Bahaya Kimia (Chemical hazard)

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

10 Mei 2024, 15.28

Sumber: chemscape.com

Bahaya kimia

Zat kimia adalah zat (non-biologis) yang berbahaya bagi kehidupan atau kesehatan. Bahan kimia banyak digunakan di rumah dan banyak tempat lainnya. Paparan bahan kimia dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan dalam jangka panjang. Ada banyak jenis bahan kimia berbahaya, termasuk neurotoksin, agen imunologi, agen dermatologi, karsinogen, racun reproduksi, racun sistemik, penderita asma, pneumokonstriktor, dan sensitizer. Paparan terhadap bahaya kimia di tempat kerja merupakan salah satu jenis bahaya pekerjaan. Penggunaan alat pelindung diri (APD) sangat mengurangi risiko cedera akibat paparan zat berbahaya.

Luka bakar kimia

Paparan bahaya kimia dalam jangka panjang seperti debu silika, asap knalpot, asap rokok, dan timbal meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi.

Jenis bahaya kimia

Rute paparan

Rute paparan bahan kimia yang paling umum di lingkungan kerja adalah melalui inhalasi. Udara, kabut, kabut, debu, kabut, dan kabut semuanya dapat dihirup. Orang yang melakukan aktivitas fisik lebih besar kemungkinannya untuk menghirup bahan kimia ketika mereka bekerja di area yang udaranya tercemar. Hal ini karena pekerja kasar menukar lebih dari 10.000 liter udara dalam delapan jam sehari, sedangkan pekerja non-buruh menukar lebih dari 2.800 liter udara. Jika udara di tempat kerja Anda tercemar, semakin banyak udara yang Anda hirup, semakin banyak pula bahan kimia yang Anda hirup.

Anda dapat menelan bahan kimia jika makanan dan minuman terkontaminasi oleh tangan yang tidak dicuci, pakaian yang buruk, dan praktik penanganan yang buruk.

Kontak kulit dengan bahan kimia adalah cedera umum di tempat kerja dan juga dapat terjadi di rumah di mana terdapat bahan kimia seperti susu atau mesin pencuci piring. Kontak dengan bahan kimia pada kulit seringkali menyebabkan iritasi lokal pada area yang terpapar. Dalam beberapa kasus, zat tersebut diserap oleh kulit dan menjadi meradang. Mata merupakan area yang menjadi perhatian khusus terhadap paparan bahan kimia karena sangat sensitif terhadap bahan kimia. Kontak dengan bahan kimia pada mata dapat menyebabkan iritasi, rasa terbakar dan kehilangan penglihatan.

Suntikan adalah cara lain untuk terpapar bahan kimia di tempat kerja. Bahan kimia disuntikkan ke kulit ketika pekerja tersengat benda tajam, seperti jarum. Paparan bahan kimia melalui suntikan menyebabkan bahan kimia tersebut langsung masuk ke aliran darah.

Simbol bahaya kimia

Piktogram bahaya adalah jenis sistem pelabelan yang memperingatkan orang secara sekilas akan keberadaan zat berbahaya. Tanda-tanda tersebut akan membantu mengidentifikasi apakah zat yang digunakan berbahaya atau berbahaya bagi lingkungan. Logonya unik berbentuk berlian dengan pinggiran berwarna merah. Gejala-gejala tersebut dapat dibagi menjadi:

  • Explosive (ledakan bom)
  • Mudah terbakar (api)
  • Oksidasi (nyala di atas lingkaran)
  • Korosif (korosi meja dan tangan)
  • Toksisitas akut (tengkorak dan tulang bersilang)
  • Berbahaya bagi lingkungan (pohon mati dan ikan)
  • Bahaya kesehatan/berbahaya bagi lapisan ozon (tanda seru)
  • Bahaya kesehatan yang serius (menyilang pada siluet manusia)
  • Gas di bawah tekanan (tabung gas)

Gambar-gambar ini dibagi menjadi beberapa kelas dan kategori untuk setiap klasifikasi. Stabilitas setiap zat bergantung pada jenis dan kekuatannya.

Mengontrol Paparan bahan kimia

  • Eliminasi dan Substitusi

Diperkirakan terdapat sekitar 190.000 kematian dan 50.000 pekerja terluka setiap tahunnya. Ada hubungan yang tidak diketahui antara paparan bahan kimia dan morbiditas dan mortalitas selanjutnya. Oleh karena itu, diyakini sebagian besar penyakit dan penyakit tersebut disebabkan oleh kurangnya pengetahuan dan/atau kesadaran akan bahaya bahan kimia. Cara terbaik untuk mengendalikan paparan bahan kimia di tempat kerja adalah dengan menghilangkan atau mengganti semua bahan kimia yang diduga atau diketahui menyebabkan penyakit dan/atau kematian..

