Bahaya Fisik: Pengertian dan Contoh-contoh

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

22 April 2024, 10.23

Sumber: en.wikipedia.org

Bahaya Fisik

Bahaya fisik adalah agen, faktor, atau keadaan yang dapat menyebabkan bahaya jika terjadi kontak. Bahaya ini dapat diklasifikasikan sebagai jenis bahaya pekerjaan atau bahaya lingkungan. Bahaya fisik meliputi bahaya ergonomis, radiasi, tekanan panas dan dingin, bahaya getaran, dan bahaya kebisingan. Kontrol teknik sering digunakan untuk mengurangi bahaya fisik.

Bahaya fisik merupakan sumber cedera yang umum terjadi di banyak industri. Mereka mungkin tidak dapat dihindari dalam industri tertentu, seperti konstruksi dan pertambangan, tetapi seiring berjalannya waktu, orang telah mengembangkan metode dan prosedur keselamatan untuk mengelola risiko bahaya fisik di tempat kerja. Mempekerjakan anak-anak dapat menimbulkan masalah khusus.

Bahaya fisik juga merupakan proses yang terjadi secara alamiah yang berpotensi menimbulkan kerugian atau kerusakan. Bahaya fisik meliputi gempa bumi, banjir, kebakaran, dan angin puting beliung. Bahaya fisik sering kali memiliki unsur manusia dan alam. Sebagai contoh, masalah banjir dapat dipengaruhi oleh unsur alam berupa fluktuasi iklim dan frekuensi badai, dan oleh drainase tanah dan bangunan di dataran banjir, unsur manusia. Badai geomagnetik dapat mengganggu atau merusak infrastruktur teknologi, dan membuat bingung spesies yang mengalami magnetoception. Bahaya fisik lainnya, sinar-X, secara alami terjadi dari radiasi matahari, tetapi juga telah dimanfaatkan oleh manusia untuk tujuan medis; namun, paparan yang berlebihan dapat menyebabkan kanker, luka bakar pada kulit, dan kerusakan jaringan.

Jatuh

Jatuh adalah penyebab umum cedera dan kematian akibat kerja, terutama di bidang konstruksi, ekstraksi, transportasi, perawatan kesehatan, serta pembersihan dan pemeliharaan gedung. Kondisi seperti lubang di lantai dan bukaan di dinding, pelindung jatuh yang disalahgunakan, permukaan jalan yang licin, berantakan, atau tidak stabil, tepian yang tidak terlindungi, dan tangga yang letaknya tidak aman dikaitkan dengan cedera akibat jatuh di tempat kerja.

Menurut data yang dipublikasikan tahun 2014 dari Biro Statistik Tenaga Kerja, 261.930 pekerja industri swasta dan pemerintah kehilangan satu hari kerja atau lebih dan sekitar 798 pekerja meninggal dunia akibat cedera akibat jatuh di tempat kerja. Terdapat tren peningkatan umum dalam cedera jatuh fatal yang meningkat 25 persen secara keseluruhan dari tahun 2011 hingga 2016. Untuk tukang kayu, pengemudi truk berat dan traktor-trailer, pemangkas pohon dan pemangkas, dan tukang atap, cedera jatuh meningkat lebih dari 25 persen pada tahun 2016.

Tingkat tertinggi cedera jatuh yang tidak fatal dialami di layanan kesehatan dan industri grosir dan ritel, sementara jumlah tertinggi untuk kematian terkait jatuh terkait dengan industri konstruksi. Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, terdapat total 991 insiden jatuh terkait konstruksi pada tahun 2016. Di Amerika Serikat, kematian akibat terjatuh mengakibatkan beban keuangan yang signifikan sekitar $70 miliar per tahun dalam bentuk kompensasi pekerja dan biaya medis terkait insiden jatuh di tempat kerja. Komunitas kesehatan masyarakat internasional bekerja untuk mengurangi cedera akibat terjatuh di tempat kerja dengan mengembangkan strategi karena banyak negara lain yang menghadapi masalah serupa di tempat kerja seperti di Amerika Serikat.

