Bisakah Crypto Diretas?

Dipublikasikan oleh Natasya Anggita Saputri

09 Juli 2024, 07.50

sumber: investopedia.com

Pencuri cenderung tertarik pada peluang yang menjanjikan kekayaan yang mudah. Terdapat kelemahan pada jaringan mata uang kripto yang dapat dieksploitasi oleh para peretas, sehingga mata uang kripto Anda dapat dicuri; akan tetapi, hal ini hanya dapat dilakukan pada skenario tertentu.
Jadi, bagaimana cara melindungi diri Anda dan investasi mata uang kripto Anda?

Keamanan Blockchain

Blockchain mata uang digital umumnya merupakan buku besar publik yang mencatat dan memverifikasi semua transaksi dalam jaringan blockchain. Semua orang dapat melihat transaksi, alamat pseudonim yang terlibat, dan jumlah yang ditransfer. Akan tetapi, buku besar publik ini tidak mengizinkan siapa pun untuk mengaksesnya dan mengirimkan atau mengubah entri; hal ini dilakukan secara otomatis oleh skrip, pemrograman, teknik enkripsi, dan proses validasi transaksi otomatis.

Bagaimana Blockchain Diamankan?

Keamanan ditangani dalam blockchain melalui teknik kriptografi dan mekanisme konsensus. Blockchain menggunakan enkripsi untuk menyandikan informasi transaksi dan menyertakan data dari blok sebelumnya di setiap blok berikutnya. Seluruh buku besar dirantai bersama melalui data terenkripsi. Setiap blok yang baru dibuat membuatnya lebih aman.

Oleh karena itu, blockchain yang sudah ada tidak dapat diretas dalam pengertian tradisional "diretas", di mana kode berbahaya dimasukkan ke dalam rantai atau seseorang "meretas" ke dalam jaringan dengan kekerasan dan mulai membuat perubahan atau mengambil alih kendali.

Bagaimana Blockchain Dapat Diserang?

Seorang penyerang - atau sekelompok penyerang - dapat mengambil alih sebuah blockchain dengan mengendalikan sebagian besar kekuatan komputasi blockchain, yang disebut dengan hashrate. Jika mereka memiliki lebih dari 50% hashrate, mereka dapat memperkenalkan sebuah blockchain yang telah diubah dalam apa yang disebut sebagai serangan 51%. Hal ini memungkinkan mereka untuk membuat perubahan pada transaksi yang tidak dikonfirmasi oleh blockchain sebelum mereka mengambil alih. Transaksi - setidaknya pada blockchain Bitcoin - pada umumnya aman setelah satu kali konfirmasi. Akan tetapi, transaksi tersebut belum dianggap terkonfirmasi secara keseluruhan dan tidak dapat diubah hingga enam konfirmasi telah dilakukan.

Misalnya, jika Anda mentransfer 1 BTC ke teman, transaksi akan dicatat dan dikonfirmasi dalam satu blok-ini adalah konfirmasi pertama. Data blok tersebut akan direkam ke dalam blok berikutnya, dikonfirmasi, dan blok tersebut ditutup-ini adalah konfirmasi kedua. Hal ini harus terjadi empat kali lagi agar sebuah transaksi dapat dianggap tidak dapat diubah (pada blockchain Bitcoin). Transaksi yang belum diproses dapat dibatalkan dalam serangan 51%.
Para penyerang akan bebas menggunakan token yang digunakan dalam transaksi yang belum dikonfirmasi oleh jaringan. Mereka dapat mentransfer koin ke alamat anonim, dan blockchain yang telah diubah akan bertindak sesuai dengan apa yang telah mereka programkan.

Di mana Peretasan Mata Uang Kripto Terjadi

Kepemilikan mata uang kripto pada dasarnya terkait dengan data pada blockchain, token virtual, dan kunci. Setiap token memiliki kunci pribadi, yang dipegang oleh pemilik atau kustodian yang ditunjuk oleh pemiliknya.

Peretasan Dompet

Kunci pribadi dan cara penyimpanannya merupakan dua kelemahan utama dalam mata uang digital dan blockchain. Ada pepatah yang mengatakan dalam industri mata uang digital:

Bukan kunci Anda, bukan koin Anda.

Pepatah ini menyiratkan bahwa apa pun situasinya, jika Anda tidak mengontrol kunci mata uang kripto Anda, Anda tidak dapat mengontrol apa yang terjadi padanya. Mengizinkan orang lain untuk menyimpan kunci Anda, yang disebut sebagai hubungan kustodian antara pemilik kunci dan pemegang kunci, memberikan entitas tersebut, atau siapa pun yang memiliki kunci, kendali atas mata uang kripto Anda.
 

