Bagan Kendali: Sejarah, Pengertian dan Gambaran Umum

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

18 April 2024, 10.34

Sumber: en.wikipedia.org

Bagan Kendali

Peta kendali adalah desain grafis yang digunakan dalam pengendalian produksi untuk menentukan apakah kualitas dan proses produksi dikontrol secara stabil. Pengendalian waktu disusun dalam grafik, dan variabel dievaluasi berdasarkan perbedaan data dari kondisi saat ini atau di luar batas kendali. Diagram kendali diklasifikasikan sebagai Diagram Kontrol Individual Shewhart (ISO 7870-2) dan CUSUM (atau Diagram Kontrol Kumulatif Kumulatif) (ISO 7870-4).

Diagram kontrol, juga dikenal sebagai Diagram Shewhart (setelah Walter A. ). Shewhart) bagan perilaku proses adalah alat kendali statistik yang digunakan untuk menentukan apakah suatu proses manufaktur atau bisnis terkendali. Lebih tepatnya, peta kendali adalah alat grafis untuk pemantauan proses statistik (SPM). Kebanyakan diagram kendali tradisional dirancang untuk memantau parameter proses ketika bentuk dasar distribusi proses diketahui. Namun, di abad ke-21, tersedia teknik yang lebih canggih untuk mengontrol aliran data yang masuk tanpa mengetahui distribusi prosesnya. Rencana energi yang tidak terdistribusi menjadi semakin populer.

Gambaran Umum

Jika analisis peta kendali menunjukkan bahwa proses saat ini berada dalam kendali (yaitu stabil, dengan variasi dari sumber yang umum pada proses), tidak diperlukan perubahan atau perubahan pada parameter kendali. Data proses juga dapat digunakan untuk memprediksi kinerja masa depan. Jika grafik menunjukkan bahwa tidak ada kontrol, analisis Anda dapat menentukan penyebab variasi tersebut. Hal ini karena kinerja proses menurun. Proses yang stabil tetapi beroperasi di luar batas yang diinginkan (ditentukan) (misalnya tingkat keseimbangan berada dalam kendali statistik tetapi mungkin melebihi batas yang diinginkan) Kemampuan untuk memahami masalah kinerja saat ini dan meningkatkan kinerja proses.

Rencana operasi adalah salah satu dari tujuh alat kontrol kualitas dasar. Plot daya digunakan untuk data deret waktu, juga dikenal sebagai data kontinu atau variabel. Ini juga dapat digunakan untuk data yang sangat mirip (yaitu ketika Anda ingin membandingkan sampel yang diambil pada waktu yang sama atau hasil karya orang yang berbeda). Namun, Anda harus mempertimbangkan jenis grafik yang digunakan untuk melakukan hal ini.

Sejarah

Walter A. Shewhart, yang bekerja di Bell Laboratories pada tahun 1920-an, mengembangkan rencana operasional. Insinyur perusahaan bekerja untuk meningkatkan keandalan sistem telekomunikasi. Penguatan dan peralatan lainnya harus dikubur di bawah tanah, yang membuat bisnis lebih efisien untuk mengurangi jumlah kerusakan dan perbaikan. Pada tahun 1920-an, para insinyur menyadari pentingnya mengurangi variasi produksi. Kami juga menyadari bahwa perubahan proses karena ketidaksesuaian meningkatkan variabilitas dan menurunkan kualitas.

Shewhart membingkai masalah ini dalam kaitannya dengan penyebab umum dan spesifik ketidaksetaraan, dan pada tanggal 16 Mei 1924, dia menulis memo internal yang menguraikan bagan organisasi sebagai cara untuk menguraikannya. Bos Shewhart, George Edwards, mengenang: "Dr. Shewhart menyiapkan catatan singkat tentang sebuah halaman. Sekitar sepertiga halaman dikhususkan untuk desain sederhana yang sekarang kita kenal sebagai desain, dan yang sekarang kita kenal sebagai kendali mutu. Itu secara sederhana menggambarkan semua prinsip dan konsep penting yang terlibat dalam keberadaan." Shewhart menekankan bahwa proses produksi perlu dibawa ke kondisi kendali statistik dan variasi faktor yang acak, dan menjaganya tetap terkendali, guna memprediksi kinerja masa depan dan mengendalikan proses secara ekonomis.

