Desain Antargenerasi: Pengertian, Gambaran Umum, Manfaat, dan Sejarah

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

17 April 2024, 12.40

Sumber: youtube.com

Desain Antargenerasi

Desain antargenerasi adalah praktik menciptakan produk dan lingkungan yang memperhitungkan gangguan fisik dan sensorik yang terkait dengan penuaan manusia, serta keterbatasan aktivitas utama kehidupan. Istilah ini diperkenalkan pada tahun 1986 oleh profesor desain industri James J. Pirkl untuk menggambarkan produk dan lingkungan yang dapat mengakomodasi berbagai kelompok pengguna, termasuk kaum muda, orang tua, penyandang disabilitas, dan penyandang disabilitas, tanpa merugikan kelompok mana pun. Konsep desain antargenerasi muncul dari proyek penelitian federal mengenai desain untuk penuaan yang disebut "Koordinasi Desain Industri: Perspektif Antargenerasi". Publikasi nasional dari proyek ini, yang diterbitkan pada tahun 1988, memberikan informasi rinci mengenai proses penuaan, memberikan informasi kepada perancang industri dan model desain tentang aspek penuaan manusia, dan menunjukkan kemampuan untuk beradaptasi dengan beragam kebutuhan manusia dari segala usia dan kemampuan. pedoman dan strategi merancang produk potensial.

Gambaran Umum

Konsep desain transgenerasi menetapkan landasan bersama bagi mereka yang berkomitmen untuk mengintegrasikan usia dan kemampuan dalam populasi konsumen. Prinsip yang mendasarinya adalah bahwa setiap orang, termasuk mereka yang berusia lanjut atau memiliki keterbatasan, memiliki hak yang sama untuk hidup dalam sebuah masyarakat yang bersatu.

Praktik desain transgenerasi mengakui bahwa penuaan manusia adalah proses dinamis yang berkelanjutan yang dimulai sejak lahir dan berakhir dengan kematian, dan bahwa selama proses penuaan, orang biasanya mengalami kejadian penyakit, kecelakaan, dan penurunan kemampuan fisik dan sensorik yang mengganggu kemandirian dan gaya hidup seseorang. Namun, sebagian besar cedera, gangguan, dan disabilitas biasanya terjadi lebih sering seiring dengan bertambahnya usia dan efek penuaan (penuaan biologis). Empat fakta berikut ini menjelaskan keterkaitan antara usia dengan kerentanan fisik dan indera:

  • orang muda menjadi tua
  • orang muda dapat menjadi cacat
  • orang tua bisa menjadi cacat
  • orang cacat menjadi tua

Dalam setiap situasi, konsumen mengharapkan produk dan layanan untuk memenuhi dan meningkatkan gaya hidup mereka, baik secara fisik maupun simbolis. Desain transgenerasi berfokus pada melayani kebutuhan mereka melalui apa yang disebut Cagan dan Vogel sebagai "proses pengembangan produk yang berorientasi pada nilai."[8] Mereka mencatat bahwa sebuah produk "dianggap bernilai bagi pelanggan jika menawarkan efek yang kuat pada gaya hidup, fitur-fitur yang mendukung, dan ergonomi yang berarti" yang menghasilkan produk yang "berguna, dapat digunakan, dan diinginkan" baik dalam penggunaan jangka pendek maupun jangka panjang oleh orang-orang dari segala usia dan kemampuan."

Desain transgenerasi "dibingkai sebagai respons yang sadar pasar terhadap penuaan populasi yang memenuhi kebutuhan akan produk dan lingkungan yang dapat digunakan oleh orang tua dan muda yang tinggal dan bekerja di lingkungan yang sama". 

Manfaat

Desain antargenerasi bermanfaat bagi segala usia dan kemampuan dengan menciptakan hubungan positif antara produk dan pengguna. Hal ini mempertimbangkan kebutuhan dan harapan psikologis, fisik dan sosial dari berbagai kelompok pengguna. Desainnya menjamin keamanan, kenyamanan, penggunaan, ergonomis dan penerimaan, untuk memenuhi setiap pertanyaan dengan memberikan efisiensi dan kemudahan penggunaan.

