Bagaimana Anda Menggunakan Pemikiran dan Rekayasa Sistem dalam Desain Sistem Anda?

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

08 Mei 2024, 08.11

sumber: pinterest.com

Apa yang dimaksud dengan sistem?

Sistem adalah sekumpulan komponen yang saling terkait yang bekerja sama untuk mencapai tujuan atau fungsi yang sama. Sebuah sistem dapat berbentuk fisik, seperti mobil atau komputer, atau abstrak, seperti jaringan sosial atau model bisnis. Sistem juga dapat bersarang di dalam sistem yang lebih besar, seperti subsistem atau komponen sistem. Sistem dapat memiliki sifat yang berbeda, seperti kompleksitas, kemampuan beradaptasi, keandalan, dan efisiensi, yang memengaruhi kinerja dan perilakunya.

Mengapa menggunakan pemikiran dan rekayasa sistem?

Pemikiran dan rekayasa sistem dapat membantu Anda merancang sistem yang lebih efektif, efisien, dan berkelanjutan. Dengan menggunakan pendekatan ini, Anda dapat mengidentifikasi akar penyebab masalah, hubungan antar elemen sistem, dan dampak potensial dari perubahan. Menerapkan proses yang terstruktur dan disiplin untuk mendefinisikan persyaratan sistem, merancang arsitektur sistem, menguji dan memvalidasi sistem, serta mengelola siklus hidup sistem juga bermanfaat. Selain itu, hal ini dapat membantu Anda menghindari jebakan umum dalam desain sistem seperti tidak memahami kebutuhan pemangku kepentingan, mengabaikan interaksi antar komponen, mengabaikan faktor eksternal atau kendala yang memengaruhi sistem, menciptakan konsekuensi yang tidak diinginkan atau loop umpan balik negatif, memperkenalkan kesalahan atau kerentanan dalam sistem, atau membuang-buang sumber daya.

Bagaimana cara menggunakan pemikiran dan rekayasa sistem dalam desain sistem Anda?

Untuk menggunakan pemikiran dan rekayasa sistem dalam desain sistem Anda, Anda harus mengikuti proses sistematis dan berulang yang melibatkan empat fase utama. Selama fase konseptualisasi, Anda mendefinisikan masalah atau peluang yang akan ditangani oleh sistem, mengidentifikasi pemangku kepentingan, batasan, tujuan, dan fungsi. Selain itu, Anda melakukan analisis awal terhadap konteks sistem, lingkungan, dan risiko. Fase desain melibatkan penentuan persyaratan sistem dan perancangan arsitektur sistem. Selain itu, Anda memilih komponen, teknologi, dan metode yang memenuhi persyaratan sistem. Selama implementasi, Anda membangun dan mengintegrasikan komponen serta mengujinya untuk memastikan komponen tersebut memenuhi persyaratan. Anda juga mendokumentasikan konfigurasi, operasi, dan pemeliharaan. Pada tahap evaluasi, Anda memvalidasi bahwa sistem telah memenuhi kebutuhan dan harapan pemangku kepentingan. Anda juga mengevaluasi kinerja, perilaku, hasil, memantau operasi, dan mengidentifikasi peluang untuk perbaikan atau adaptasi.

Apa saja alat dan teknik untuk pemikiran dan rekayasa sistem?

Menerapkan pemikiran dan rekayasa sistem dalam desain sistem dapat difasilitasi dengan berbagai alat dan teknik, seperti diagram sistem yang merupakan representasi grafis dari struktur, perilaku, dan interaksi sistem. Model sistem adalah representasi matematis atau komputasi dari dinamika, fungsi, dan kinerja sistem. Standar sistem adalah pedoman dan praktik terbaik untuk desain, pengembangan, dan manajemen sistem. Selain itu, metode sistem adalah pendekatan sistematis dan terstruktur untuk desain, pengembangan, dan manajemen sistem. Semua ini dapat membantu memvisualisasikan dan mengkomunikasikan desain dan logika sistem, menganalisis dan memprediksi perilaku dan hasil sistem, memastikan kualitas, konsistensi, dan kompatibilitas sistem, serta merencanakan dan melaksanakan proses dan hasil sistem.

Apa saja contoh pemikiran dan rekayasa sistem dalam praktiknya?

Pemikiran dan rekayasa sistem banyak digunakan di industri kedirgantaraan, perangkat lunak, perawatan kesehatan, transportasi, dan energi, seperti Program Eksplorasi Mars NASA. Program yang kompleks dan ambisius ini membutuhkan pemikiran dan rekayasa sistem untuk menentukan tujuan, merancang arsitektur misi, mengintegrasikan elemen-elemen misi, serta mengelola operasi dan risiko. Layanan streaming Netflix juga mengandalkan pemikiran dan rekayasa sistem untuk memahami kebutuhan dan preferensi pengguna, merancang arsitektur layanan, memilih komponen dan teknologi, serta mengoptimalkan kinerja dan keandalan. Demikian pula, respons COVID-19 WHO membutuhkan pemikiran dan rekayasa sistem untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang, merancang strategi respons, mengoordinasikan kegiatan dan sumber daya, serta mengevaluasi efektivitas dan dampak.

Inilah hal lain yang perlu dipertimbangkan

Ini adalah ruang untuk berbagi contoh, cerita, atau wawasan yang tidak sesuai dengan bagian sebelumnya. Apa lagi yang ingin Anda tambahkan?

Disadur dari: linkedin.com