Beragam Mode Transportasi: Dari Udara hingga Darat

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

26 April 2024, 14.12

Sumber: id.wikipedia.org

Moda transportasi adalah suatu metode, cara bepergian atau cara mengangkut orang atau barang. Moda transportasi meliputi transportasi udara, laut dan darat, termasuk transportasi kereta api atau jalan raya, jalan raya dan off-road. Sarana transportasi lain juga ada, antara lain pipa, transportasi kabel, dan transportasi luar angkasa. Angkutan manusia dan angkutan hewan tergolong jenis yang berbeda, namun terbagi dalam kategori yang berbeda, misalnya angkutan darat atau laut.

Secara umum angkutan manusia, hewan, dan barang dari satu tempat ke tempat lain. Itu berarti sesuatu. , Istilah angkutan merujuk pada fasilitas kendaraan yang digunakan untuk mengangkut orang atau barang dengan cara tertentu. Contoh alat transportasi antara lain mobil, pesawat, kapal laut, truk, dan kereta api. Setiap jenis kendaraan memiliki serangkaian solusi teknis yang sangat berbeda. Setiap moda memiliki kerangka, kendaraan, kontrol kendaraan, dan fungsinya masing-masing.

Transportasi Hewan

Transportasi Hewan adalah penggunaan hewan pekerja untuk mengangkut orang dan barang. . Manusia dapat memanfaatkan beberapa hewan dengan baik. Hewan dapat digunakan untuk mengangkut barang, untuk menarik secara individu atau secara tim untuk menarik perahu, kereta luncur, atau kendaraan beroda.

Penerbangan

Pesawat adalah pesawat terbang, lebih berat dari kendaraan udara Sebagai kendaraan terbang, geometrinya khusus sayap membuat gaya angkat dan mengangkat seluruh kendaraan. Pesawat bermesin tetap berkisar dari pesawat latih kecil dan pesawat rekreasi hingga jet besar dan pesawat militer. Helikopter dapat dioperasikan dalam jarak pendek atau di area yang tidak memiliki landasan pacu. Jenis pesawat lain, seperti otogyro dan kapal udara, tidak penting dalam penerbangan.

Penggerak Manusia

Penggerak manusia adalah jenis kendaraan permanen yang menggunakan manusia untuk mengangkut orang dan barang. Untuk transportasi Kekuatan berupa berjalan, berlari dan berenang. Teknologi baru memungkinkan mesin menambah tenaga manusia. Transportasi manusia tetap populer karena alasan penghematan biaya, hiburan, olahraga, dan lingkungan. Terkadang hanya jenis ini yang tersedia, terutama di daerah terpencil atau sulit diakses.

Transportasi darat mencakup semua sistem transportasi darat yang menyediakan pergerakan orang, barang, dan jasa. Transportasi darat mempunyai peranan penting dalam menghubungkan masyarakat. Transportasi darat merupakan bagian penting dari perencanaan kota. Ada dua jenis: kereta api dan jalan darat.

Kereta Api

Transportasi kereta api adalah angkutan penumpang dan barang dengan menggunakan kendaraan beroda yang berjalan di atas rel yang disebut kereta api. . Rel kereta api dihubungkan dengan jalur kereta api yang memiliki satu atau lebih gerbong terhubung yang berjalan di jalurnya. Sebuah gerobak biasanya menarik beberapa mobil non-listrik yang mampu mengangkut penumpang atau barang. Lokomotif dapat digerakkan oleh uap, solar atau listrik yang disuplai dari sistem lintasan. Pada dasarnya dapat menggerakkan sebagian atau seluruh mesin, yang dikenal dengan komponen ganda. Kereta api juga dapat digerakkan oleh kuda, kabel, gravitasi, pneumatik, dan turbin angin. Kereta api berjalan di jalan beraspal dengan gesekan yang lebih sedikit dibandingkan ban karet, sehingga membuat kereta lebih efisien, meski tidak seefisien kapal.

Jalan

Jalan adalah jalan setapak, biasanya berkerikil . Terbuat dari beton dan memungkinkan perjalanan darat dengan berjalan kaki atau dengan berbagai kendaraan.

Kendaraan jalan raya yang paling umum di negara berkembang adalah mobil, kendaraan penumpang beroda yang memiliki mesin sendiri. Pengguna jalan lainnya termasuk sepeda motor, bus, truk, sepeda dan pejalan kaki, yang terkadang memiliki persyaratan khusus untuk masing-masing pengguna jalan tersebut. Misalnya, jalur bus merupakan prioritas angkutan umum dan jalur sepeda menyediakan bentangan jalan yang dapat digunakan sepeda.

Disadur dari: en.wikipedia.com