Shewhart meletakkan fondasinya untuk kontrol. Bagan dan konsep dikontrol secara statistik melalui eksperimen yang dirancang dengan cermat. Meskipun Shewhart berpegang pada teori matematika statistik, ia mengakui bahwa data dari proses fisik menghasilkan "distribusi normal" (distribusi Gaussian, juga dikenal sebagai "kurva panah"). Ia menemukan bahwa perbedaan yang diamati pada data produksi tidak sama dengan data alam (pergerakan partikel Brown). Shewhart menyimpulkan bahwa meskipun semua proses berbeda, beberapa proses menunjukkan perbedaan makna pekerjaan, sedangkan proses lainnya menunjukkan perbedaan yang tidak ditemukan dalam sistem sebab akibat dari proses tersebut.Pada tahun 1924 atau 1925, Shewhart menangkap inovasi tersebut.

Hal ini menarik perhatian W. Edwards Deming, yang saat itu bekerja di Hawthorne House. Deming kemudian bekerja untuk Departemen Pertanian Amerika Serikat, di mana dia menjadi konsultan matematika di Amerika Serikat. Biro Sensus. Setengah abad kemudian, Deming menjadi pemimpin dan mentor yang hebat dalam karya Shewhart. Setelah kekalahan Jepang pada akhir Perang Dunia II, Deming menjabat sebagai penasihat statistik Panglima Tertinggi Angkatan Darat. Melalui keterlibatannya di Jepang dan bertahun-tahun sebagai konsultan industri di sana, gagasan Shewhart dan penggunaan rencana manajemen menyebar ke seluruh manufaktur Jepang selama tahun 1950an dan 1960an.Bonnie Small, bekerja di Allentown Setelah pembangunan transistor 1950 ' S. pabrik Meningkatkan kinerja pabrik dalam pengendalian kualitas menggunakan metode Shewhart dan pembuatan hingga 5000 rencana pengendalian. Pada tahun 1958, bukunya, 『Western Electric Statistics Quality Control Manual』 diterbitkan dan digunakan di AT&T.

Detail Bagan

Peta kendali adalah alat statistik yang berisi indikator-indikator yang mewakili pengukuran statistik karakteristik kualitas sampel yang diambil dari proses pada waktu yang berbeda. Disebut juga data. Rata-rata atau median statistik dihitung menggunakan semua sampel dan garis median ditarik pada rata-rata atau median tersebut. Selain itu, deviasi standar statistik dihitung menggunakan seluruh sampel atau untuk periode referensi tertentu yang dapat digunakan untuk menilai perubahan. Batas kendali atas dan bawah juga dikenal sebagai "batas proses alami" dan mewakili ambang batas di mana efek proses dianggap "tidak dapat diterima", biasanya 3 standar deviasi dari garis tengah.

Grafik kekuatan memiliki fitur lain, mungkin Hal ini mencakup peringatan atau batas kendali yang lebih ketat, zonasi, dan dokumentasi kejadian terkait ketika insinyur kualitas bertanggung jawab atas kualitas proses. Grafik juga dapat mencakup fitur untuk alasan tertentu dan aturan pencarian sinyal, seperti area di luar kendali, rangkaian tujuh sinyal, pergerakan di atas atau di bawah tujuh poin. Aturan-aturan ini akan membantu Anda mendeteksi perubahan signifikan dalam proses Anda dan memandu tindakan perbaikan.

Penggunaan Grafik

Jika proses dikendalikan dengan statistik proses, 99,7300% dari seluruh titik akan berada dalam batas kendali. Pengamatan yang berada di luar batas, atau pola sistematis di dalamnya, menunjukkan munculnya sumber variasi baru (dan tidak terduga), yang dikenal sebagai variasi penyebab spesifik. Bagan kendali yang "menunjukkan" adanya masalah tertentu harus segera diselidiki, karena peningkatan variabilitas akan meningkatkan biaya kualitas.

Ini akan membantu memantau area pengambilan keputusan penting. Domain kontrol memberikan informasi tentang perilaku proses tanpa hubungan intrinsik apa pun dengan tujuan desain atau spesifikasi teknis. Dalam praktiknya, rata-rata proses (dan garis dasar) mungkin tidak sesuai dengan nilai (dan target) karakteristik kualitas yang ditentukan karena desain proses mungkin tidak memberikan tingkat karakteristik proses yang diinginkan.

