Dinamika Sistem: Metodologi, Sejarah, dan Aplikasi

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

22 Maret 2024, 16.55

Sumber: id.wikipedia.org

Sistem dinamika adalah pendekatan untuk memahami perilaku nonlinier dari sistem kompleks seiring waktu menggunakan stok, aliran, loop umpan balik internal, fungsi tabel, dan penundaan waktu.

Ikhtisar
Sistem dinamika adalah metodologi dan teknik pemodelan matematika untuk merumuskan, memahami, dan mendiskusikan isu-isu dan masalah yang kompleks. Awalnya dikembangkan pada tahun [1950-an] untuk membantu manajer perusahaan meningkatkan pemahaman mereka tentang proses industri, SD saat ini digunakan di sektor publik dan swasta untuk analisis dan desain kebijakan.

Perangkat lunak antarmuka pengguna grafis (GUI) yang nyaman dikembangkan menjadi versi yang mudah digunakan pada tahun [1990-an] dan telah diterapkan pada berbagai sistem. Model SD memecahkan masalah simultanitas (keterkaitan timbal balik) dengan memperbarui semua variabel dalam inkrement waktu kecil dengan umpan balik positif dan negatif serta penundaan waktu yang membangun interaksi dan kontrol. Model SD yang paling terkenal mungkin adalah The Limits to Growth. Model ini meramalkan bahwa pertumbuhan eksponensial populasi dan modal, dengan sumber daya terbatas dan bak terbatas serta keterlambatan persepsi, akan menyebabkan keruntuhan ekonomi selama abad ke-21 dalam berbagai skenario pertumbuhan.

Sistem dinamika adalah aspek dari teori sistem sebagai metode untuk memahami perilaku dinamis dari sistem kompleks. Tujuan dari metode ini adalah untuk memahami bahwa struktur sistem, jumlah sambungan melingkar antar komponen, dan terkadang jumlah sambungan memanjang, penting dalam menentukan perilaku masing-masing bagian. Contohnya termasuk teori chaos dan dinamika sosial. Kadang-kadang dikatakan bahwa perilaku keseluruhan tidak dapat dijelaskan oleh perilaku bagian-bagiannya karena banyak aspek dari keseluruhan tidak tercermin dalam perilaku bagian-bagiannya.

Sejarah

Sistem dinamis yang berkembang. Ini ditemukan oleh Profesor Jay Forrester dari MIT pada pertengahan tahun 1950. Pada tahun 1956, Forrester menerima jabatan profesor di MIT Sloan School of Management yang baru dibentuk. Tujuan pertamanya adalah untuk menentukan bagaimana ia dapat menggunakan latar belakang ilmu pengetahuan dan tekniknya dengan tepat untuk memecahkan masalah-masalah penting yang akan menentukan keberhasilan atau kegagalan sebuah perusahaan. Pemahaman Forrester tentang proses teknologi yang mengarah pada penciptaan sistem dinamis muncul pada pertengahan tahun 1950-an saat bekerja dengan para eksekutif di General Electric (GE). Pada saat itu, GE sedang berjuang dengan tingginya turnover di sebuah pabrik utilitas di Kentucky selama tiga tahun terakhir. Ia menyimpulkan bahwa perubahan ekonomi saja tidak cukup untuk menjelaskan defisit lapangan kerja ini. Dengan memodelkan (atau menghitung) secara akurat aliran inventaris dan struktur pengembalian pabrik GE serta struktur pengambilan keputusan perusahaan untuk perekrutan dan pemecatan, Forrester mampu mengungkap sifat tak terduga dari tindakan GE yang disebabkan oleh struktur internal perusahaan. . Hal ini bukan karena faktor eksternal seperti perubahan bisnis. Simulasi langsung ini menandai dimulainya bidang dinamika sistem.

Pada tahun 1950-an dan awal 1960-an, Forrester dan sekelompok mahasiswanya memindahkan bidang dinamika sistem yang sedang berkembang dari simulasi manual ke simulasi komputer. . Latihan pemodelan formal. Richard Bennett menciptakan bahasa pemodelan komputer sintetik pertama yang disebut SIMPLE (Simplification of Industrial Control Problems with Many Equations) pada musim semi tahun 1958. Pada tahun 1959, Phyllis Fox dan Alexander Pugh merilis versi pertama, versi perbaikan dari DYNAMO (model dinamis). SIMPLE, Bahasa Sistem Dinamik, telah menjadi standar industri selama lebih dari 30 tahun. Forrester menerbitkan buku pertama dan masih klasik dalam bidang ini yang berjudul Industrial Dynamics pada tahun 1961.

Dari tahun 1950-an hingga tahun 1960-an, ia mengarahkan dinamika sistem pada permasalahan manajemen/bisnis. . Namun, pada tahun 1968, sebuah peristiwa tak terduga memperluas bidang ini melampaui pemodelan perusahaan. John F. Collins, mantan walikota Boston, ditunjuk sebagai profesor tamu urusan perkotaan di MIT. Hasil kerjasama Collins-Forrester adalah buku Urban Dynamics. Model Dinamika Perkotaan yang disajikan dalam buku ini merupakan penerapan dinamika sistem non-komersial pertama. Pada [1967] Richard M. Goodwin menerbitkan edisi pertama makalahnya "A Growth Cycle," upaya pertama untuk menerapkan prinsip-prinsip dinamika sistem dalam perekonomian. Ia mengabdikan hidupnya pada pengajaran "mekanika ekonomi", yang dapat dianggap sebagai awal dari perekonomian yang tidak terorganisir saat ini.

Penerapan kedua dari dinamika sistem tidak lama setelah yang pertama. . [1970] Jay Forrester diundang oleh Club of Rome untuk menghadiri pertemuan di Bern, Swiss. Club of Rome adalah sebuah organisasi yang didedikasikan untuk memecahkan apa yang para anggotanya sebut sebagai "masalah manusia", yaitu masalah-masalah dunia yang akan muncul di masa depan sebagai akibat dari tuntutan dunia tumbuhan terhadap kekuatan-kekuatan independen. bumi. . populasi Pada konferensi Bern, Forrester ditanya apakah sistem dinamis dapat digunakan.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.org