  • Kontrol Rekayasa

Meskipun penghilangan dan penggantian zat berbahaya adalah cara paling umum untuk mengendalikan paparan bahan kimia, ada metode lain yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi paparan. Penerapan pengendalian mekanis adalah contoh cara lain untuk mengendalikan paparan bahan kimia. Ketika pengendalian mekanis diterapkan, perubahan fisik terjadi di lingkungan kerja yang menghilangkan atau mengurangi risiko paparan bahan kimia. Contoh pengendalian mekanis mencakup penghentian atau isolasi proses yang dapat menyebabkan kecelakaan kimia.

  • Kontrol Administrasi dan Praktik Kerja

Jika tidak mungkin untuk menghentikan atau mengisolasi suatu proses yang menimbulkan bahaya kimia, langkah terbaik berikutnya adalah menerapkan pengendalian dan prosedur kerja. Penetapan manajemen dan praktik kerjalah yang mengurangi waktu dan frekuensi paparan terhadap bahaya kimia. Contoh pengendalian dan beban kerja adalah penetapan jadwal kerja dimana karyawan ditugaskan untuk bekerja secara shift. Hal ini membantu mengurangi paparan seluruh pekerja terhadap bahaya kimia.

  • Alat Pelindung Diri (APD)

Karyawan wajib menyediakan alat pelindung diri (APD) untuk melindungi karyawan dari bahan kimia yang digunakan di tempat kerja. APD dapat membantu melindungi pekerja terhadap bahan kimia melalui jalur paparan seperti inhalasi, penyerapan melalui kulit dan/atau mata, konsumsi, dan injeksi. Salah satu cara menghindari paparan bahan kimia adalah dengan menggunakan APD dengan alat bantu pernapasan. Pekerja dapat menghindari paparan bahan kimia melalui inhalasi jika mereka memakai respirator.

Pertolongan pertama

Membiasakan diri dengan teknik pertolongan pertama dianjurkan untuk meminimalkan kerusakan dalam keadaan darurat. Jenis bahan kimia yang berbeda dapat menyebabkan jenis kerusakan yang berbeda pula. Sebagian besar sumber sepakat bahwa yang terbaik adalah segera mencuci kulit dan wajah yang terkena dengan air. Saat ini tidak ada bukti berapa lama proses pembersihan harus berlangsung, karena bahan kimia yang berbeda, seperti bahan korosif, memiliki efek yang berbeda. Namun waktu penyiramannya adalah:

  • 5 menit - non-iritasi ringan
  • 15 menit - iritasi sedang hingga parah dan bahan kimia yang menyebabkan toksisitas akut
  • 30 menit - paling korosif
  • 60 menit - alkali kuat seperti natrium, kalium atau kalsium hidroksida

Tergantung pada kondisinya, mungkin penting untuk membawa orang yang terkena dampak ke rumah sakit. Jika korban harus diangkut sebelum waktu pembersihan yang ditentukan, pembersihan harus dilakukan selama pengangkutan. Beberapa produsen bahan kimia mungkin meresepkan jenis deterjen yang direkomendasikan.

Risiko jangka panjang

Penyakit kardiovaskular

Laporan SBU tahun 2017 menemukan bukti yang menghubungkan paparan debu silika, gas buang atau asap mekanis di tempat kerja, dan penyakit jantung. Ada juga kaitannya dengan paparan arsenik, benzopyrene, timbal, dinamit, karbon disulfida, karbon monoksida, air mineral, dan perokok pasif. Produksi listrik aluminium atau operasi produksi kertas yang menggunakan produksi belerang dikaitkan dengan penyakit jantung. Ada juga hubungan yang ditemukan antara penyakit jantung dan paparan senyawa yang tidak diperbolehkan lagi di tempat kerja tertentu, seperti TCDD (dioxin) dan asam fenoksi yang terkandung dalam asbes.

Paparan debu silika atau asbes di tempat kerja juga dikaitkan dengan emboli paru. Terdapat bukti bahwa timbal, karbon disulfida, asam fenoksi yang mengandung TCDD terlibat, dan bekerja di lingkungan tempat aluminium diproduksi dalam perangkat elektronik yang berhubungan dengan stroke.

Disadur dari: en.wikipedia.org