Batas atau target diagram kendali terbatas . Dalam praktiknya, praktik yang paling efektif adalah dengan meminimalkan variasi proses, namun orang yang terlibat dalam proses tersebut (misalnya insinyur mesin) mungkin tertarik pada proses sesuai dengan kebutuhan. Mencoba menciptakan suatu proses di mana pusat lingkungan tidak sesuai dengan kegiatan yang direncanakan sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan akan meningkatkan variabilitas proses, meningkatkan biaya secara signifikan, dan banyak inefisiensi administratif.

Namun, studi dinamika proses menguji hubungan antara batas proses alami (batas kendali) dan persyaratan.Tujuan bagan kendali adalah untuk memberikan cara mudah untuk mengidentifikasi peristiwa, yang mengindikasikan peningkatan perubahan proses. Keputusan sederhana ini bisa menjadi sulit ketika keadaan proses terus berubah. Bagan kekuatan memberikan dasar statistik untuk perubahan. Ketika perubahan diidentifikasi dan dianggap positif, alasannya harus diidentifikasi dan cara kerja yang baru harus diidentifikasi. Jika perubahan yang dilakukan salah, penyebabnya harus diidentifikasi dan dihilangkan.

Tujuan penambahan zona peringatan atau membagi peta kendali menjadi beberapa zona adalah untuk memberikan peringatan dini jika terjadi masalah. Daripada segera memulai proses perbaikan proses untuk menentukan apakah ada masalah tertentu, insinyur kualitas dapat meningkatkan laju pengambilan sampel produk proses untuk sementara sampai jelas bahwa proses terkendali. Dengan menggunakan batasan 3-sigma, sebuah sinyal muncul kurang dari satu kali dalam 22 sinyal untuk proses putaran, dan kira-kira satu dalam 370 (1/370.4) sinyal untuk proses distribusi normal. Tingkat peringatan 2-sigma dicapai kira-kira sekali setiap 22 (1/21.98) titik yang ditemukan pada data berdistribusi normal. (Misalnya, mean sampel terbesar dari sebagian besar distribusi yang mendasarinya adalah variabel yang didistribusikan menurut kebijakan batas pusat).

Walter A. Shewhart menetapkan batas 3-sigma (ukuran 3 standar) dengan beberapa referensi dasar: Pertama, didasarkan pada hasil perkiraan pertidaksamaan Chebyshev, yang menyatakan bahwa probabilitas deviasi k deviasi standar dari mean adalah sebagai maksimum 1/k^2. Shewhart kemudian menyatakan ketidaksetaraan Vysochanskii-Petunin, yang berlaku pada distribusi probabilitas unimodal, dan menyatakan bahwa probabilitas hasil lebih besar dari k deviasi standar dari mean adalah 4/(9k ^2).\ nJuga, sangat umum dalam distribusi normal.

Diketahui bahwa 99,7% observasi terjadi dalam 3 pengukuran mean yang berbeda. Shewhart merangkum pemikirannya dengan mengatakan bahwa pembenaran kriteria batas 3-Sigma harus berasal dari bukti empiris bahwa pendekatan tersebut berhasil. Meskipun awalnya dia menguji pembatasan distribusi probabilitas, Shewhart akhirnya menyimpulkan bahwa semua harapan untuk menemukan bentuk fungsional unik untuk f telah gagal. : Teorema Neyman-Pearson. Menurut Deming, di sebagian besar situasi industri, ketidakpastian populasi dan kerangka sampel menyulitkan penggunaan metode statistik tradisional. Demikian berpendapat bahwa ketiga ambang batas memberikan panduan praktis dan ekonomis untuk dua jenis kesalahan: mengatribusikan varians ke penyebab spesifik yang merupakan bagian dari sistem (kesalahan Tipe I) dan mengatribusikan varians ke penyebab spesifik (kesalahan Tipe I) ke penyebab umum. Faktanya, penyebabnya adalah faktor independen (kesalahan tipe II).

Saat menghitung batas kendali, deviasi standar yang diperlukan adalah varians dalam proses dari penyebabnya. Oleh karena itu, penduga umum seperti model varians tidak digunakan karena memperkirakan jumlah kesalahan kuadrat yang hilang dari faktor persekutuan dan varians dari faktor independen. Anda dapat menggunakan metode yang menggunakan rasio interval sampel terhadap deviasi standar. Dampaknya lebih kecil terhadap pengamatan kritis yang mengindikasikan permasalahan tertentu.

Disadur dari: en.wikipedia.org