Desain Industri: Pengertian, Definisi, Sejarah dan Proses Desain

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

17 April 2024, 12.12

Sumber: en.wikipedia.org

Desain industri

Desain industri adalah proses desain yang diterapkan pada produk fisik yang diproduksi menggunakan metode produksi massal. Ini adalah tindakan kreatif yang terdiri dari menentukan dan mendefinisikan bentuk dan karakteristik suatu produk sebelum penciptaan atau produksinya. Manufaktur industri melibatkan aktivitas replikasi yang telah ditentukan sebelumnya, terstandarisasi, dan dapat direproduksi, seringkali otomatis. Sedangkan desain kerajinan adalah suatu proses atau pendekatan di mana bentuk produk sebagian besar ditentukan secara pribadi oleh pencipta produk serta proses produksinya.

Segala produk yang tercipta merupakan hasil proses desain yang dapat dilakukan oleh individu maupun tim.Tim proyek dapat terdiri dari orang-orang dengan keterampilan berbeda, seperti desainer, insinyur, dan pakar bisnis. Proses desain dapat berfokus pada kreativitas intuitif atau pengambilan keputusan ilmiah yang diperhitungkan, seringkali merupakan perpaduan keduanya.

Faktor-faktor seperti bahan, proses manufaktur, strategi bisnis, dan aspek sosial, komersial atau estetika dapat mempengaruhi sifat proses desain.Desain industri sebagai seni terapan umumnya berfokus pada kombinasi pertimbangan estetika dan berpusat pada pengguna. Namun desain industri juga seringkali memberikan solusi terhadap permasalahan yang berkaitan dengan bentuk, fungsi, ergonomi fisik, pemasaran, pengembangan merek, keberlanjutan dan penjualan.

Sejarah

Prekursor

Beberapa milenium sebelum industrialisasi dimulai, desain, keahlian teknis, dan manufaktur sering kali dilakukan oleh pengrajin individu. Merekalah yang menentukan bentuk produk pada saat pembuatannya, mengandalkan keahliannya dan menyesuaikan produk dengan kebutuhan pelanggannya. Mereka memperoleh pengetahuan mereka melalui pengalaman pribadi serta pelatihan dan praktik profesional.Pembagian kerja yang mendasari praktik desain industri sudah ada sejak era pra-industri. Perkembangan perdagangan pada Abad Pertengahan menyebabkan berdirinya bengkel-bengkel besar di kota-kota seperti Florence, Venesia, Nuremberg dan Bruges.Di lokasi ini, kelompok pengrajin yang lebih terspesialisasi menciptakan objek berbentuk serupa dengan berulang kali meniru pola yang sudah ada menggunakan teknik dan pelatihan bersama.

Pada abad ke-16, tekanan persaingan menyebabkan munculnya model di Italia dan Jerman. Buku-buku tersebut berisi kumpulan cetakan dengan bentuk dan desain dekoratif yang mungkin telah digunakan pada berbagai produk sebelum produksi dimulai. Penggunaan gambar untuk menentukan bagaimana sesuatu harus dibuat pertama kali dikembangkan oleh arsitek dan pembuat kapal pada masa Renaisans Italia.

Pada abad ke-17, kebangkitan patronase artistik di negara-negara monarki terpusat seperti Prancis menyebabkan lahirnya perusahaan-perusahaan produksi massal yang dikelola negara, seperti Pabrik Permadani Paris yang dibuka oleh Louis XIV pada tahun 1667.Sebuah tim yang terdiri dari ratusan pengrajin, termasuk seniman khusus, dekorator, dan pengukir, menciptakan produk dekoratif mewah di bawah pengawasan seniman terkenal Raja Charles Le Brun.

Model patronase kerajaan ini dapat ditemukan di pabrik porselen istana pada awal abad ke-18, seperti Pabrik Porselen Meissen yang didirikan pada tahun 1709 oleh Adipati Agung Saxony. Pabrik tersebut menggunakan model dari berbagai sumber, termasuk tukang emas istana, pematung, dan pengukir, sebagai model vas dan patung yang menjadi terkenal. Meski reproduksi masih mengandalkan ketrampilan, namun kualitas artistik produk cenderung menurun seiring dengan meningkatnya skala produksi.

