Delegasi: Mengelola Kewenangan dengan Efektif

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

30 April 2024, 10.44

Sumber: Pinterest.com

Delegasi mengatakan bahwa beberapa sesi pelatihan telah dilakukan mengenai prinsip-prinsip hak asasi manusia untuk 1.672 hakim pada tahun 2021-2022.  Undang-undang tentang komite pemberantasan korupsi telah diamandemen dua kali untuk membuatnya lebih efektif dalam menjalankan tugasnya dan mencegahnya menjadi alat politik. Pemerintah berkomitmen untuk terus meningkatkan pembangunan infrastruktur dan telah menyelesaikan 173 proyek nasional. Proyek-proyek tersebut memiliki dampak yang signifikan dalam menciptakan konektivitas, dan memungkinkan arus ekonomi dari pusat ke daerah. Sebuah keputusan presiden telah diimplementasikan, yang memberikan lebih banyak kepastian hukum seputar kompensasi Pemerintah dalam hukum pertanahan.  

Indonesia berdiri teguh dalam memastikan bahwa kerangka hukumnya selaras dengan standar hak asasi manusia internasional.  Dengan menjunjung tinggi prinsip-prinsip non-diskriminasi, Indonesia melindungi semua warganya dari kekerasan.  Mengenai Konvensi Penghilangan Paksa, proses nasional sedang berlangsung, dan Pemerintah telah mengajukan RUU ratifikasi kepada DPR. 

Mengenai peraturan tentang hubungan seks di luar nikah dan perzinahan, proses hukum hanya akan dimulai jika ada pengaduan dari anggota keluarga terdekat.  Negara tidak dapat mencampuri urusan pribadi seseorang tanpa permintaan mereka.  Konstitusi Indonesia menjamin perlindungan bagi semua orang, termasuk para aktivis, jurnalis, dan pembela hak asasi manusia.  Indonesia sangat yakin bahwa pembela HAM adalah mitra penting dalam memajukan HAM.   

Strategi nasional tentang bisnis dan hak asasi manusia bertujuan untuk memastikan tanggung jawab perusahaan dalam melindungi hak asasi manusia, dan menyediakan akses terhadap pemulihan.  Penyebarluasan strategi nasional ini merupakan prioritas pada tahun 2024. Pemerintah terus memperluas penerapan penilaian risiko dan hak asasi manusia.  Pelatihan telah diselenggarakan di delapan kota di Indonesia, dengan lebih dari 70 perusahaan yang menggunakan aplikasi ini.  

Sejak diluncurkan pada Februari 2021, lebih dari 200 perusahaan telah berpartisipasi.  Kementerian Dalam Negeri telah membentuk mekanisme peninjauan untuk memastikan peraturan daerah mematuhi peraturan perundang-undangan dan menjunjung tinggi hak asasi manusia.  Pada tahun 2019, Kemendagri mengeluarkan surat yang meminta pemerintah daerah untuk mengambil langkah-langkah untuk mengubah undang-undang yang diskriminatif. 

Omnibus law merupakan seperangkat kerangka kerja yang komprehensif, yang diformulasikan untuk menstimulasi perekonomian Indonesia dan menarik investasi asing.  Undang-undang ini memberikan kepastian hukum untuk ketenagakerjaan, sekaligus mencakup serangkaian ketentuan ketenagakerjaan yang luas.  Pemberlakuan undang-undang ini telah berhasil meningkatkan investasi asing di Indonesia. Undang-undang tersebut telah mengalami peninjauan kembali. Sesuai dengan undang-undang tersebut, Pemerintah dapat membatalkan izin usaha sama sekali ketika sebuah perusahaan terbukti melanggar persyaratan lingkungan. 

Pertanyaan dari para ahli komite

Ahli Komite dan Ketua Gugus Tugas, mengatakan bahwa Komite menganggap korupsi sebagai pelanggaran hak asasi manusia.  Apa yang telah dilakukan Pemerintah untuk menangani konflik di masyarakat agraria?  Komite prihatin dengan situasi pekerja rumah tangga.  Apakah Negara peserta berniat untuk meratifikasi Konvensi Organisasi Buruh Internasional 189?  Apakah sudah ada undang-undang yang mengatur perlindungan terhadap pekerja rumah tangga?

