Bagaimana Membangun Strategi Pengembangan Produk yang Sukses

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

10 Mei 2024, 10.11

sumber: pexels.com

Agar tetap kompetitif di pasar yang terus bergerak tanpa henti dan terus berkembang saat ini, perusahaan harus memikirkan dengan cermat produk apa yang mereka kembangkan dan bagaimana mereka mengembangkannya, serta terus mengulang prosesnya untuk mempertahankan keunggulan kompetitif. Strategi pengembangan produk yang tepat adalah upaya kolaboratif yang holistik dan menyeluruh dengan kapasitas untuk membantu organisasi mana pun dalam menghadapi peristiwa tak terduga atau perubahan pasar.

Mengapa strategi pengembangan produk yang kuat itu penting?

Konsumen memiliki akses ke lebih banyak informasi daripada sebelumnya untuk membandingkan produk dan merek. Laju kemajuan teknologi yang tiada henti dapat berarti bahwa perusahaan rintisan yang paling inovatif sekalipun dapat menemukan produk yang dulunya sukses tiba-tiba kalah bersaing atau menjadi usang. Dan untuk institusi lama dengan loyalitas merek yang kuat, produk yang ada mungkin tidak cukup untuk tetap kompetitif dalam jangka panjang.

Dengan pasar dan fungsi baru yang muncul hampir dalam semalam, pengembangan produk tidak bisa menjadi proses yang buta. Perusahaan yang sukses memadukan praktik pengembangan produk dengan strategi bisnis menyeluruh untuk memastikan inovasi berkelanjutan yang akan beresonansi secara efisien dan berkelanjutan dengan pelanggan - baik di pasar yang sudah ada maupun di antara audiens target baru.

Strategi pengembangan produk yang sukses dapat:

  1. Diversifikasi portofolio produk
  2. Meningkatkan pengalaman pelanggan
  3. Meningkatkan penjualan dan laba atas investasi
  4. Mendukung strategi pertumbuhan
  5. Mendukung transisi ke pasar baru

Secara tradisional, ada tiga cara yang berbeda bagi bisnis untuk tumbuh melalui pengembangan produk:

  1. Membuat penawaran yang benar-benar baru
  2. Mengubah produk yang sudah ada untuk memenuhi target pasarnya
  3. Menyempurnakan produk untuk diperkenalkan ke pasar baru

Namun, menawarkan produk yang lebih baik, atau membuat produk dengan biaya yang lebih rendah, hanyalah sebagian kecil dari strategi pengembangan produk yang sukses. Saat ini, sebanyak setengah dari semua perusahaan - dan 70% dari perusahaan dengan kinerja terbaik - menggunakan perangkat lunak yang dikembangkan secara internal untuk membedakan diri mereka di pasar yang ramai. Seiring dengan semakin banyaknya bisnis yang menjadi bisnis perangkat lunak, strategi pengembangan jangka panjang yang memprioritaskan umpan balik yang berkelanjutan dan nilai inti organisasi adalah kunci keberhasilan.

Tujuh tahap strategi pengembangan produk

Meskipun setiap organisasi dapat menggunakan templat yang sedikit berbeda, dan tentu saja tidak ada strategi universal untuk menjamin keberhasilan komersialisasi sebuah ide, ada tujuh langkah umum dalam proses pengembangan produk.

Biasanya, langkah-langkah ini harus dilakukan oleh tim pengembangan yang berdedikasi atau melalui kemitraan pengembangan produk dengan konsultan yang berpengalaman dan terspesialisasi. Tujuannya adalah untuk mensistematisasi proses pengembangan dari brainstorming hingga peluncuran, menguraikan tolok ukur kritis dan memungkinkan kolaborasi lintas departemen serta tinjauan dari berbagai pemangku kepentingan. Tujuh tahap pengembangan produk ini adalah:

Pencetusan ide

Dengan memprioritaskan tujuan strategis jangka panjang dan kompetensi inti yang telah digariskan, bisnis harus melakukan curah pendapat tentang inisiatif baru, ide produk, atau fitur produk. Selama fase ini, upaya lintas-kolaboratif harus fokus pada ide dan iterasi. Dengan mempertimbangkan kebutuhan pelanggan dan kekuatan bisnis, tim produk menghasilkan konsep produk. Dengan mengambil petunjuk dari berbagai departemen dan pemimpin bisnis, ide-ide tersebut kemudian disaring untuk memastikan hanya ide-ide yang paling selaras dengan tujuan organisasi yang akan maju.