Lahirnya desain industri

Munculnya desain industri terutama terkait dengan meningkatnya industrialisasi dan mekanisasi yang dimulai dengan Revolusi Industri di Inggris pada pertengahan abad ke-18. Industri manufaktur yang sedang berkembang telah mengubah cara produksi, dan urbanisasi telah mengubah perilaku konsumen. Bangkitnya kerajaan memperluas selera dan mendiversifikasi pasar, dan munculnya kelas menengah yang lebih besar menyebabkan permintaan akan gaya modis di antara populasi yang lebih besar dan beragam.

Meskipun istilah “desain industri” pertama kali dikaitkan dengan desainer industri Joseph Claude Sinel pada tahun 1919, disiplin ini telah ada setidaknya satu dekade sebelumnya. Christopher Dresser dianggap sebagai salah satu desainer industri independen pertama.Buku Jacques-Eugène Armengaud “The Draughtsman's Practical Industrial Drawing”, yang diterbitkan pada tahun 1853, adalah salah satu karya terpenting yang berhubungan dengan tipologi gambar teknik di bidang desain industri. Upaya signifikan dalam pendidikan desain industri juga mengarah pada pendirian program pascasarjana desain industri di Institut Teknologi Carnegie pada tahun 1934 di bawah arahan Robert Lepper.

Pendidikan

Desain produk dan desain industri tumpang tindih dalam beberapa bidang desain, termasuk antarmuka pengguna, desain informasi, dan desain interaksi. Beberapa sekolah desain industri mengkhususkan diri pada aspek-aspek ini, mulai dari sekolah seni dan desain dengan fokus pada gaya produk hingga program teknik dan desain campuran serta disiplin terkait seperti desain industri, pameran, dan desain interior. Sekolah-sekolah ini dapat berkisar dari fokus pada estetika produkhingga fokus mendalam pada kegunaan dan ergonomi, yang dikenal sebagai sekolah fungsionalis.

Meskipun desain dan teknik industri tumpang tindih dalam beberapa bidang fungsional, desain industri umumnya dianggap sebagai seni terapan, sedangkan gambar teknik dianggap sebagai ilmu terapan. Di Amerika Serikat, program pendidikan teknik memerlukan akreditasi dari Badan Akreditasi Teknik dan Teknologi (ABET), tidak seperti program desain industri, yang diakreditasi oleh National Association of Schools of Art and Design (NASAD).Selain itu, pendidikan teknik biasanya memerlukan pelatihan ekstensif dalam matematika dan sains, yang mungkin tidak diperlukan dalam pendidikan desainer industri.

Institusi

Kebanyakan desainer industri memperoleh gelar sarjana dalam bidang desain atau bidang terkait dari sekolah kejuruan atau universitas. Program yang relevan meliputi desain grafis, desain interior, desain industri, teknologi arsitektur dan gambar. Gelar dan diploma desain industri ditawarkan di sekolah kejuruan dan universitas di seluruh dunia. Durasi kursus adalah dua hingga empat tahun. Gelar yang diperoleh melalui program ini antara lain Bachelor of Industrial Design (BID), Bachelor of Science(B.Sc), atau Bachelor of Fine Arts (BFA).Setelah mendapatkan gelar sarjana, beberapa desainer industri memilih untuk melanjutkan studi pascasarjana seperti gelar master di bidang desain, gelar master di bidang seni rupa, dan lain-lain, yang mungkin mengarah ke gelar master atau master.

Definisi

Penelitian desain industri mengenai fungsi, bentuk dan hubungan antara produk, pengguna dan lingkungan. Biasanya, perancang industri mengerjakan proyek-proyek kecil daripada merancang keseluruhan sistem yang kompleks seperti bangunan atau kapal. Perancang industri biasanya tidak merancang motor, sirkuit, dan roda gigi yang menggerakkan mesin, namun mereka dapat memengaruhi aspek teknis dengan merancang aplikasi dan membangun hubungan. Mereka biasanya bekerja dengan profesionallainnya seperti insinyur yang fokus pada aspek mekanis dan fungsional lainnya dari produk, memastikan fungsionalitas dan kemampuan manufaktur, serta profesional pemasaran untuk mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan.

