Dampak Kesehatan dan Keselamatan pada Bisnis

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

22 Mei 2024, 09.51

sumber: phsbesafe.co.uk

Kesehatan dan keselamatan di tempat kerja sangat penting, karena hal ini memastikan kesejahteraan karyawan secara umum dan mendukung mereka saat melaksanakan tugas tertentu. Ada peraturan hukum yang ditetapkan untuk mendukung karyawan, pengusaha, dan masyarakat umum dalam menerapkan prosedur kesehatan dan keselamatan di tempat kerja. Namun, terlepas dari peraturan tersebut, kita semua bertanggung jawab atas kesehatan dan keselamatan di tempat kerja dan harus selalu menyuarakan keprihatinan dan bertindak secara bertanggung jawab.

Pelajari lebih lanjut tentang kesehatan dan keselamatan di tempat kerja dan bagaimana hal ini berdampak pada bisnis Anda, serta apa saja konsekuensinya jika Anda tidak mematuhi peraturan kesehatan dan keselamatan.

Definisi kesehatan dan keselamatan

Kesehatan dan Keselamatan di tempat kerja mengacu pada berbagai peraturan dan prosedur yang berlaku untuk menjaga agar semua orang tetap aman di tempat kerja dan di tempat umum. Ada sejumlah undang-undang kesehatan dan keselamatan yang berlaku di tempat kerja dan konsekuensi dari tidak mematuhi peraturan kesehatan dan keselamatan ini sangat serius - seperti yang akan kita bahas di bawah ini.

Sejarah singkat tentang kesehatan dan keselamatan di tempat kerja 

Peraturan kesehatan dan keselamatan kerja sudah ada sejak Revolusi Industri. Saat itu, kondisi pekerja pada umumnya buruk, dengan banyak anak-anak yang bekerja di pabrik dalam kondisi yang tidak aman. Pengenalan Health and Morals of Apprentices Act 1802 merupakan langkah pertama untuk meningkatkan kesehatan dan keselamatan di tempat kerja. Abad berikutnya akan memperkenalkan undang-undang kesehatan dan keselamatan lebih lanjut untuk memastikan kesehatan dan keselamatan pekerja terlindungi. 

Apa yang dimaksud dengan undang-undang kesehatan dan keselamatan di tempat kerja?

Undang-Undang Kesehatan dan Keselamatan Kerja 1974 adalah undang-undang yang paling berwibawa terkait kesehatan dan keselamatan kerja di Inggris.

Ringkasan Undang-Undang Kesehatan dan Keselamatan di Tempat Kerja 1974:

  • Kewajiban yang dimiliki pengusaha terhadap karyawan dan masyarakat umum.
  • Kewajiban yang dimiliki karyawan terhadap diri mereka sendiri dan orang lain.
  • Kewajiban yang dimiliki oleh beberapa pekerja mandiri terhadap diri mereka sendiri dan orang lain.

Mengapa kesehatan dan keselamatan penting di tempat kerja?

Secara tradisional, kesehatan dan keselamatan di tempat kerja telah dikaitkan dengan lingkungan yang memiliki unsur risiko yang jelas. Namun, semua tempat kerja, terlepas dari seberapa jelas risikonya, harus sadar akan undang-undang kesehatan dan keselamatan.

Kesehatan dan keselamatan di tempat kerja dirancang untuk menjaga agar semua orang tetap aman, menekankan pentingnya prosedur keselamatan dan memastikan adanya konsekuensi bagi mereka yang tidak mengikuti peraturan kesehatan dan keselamatan ini. 

Kebijakan kesehatan dan keselamatan yang efektif: 

  • Membantu melindungi karyawan dan pengunjung dari bahaya.  
  • Mencegah cedera dan penyakit yang menyebabkan karyawan tidak dapat bekerja dan dapat menyebabkan tindakan hukum terhadap bisnis. 
  • Memastikan pengusaha memenuhi kewajiban mereka berdasarkan Undang-Undang Kesehatan dan Keselamatan Kerja 1974. 
  • Menguraikan siapa yang bertanggung jawab atas kesehatan dan keselamatan di tempat kerja. 
  • Membantu karyawan memahami prosedur kesehatan dan keselamatan yang berlaku dan memberikan panduan tentang cara menjaga kesehatan dan keselamatan di tempat kerja. 

 Dengan adanya kebijakan dan prosedur yang tepat, Anda dapat melakukan segala upaya untuk menjaga tempat kerja yang aman dan sehat. 

Kesehatan dan keselamatan di tempat kerja sangat penting, karena hal ini memastikan kesejahteraan karyawan yang melaksanakan tugas tertentu. 

Kesehatan dan Keselamatan selalu berubah

Manajemen kesehatan dan keselamatan di tempat kerja adalah peran yang sangat penting dan melibatkan pembelajaran dan pengembangan sistem kerja yang aman secara terus-menerus untuk memastikan tempat kerja dan karyawan Anda selalu aman.

Berdasarkan peraturan dan panduan asli dari Health and Safety Executive (HSE), mengelola risiko di tempat kerja sangat penting untuk menjaga lingkungan kerja yang bahagia dan sehat bagi semua personel. Hal ini telah menyebabkan perubahan dalam praktik karena sejumlah alasan, termasuk:

  • Perbedaan lingkungan kerja di bawah satu organisasi berarti bahwa perusahaan sekarang perlu mengembangkan penilaian risiko berdasarkan sejumlah lingkungan. Ini termasuk kerja di rumah, lokasi industri, dan peran lapangan.
  • Sejak tahun 2000, telah ada fokus untuk meningkatkan kesehatan kerja, hal ini telah menyebabkan perkembangan lebih lanjut dalam meningkatkan kehidupan dan kesejahteraan pekerja.
  • Beberapa peraturan baru telah dibuat selama bertahun-tahun untuk merespons perubahan lingkungan kerja, termasuk Peraturan Operasi Penanganan Manual 1992, dan Peraturan Kesehatan dan Keselamatan (Peralatan Layar Pajangan) 1992.

