Dinamika Alokasi Sumber Daya: Dari Ekonomi hingga Manajemen Proyek

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

20 Maret 2024, 10.14

Sumber: .fm-magazine.com

Dalam ekonomi, alokasi sumber daya adalah penugasan sumber daya yang tersedia untuk berbagai penggunaan. Dalam konteks seluruh ekonomi, sumber daya dapat dialokasikan melalui berbagai cara, seperti pasar, atau perencanaan.

Dalam manajemen proyek, alokasi sumber daya atau manajemen sumber daya adalah penjadwalan aktivitas dan sumber daya yang diperlukan oleh aktivitas-aktivitas tersebut sambil memperhitungkan ketersediaan sumber daya dan waktu proyek.

Ekonomi

Dalam bidang ekonomi, bidang keuangan publik menangani tiga area luas: stabilisasi mikroekonomi, distribusi pendapatan dan kekayaan, dan alokasi sumber daya. Sebagian besar studi tentang alokasi sumber daya ditekankan pada menemukan kondisi di mana mekanisme-mekanisme tertentu dari alokasi sumber daya mengarah pada hasil yang efisien Pareto, di mana situasi salah satu pihak tidak dapat ditingkatkan tanpa merugikan pihak lainnya.

Perencanaan Strategis

Dalam perencanaan strategis, alokasi sumber daya adalah suatu rencana untuk menggunakan sumber daya yang tersedia, misalnya sumber daya manusia, terutama dalam jangka dekat, untuk mencapai tujuan di masa depan. Ini adalah proses penugasan sumber daya yang langka di antara berbagai proyek atau unit bisnis.

Ada beberapa pendekatan untuk memecahkan masalah alokasi sumber daya, misalnya sumber daya dapat dialokasikan menggunakan pendekatan manual, pendekatan algoritmik, atau kombinasi keduanya.

Mungkin ada mekanisme kontingensi seperti peringkat prioritas item yang dikecualikan dari rencana, menunjukkan item mana yang harus didanai jika lebih banyak sumber daya tersedia dan peringkat prioritas beberapa item yang dimasukkan dalam rencana, menunjukkan item mana yang harus dikorbankan jika total pendanaan harus dikurangi.

Algoritma

Alokasi sumber daya dapat diputuskan dengan menggunakan program komputer yang diterapkan pada domain tertentu untuk mendistribusikan sumber daya secara otomatis dan dinamis kepada pemohon.

Hal ini terutama umum dalam perangkat elektronik yang didedikasikan untuk routing dan komunikasi. Misalnya, alokasi saluran dalam komunikasi nirkabel dapat diputuskan oleh stasiun transceiver dasar menggunakan algoritma yang sesuai.

Salah satu kelas sumber daya di mana pemohon melakukan penawaran untuk sumber daya terbaik menurut saldo "uang" mereka, seperti dalam model bisnis lelang online.

Dalam salah satu paper tentang alokasi slice waktu CPU, sebuah algoritma lelang dibandingkan dengan penjadwalan proporsional share.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.org