Desain antargenerasi tidak memperhitungkan usia atau kemampuan pengguna, namun meningkatkan akses melalui pilihan yang lebih luas, menjaga dan memperluas otonomi individu, serta meningkatkan kualitas hidup tanpa konflik dengan kelompok mana pun.Desain antargenerasi adalah pendekatan integratif dan penuh kasih terhadap transisi di seluruh spektrum kehidupan, mempertimbangkan perbedaan individu dan membantu orang menjalani kehidupan yang kuat dan mandiri, beradaptasi dengan perubahan kebutuhan sensorik dan fisik, serta mempertahankan kendali dan harga diri. Oleh karena itu, perancangan dan pencegahan diskriminasi dan diskriminasi, memungkinkan masyarakat memilih metode yang tepat untuk melaksanakan tugas sehari-hari.

Sejarah
Desain transgenerasi muncul pada pertengahan tahun 1980-an bertepatan dengan konsepsi desain universal, yang merupakan hasil dari gerakan hak-hak penyandang disabilitas dan konsep-konsep bebas hambatan sebelumnya. Sebaliknya, desain transgenerasi tumbuh dari Undang-Undang Diskriminasi Usia tahun 1975, yang melarang "diskriminasi berdasarkan usia dalam program dan kegiatan yang menerima bantuan keuangan Federal", atau mengecualikan, menolak, atau memberikan layanan yang berbeda atau lebih rendah berdasarkan usia."Kepentingan politik dan perdebatan selanjutnya mengenai amandemen Undang-Undang tahun 1978, yang menghapuskan pensiun wajib pada usia 65 tahun, menjadikan masalah penuaan sebagai masalah kebijakan publik yang utama dengan menyuntikkannya ke dalam arus utama kesadaran masyarakat.

Latar Belakang
Pada awal tahun 1980-an, anggota populasi tertua, yang tumbuh selama depresi besar, digantikan oleh generasi Baby Boomers, yang terus mencapai usia paruh baya dan mendekati ambang batas pensiun. Jumlah mereka yang membengkak menandakan perubahan demografis yang besar di masa depan yang akan terus memperluas populasi yang menua di seluruh dunia.

Kemajuan dalam penelitian medis juga mengubah citra usia lanjut-dari masalah sosial orang sakit, miskin, dan pikun, yang solusinya bergantung pada kebijakan publik-menjadi realitas yang muncul dari populasi lansia yang aktif yang memiliki kekuatan, sumber daya, dan waktu untuk menerapkan keduanya.

Menanggapi kesadaran masyarakat yang semakin meningkat, media, kebijakan publik, dan beberapa institusi mulai menyadari implikasi yang akan terjadi. Time dan Newsweek mencurahkan cerita sampul untuk "Greying of America". Stasiun radio lokal mulai mengganti format rock-and-roll mereka dengan musik yang ditargetkan untuk selera yang lebih dewasa. The Collegiate Forum (Dow Jones & Co., Inc.) mencurahkan edisi Musim Gugur 1982 untuk artikel-artikel tentang angkatan kerja yang menua. Konferensi Penelitian Nasional tentang Teknologi dan Penuaan, dan Kantor Penilaian Teknologi Dewan Perwakilan Rakyat, memprakarsai pemeriksaan besar-besaran terhadap dampak sains dan teknologi pada orang Amerika yang lebih tua."

Pada tahun 1985, National Endowment for the Arts, Administration on Aging, Farmer's Home Administration, dan Department of Housing and Urban Development menandatangani perjanjian untuk meningkatkan bangunan, lanskap, produk, dan desain grafis untuk orang Amerika yang berusia lanjut, yang mencakup aplikasi penelitian baru untuk usia lanjut yang mengakui potensi untuk membuat produk lebih mudah digunakan oleh orang lanjut usia, dan karena itu lebih menarik dan menguntungkan.

Pengembangan
Pada tahun 1987, dengan menyadari implikasi dari penuaan populasi, Departemen Desain Universitas Syracuse, Pusat Gerontologi Seluruh Universitas, dan Pusat Pengembangan Instruksional memprakarsai dan berkolaborasi dalam sebuah proyek interdisipliner, Akomodasi Desain Industri: Proyek yang berlangsung selama satu tahun ini, yang didukung oleh hibah Federal, menggabungkan basis pengetahuan gerontologi dengan praktik profesional desain industri.