Seorang Ahli Komite mengatakan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang paling terkena dampak perubahan iklim. Apakah ada rencana untuk mengakhiri penggunaan bahan bakar fosil? Ahli lain bertanya tentang metodologi penyusunan laporan; apakah itu termasuk partisipasi organisasi masyarakat sipil?  Apakah Pemerintah memiliki struktur yang tetap untuk memberikan tindak lanjut terhadap implementasi? 

Mengenai kesenjangan perempuan di pasar tenaga kerja dibandingkan dengan laki-laki, apa yang telah dilakukan Negara dengan tujuan untuk mendistribusikan kembali pekerjaan yang tidak dihitung kepada perempuan?  Langkah-langkah apa yang telah diambil Negara untuk meratifikasi instrumen 109 tentang kekerasan dan pelecehan?

Tanggapan dari delegasi

Delegasi mengatakan bahwa Dewan Perwakilan Rakyat telah setuju untuk mengusulkan RUU tentang pekerja rumah tangga. RUU ini akan melindungi hak-hak pekerja rumah tangga, termasuk jam kerja yang adil.  Sejak tahun 2019, Indonesia memiliki moratorium permanen atas pembukaan hutan dan Pemerintah telah merehabilitasi sejumlah besar lahan yang terdegradasi.  Pada tahun 2024, Pemerintah menargetkan 650.000 hektar lahan terdegradasi.  Indonesia memiliki komitmen yang kuat untuk mencapai emisi nol bersih pada tahun 2060, atau lebih cepat. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk menyelesaikan konflik agraria.

Pemerintah berkomitmen untuk mengatasi masalah pengungsi internal di Papua. Berbagai langkah telah diambil untuk memenuhi kebutuhan mendesak para korban kekeringan, termasuk dengan menyediakan beras, makanan instan, dan kebutuhan dasar lainnya kepada lebih dari 5.000 orang yang terdampak. Pemerintah telah mengidentifikasi delapan komunitas di Papua yang telah mengungsi akibat kegiatan teroris, dan memberikan bantuan kemanusiaan kepada mereka.  

Pemerintah akan terus bekerja sama dengan gereja-gereja untuk memastikan bahwa mereka dapat membantu komunitas-komunitas ini.  Insentif fiskal telah dialokasikan kepada daerah-daerah yang kurang beruntung untuk mengembangkan infrastruktur dan mempercepat pertumbuhan ekonomi.  Penurunan yang signifikan terlihat pada jumlah desa tertinggal dan daerah tertinggal, dari 33.000 di tahun 2016 menjadi 7.000 di tahun 2023. Upaya Pemerintah dalam mengatasi kesenjangan antarwilayah dipandu oleh beberapa kerangka kerja, termasuk alokasi dana desa. 

Pemerintah berkomitmen untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman bagi perempuan, termasuk melalui penerbitan pedoman pencegahan kekerasan seksual di tempat kerja. Pengesahan undang-undang tentang kejahatan seksual dan kekerasan merupakan pencapaian penting dalam perlindungan perempuan di Indonesia.  Pemerintah sedang merumuskan tiga prosedur tindak lanjut untuk memastikan peraturan undang-undang tersebut. RUU tentang pengawasan obat dan makanan terus diprioritaskan sebagai salah satu program legislasi nasional untuk tahun 2024. 

Pertanyaan dari ahli komite

Seorang Ahli Komite mengakui bahwa peningkatan lapangan kerja formal di Indonesia menjadi lebih dari 35 juta sebesar 14,2 persen sejak tahun 2021, yang merupakan pencapaian besar.  Komite menghargai usulan resmi DPR tentang RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga, tetapi mencatat adanya penundaan yang signifikan dalam memajukan legislasi ini.  Apa kemajuan yang telah dicapai dalam pengesahan RUU tersebut?  Langkah-langkah sementara apa yang akan dilakukan untuk mendukung pekerja rumah tangga dan pekerja informal lainnya, jika RUU tersebut ditunda lagi?