Penelitian

Selama fase ini, ide produk baru ditempatkan dalam konteks pasar saat ini. Perusahaan dapat melakukan riset pasar terkait fitur atau lini produk baru mereka, meminta umpan balik dari pelanggan, atau melibatkan kelompok fokus. Selama proses ini, bisnis harus secara ekstensif meneliti produk serupa dan sepenuhnya menyelidiki keunggulan kompetitif produk baru dibandingkan penawaran lain untuk memperkirakan pangsa pasar masa depan yang akurat. Semua upaya ini berujung pada validasi ide baru, yang membantu para pemimpin bisnis mengidentifikasi bagaimana kinerja produk tersebut.

Perencanaan

Setelah ide divalidasi, tahap perencanaan proses pengembangan produk baru dimulai. Hal ini mungkin akan melibatkan kolaborasi antara tim desain produk, manajemen proyek, penjualan, dan departemen lain saat bisnis membuat peta jalan terperinci tentang bagaimana produk baru akan dibangun dan digunakan. Hal ini mungkin termasuk rencana untuk mengintegrasikan ide baru dengan produk saat ini atau struktur bisnis yang sudah ada. Tergantung pada produknya, fase ini mungkin juga melibatkan wire-framing dan pemodelan serta biaya bahan atau ruang server.

Prototipe

Prototipe adalah langkah penting dalam proses pengembangan produk. Seringkali, perusahaan akan membuat beberapa prototipe dan membuat perubahan signifikan pada rencana awal mereka saat mereka mengumpulkan model produk akhir mereka. Terkadang, mungkin perlu untuk membuat beberapa variasi dengan fitur, bahan, atau kemampuan yang berbeda.

Tujuan akhirnya adalah menciptakan apa yang disebut sebagai produk yang layak minimum (MVP). MVP adalah versi paling dasar dari produk baru tanpa sebagian besar integrasi atau fitur ekstensif yang mungkin ditambahkan dari waktu ke waktu. Ini akan menjadi sampel saat bahan dan vendor dicari untuk produksi massal. Dalam aplikasi perangkat lunak, mungkin penting untuk menguji prototipe dengan pengguna akhir untuk memastikan pengalaman pengguna yang memadai.

Pengadaan dan pembuatan

Selama fase ini, bisnis mengumpulkan bahan dan kontrak dengan mitra, jika ada, untuk membuat rencana terperinci untuk produksi yang sebenarnya. Bergantung pada ruang lingkup dan sifat produk, hal ini bisa sesederhana mempekerjakan insinyur tambahan dan serumit menerapkan proses rantai pasokan baru di seluruh organisasi.

Di sinilah tim manajemen produk menjadi semakin penting, karena pengadaan dapat membutuhkan kolaborasi yang luas antara vendor dan di berbagai proses. Dalam kasus pengadaan global yang kompleks dan kebutuhan manufaktur, bisnis dapat memilih untuk menggunakan perangkat lunak atau basis data yang secara khusus dibuat untuk tugas tersebut.

Penetapan biaya

Selama fase terakhir sebelum peluncuran, bisnis harus menghitung total biaya produknya selama siklus hidup produk yang telah ditentukan sebelumnya untuk memverifikasi harga eceran dan margin kotor dari inisiatif barunya. Pertimbangan rinci dari nilai bisnis, nilai pelanggan, dan nilai produk akan membantu memandu dan menyederhanakan fase penetapan biaya, karena hal ini membantu memfasilitasi estimasi laba atas investasi yang akurat.

Komersialisasi

Setelah proses desain yang panjang, saatnya untuk peluncuran produk. Sebelum peluncuran dan selama proses perencanaan, strategi pemasaran akan dikembangkan untuk memastikan target pelanggan memiliki akses ke produk baru dan saluran distribusi yang tepat telah dilibatkan.

Proses pengembangan vs strategi pengembangan: Berpikir secara holistik untuk kesuksesan jangka panjang

Pengembangan produk yang baik memprioritaskan produksi atau peluncuran yang tepat waktu dan sesuai anggaran. Pengembangan produk yang baik memprioritaskan hasil berbasis nilai selama masa pakai produk.

Sebelum mempertimbangkan cara menerapkan proses pengembangan produk, penting untuk mundur sejenak dan mengevaluasi kompetensi inti bisnis dan potensi kebutuhan jangka panjang.

