelolaannya menjadi faktor lingkungan yang penting. Aspek yang paling penting dalam pengelolaan adalah periode rotasi. Hutan tanaman yang dipanen dalam periode rotasi yang lebih panjang (30 tahun atau lebih) dapat memberikan manfaat yang sama dengan hutan yang diregenerasi secara alami yang dikelola untuk produksi kayu dalam rotasi yang sama. Hal ini terutama berlaku jika spesies asli digunakan. Dalam kasus spesies eksotis, habitat dapat ditingkatkan secara signifikan jika dampaknya dimitigasi dengan langkah-langkah seperti menyisakan blok-blok spesies asli di dalam hutan tanaman atau mempertahankan koridor-koridor hutan alam. Di Brazil, langkah-langkah serupa diwajibkan oleh peraturan pemerintah.

Ekonomi budak perkebunan

Pemilik perkebunan secara ekstensif menggunakan orang Afrika yang diperbudak untuk bekerja di perkebunan awal (seperti perkebunan tembakau, padi, kapas, rami, dan gula) di koloni-koloni Amerika dan Amerika Serikat, di seluruh Karibia, Amerika, dan di daerah-daerah yang diduduki oleh orang Eropa di Afrika. Di zaman modern, upah rendah yang biasanya dibayarkan kepada pekerja perkebunan menjadi dasar profitabilitas perkebunan di beberapa daerah.

Pada masa kini, perbudakan terbuka telah digantikan oleh perbudakan para atau perbudakan dalam bentuk barang, termasuk sistem bagi hasil, dan bahkan sistem ini telah sangat berkurang. Yang paling ekstrem, para pekerja berada dalam "jeratan utang": mereka harus bekerja untuk melunasi utang dengan bunga yang sangat tinggi sehingga utang tersebut tidak akan pernah lunas. Yang lainnya bekerja dengan jam kerja yang sangat panjang dan dibayar dengan upah subsisten yang (dalam praktiknya) hanya dapat dibelanjakan di toko perusahaan. Di Brasil, perkebunan tebu disebut sebagai engenho ("mesin"), dan penggunaan bahasa Inggris pada abad ke-17 untuk produksi kolonial yang terorganisir adalah "pabrik". Struktur sosial dan ekonomi kolonial seperti itu dibahas di bagian Ekonomi perkebunan. Para pekerja gula di perkebunan di Kuba dan di tempat lain di Karibia tinggal di kota-kota perusahaan yang dikenal sebagai bateyes.

  • Amerika Selatan

Kompleks perkebunan merupakan hal yang umum di perkebunan pertanian di Amerika Serikat bagian Selatan dari abad ke-17 hingga abad ke-20. Kompleks ini mencakup segala sesuatu mulai dari tempat tinggal utama hingga kandang ternak. Hingga penghapusan perbudakan, perkebunan semacam itu umumnya merupakan pemukiman mandiri yang mengandalkan kerja paksa dari orang-orang yang diperbudak.

Perkebunan merupakan aspek penting dalam sejarah Amerika Serikat bagian Selatan, terutama sebelum Perang Saudara Amerika. Iklim yang sejuk, curah hujan yang tinggi, dan tanah yang subur di Amerika Serikat bagian tenggara memungkinkan tumbuh suburnya perkebunan-perkebunan besar, di mana banyak orang Afrika yang diperbudak ditawan dan dipaksa untuk menghasilkan tanaman untuk menciptakan kekayaan bagi kaum elit kulit putih.

Saat ini, seperti halnya di masa lalu, ada banyak pendapat tentang apa yang membedakan perkebunan dengan pertanian. Biasanya, fokus sebuah pertanian adalah pertanian subsisten. Sebaliknya, fokus utama perkebunan adalah produksi tanaman komersial, dengan hasil panen yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan penduduk dan ternak.  Definisi umum tentang apa yang dimaksud dengan perkebunan adalah bahwa perkebunan biasanya memiliki lahan seluas 500 hingga 1.000 hektar (2,0 hingga 4,0 km2) atau lebih dan menghasilkan satu atau dua tanaman komersial untuk dijual. Para ahli lain mencoba mendefinisikannya berdasarkan jumlah orang yang diperbudak.

Masyarakat dan budaya

  • Penangkapan Ikan

Ketika Newfoundland dijajah Inggris pada tahun 1610, para penjajah asli disebut "pekebun", dan tempat penangkapan ikan mereka dikenal sebagai "perkebunan ikan". Istilah ini digunakan hingga abad ke-20.

Tiga perkebunan berikut ini dikelola oleh Pemerintah Newfoundland dan Labrador sebagai situs warisan provinsi:

  • Sea-Forest Plantation adalah perkebunan perikanan abad ke-17 yang didirikan di Cuper's Cove (sekarang Cupids) di bawah piagam kerajaan yang dikeluarkan oleh Raja James I.
  • Perkebunan Mockbeggar adalah perkebunan perikanan abad ke-18 di Bonavista.
  • Pool Plantation adalah perkebunan perikanan abad ke-17 yang dikelola oleh Sir David Kirke dan ahli warisnya di Ferryland. Perkebunan ini dihancurkan oleh penjajah Prancis pada tahun 1696.

Perkebunan perikanan lainnya:

  • Bristol's Hope Plantation, perkebunan perikanan abad ke-17 yang didirikan di Harbour Grace, yang dibuat oleh Perkumpulan Petualang Pedagang Bristol.
  • Benger Plantation, perkebunan perikanan abad ke-18 yang dikelola oleh James Benger dan ahli warisnya di Ferryland. Perkebunan ini dibangun di lokasi perkebunan Georgia.
  • Perkebunan Piggeon, perkebunan perikanan abad ke-18 yang dikelola oleh Ellias Piggeon di Ferryland.


Disadur dari: en.wikipedia.org