Apakah legislasi omnibus law berdampak buruk pada masyarakat adat Papua?  Bagaimana Negara pihak akan menangani konflik semacam ini?  Kaum muda menyumbang lebih dari separuh pengangguran di Indonesia.  Bagaimana Indonesia berencana untuk mengatasi masalah tersebut?  Langkah-langkah apa yang diambil untuk meningkatkan perlindungan pekerja migran di dalam negeri? Ahli Komite prihatin bahwa undang-undang penciptaan lapangan kerja yang baru dilaporkan telah meningkatkan penggunaan kontrak sementara.  Perlindungan apa yang tersedia untuk menegosiasikan pemutusan kontrak yang adil? 

Dapatkah informasi diberikan mengenai reformasi pengawasan ketenagakerjaan yang direncanakan untuk memastikan efektivitas dan pemantauan kepatuhan berbasis data?  Apa saja langkah-langkah yang diambil untuk mengurangi jumlah kecelakaan kerja yang fatal dan sektor mana yang menjadi fokus utama?  Komite tetap prihatin bahwa pegawai negeri tidak memiliki hak untuk mogok kerja sesuai dengan standar internasional.  

Tindakan apa yang diambil untuk mengizinkan pegawai negeri bergabung dengan serikat pekerja independen?  Undang-undang penciptaan lapangan kerja tampaknya mengancam hak-hak serikat pekerja untuk berunding secara kolektif.  Bisakah hal ini diklarifikasi?  Bagaimana Negara peserta memastikan bahwa anggota serikat pekerja dapat mengekspresikan hak mereka atas kebebasan berpendapat dan berserikat tanpa takut akan intimidasi dan pembalasan?

Hak untuk mogok tampaknya dibatasi melalui persyaratan prosedural yang ketat dan dalam prakteknya.  Seberapa sering pembatasan ini digunakan dan seberapa sering pekerja yang mogok diserang oleh aparat keamanan?  Apakah tunjangan uang tunai pengangguran melindungi dari kemiskinan dan apakah ada rencana untuk melindungi pekerja sektor informal?   Komite prihatin dengan tantangan yang sedang berlangsung dalam memasukkan pekerja sektor informal dan kelompok rentan ke dalam sistem jaminan sosial dan bantuan sosial.  Apa saja yang menjadi prioritas di sana, termasuk dalam menangani eksklusi regional?

Tanggapan dari delegasi

Delegasi mengatakan bahwa Pemerintah telah memberlakukan beberapa peraturan untuk memperbaiki situasi pekerja paruh waktu, termasuk peraturan untuk mengatur upah, dan menyediakan akses ke layanan kesehatan dan rehabilitasi medis.  Untuk mengatasi pengangguran kaum muda, Pemerintah telah memberlakukan peraturan presiden tentang pelatihan kejuruan, serta strategi nasional tentang pelatihan kejuruan.  

Program kartu pra-kerja memberikan pelatihan bagi para pengangguran untuk meningkatkan kemampuan kerja dan keterampilan kewirausahaan mereka.  Program ini telah menjangkau lebih dari 17 juta penerima, dan 80 persen dari penerima telah berhasil meningkatkan kemampuan kerja mereka.  Pada tahun 2022, Indonesia telah mengerahkan 1.600 pengawas ketenagakerjaan. Pelatihan diberikan kepada para pengawas ketenagakerjaan melalui kerja sama dengan Organisasi Buruh Internasional (ILO).  

Pekerja asing di Indonesia diatur di bawah undang-undang tentang penciptaan lapangan kerja.  Pekerja di Indonesia memiliki hak untuk bergabung dan mendirikan serikat pekerja dan serikat buruh.  Pekerja dapat memutuskan untuk membentuk serikat pekerja atas kehendak mereka sendiri.  Hak untuk mogok kerja dilindungi oleh undang-undang ketenagakerjaan. Undang-undang memberikan persyaratan prosedural yang mudah untuk melakukan mogok kerja, seperti mengirimkan pemberitahuan tertulis setidaknya tujuh hari sebelum rencana mogok kerja. 