Kunci pribadi secara teori dapat didekripsi. Akan tetapi, satu kunci adalah sebuah angka terenkripsi dengan2256 kemungkinan (sama dengan 115 quattuorvigintillion kemungkinan - quattuorvigintillion adalah angka 1 yang diikuti oleh 75 angka nol). Butuh waktu berabad-abad, mungkin ribuan tahun, untuk membobol enkripsi dengan teknologi saat ini.

Di sinilah banyak peretasan dan pencurian terjadi-dompet, tempat penyimpanan kunci pribadi. Semua private key disimpan di dalam wallet, yang merupakan aplikasi perangkat lunak yang terinstal di perangkat mobile dan komputer.

Versi elektronik dan perangkat lunak pada dompet dapat terhubung ke internet (hot) atau tidak terhubung (cold). Bursa mata uang digital pada umumnya menawarkan metode penyimpanan panas dan dingin untuk para penggunanya; metode ini bersifat kustodian karena mereka menyimpan kunci Anda untuk Anda.

Aplikasi (perangkat lunak) dan perangkat dapat diretas. Karena kunci pribadi disimpan di dalam aplikasi dan dompet perangkat, para peretas dapat mengaksesnya dan mencuri mata uang digital Anda.

Peretasan Bursa

Tidak peduli apa yang dikatakan oleh pemegang kunci kustodian kepada Anda atau tingkat keamanan yang mereka iklankan, mereka adalah titik lemah. Bursa umumnya menyimpan mata uang kripto sebagai cadangan likuiditas dan kunci pribadi untuk banyak pelanggan mereka. Hal ini membuat mereka menjadi target yang menarik bagi para peretas.

Jika Anda tidak menyimpan kunci pribadi Anda di bursa, kunci pribadi tersebut tidak dapat diakses, dan mata uang kripto Anda aman - setidaknya dari peretasan bursa.

Bursa yang memiliki reputasi baik dapat menyimpan kunci Anda untuk Anda di tempat yang disebut dengan "deep cold storage". Tempat ini umumnya merupakan unit penyimpanan data offline dengan keamanan perusahaan, dan beberapa - seperti Gemini - bahkan menawarkan asuransi yang setara jika mata uang digital Anda dicuri sebagai akibat dari peretasan langsung atau pelanggaran keamanan pada sistem mereka.2

Jenis Pencurian Lainnya

Semua orang mendengar tentang peretasan bursa besar di berita, tetapi yang tidak sering disebutkan adalah teknik selain peretasan yang digunakan untuk mencuri mata uang kripto.

Penipuan selalu menjadi metode yang digunakan oleh para pencuri. Namun, tampaknya pada tahun 2023, penipuan romansa adalah salah satu teknik terbesar yang digunakan oleh mereka untuk mendapatkan kripto. Dalam penipuan ini, pencuri berpura-pura menjadi orang yang romantis sampai target merasa nyaman, dan kemudian memulai pencarian untuk meyakinkan kekasihnya yang tidak menaruh curiga bahwa mereka sangat membutuhkan mata uang kripto untuk mendanai keadaan darurat.

Ransomware, yang pernah mengalami penurunan terkait mata uang kripto, mulai mendapatkan daya tarik pada tahun 2023 juga. Ini adalah kategori teknik - pencuri mungkin mengenkripsi file atau data dan meminta mata uang kripto, atau menggunakan taktik intimidasi kecuali jika mereka dibayar.3

Cara Mengamankan Mata Uang Kripto Anda

Anda dapat mengambil beberapa langkah mudah untuk menjaga mata uang digital Anda agar tidak dicuri. Faktor-faktor penting adalah memahami bagaimana kunci Anda disimpan, bagaimana Anda dan orang lain dapat mengaksesnya, dan apa yang dapat Anda lakukan untuk membuatnya tidak dapat diakses.

Seperti yang telah disebutkan, dompet ada yang bersifat panas, dingin, kustodian, atau non-kustodian. Dompet yang paling tidak aman adalah dompet panas- yang memiliki koneksi ke perangkat lain atau internet. Untuk tujuan keamanan, Anda tidak boleh menyimpan kunci Anda pada perangkat yang memiliki koneksi yang selalu aktif atau dapat diakses. Jika perangkat tersebut memiliki koneksi dan sebuah aplikasi digunakan untuk mengakses kunci Anda, maka perangkat tersebut dapat diretas.

Berlawanan dengan iklan dan ulasan dompet mata uang digital, Anda tidak membutuhkan perangkat yang diproduksi secara komersial untuk bertindak sebagai dompet-tetapi perangkat-perangkat ini didesain secara khusus untuk keamanan kunci mata uang digital.

