Desain Arsitektur Stadion Piala Dunia 2022 di Qatar dari Peci hingga Bejana

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

05 Maret 2024, 10.09

Ilustrasi : Supreme Committee for Delivery & Legacy

Qatar telah menyelesaikan pembangunan delapan stadion untuk Piala Dunia 2022 yang akan datang. Sebagai tuan rumah, Qatar berusaha memberikan yang terbaik untuk acara olahraga prestisius ini, yang merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan di wilayah Timur Tengah.

Dengan demikian, mereka berupaya menyediakan stadion-stadion yang megah dan menarik secara arsitektural. Bukti dari komitmen ini adalah bahwa setiap stadion yang dibangun memiliki karakteristik dan keunikan tersendiri, dengan sebagian besar mencerminkan warisan lokal. Berdasarkan laporan dari Dezeen, berikut adalah delapan stadion yang telah selesai dibangun oleh Qatar untuk Piala Dunia 2022.

Lusail Stadium

Bentuk ini terinspirasi dari lentera khas Arab yang disebut fanar yang berada di dalam mangkuk dengan hiasan unik nan rumitBentuk ini terinspirasi dari lentera khas Arab yang disebut fanar yang berada di dalam mangkuk dengan hiasan unik nan rumit (Supreme Committee for Delivery & Legacy.)

Lusail Stadium terletak di Kota Lusail, sekitar 20 kilometer dari ibu kota Qatar, Doha. Kota Lusail dikenal sebagai kota modern yang futuristik. Stadion Lusail merupakan venue terbesar untuk Piala Dunia 2022 di Qatar, dengan kapasitas hingga 80.000 orang. Desain arsitekturnya terinspirasi oleh bentuk mangkuk atau bejana khas Arab yang berpadu dengan unsur Islam. Stadion ini dirancang oleh firma arsitektur Foster+Partners dari Inggris.

Sementara itu, Stadium 974 terletak di Ras Abu Aboud, dekat dengan Pelabuhan Doha. Dirancang oleh Fenwick-Iribarren Architects, stadion ini memiliki kapasitas untuk 40.000 orang. Bangunan ini dibangun menggunakan 974 kontainer pengiriman baja bekas yang dimodifikasi menjadi bentuk melengkung, menyerupai bujur sangkar. Yang menarik, Stadium 974 akan menjadi venue pertama dalam sejarah Piala Dunia yang sepenuhnya dapat dibongkar pasang.

AL Bayt Stadium

Al Bayt Stadium, salah satu venue Piala Dunia 2022 di Qatar

Al Bayt Stadium, salah satu venue Piala Dunia 2022 di Qatar (Qatar 2022 Supreme Committee)

Stadion yang mampu menampung 60.000 penonton ini terletak di Al Khor. Arsitekturnya dirancang oleh Dar Al-Handasah. Bentuknya menyerupai bayt al sha'ar, yaitu tenda tradisional orang nomaden di Qatar dan kawasan Teluk. Desainnya yang menyerupai tenda memungkinkan Stadion Al Bayt dilengkapi dengan sistem atap yang dapat ditarik untuk menutupi struktur bangunan. Selain itu, stadion ini menggunakan sistem pendingin untuk menjaga suhu di dalamnya tetap nyaman.

Al Thumama Stadium
Stadion Al Thumama di Qatar, venue Piala Dunia 2022
Stadion Al Thumama di Qatar, venue Piala Dunia 2022(Courtesy of Qatar's Supreme Committee for Delivery & Legacy)

Gahfiya adalah sejenis peci atau topi tenun tradisional yang secara khas dipakai oleh pria di wilayah Timur Tengah. Setelah berakhirnya Piala Dunia 2022, stadion yang awalnya dapat menampung 40.000 penonton ini akan mengalami penurunan kapasitas. Sebanyak 20.000 kursi di bagian tribun atas akan disingkirkan dan digantikan oleh pembangunan hotel butik dengan total 60 kamar.

Ahmad Bin Ali Stadium

Ahmad Bin Ali Stadium, salah satu venue Piala Dunia 2022 Qatar

Ahmad Bin Ali Stadium, salah satu venue Piala Dunia 2022 Qatar(Qatar 2022 Supreme Committee)

Ahmad Bin Ali Stadium, yang terletak di Al Rayyan, adalah hasil dari transformasi bahan dari stadion sebelumnya menjadi struktur baru. Proyek ini dikerjakan oleh Pattern Design dan Ramboll, dengan desain yang terinspirasi oleh bentuk bukit pasir dan elemen arsitektur Islam. Stadion Ahmad Bin Ali dilapisi dengan layar multimedia yang dapat menyala dan berubah warna, serta dibungkus dengan layar logam yang menampilkan pola dan motif yang sering ditemukan dalam arsitektur tradisional Qatar.

Education City Stadium
Education City Stadium, salah satu venue Piala Dunia 2022 Qatar

Education City Stadium, salah satu venue Piala Dunia 2022 Qatar(Qatar 2022 Supreme Committee)

Stadion yang terletak di Al Rayyan ini dirancang oleh Fenwick-Iribarren Architects dan Pattern Design. Memiliki fasad geometris tessellation yang dapat mengubah warna saat terkena sinar matahari. Stadion ini juga menjadi venue pertama untuk Piala Dunia 2022 Qatar yang telah diberi peringkat bintang lima untuk keberlanjutan oleh Global Sustainability Assessment System.

Al Janoub Stadium

Al Janoub Stadium, salah satu venue Piala Dunia 2022 Qatar Al Al Janoub Stadium, salah satu venue Piala Dunia 2022 Qatar(Qatar 2022 Supreme Committee)

Janoub Stadium terletak di Al Wakrah dan mampu menampung 40.000 orang. Didesain oleh AECOM dan Zaha Hadid Architects, stadion ini mengambil inspirasi dari bentuk dhow, sebuah perahu layar tradisional yang melambangkan sejarah pelayaran di pelabuhan kota tersebut. Stadion ini juga dilengkapi dengan sistem pendingin dan atap yang dapat dibuka.

Khalifa International Stadium
Khalifa International Stadium, salah satu venue Piala Dunia 2022 Qatar

Khalifa International Stadium, salah satu venue Piala Dunia 2022 Qatar(Qatar 2022 Supreme Committee)

Stadion ini merupakan bekas venue yang direnovasi dan direkonstruksi sebelum Piala Dunia 2022. Strukturnya ditingkatkan dengan penambahan tingkat tempat duduk baru, termasuk 12.000 kursi tambahan, serta perubahan fasad. Sejak pertama kali dibuka pada tahun 1975, stadion ini telah menjadi tuan rumah berbagai acara olahraga dan berfungsi sebagai stadion nasional Qatar.

 

Sumber: https://www.kompas.com/properti/read/2021/11/24/193000721/peci-hingga-bejana-desain-arsitektur-stadion-piala-dunia-2022-di-qatar