Pertanyaan dari para pakar komite

Ahli Komite dan Ketua Gugus Tugas, bertanya tentang posisi Negara dalam memformalkan jumlah orang yang tinggi di sektor informal?  Bagaimana para pekerja dalam ekonomi platform diperlakukan? Ahli lain bertanya tentang undang-undang penciptaan lapangan kerja; apakah ada data tentang bagaimana hal ini berdampak pada sektor pekerjaan formal?  Apa prioritas kesehatan dan keselamatan kerja di tempat kerja? 

Seorang Ahli menanyakan langkah-langkah yang diambil oleh Pemerintah untuk memastikan bahwa semua pekerja migran dapat memiliki akses ke layanan kesehatan dan layanan kesehatan masyarakat tanpa diskriminasi? Langkah-langkah legislatif apa yang telah diadopsi untuk menjamin akses tepat waktu bagi para pekerja migran untuk mendapatkan perawatan medis yang berkualitas tinggi? Langkah-langkah apa yang telah diambil oleh Negara untuk mengimplementasikan program perekrutan dari luar negeri?  Apakah langkah-langkah yang telah diambil untuk melarang mereka yang mempekerjakan pekerja rumah tangga dan memungut komisi?    

Tanggapan dari delegsi

Delegasi mengatakan bahwa Pemerintah akan memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan untuk mengatasi dampak polusi di Jakarta.  Hal ini akan menciptakan pusat pertumbuhan baru di Kalimantan.  Ibu kota baru ini telah dikembangkan dengan mempertimbangkan lingkungan; lebih dari 50 persen akan dipertahankan sebagai hutan.  Hal ini akan mendistribusikan pertumbuhan ekonomi ke pulau lain.

Kementerian Tenaga Kerja saat ini sedang menyusun kebijakan untuk para pengemudi yang menjadi bagian dari sistem platform.  Menurut UU No. 18, Pemerintah memberikan perlindungan di semua fase migrasi.  Antara tahun 2014 dan 2023, Pemerintah Indonesia telah berhasil memulihkan hak-hak keuangan pekerja migran Indonesia, dengan nilai total sekitar 68 juta USD.  Lebih dari 53.000 kasus telah ditangani.  

Selama kurun waktu tersebut, lebih dari 18.000 pekerja migran telah berhasil dievakuasi dari daerah konflik, atau selama pandemi. Berbagai langkah telah dilakukan untuk menangani polusi udara di wilayah Jabodetabek.  Langkah-langkah ini termasuk melakukan kegiatan penanaman pohon, dan memastikan kepatuhan oleh pabrik-pabrik, di antara langkah-langkah lainnya.  Jakarta berencana untuk memasang sembilan stasiun pemantau udara tambahan pada tahun 2024.  Pemerintah akan terus mengambil pendekatan jangka panjang dan berkelanjutan untuk mengatasi polusi di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Pertanyaan dari ahli komite

Seorang Ahli Komite mengatakan bahwa Indonesia bukan merupakan negara peserta Konvensi Jenewa tentang Status Pengungsi.  Apa alasannya?  Menyebarkan informasi mengenai alat kontrasepsi dikriminalisasi di Indonesia; mengapa hal ini terjadi?

Tanggapan dari delegasi

Delegasi mengatakan bahwa DPR telah setuju untuk mengajukan RUU PRT.  Pembahasan ini akan dilakukan dalam waktu dekat.  Hal ini merupakan prioritas Pemerintah untuk memiliki RUU PRT. Indonesia telah meratifikasi Konvensi ILO No. 198 tentang Pekerja Rumah Tangga. Batasan penyebaran informasi tentang kontrasepsi dalam KUHP didasarkan pada perlindungan anak dari pelecehan dan eksploitasi. 

Indonesia memiliki sejarah panjang dalam keterlibatannya dalam perlindungan pencari suaka dan pengungsi.  Pengalaman Indonesia dalam perang Vietnam telah menunjukkan komitmen yang kuat dan bahwa Indonesia telah berusaha keras dalam melindungi para pengungsi dan pencari suaka.  Dalam beberapa bulan terakhir, Indonesia telah menerima lebih dari 1.500 pengungsi Rohingya yang dilindungi.  Hal ini menunjukkan komitmen kuat negara ini untuk melindungi, terlepas dari apakah negara tersebut merupakan negara peserta Konvensi Jenewa tentang Status Pengungsi.  Diskusi akan diadakan mengenai apakah Negara akan meratifikasi Konvensi tersebut. 