Mesin

Mesin merupakan hal yang umum di banyak industri, termasuk manufaktur, pertambangan, konstruksi dan pertanian, dan dapat membahayakan pekerja. Banyak mesin yang melibatkan bagian yang bergerak, ujung yang tajam, permukaan yang panas, dan bahaya lain yang berpotensi menghancurkan, membakar, memotong, menggores, menusuk, atau mencederai atau melukai pekerja jika digunakan secara tidak aman. Berbagai langkah keselamatan tersedia untuk meminimalkan bahaya ini, termasuk prosedur penguncian untuk pemeliharaan alat berat dan sistem perlindungan terguling untuk kendaraan. Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat, cedera yang berhubungan dengan alat berat menyebabkan 64.170 kasus yang menyebabkan pekerja tidak masuk kerja selama beberapa hari pada tahun 2008. Lebih dari seperempat dari kasus-kasus ini membutuhkan lebih dari 31 hari tidak bekerja.

Pada tahun yang sama, mesin adalah sumber utama atau sekunder dari lebih dari 600 kematian terkait pekerjaan. Mesin juga sering terlibat secara tidak langsung dalam kematian dan cedera pekerja, seperti dalam kasus-kasus di mana pekerja terpeleset dan jatuh, mungkin tertimpa benda tajam atau runcing. Perkakas listrik, yang digunakan di banyak industri, menghadirkan sejumlah bahaya karena bagian yang bergerak tajam, getaran, atau kebisingan. Sektor transportasi juga memiliki banyak risiko bagi kesehatan pengemudi komersial, misalnya akibat getaran, duduk dalam waktu lama, stres kerja, dan kelelahan. Masalah-masalah ini terjadi di Eropa, namun di belahan dunia lain situasinya bahkan lebih buruk. Lebih banyak pengemudi yang meninggal dalam kecelakaan karena cacat keamanan pada kendaraan. Waktu tunggu yang lama di perbatasan menyebabkan pengemudi jauh dari rumah dan keluarga lebih lama dan bahkan meningkatkan risiko infeksi HIV.

Ruang Terbatas

Ruang terbatas juga menghadirkan bahaya kerja. National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH) mendefinisikan "ruang terbatas" sebagai ruang yang memiliki bukaan terbatas untuk masuk dan keluar serta ventilasi alami yang tidak memadai, dan tidak dimaksudkan untuk ditempati oleh pekerja secara terus menerus. Ruang-ruang semacam ini dapat mencakup tangki penyimpanan, kompartemen kapal, saluran pembuangan, dan saluran pipa. Ruang terbatas dapat menimbulkan bahaya tidak hanya bagi pekerja, tetapi juga bagi orang-orang yang mencoba menyelamatkan mereka.

Pada tahun 2015, sekitar 136 pekerja AS meninggal dalam kecelakaan fatal yang terkait dengan ruang tertutup menurut data yang dikumpulkan sebagai tanggapan terhadap program tahunan Sensus Cedera Akibat Kerja Fatal (CFOI) dari Biro Statistik Tenaga Kerja. [Bahaya seperti terjebak dan tenggelam hingga sesak napas dan paparan bahan kimia beracun mengakibatkan kematian dan cedera yang terjadi di ruang terbatas ini. Bahaya fisik dan atmosfer akibat ruang terbatas dapat dihindari dengan mengatasi dan mengenali bahaya ini sebelum masuk ke ruang terbatas untuk melakukan pekerjaan.

Kebisingan

Kebisingan juga merupakan bahaya umum di tempat kerja. Gangguan pendengaran akibat kerja adalah cedera terkait pekerjaan yang paling banyak terjadi di Amerika Serikat, 22 juta pekerja terpapar pada tingkat kebisingan yang berbahaya di tempat kerja, dan $242 juta dihabiskan setiap tahun untuk kompensasi pekerja dan gangguan pendengaran. Kebisingan bukan satu-satunya penyebab gangguan pendengaran akibat kerja.