Sebuah USB flashdisk dengan enkripsi juga dapat berfungsi sebagai penyimpanan dingin. Akan tetapi, koneksi USB dapat menurun seiring berjalannya waktu; sebagai tambahan, ketika sebuah perangkat penyimpanan dingin terhubung ke komputer atau perangkat lain yang terhubung, perangkat tersebut akan menjadi penyimpanan panas sampai perangkat tersebut diputuskan.

Tidak ada metode penyimpanan kunci yang 100% aman, tidak mudah rusak, dan tahan lama. Akan tetapi, pertimbangkanlah bahwa banyak orang yang menjadi korban peretas dan penipu dan kehilangan uang dari rekening bank mereka karena informasi pribadi digunakan untuk mengaksesnya. Melindungi kunci pribadi tidak berbeda dengan melindungi informasi pribadi Anda.

Dompet yang paling aman adalah dompet dingin tanpa penyimpanan. Dompet ini dapat berupa selembar kertas dengan kunci yang tertulis di atasnya di dalam brankas hingga perangkat yang menggunakan kunci sandi dan enkripsi tambahan. Dompet kertas sebaiknya hanya digunakan sebagai tindakan sementara karena mudah rusak.

Anda akan menemukan banyak produk yang menawarkan keamanan dan kenyamanan untuk Bitcoin atau mata uang kripto lainnya, tetapi cara terbaik untuk memastikan kripto Anda aman dari peretas dan pencuri adalah dengan mengingat beberapa aturan sederhana:

  • Jangan menyimpan kunci Anda di dompet di perangkat seluler atau perangkat lain yang memiliki koneksi ke internet.
  • Kunci pribadi Anda harus selalu disimpan di tempat yang dingin.
  • Jangan biarkan orang lain menyimpan kunci Anda untuk Anda kecuali Anda merasa nyaman dengan risikonya.
  • Jika Anda ingin menggunakan mata uang digital Anda, hanya transfer kunci yang Anda perlukan ke hot wallet, lakukan transaksi, lalu segera keluarkan dari hot wallet.
  • Simpan metode penyimpanan dingin Anda di tempat yang aman dan terkendali kelembabannya tanpa koneksi kabel atau nirkabel.
  • Periksa perangkat Anda secara berkala untuk memastikan bahwa perangkat tersebut tidak mengalami penurunan kualitas. Jika iya, pindahkan kunci Anda ke perangkat penyimpanan yang baru.
  • Jangan pernah membagikan kunci pribadi Anda dengan orang lain.
  • Simpanlah cadangan kunci anda saat ini.

Dan ingatlah, "bukan kunci Anda, bukan kripto Anda."

Platform Kripto Apa yang Diretas?

Ada beberapa serangan 51% terhadap blockchain mata uang kripto seperti Bitcoin Satoshi Vision (BSV), Bitcoin Gold (BTG), dan Ethereum Classic (ETC). Baru-baru ini, bursa yang sekarang bangkrut, FTX, diretas tak lama setelah menyatakan kebangkrutan pada November 2022.

Apa itu Peretasan Kripto?

Peretasan kripto adalah salah satu dari beberapa bentuk pencurian yang mengakibatkan mata uang kripto dicuri.

Apakah Bitcoin Pernah Diretas?

Tidak ada laporan mengenai peretasan blockchain dan jaringan Bitcoin pada 11 Mei 2024. Namun, penyedia layanan, dompet, dan aplikasi semuanya rentan dan telah diretas.

Intinya

Mata uang kripto masih relatif baru dalam hal metode pembayaran dan mata uang. Sebagian besar dari mereka dapat dikonversi, yang berarti mereka memiliki nilai fiat. Hal ini membuat mereka menjadi target bagi para pencuri. Teknik yang digunakan dalam blockchain mata uang kripto membuatnya hampir tidak dapat diretas jika jaringannya cukup kuat untuk mengalahkan peretas. Jaringan yang lebih kecil lebih rentan terhadap pengambilalihan jaringan.

Target utama pencuri mata uang digital adalah dompet, dimana kunci pribadi disimpan. Dompet dapat diakses oleh para peretas dengan menggunakan berbagai teknik dan bahkan dapat dikunci oleh ransomware. Dengan mengingat hal tersebut, sangat penting untuk memastikan kunci pribadi Anda disimpan secara offline dan hanya ditransfer ke dompet yang terhubung ketika Anda akan menggunakannya. Selain itu, menggunakan dompet dari perusahaan atau bursa yang memiliki reputasi baik dapat memberikan sedikit keamanan ekstra. Perusahaan-perusahaan ini perlu menjaga reputasi mereka, sehingga mereka akan memastikan bahwa perangkat lunak mereka adalah yang terbaru dan tidak ada kode berbahaya yang tertulis di dalamnya.

Sumber: investopedia.com