  • Apa saja keunggulan dan keterampilan penting organisasi?
  • Bagaimana kompetensi tersebut bekerja sama dengan cara yang unik?
  • Kompetensi apa yang mungkin dibutuhkan di masa depan?
  • Bagaimana kompetensi tersebut selaras dengan rencana bisnis strategis jangka panjang organisasi?

Mungkin akan berguna untuk memberi peringkat pada keunggulan-keunggulan ini-misalnya, kemampuan untuk menggunakan perangkat lunak dengan cepat atau sumber strategis yang kuat-untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang posisi bisnis. Beberapa peneliti merekomendasikan untuk memplot variabel-variabel ini pada grafik sederhana sesuai dengan seberapa penting secara strategis dan seberapa kuat posisinya saat ini di perusahaan.

Saat fase awal proses pengembangan produk dimulai, organisasi harus mempertimbangkan bagaimana peta jalan produk mereka akan merespons dan mengukur tiga jenis nilai yang penting:

  • Nilai pelanggan: Metrik ini menggambarkan dampak terukur ketika pelanggan menggunakan produk, yang pada dasarnya merupakan proposisi nilai dasar. Apakah produk atau fitur yang diusulkan akan memenuhi kebutuhan yang belum terpenuhi?
  • Nilai bisnis: Ini mengukur hasil produk dalam konteks indikator kinerja utama (KPI) dan strategi bisnis yang lebih luas. Akankah produk atau fitur mendorong nilai bisnis yang spesifik dan terukur?
  • Nilai produk: Metrik ini mengevaluasi seberapa banyak produk atau layanan akan digunakan terhadap sumber daya yang diperlukan untuk membangun dan memeliharanya. Akankah manfaat produk atau fitur meningkatkan keterlibatan dan lebih besar daripada sumber daya yang dikeluarkan?

Melacak metrik ini dapat membantu organisasi membuat rencana sistematis untuk memprioritaskan produk dan fitur. Bahkan produk yang paling populer pun tidak akan berhasil dalam jangka panjang jika produk tersebut menghabiskan sumber daya atau gagal menyelaraskan dengan tujuan bisnis yang lebih luas. Ketiga indikator nilai ini sama pentingnya setelah produk dirilis seperti pada saat sesi curah pendapat awal. Menguji sebuah produk dan mengevaluasi keberhasilannya dengan cermat haruslah menjadi hasil yang berkelanjutan dan berkesinambungan, bukan langkah akhir dalam pengxembangannya.

Pengujian sebagai sebuah proses, bukan tahap akhir

Secara historis, menguji strategi pengembangan produk baru mungkin merupakan fase akhir dari sebuah proyek. Namun, dalam lanskap saat ini, para pemimpin bisnis yang cerdas melakukan iterasi untuk menyediakan pengujian berbasis nilai yang berkelanjutan selama masa pakai produk.

Fase terakhir dari strategi pengembangan produk yang sukses adalah terbuka. Hal ini melibatkan pengumpulan data secara teratur untuk menganalisis bagaimana produk mencerminkan tujuan bisnis organisasi yang lebih luas. Hal ini dapat mencakup meminta umpan balik dari pengguna melalui media sosial, melacak retensi secara internal ketika pelanggan menggunakan produk baru, atau secara berkala mengaudit produk untuk memastikan bahwa produk tersebut memberikan nilai terbaik bagi konsumen dan bisnis.

Pengembangan produk dan IBM

Para pemimpin bisnis saat ini perlu memikirkan kembali kompetensi, operasi, merancang dan mengurutkan alur kerja secara menyeluruh dengan cara yang membuka, menghubungkan, dan menggunakan data di tempat yang paling efektif.

IBM Engineering Lifecycle Management (ELM) adalah solusi rekayasa menyeluruh yang komprehensif yang berada di garis terdepan di pasar, yang secara mulus memandu Anda mulai dari persyaratan hingga desain sistem, alur kerja, dan manajemen pengujian, memperluas fungsionalitas alat bantu ALM untuk pengembangan sistem yang lebih baik dan kompleks. Dengan mengadopsi pandangan menyeluruh di seluruh siklus hidup produk, memungkinkan fondasi digital untuk penelusuran data, Anda dapat lebih mudah melacak perubahan untuk meminimalkan risiko dan mengurangi biaya.

Disadur dari: ibm.com