Dampak dari undang-undang kesehatan dan keselamatan di tempat kerja

Cedera di tempat kerja masih menjadi masalah bagi banyak perusahaan. Namun, telah terjadi peningkatan yang signifikan di setiap sektor karena perubahan dan adaptasi peraturan kesehatan dan keselamatan dalam beberapa tahun terakhir.

Pada tahun 2016/17, jumlah cedera non-fatal yang dilaporkan sendiri dan yang dilaporkan oleh perusahaan turun sekitar setengahnya sejak tahun 2000/01. Cedera yang lebih parah atau kematian juga berkurang jumlahnya di banyak industri.

Angka-angka ini tidak hanya menunjukkan penurunan angka cedera, tetapi juga memberikan dorongan di bidang lain dalam bisnis. Perusahaan yang berkomitmen untuk menjaga kesehatan karyawan juga akan mendapatkan keuntungan:

  • Berkurangnya tingkat ketidakhadiran dan cuti sakit.
  • Retensi yang lebih tinggi dari staf yang terampil.
  • Reputasi yang lebih baik di antara para pesaing Anda.
  • Peningkatan produktivitas, karena karyawan dapat melakukan pekerjaan dengan aman dengan gangguan yang lebih sedikit.
  • Penghematan biaya asuransi dan biaya hukum karena berkurangnya klaim atau tindakan yang diambil oleh staf.

Menerapkan kesehatan dan keselamatan di tempat kerja membantu menilai potensi risiko dan mengidentifikasi bahaya yang signifikan. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk menerapkan langkah-langkah untuk melindungi orang-orang dan lingkungan di organisasi Anda. Langkah-langkah penting ini sangat penting untuk mengurangi biaya yang terkait dengan kegagalan keselamatan.

Dengan menerapkan prinsip-prinsip kesehatan dan keselamatan di tempat kerja sejauh yang dapat dilakukan, Anda akan menciptakan lingkungan yang aman, sekaligus menghemat waktu dan uang bisnis Anda dalam jangka panjang.

Konsekuensi dari tidak mengikuti kesehatan dan keselamatan

Dalam hal mematuhi peraturan kesehatan dan keselamatan, tidak ada jalan pintas. Mematuhi peraturan ini merupakan keharusan hukum yang tidak dapat dihindari, dan mencoba melakukannya dapat menimbulkan konsekuensi yang signifikan baik bagi bisnis maupun pejabat senior perorangan.

Hukuman untuk pelanggaran kesehatan dan keselamatan - mulai dari kegagalan untuk mematuhi undang-undang, hingga pembunuhan karena kelalaian berat dan pembunuhan korporasi - termasuk denda, didiskualifikasi dari manajemen perusahaan, dan penjara. Ketidaktahuan akan peraturan-peraturan ini juga bukan merupakan pembelaan, dan hal ini termasuk mengatur bisnis organisasi sedemikian rupa sehingga para anggota senior tidak mengetahui adanya ketidakpatuhan.

Oleh karena itu, semua perusahaan dan terutama manajemen senior harus sepenuhnya menyadari kewajiban mereka dan bagaimana menerapkannya. Mereka harus memastikan bahwa tanggung jawab ini dilaksanakan secara menyeluruh dan ditinjau secara teratur.   

Kesehatan dan keselamatan di tempat kerja di dunia pasca pandemi 

Pandemi COVID-19 telah membuat langkah-langkah ekstra diambil untuk membantu menjaga hukum kesehatan dan keselamatan di tempat kerja dan memastikan bahwa tempat kerja membantu mencegah penyebaran penyakit. 

Meskipun dampak pandemi telah mereda dalam beberapa bulan terakhir, banyak tempat kerja terus menggunakan beberapa langkah yang diambil untuk membantu mencegah infeksi lebih lanjut dan meningkatkan kesehatan dan keselamatan staf, termasuk: 

  • Penggunaan produk pembersih tangan secara luas. 
  • Penggunaan APD (Alat Pelindung Diri). 
  • Menyesuaikan penilaian risiko kesehatan dan keselamatan untuk mencakup COVID-19 serta kejadian di masa depan. 
  • Langkah-langkah jaga jarak sosial di lingkungan tertentu. 
  • Kebijakan bekerja dari rumah yang membantu orang menghindari tempat kerja dan ruang kantor saat karyawan tidak sehat. 
  • Peraturan yang ketat untuk membersihkan dan memelihara area bersama. 

Dengan semakin banyaknya tempat kerja yang kembali ke 'bisnis seperti biasa', tetaplah penting untuk menjaga lingkungan kerja yang aman dan memprioritaskan kesehatan dan kesejahteraan karyawan Anda.  

Tetap aman dengan phs Besafe

Di phs Besafe, kami berusaha untuk menjaga diri kami dan klien kami di garis depan dalam inovasi Kesehatan dan Keselamatan. Inilah sebabnya mengapa pakaian kerja pelindung kami tahan lama, nyaman dipakai, dan sepenuhnya sesuai dengan standar keselamatan industri.

Disadur dari: phsbesafe.co.uk