Paparan bahan kimia seperti pelarut aromatik dan logam, termasuk timbal, arsenik, dan merkuri, dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Tentu saja, kebisingan merupakan masalah yang lebih besar di beberapa pekerjaan dibandingkan pekerjaan lainnya. Musisi, penambang, dan pekerja konstruksi mempunyai risiko lebih besar mengalami gangguan pendengaran karena mereka terpapar pada tingkat kebisingan yang lebih tinggi dan berkelanjutan. Meskipun gangguan pendengaran akibat kebisingan dapat dicegah, namun gangguan ini bersifat permanen dan tidak dapat diubah, sehingga penting bagi bisnis dan karyawan untuk menyadari pembatasan dan tindakan pencegahan yang ada.Orang-orang melindungi telinga dan mata mereka saat menggunakan jackhammer di Amerika.

Perangkat terkunci, kebisingan diakui sebagai bahaya di tempat kerja oleh Institut Nasional untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja (NIOSH) dan Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (OSHA). Kedua organisasi berupaya untuk menetapkan dan menegakkan standar kebisingan di tempat kerja, yang pada akhirnya mencegah gangguan pendengaran. Contoh program yang dikembangkan oleh NIOSH untuk memerangi dampak berbahaya dari paparan kebisingan termasuk program Buy Quiet, yang mendorong pengusaha untuk membeli mesin yang lebih senyap, dan Safety-In-Audio, yang dirancang untuk memahami organisasi yang peduli Kontrol kebisingan.

Listrik

Listrik berbahaya bagi banyak pekerja. Cedera listrik dibedakan menjadi empat jenis: sengatan listrik, sengatan listrik, luka bakar, dan jatuh akibat terkena arus listrik. Sengatan listrik adalah salah satu bahaya paling umum di lokasi konstruksi. Hal ini dapat berakibat fatal dan, tergantung pada lamanya dan tingkat keparahan dampaknya, dapat menyebabkan luka bakar yang parah dan permanen pada kulit, jaringan internal, dan kerusakan jantung. Ketika arus listrik melewati jaringan atau tulang, panas dihasilkan dan terjadi sengatan listrik. Luka bakar akibat listrik dapat menyebabkan kerusakan jaringan dan memerlukan perhatian medis. Sengatan listrik dapat menyebabkan cedera, termasuk kekakuan otot, jantung berdebar, mual, muntah, kolaps, dan kehilangan kesadaran. Sambungan listrik yang rusak dan peralatan listrik yang rusak dapat membahayakan pekerja atau orang lain di tempat kerja.

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, antara tahun 2003 dan 2010, 1.738 dari 849 insiden melibatkan kontak dengan listrik. Banyak kecelakaan terjadi. Sektor konstruksi adalah sektor yang paling terkena dampak listrik. Lima pekerjaan di industri konstruksi (tukang listrik, tukang atap, tukang cat, tukang kayu, dan tukang bangunan) menyebabkan lebih dari 32% kematian akibat listrik. Medan, lingkungan basah, perlengkapan dan perlengkapan yang rusak, kabel yang tidak memadai, komponen listrik yang terbuka, kabel di atas kepala, dan sirkuit berat mengganggu lokasi konstruksi. praktik keselamatan seperti: Merawat peralatan dengan benar, mematikan peralatan listrik sebelum memeriksa atau memperbaiki, dan berhati-hati saat bekerja di dekat kabel listrik. Peralatan pelindung diri seperti topi keras, helm, sarung tangan, sarung tangan karet atau pelindung dan pakaian pelindung dapat membantu mengurangi bahaya listrik.

Disadur dari: en.wikipedia.org