Pertanyaan dari seorang ahli komite 

Seorang Ahli Komite bertanya tentang kemajuan yang telah dicapai dalam menghapus pengecualian hukum yang memperbolehkan perkawinan anak di bawah usia 18 tahun? Kampanye peningkatan kesadaran dan langkah-langkah legislatif apa yang telah dilakukan?  Bagaimana Indonesia telah memperkuat kerangka hukumnya untuk memerangi kawin paksa dan menegakkan keadilan bagi individu-individu yang terkena dampaknya?  Apakah teks-teks hukum yang melanggengkan ketidaksetaraan gender, termasuk yang berkaitan dengan poligami, telah diperbarui?  Selama tiga tahun terakhir, terdapat kurangnya konsistensi dalam menangani masalah-masalah agama, termasuk pendekatan diskriminatif terhadap dokumentasi pernikahan beda agama.  Dapatkah Negara pihak mengklarifikasi situasi ini?  Apa dasar pemikiran di balik peraturan-peraturan tersebut?   Langkah-langkah apa saja yang telah dilaksanakan untuk memastikan pencatatan kelahiran universal? 

Bagaimana Indonesia menangani hak atas ketahanan pangan, di tengah-tengah pengaruh korporasi di bidang pertanian dan menjamurnya makanan olahan yang tidak sehat?  Beberapa laporan menarik perhatian pada dampak buruk dari kegiatan industri yang telah merusak sumber air.  Langkah-langkah apa yang telah diambil Pemerintah untuk memastikan akses air bersih, dan memulihkan sumber air yang terkena dampak?  Apakah ada rencana kompensasi bagi masyarakat yang terkena dampak pencemaran air? Langkah-langkah legislatif dan kebijakan apa yang telah diberlakukan untuk mengatasi sengketa tanah dan relokasi paksa?  Tindakan apa yang telah diambil untuk menyelesaikan konflik-konflik tersebut?  Bagaimana Pemerintah menangani masalah transparansi dan koordinasi di antara kementerian dan lembaga yang mengelola tanah dan sumber daya alam?  Langkah-langkah apa yang telah diambil Indonesia untuk mengakui dan melindungi hak-hak tanah masyarakat adat dan lokal? 

Dapatkah data terpilah mengenai akses penduduk terhadap layanan kesehatan disediakan?  Bagaimana Indonesia berencana untuk memastikan akses yang komprehensif terhadap sistem asuransi publik bagi semua orang, termasuk mereka yang memiliki disabilitas intelektual atau psikososial? KUHP yang baru pada tahun 2022 tetap mempertahankan kriminalisasi aborsi; apakah Negara pihak akan mempertimbangkan reformasi hukum untuk memperluas akses terhadap aborsi?  Apakah informasi dapat diberikan mengenai situasi anak-anak dengan disabilitas psikososial yang ditahan di rumah sakit?  Beberapa laporan mengindikasikan tantangan perawatan kesehatan yang unik di Papua Barat. Apa saja program bantuan yang tersedia untuk individu yang terkena dampak konflik? 

Tanggapan dari delegasi

Indonesia memiliki strategi nasional untuk mencegah perkawinan anak.  Pemerintah melakukan upaya untuk mencegah pernikahan anak melalui program sekolah dan melalui kegiatan penjangkauan dan pendidikan.  Program ini telah menurunkan angka pernikahan anak di Indonesia sebesar 20 persen antara tahun 2020 dan 2022.  Pernikahan beda agama di Indonesia merupakan topik diskusi yang kompleks. Pernikahan di Indonesia tidak hanya merupakan peristiwa sipil, tetapi juga peristiwa keagamaan.  Indonesia mengakui enam agama resmi, dan undang-undang perkawinan bertujuan untuk mendorong keberagaman agama. 

Disadur dari: ungeneva.org