Ekspedisi HMS Challenger, Penjelajah Dunia

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

01 Juni 2024, 15.33

HMS Challenger berlayar, 1874 - Wikipedia

Ekspedisi Challenger tahun 1872–1876 merupakan program ilmiah yang menghasilkan banyak penemuan untuk meletakkan dasar oseanografi. Nama ekspedisi tersebut diambil dari nama kapal angkatan laut yang melakukan perjalanan tersebut, HMS Challenger.

Ekspedisi yang diprakarsai oleh William Benjamin Carpenter ini ditempatkan di bawah pengawasan ilmiah Sir Charles Wyville Thomson—dari Universitas Edinburgh dan Merchiston Castle School—dibantu oleh lima ilmuwan lainnya, termasuk Sir John Murray, seorang sekretaris-artis dan seorang fotografer.

Royal Society of London memperoleh penggunaan Challenger dari Royal Navy dan pada tahun 1872 memodifikasi kapal untuk tugas ilmiah, melengkapinya dengan laboratorium terpisah untuk sejarah alam dan kimia. Ekspedisi yang dipimpin oleh Kapten George Nares ini berlayar dari Portsmouth, Inggris, pada 21 Desember 1872. Perwira angkatan laut lainnya termasuk Komandan John Maclear.

Kapal HMS Challenger melakukan perjalanan sekitar 68.890 mil laut (79.280 mil; 127.580 kilometer) untuk survei dan penjelajahan di bawah pengawasan ilmiah Thomson sendiri. Hasilnya adalah Laporan Hasil Ilmiah dari Eksplorasi Pelayaran H.M.S. Challenger tahun 1873–76, yang mengkatalogkan lebih dari 4.000 spesies yang sebelumnya tidak diketahui, di antara banyak penemuan lainnya.

John Murray, yang mengawasi publikasi tersebut, menganggap laporan tersebut sebagai "kemajuan terbesar dalam pengetahuan tentang planet kita sejak penemuan-penemuan terkenal pada abad kelima belas dan keenam belas." Laporan Pelayaran HMS Challenger dapat diakses secara online. Challenger sedang berlayar di dekat Antartika, tetapi tidak dapat diamati. Namun demikian, ini merupakan ekspedisi ilmiah pertama yang mengambil gambar gunung es.

Dalam perjalanan penting mengelilingi dunia, dilakukan 492 pemeriksaan laut dalam, 133 kapal keruk dasar, 151 pukat perairan terbuka, dan 263 pengamatan suhu air secara serial. Sekitar 4.700 spesies biota laut baru ditemukan. Karya ilmiah ini dilakukan oleh Wyville Thomson, John Murray, John Young Buchanan, Henry Nottidge Moseley, dan Rudolf von Willemoes-Suhm. Frank Evers Bed ditunjuk sebagai jaksa. Artis ekspedisi rasmi adalah John James Wild.

Selain Nares dan Maclear, anggota awak angkatan laut lainnya termasuk Pelham Aldrich, George Granville Campbell, dan Andrew Francis Balfour (salah satu putra ahli botani Skotlandia John Hutton Balfour). Di antara para perwira tersebut juga terdapat Thomas Henry Tizard, yang telah melakukan pengamatan hidrografi penting pada pelayaran sebelumnya. Meskipun dia bukan salah satu staf ilmiah sipil, Tizard kemudian membantu menulis laporan resmi ekspedisi tersebut, dan juga menjadi Anggota Royal Society. Pelengkap kapal asli terdiri dari 21 perwira dan sekitar 216 awak kapal. Pada akhir pelayaran, jumlah tersebut berkurang menjadi 144 karena kematian, desersi, personel ditinggalkan di darat karena sakit, dan rencana keberangkatan.

Sumber:

https://en.wikipedia.org