Bahaya Ergonomis: Pengertian, Penyebab, dan Pencegahan

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

22 April 2024, 09.03

Sumber: en.wikipedia.org

Bahaya ergonomis

Bahaya ergonomis adalah kondisi fisik yang dapat menimbulkan risiko cedera pada sistem muskuloskeletal karena ergonomi yang buruk. Bahaya ini meliputi postur tubuh yang canggung atau statis, tenaga yang besar, gerakan yang berulang-ulang, atau jeda waktu yang singkat di antara aktivitas. Risiko cedera sering kali diperbesar ketika ada banyak faktor.

Faktor lingkungan, operasional, atau desain dapat berdampak negatif pada pekerja atau pengguna; contohnya adalah getaran seluruh tubuh atau tangan/lengan, pencahayaan yang buruk, atau alat, perlengkapan, atau stasiun kerja yang dirancang dengan buruk. Beberapa bagian tubuh yang umum mengalami cedera antara lain:

  • Otot atau ligamen pada punggung bagian bawah
  • Otot atau ligamen pada leher
  • Otot, tendon, atau saraf pada tangan/pergelangan tangan
  • Tulang dan otot di sekitar lutut dan kaki

Cedera pada bagian tubuh ini dan bagian tubuh lainnya dapat menyebabkan gangguan muskuloskeletal (MSD), yang dapat disebut gangguan trauma kumulatif (CTD) atau cedera regangan berulang (RSI), dan diperkirakan mencapai sekitar sepertiga dari semua cedera dan penyakit yang tidak fatal serta biaya yang ditimbulkannya. Bahaya ergonomis terjadi di lingkungan kerja dan non-kerja seperti bengkel, lokasi pembangunan, kantor, rumah, sekolah, atau ruang dan fasilitas umum. Menemukan cara untuk menghilangkan atau mengurangi bahaya ergonomis di lingkungan mana pun pada akhirnya akan mengurangi risiko cedera.

Penyebab

Postur tubuh yang canggung
Postur tubuh yang janggal adalah ketika tubuh menyimpang secara signifikan dari posisi alami selama melakukan aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan. Postur tubuh yang janggal mengurangi efisiensi kerja karena pengerahan tenaga yang berlebihan yang tidak perlu. Jika postur tubuh yang canggung berlangsung dalam jangka waktu yang lama, otot dan saraf dapat terjepit. Contohnya termasuk memutar, menjangkau, menarik, mengangkat, membungkuk, atau postur lainnya yang dapat menyebabkan rasa sakit ketika dilakukan dalam jangka waktu yang lama.

Postur statis
Postur statis, atau pembebanan statis, adalah ketika seseorang mempertahankan postur yang konsisten selama keseluruhan waktu yang diperlukan untuk melakukan suatu tugas, yang tidak memungkinkan tubuh untuk rileks. Hal ini menjadi masalah karena dapat menyebabkan nyeri otot, kelelahan, dan masalah persendian, serta meningkatkan risiko cedera muskuloskeletal. Tingkat kerusakan tergantung pada jenis dan durasi postur tubuh, serta jenis aktivitas. Masalah yang berkaitan dengan postur statis di antara pekerja dapat dicegah dengan sering beristirahat dan melakukan peregangan.

Stres kontak
Stres kontak terjadi ketika beberapa bagian tubuh pekerja - seperti lutut, siku, pergelangan tangan, atau jari - menyentuh atau bergesekan dengan permukaan yang tajam, tidak fleksibel, atau tidak bergerak secara berulang-ulang atau dalam jangka waktu yang lama. Permukaan tersebut dapat berupa meja kerja, tangga, lantai, atau pegangan ember atau alat.[4] Tekanan kontak juga dapat terjadi dengan mendorong, mencengkeram, mencubit, menarik, dan mengangkat benda yang dapat memberikan kekuatan tambahan pada sendi tubuh. Meningkatkan kekuatan ini membutuhkan pengerahan otot tambahan, dan menempatkan beban yang lebih besar pada sendi dan jaringan ikat yang dapat menyebabkan kelelahan dan dapat menyebabkan gangguan muskuloskeletal jika tidak ada waktu yang cukup untuk istirahat dan pemulihan.

Gerakan berulang
Gerakan repetitif adalah gerakan yang berkepanjangan dan berulang-ulang yang menyebabkan kelelahan otot dan pada akhirnya mengakibatkan kerusakan saraf. Gerakan ini dapat mencederai jaringan lunak, seperti saraf, otot, dan tendon; contoh cederanya antara lain tennis elbow, sindrom lorong karpal, tendonitis, dan radang kandung lendir. Gerakan-gerakan ini membutuhkan istirahat selama aktivitas untuk membantu saraf atau otot beristirahat dan pulih.

Kekuatan tinggi
Tenaga tinggi yang terlibat dalam beberapa pekerjaan fisik dapat mencederai otot dan sendi. Pengerahan tenaga yang berlebihan dapat terjadi ketika kekuatan eksternal atau otot melebihi kekuatan yang dapat ditanggung oleh tubuh dengan aman. Kekuatan tersebut dapat berupa mencengkeram, mencubit, mendorong, menarik, dan mengangkat benda.

Pencegahan

Pencegahan bahaya ergonomis dan gangguan muskuloskeletal melibatkan berbagai aspek yang kompleks, dengan fokus utama pada penyesuaian pekerjaan dengan pekerjanya, bukan sebaliknya. Salah satu pendekatan yang diterapkan dalam mengatasi bahaya ergonomis adalah menggunakan Hierarki Pengendalian, sebuah sistem yang diterbitkan oleh Institut Nasional untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja (NIOSH). Hierarki Pengendalian menguraikan langkah-langkah pengelolaan risiko, mulai dari eliminasi, substitusi, pengendalian teknik, pengendalian administratif, hingga penggunaan alat pelindung diri (APD).

