Eksplorasi Industri Elektronik

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

23 April 2024, 08.28

Sumber: Wikipedia

Industri elektronik adalah sektor ekonomi yang memproduksi perangkat elektronik. Industri ini muncul pada abad ke-20 dan saat ini merupakan salah satu industri global terbesar. Masyarakat kontemporer menggunakan beragam perangkat elektronik yang dibuat di pabrik-pabrik yang dioperasikan oleh industri ini, yang hampir selalu otomatis.

Produk elektronik terutama dirakit dari transistor metal-oxide-semiconductor (MOS) dan sirkuit terpadu, yang terakhir ini terutama dengan fotolitografi dan sering kali pada papan sirkuit tercetak. Papan sirkuit dirakit sebagian besar menggunakan teknologi pemasangan di permukaan, yang biasanya melibatkan penempatan komponen elektronik secara otomatis pada papan sirkuit menggunakan mesin pick-and-place. Teknologi pemasangan di permukaan dan mesin pick-and-place memungkinkan untuk merakit papan sirkuit dalam jumlah besar dengan kecepatan tinggi. Ukuran industri, penggunaan bahan beracun, dan sulitnya daur ulang telah menyebabkan serangkaian masalah dengan limbah elektronik. Peraturan internasional dan undang-undang lingkungan telah dikembangkan untuk mengatasi masalah ini.

Industri elektronik terdiri dari berbagai sektor. Kekuatan pendorong utama di balik seluruh industri elektronik adalah sektor industri semikonduktor, yang memiliki penjualan tahunan lebih dari $481 miliar pada tahun 2018.

Sejarah
Industri tenaga listrik dimulai pada abad ke-19, yang mengarah pada pengembangan penemuan seperti gramofon, pemancar dan penerima radio, dan televisi. Tabung vakum digunakan untuk perangkat elektronik awal, sebelum kemudian sebagian besar digantikan oleh komponen semikonduktor sebagai teknologi dasar industri ini.

Transistor pertama yang berfungsi, transistor kontak-titik, ditemukan oleh John Bardeen dan Walter Houser Brattain di Bell Laboratories pada tahun 1947, yang mengarah pada penelitian yang signifikan di bidang semikonduktor solid-state selama tahun 1950-an. Hal ini menyebabkan munculnya industri elektronik konsumen hiburan rumah yang dimulai pada tahun 1950-an, yang sebagian besar disebabkan oleh upaya Tokyo Tsushin Kogyo (sekarang Sony) yang berhasil mengomersilkan teknologi transistor untuk pasar massal, dengan radio transistor yang terjangkau dan kemudian perangkat televisi transistor.

Industri ini mempekerjakan sejumlah besar insinyur elektronik dan teknisi elektronik untuk merancang, mengembangkan, menguji, membuat, memasang, dan memperbaiki peralatan listrik dan elektronik seperti peralatan komunikasi, alat pemantau medis, peralatan navigasi, dan komputer. Komponen umum yang diproduksi adalah konektor, komponen sistem, sistem sel, dan aksesori komputer, dan ini terbuat dari baja paduan, tembaga, kuningan, baja tahan karat, plastik, pipa baja, dan bahan lainnya.

Elektronik konsumen
Elektronik konsumen adalah produk yang ditujukan untuk penggunaan sehari-hari, paling sering untuk hiburan, komunikasi, dan produktivitas kantor. Penyiaran radio pada awal abad ke-20 menghadirkan produk konsumen utama pertama, yaitu penerima siaran. Produk selanjutnya meliputi komputer pribadi, telepon, pemutar MP3, ponsel, ponsel pintar, peralatan audio, televisi, kalkulator, GPS elektronik otomotif, kamera digital, serta pemutar dan perekam yang menggunakan media video seperti DVD, VCR, atau camcorder. Semakin banyak produk ini yang berbasis teknologi digital, dan sebagian besar telah menyatu dengan industri komputer dalam apa yang disebut sebagai konsumerisasi teknologi informasi.

CEA(Consumer Electronics Association) memproyeksikan nilai penjualan elektronik konsumen tahunan di Amerika Serikat mencapai lebih dari $ 170 miliar pada tahun 2008. Penjualan elektronik konsumen tahunan secara global diperkirakan akan mencapai $ 2,9 triliun pada tahun 2020.

Manufaktur
Efek terhadap lingkungan

Limbah listrik mengandung bahan berbahaya, berharga, dan langka, dan hingga 60 elemen dapat ditemukan dalam barang elektronik yang kompleks.

Amerika Serikat dan Tiongkok adalah pemimpin dunia dalam memproduksi limbah elektronik, masing-masing membuang sekitar 3 juta ton setiap tahunnya. Tiongkok juga tetap menjadi tempat pembuangan limbah elektronik utama bagi negara-negara maju. UNEP memperkirakan bahwa jumlah limbah elektronik yang dihasilkan - termasuk ponsel dan komputer - dapat meningkat sebanyak 500 persen dalam dekade berikutnya di beberapa negara berkembang, seperti India.

Meningkatnya kesadaran lingkungan telah menyebabkan perubahan dalam desain elektronik untuk mengurangi atau menghilangkan bahan beracun dan mengurangi konsumsi energi. Peraturan Pembatasan Zat Berbahaya (RoHS) dan Peraturan Peralatan Listrik dan Elektronik Limbah (WEEE) dirilis oleh Komisi Eropa pada tahun 2002.

Disadur dari: en.wikipedia.org