Proyek ini mendefinisikan "tiga aspek penuaan sebagai fisiologis, sosiologis, dan psikologis; dan membagi tanggung jawab desainer ke dalam masalah estetika, teknologi, dan humanistik."Keterkaitan yang kuat antara aspek fisiologis penuaan dan aspek humanistik desain industri membentuk fokus instruksional proyek dan mengkategorikan aspek fisiologis penuaan sebagai faktor indrawi dan fisik penglihatan, pendengaran, sentuhan, dan gerakan. Keterkaitan ini diterjemahkan ke dalam serangkaian tabel referensi, yang mengaitkan faktor fisik dan sensorik spesifik dari penuaan, dan dimasukkan ke dalam serangkaian pedoman desain yang dihasilkan untuk:

  • menyadarkan para desainer dan mahasiswa desain akan proses penuaan.
  • memberi mereka pengetahuan yang tepat tentang proses ini.
  • mengakomodasi perubahan kebutuhan dari populasi lintas generasi kita.

Proyek ini menghasilkan dan menerbitkan dua manual instruksional - satu untuk instruktur dan satu untuk profesional desain - yang masing-masing berisi seperangkat "pedoman dan strategi desain untuk merancang produk transgenerasi". Berdasarkan ketentuan hibah, manual instruksional didistribusikan ke semua program akademik desain industri yang diakui oleh Asosiasi Nasional Sekolah Seni dan Desain (NASAD).