Eliminasi, sebagai solusi paling efektif, melibatkan praktik menghilangkan bahaya dari operasi kerja untuk mengurangi risiko cedera. Pada konteks bahaya ergonomis, ini bisa mencakup desain ulang area kerja untuk mengurangi kebutuhan postur yang canggung atau memberikan alat bantu seperti gerobak untuk mengurangi pengangkatan barang berat. Substitusi melibatkan penggantian bahaya dengan yang lebih aman, seperti mengganti material berat dengan yang lebih ringan atau mengganti peralatan berkualitas rendah dengan yang berkualitas lebih tinggi.

Pengendalian teknik fokus pada pemisahan fisik bahaya dari pekerja, seperti merancang barang yang sering diangkat agar memiliki pegangan yang ergonomis. Pengendalian mencakup kebijakan dan aturan di tempat kerja, seperti merotasi karyawan dan memberikan waktu istirahat yang cukup. Terakhir, penggunaan APD seperti pelindung pinggang dan alat bantu angkat merupakan langkah penting dalam melindungi pekerja dari bahaya ergonomis. Dengan menerapkan daftar periksa ini, Anda dapat fokus dan efektif dalam memastikan kesejahteraan karyawan Anda.

Ergonomi Kantor

Ergonomi mencoba menyesuaikan pekerjaan dengan pekerja, bukan pekerja dengan pekerjaannya.Kapan pun ada pekerja dan pekerjaan, akan ada pertimbangan ergonomis. Umumnya, masalah ergonomis dapat muncul di lingkungan kantor. Banyak orang yang bekerja di kantor (baik di rumah atau di gedung perkantoran formal) sering menghabiskan waktu berjam-jam untuk duduk dan bekerja dengan posisi yang sama. Pertimbangan ergonomis termasuk penyesuaian ketinggian kursi dan monitor komputer, posisi pencahayaan, frekuensi istirahat, dan desain kursi.

Ergonomi Manufaktur

Orang yang bekerja di lingkungan manufaktur berisiko mengalami gangguan kesehatan seperti kekakuan otot dan ketegangan sendi akibat pekerjaan yang berulang-ulang, posisi tersentak-sentak, aktivitas berlebihan, dan paparan getaran. Untuk mengelola risiko ini, penting untuk menerapkan praktik ergonomis yang efektif, termasuk penggunaan palet untuk mengangkut barang dan menghindari pengangkatan secara manual. Menjaga postur tubuh yang baik dengan mengatur ketinggian tempat kerja dan menyediakan kursi atau kursi bila diperlukan dapat mencegah kelelahan dan depresi.

Selain itu, mengurangi listrik statis dapat bermanfaat dengan memberikan pilihan untuk duduk, istirahat, atau berganti tugas. Penggunaan alat pengangkat seperti troli, ban berjalan atau kendaraan tanpa pemandu dapat mengurangi stres pada tubuh pekerja. Saat mengangkat beban, sebaiknya mendorong daripada menarik dan gunakan teknik mengangkat yang benar, seperti menekuk pinggul dan lutut. Menerapkan tip dan praktik ini akan membantu Anda meningkatkan ergonomi lingkungan manufaktur Anda, meningkatkan kesehatan pekerja, produktivitas dan kualitas manufaktur, mengurangi biaya dan meningkatkan produktivitas.

Ergonomi konstruksi

Industri konstruksi mengandung berbagai bahaya ergonomis yang mempengaruhi kesehatan dan kenyamanan pekerja. Pekerja dalam kategori ini sering kali dihadapkan pada pekerjaan lantai dan lantai, pekerjaan di udara, pekerjaan yang melibatkan penggunaan tangan, serta mengangkat, memegang, dan menangani material. Cedera punggung diperkirakan 50% lebih tinggi dibandingkan rata-rata industri AS lainnya. AS, meningkatkan risiko bagi pekerja yang membawa beban berat, berlutut dan menekuk tangan menggunakan alat yang bergetar.

Lingkungan kerja yang serba cepat dan waktu tunggu memberikan tekanan lebih besar pada ergonomi. Untuk menghindari masalah tersebut, beberapa solusinya antara lain dengan mengatur posisinya, seperti mengangkat part ke permukaan kerja terdekat, menggunakan perkakas atau pegangan lainnya. Pekerjaan udara dapat diatur menggunakan lift atau riser dengan menggunakan tiang ekstensi untuk mencegah pergerakan kepala yang berlebihan.

Cara lainnya adalah dengan teknik mengangkat yang baik, menggunakan peralatan seperti penyedot debu, dan mengganti barang berat dengan yang lebih ringan. Gerakan berulang dapat dihilangkan dengan menggunakan perangkat elektronik pengurang getaran dan sarung tangan anti getar. Meskipun diperlukan kekuatan yang besar, praktik ergonomis dapat mengurangi dampak kesehatan dari mendorong, menarik, dan memegang alat. Solusi spesifik dapat ditemukan dalam panduan NIOSH, "Solusi Cerdas: Ergonomi untuk Pekerja Konstruksi." Secara keseluruhan, praktik ergonomis dapat mengurangi risiko cedera dan meningkatkan kesehatan serta kenyamanan pekerja di industri konstruksi.

Disadur dari: en.wikipedia.org