Desain seringkali sulit dijelaskan kepada non-desainer karena makna yang diterima oleh komunitas desain tidak selalu bisa diungkapkan dengan kata-kata. Sebaliknya, definisi desain muncul melalui perolehan kerangka analitis utama dan penciptaan artefak. Salah satu definisi desain yang diterima berasal dari Carnegie Mellon School of Design: “Setiap desainer yang merancang kegiatan bermaksud mengubah situasi yang ada menjadi situasi yang diinginkan.” » Definisi ini berlaku untuk artefak baru dan yang sudah ada yang memerlukan modernisasi.

Desain industri dapat tumpang tindih dengan desain teknis, meskipun batasan keduanya mungkin berbeda dari satu negara ke negara lain.Umumnya, engineering fokus pada fungsionalitas atau kegunaan suatu produk, sedangkan desain industri lebih fokus pada aspek estetika dan antarmuka pengguna. Perbedaan-perbedaan ini sering kali disebabkan oleh kualifikasi atau lisensi yang diperlukan untuk melakukan praktik teknik di yurisdiksi yang berbeda. Kecuali bidang ergonomi, desain industri umumnya memiliki sedikit tumpang tindih dengan subdisiplin teknik industri.

Pada Sidang Umum ke-29 tahun 2015 di Gwangju, Korea Selatan, Komisi Praktik Profesional memperkenalkan definisi baru desain industri sebagai berikut: "Desain industri adalah proses pemecahan masalah strategis yang merangsang inovasi, membangun dan kesuksesan bisnis" kualitas hidup yang lebih baik, produk, sistem, layanan, dan pengalaman inovatif. Versi terluas dari definisi ini adalah: “Desain industri adalah proses pemecahan masalah strategis yang mendorong inovasi, mendorong kesuksesan bisnis, dan mengarah pada kualitas hidup yang lebih baik melalui produk, sistem, layanan, dan pengalaman yang inovatif.”Mereka adalah pemain strategis dalam proses inovasi dan memiliki posisi unik untuk menghubungkan berbagai disiplin profesional dan kepentingan bisnis. Mereka menghargai dampak ekonomi, sosial dan lingkungan dari pekerjaan mereka dan kontribusi mereka dalam menciptakan kualitas hidup yang lebih baik.

Proses Desain

Meskipun proses desain sering dianggap sebagai kegiatan yang bersifat "kreatif", namun sebenarnya melibatkan berbagai proses analitis. Desainer industri mengaplikasikan berbagai metode desain, termasuk riset pengguna, pembuatan sketsa, perbandingan produk, pemodelan, pembuatan prototipe, dan pengujian. Seluruh proses ini dapat disesuaikan oleh perancang industri dan/atau anggota tim desain. Perangkat lunak 3D, desain industri berbantuan komputer, dan program CAD umumnya digunakan oleh desainer untuk mengubah konsep mereka menjadi produk yang dapat diproduksi.Prototipe atau model sketsa dapat dihasilkan melalui teknologi pencetakan 3D atau dengan menggunakan bahan seperti kertas, kayu balsa, busa, atau tanah liat. CT scan industri juga dapat dimanfaatkan untuk memeriksa cacat internal dan menciptakan model CAD yang memungkinkan perubahan pada proses manufaktur.

Ciri-ciri produk yang ditetapkan oleh desainer industri mencakup bentuk keseluruhan, susunan detail, warna, tekstur, dan segala aspek yang terkait dengan penggunaan produk. Selain itu, mereka juga memiliki peran dalam menentukan aspek-aspek seperti proses pembuatan, pemilihan bahan, dan presentasi produk di tempat penjualan. Keterlibatan desainer industri dalam pengembangan produk dapat memberikan nilai tambah dengan meningkatkan kegunaan produk, mengurangi biaya produksi, dan menciptakan produk yang lebih menarik.

Desain industri juga dapat fokus pada konsep teknis, produk dan proses. Selain estetika, kegunaan, dan ergonomi, Anda dapat fokus pada teknologi, kegunaan, posisi pasar, dan topik lain seperti psikologi pengguna, keinginan, dan hubungan emosional. Nilai-nilai inti dan aspek desain industri dapat berbeda-beda tergantung pada aliran pemikiran dan praktik desain.

Disadur dari : en.wikipedia.org