Dinamika Sejarah Perkotaan: Urbanisasi, Transformasi, dan Kekuasaan Kota

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

22 Februari 2024, 15.18

Sumber: bloomberg.com/news

Sejarah perkotaan merupakan jurusan sejarah yang mempelajari karakter sejarah kota dan proses urbanisasi. Pendekatan ini seringkali bersifat interdisipliner, melintasi batas-batas dalam bidang-bidang seperti sejarah sosial, sejarah arsitektur, sosiologi perkotaan, geografi perkotaan, sejarah bisnis dan arkeologi. Urbanisasi dan industrialisasi adalah subjek populer bagi para sejarawan abad ke-20, sering kali dikaitkan dengan model implisit modernisasi atau transformasi masyarakat pedesaan tradisional.

Sejarah urbanisasi berfokus pada proses dimana populasi terkonsentrasi di wilayah perkotaan dari waktu ke waktu, dan konteks sosial, politik, budaya dan ekonomi kota-kota tersebut. Kebanyakan sarjana perkotaan fokus pada “metropolis”, sebuah kota besar atau kota yang sangat penting. Kurangnya perhatian diberikan pada kota-kota kecil atau (hingga saat ini) pinggiran kota. Namun, para sejarawan sosial menganggap kota-kota kecil lebih mudah ditangani karena mereka dapat menggunakan data sensus untuk mencakup seluruh populasi atau mengambil sampel. Di Amerika Serikat dari tahun 1920an hingga 1990an, banyak monografi berpengaruh dimulai sebagai salah satu dari 140 disertasi di Universitas Harvard yang diawasi oleh Arthur Schlesinger Sr. atau Oscar Handlin. Bidang ini berkembang pesat setelah tahun 1970, ketika sarjana terkemuka Stephan Thernstrom mencatat bahwa sejarah perkotaan sepertinya tentang kota, atau tentang masyarakat perkotaan, atau tentang peristiwa di kota, dengan sikap terhadap kota – yang menimbulkan pertanyaan tentang apa yang dimaksud dengan penduduk kota. dulu itu bukan sejarah.

Hanya sedikit penelitian yang mencoba mengeksplorasi sejarah kota secara global, yang paling terkenal adalah Lewis Mumford, The City in History. Studi perbandingan yang representatif adalah Leonardo Benevolo, Kota Eropa; Christopher R. Friedrichs, Kota Modern Awal, dan James L. McClain, John M. Merriman, dan Ugawa Kaoru, eds. Edo dan Paris (Edo adalah nama lama Tokyo).

Sejarah arsitektur merupakan bidang tersendiri, namun terkadang tumpang tindih dengan sejarah perkotaan.

Peran politik kota dalam pembentukan negara—dan mempertahankan kemerdekaannya—dibahas oleh Charles Tilly dan W.P. Blockmans, ed., Kota dan Kebangkitan Negara di Eropa, A.D. 1000-1800. Studi Komparatif Elit - Siapa yang Memerintah - Menampilkan Luisa Passerini, Dawn Lyon, Enrica Capussotti, dan Ioanna Laliotou, eds. Siapa yang memerintah kota? Elit perkotaan dan struktur kekuasaan perkotaan di Eropa dan Amerika Utara, 1750-1940. Aktivis buruh dan sosialis seringkali memiliki jaringan nasional atau internasional yang menyebarkan ide dan taktik.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.org