Kronologi

  • 1988: Istilah 'desain transgenerasi' pertama kali muncul secara publik dan diakui oleh Bristol-Myers Company dalam laporan tahunannya, yang menyatakan, "Tren menuju desain transgenerasi tampaknya mulai berkembang di beberapa bidang", dengan mencatat bahwa "desain transgenerasi memiliki keuntungan tambahan dalam menghindari label stigmatisasi sebagai 'tua'."
  • 1989: Hasil dari proyek hibah Federal tahun 1987 pertama kali dipresentasikan pada konferensi nasional, Exploration: Inovasi Teknologi untuk Populasi yang Menua, yang sebagian didukung oleh Asosiasi Pensiunan Amerika (AARP) dan Institut Nasional tentang Penuaan. Prosiding ini berfokus "pada upaya saat ini untuk mengatasi dampak teknologi dan populasi yang menua, identifikasi masalah dan masalah yang berdampak besar, ide-ide inovatif, dan solusi potensial".
  • Juga pada tahun 1989, Design News, majalah desain Jepang, memperkenalkan "konsep baru desain transgenerasi (untuk) mengatasi kebutuhan populasi yang menua dan strateginya", yang menyatakan bahwa "dampaknya akan segera dirasakan oleh semua institusi global" dan "mengubah arah praktik dan pendidikan desain industri saat ini".
  • 1990: Perusahaan OXO memperkenalkan kelompok pertama dari 15 alat dapur Good Grips ke Pasar AS. "Alat-alat yang dirancang secara ergonomis dan transgenerasi ini menetapkan standar baru untuk industri ini dan meningkatkan standar ekspektasi konsumen akan kenyamanan dan kinerja."Sam Farber, pendiri OXO, menyatakan bahwa "tren populasi menuntut produk transgenerasi, produk yang akan berguna bagi Anda sepanjang hidup Anda" karena "memperpanjang usia suatu produk dan materialnya dengan mengantisipasi seluruh pengalaman pengguna."
  • 1991: Edisi Musim Gugur Design Management Journal membahas masalah "Desain yang Bertanggung Jawab" dan memperkenalkan konsep desain transgenerasi dalam artikel "Desain Transgenerasi: Strategi yang Waktunya Telah Tiba". Artikel tersebut menyajikan deskripsi, alasan, dan contoh produk transgenerasi awal, serta menawarkan "wawasan tentang alasan dan manfaat dari pendekatan transgenerasi semacam itu."
  • 1993: Edisi September-Oktober "AARP The Magazine" mengekspos konsep desain transgenerasi kepada para pembaca dalam sebuah artikel utama, "This Bold House", yang menjelaskan konsep, detail, dan manfaat rumah transgenerasi. Artikel tersebut mencatat bahwa "pegangan yang mudah digenggam, ambang pintu yang rata, dan meja rias yang dapat disesuaikan ketinggiannya hanyalah permulaan dari rumah yang paling mudah diakses di dunia," yang menyediakan keluarga dari segala usia dan kemampuan dengan "apa yang mereka inginkan dan butuhkan sepanjang hidup mereka."
  • Pada bulan November, konsep desain transgenerasi diperkenalkan dalam presentasi kepada komunitas desain Eropa di simposium internasional, "Designing for Our Future Selves", yang diselenggarakan di Royal College of Art di London dan Netherlands Design Institute di Rotterdam.
  • 1994: Buku, Desain Transgenerasi: Products for an Aging Population (Pirkl 1994), dapat dianggap sebagai penggerak utama penerimaan dan praktik konsep desain transgenerasi secara luas. Buku ini menyajikan konten khusus pertama dan contoh fotografi dari produk dan lingkungan transgenerasi, menawarkan "strategi praktis dalam menanggapi penuaan populasi, bersama dengan contoh studi kasus berdasarkan penerapan pemahaman yang lebih baik tentang kemampuan yang berkaitan dengan usia."Buku ini memperkenalkan konsep desain transgenerasi kepada komunitas desain dan gerontologi internasional, memperluas gagasan konvensional tentang "dukungan lingkungan" dengan memasukkan lingkungan produk, memicu diskusi ilmiah dan perbandingan dengan konsep-konsep yang muncul lainnya: (desain universal, desain untuk semua, desain inklusif, dan geronteknologi).
  • 1995: Konsep desain transgenerasi dipresentasikan pada "Seri Kuliah Tamu Internasional oleh Pakar Dunia" yang pertama, yang disponsori oleh European Design for Aging Network (DAN) yang diselenggarakan secara berurutan pada lima simposium internasional, "Designing for Our Future Selves": Royal College of Art, London, 15 November; Universitas Teknologi Eindhoven, Eindhoven, 16-19 November; Institut Desain Belanda, Amsterdam, 21 November; Universitas Seni dan Desain, Helsinki, 23-25 November; dan Sekolah Tinggi Seni dan Desain Nasional, Dublin, 26-29 November.
  • 2000: "Rumah Transgenerasi: Sebuah Studi Kasus dalam Desain dan Konstruksi yang Dapat Diakses" dipresentasikan pada bulan Juni di ''Merancang untuk Abad 21: Konferensi Internasional tentang Desain Universal'', yang diselenggarakan di Sekolah Tinggi Seni dan Desain Rhode Island, Providence, RI.
  • 2007: Architectural Graphic Standards, yang diterbitkan oleh American Institute of Architects dan biasanya disebut sebagai "kitab suci arsitek", mempresentasikan studi kasus "Rumah Transgenerasi" di bagian "Desain Inklusif". Digambarkan sebagai "eksplorasi yang rumit tentang bagaimana eksekusi pemikiran yang terperinci dapat menciptakan lingkungan hidup yang melayani kaum muda dan tua, lintas generasi", studi ini mencakup rencana tata letak kamar, dapur, binatu, kamar mandi utama, meja rias yang dapat diatur ketinggiannya, dan pancuran bilik.
  • 2012: Berkembangnya desain lintas generasi telah mengurangi kecenderungan untuk mengasosiasikan usia dan disabilitas dengan defisit, penurunan, dan ketidakmampuan dengan memberikan respons yang sadar pasar terhadap penuaan populasi dan kebutuhan akan lingkungan tempat tinggal dan kerja yang digunakan oleh orang tua dan muda yang tinggal dan bekerja di lingkungan yang sama.
  • Terus muncul sebagai strategi yang berkembang untuk mengembangkan produk, layanan, dan lingkungan yang mengakomodasi orang-orang dari segala usia dan kemampuan, "desain transgenerasi telah diadopsi oleh perusahaan-perusahaan besar, seperti Intel, Microsoft, dan Kodak" yang "melihat pengembangan produk dengan cara yang sama seperti mendesain produk untuk orang-orang dengan gangguan penglihatan, pendengaran, dan fisik," sehingga orang-orang dari segala usia dapat menggunakannya.

Diskusi antara desainer dan pemasar menunjukkan bahwa desain transgenerasi yang sukses "membutuhkan keseimbangan yang tepat antara pekerjaan penelitian di awal, analisis faktor manusia yang solid, eksplorasi desain yang ekstensif, pengujian, dan banyak pemikiran untuk melakukannya dengan benar", dan bahwa "desain transgenerasi dapat diterapkan pada perusahaan produk konsumen mana pun-dari produsen peralatan hingga perusahaan elektronik, pembuat furnitur, dapur dan kamar mandi, serta perusahaan produk konsumen arus utama".

Disadur: en.wikipedia.org