Desain Produk: Pengertian, Cangkupan Proses, Proses dan Konsep Desain Produk

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

17 April 2024, 12.22

Sumber: Solo City Travel/Catia

Desain Produk

Desain produk adalah proses menciptakan produk baru yang dijual perusahaan kepada pelanggan. Proses ini melibatkan pembangkitan dan pengembangan ide melalui pendekatan sistematis dengan tujuan menciptakan produk inovatif. Oleh karena itu, desain produk menjadi aspek penting dalam pengembangan produk baru.

Cangkupan Proses Desain Produk

Proses desain produk mencakup serangkaian aktivitas strategis dan taktis, mulai dari pembangkitan ide hingga komersialisasi, yang bertujuan untuk menciptakan desain produk. Dengan menggunakan pendekatan sistematis, desainer produk mengembangkan konsep, mengevaluasi ide, dan mengubahnya menjadi penemuan dan produk nyata. Peran seorang desainer produk adalah memadukan seni, ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menciptakan produk baru yang dapat digunakan oleh masyarakat. Kemajuan teknologi digital telah memfasilitasi perandesainer, memungkinkan mereka melakukan komunikasi, visualisasi, analisis, dan pemodelan 3D serta menghasilkan ide-ide konkret dengan lebih efisien dibandingkan masa lalu.

Desain produk sering disamakan dengan (dan tumpang tindih dengan) desain industri dan kini menjadi istilah yang mencakup desain layanan, perangkat lunak, dan produk fisik.Desain industri berfokus pada penyatuan bentuk artistik dan kegunaan, sering kali dikombinasikan dengan desain keahlian dan ergonomi, dengan tujuan produksi barang secara massal. Dalam konteks ini, desain produk dan desain industri mencakup aspek desain teknik, terutama ketika permasalahan fungsionalitas atau kegunaan muncul sebagai tantangan, meskipun batasan antara keduanya tidak selalu jelas.

Proses Desain Produk

Ada banyak proses dalam desain produk, dan banyak di antaranya berfokus pada aspek yang berbeda. Don Koberg dan Jim Bagnellin menjelaskan contoh formulasi atau model proses dalam “Tujuh Tahapan Universal Pemecahan Masalah Kreatif.” Proses ini biasanya dilakukan oleh sekelompok orang dengan keterampilan dan pelatihan berbeda, termasuk perancang industri, ahli di bidangnya (pengguna potensial) dan insinyur (untuk aspek desain teknis), tergantung pada sifat dan jenis produk yang bersangkutan. Proses ini sering kali melibatkan pengumpulan informasi tentang kebutuhan, berbagi ide yang mungkin, membuat prototipe, dan pada akhirnya menghasilkan suatu produk. Namun, ini bukanlah akhir dari proses.Desainer produk harus menerapkan ide-ide mereka, mengubahnya menjadi produk nyata, dan mengevaluasi keberhasilan mereka untuk menentukan apakah perbaikan perlu dilakukan.

Proses desain produk mengalami kemajuan penting dengan munculnya dan penerapan pencetakan 3D. Printer 3D baru yang mudah digunakan ini mampu mencetak objek tiga dimensi menggunakan bahan seperti plastik, tidak seperti printer tradisional yang menggunakan tinta untuk mencetak pada suatu permukaan.

Proses desain produk seperti yang dijelaskan oleh Koberg dan Bagnell secara umum mencakup tiga aspek utama yaitu analisis, konsep, dan integrasi. Namun dua aspek terakhir, khususnya pencampuran, seringkali dikaji ulang tergantung pada jenis produk yang dirancang.Ini adalah proses berkelanjutan di mana umpan balik memainkan peranan penting. Koberg dan Bagnell menawarkan model proses yang lebih spesifik di mana “analisis” terdiri dari dua tahap, “konsep” hanya mencakup satu tahap, dan “sintesis” mencakup empat tahap tambahan. (Penting untuk dicatat bahwa istilah-istilah ini dapat digunakan secara berbeda dalam konteks desain yang berbeda.)

Analisis

Dalam fase “Terima situasi”, desainer membuat keputusan untuk berkomitmen pada proyek dan menemukan solusi terhadap masalah yang dihadapi. Pada fase ini, mereka mengumpulkan sumber daya mereka untuk mencari cara menyelesaikan tugas dengan lebih efisien. Seluruh tim kemudian memulai penyelidikan pada tahap analisis. Mereka mengumpulkan materi umum dan khusus yang dapat membantu mereka memahami cara menyelesaikan masalah yang dihadapi. Penelitian ini dapat mencakup statistik,kuesioner, artikel, dan berbagai sumber lainnya.Tingkat analisis ini dimaksudkan untuk memberikan dasar pengetahuan yang diperlukan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi.

Konsep

Fase definisi merupakan momen dimana inti permasalahan didefinisikan. Kondisi masalah menjadi tujuan dan kendala situasional menjadi parameter di mana desain baru harus dibuat. Pada fase ini, tim desain dengan jelas menentukan elemen-elemen yang perlu ditangani dan menetapkan parameter yang memandu proses pengembangan desain selanjutnya.

Sintesis

Fase Ideate adalah pertukaran ide antar desainer, di mana mereka fokus pada solusi kreatif terhadap masalah desain. Idealnya, sesi curah pendapat ini harus bebas dari bias atau penilaian dan didasarkan pada ide-ide orisinal. Para desainer kemudian memilih ide-ide terpilih yang dianggap paling menjanjikan untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Pada tahap seleksi, ide-ide tersebut diasumsikan menjamin kesuksesan, dan dari situ tim desain dapat merinci rencana mereka untuk mengembangkan produk. Pada tahap implementasi, prototipe dibangun dan rencana disusun. Seperti yang dijelaskan pada langkah sebelumnya untuk mewujudkan produk.Tahap evaluasi merupakan langkah terakhir dimana produk diuji dan perbaikan dilakukan dari sana. Meskipun ini adalah tahap akhir, prosesnya belum selesai karena prototipe yang telah selesai mungkin tidak berfungsi sebaik yang diharapkan, sehingga ide-ide baru perlu dikemukakan dalam sesi curah pendapat.

Disadur dari: en.wikipedia.org