Asal Mula Peta Geologi

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

22 April 2024, 14.37

Memetakan provinsi geologi global - Wikipedia

Peta geologi adalah peta yang dirancang dengan tujuan khusus untuk menunjukkan berbagai ciri geologi. Untuk menunjukkan satuan batuan atau strata geologi, warna atau simbol dapat digunakan. Bidang lapisan dan fitur struktur, seperti sesar, lipatan, dapat ditunjukkan dengan simbol strike and dip, atau tren dan terjun, yang memberikan orientasi tiga dimensi.

Peta Isopach menunjukkan variasi ketebalan satuan stratigrafi. Garis kontur stratigrafi dapat digunakan untuk menggambarkan permukaan strata tertentu yang menggambarkan tren topografi di bawah permukaan strata tersebut. Ketika lapisan terganggu, sangat retak, tercampur, atau dalam beberapa diskontinuitas, hal ini tidak selalu dapat ditunjukkan dengan tepat.

Peta geologi tertua yang masih ada adalah papirus Turin (1150 SM), yang menunjukkan lokasi simpanan batu dan emas bangunan di Mesir. Peta geologi paling awal dari era modern adalah "Peta Bagian Auvergne, atau gambar, Arus Lava tahun 1771 yang di dalamnya Prisma, Bola, Dll. Terbuat dari Basalt. Untuk digunakan dengan teori Mr. Demarest tentang kesulitan ini basal. Diukir oleh Tuan Pasumot dan Harian, Insinyur Geologi Raja." Peta ini didasarkan pada studi terperinci Nicolas Desmarest pada tahun 1768 tentang geologi dan sejarah letusan gunung berapi Auvergne dan perbandingan dengan kolom Giant's Causeway of Ireland. Dia mengidentifikasi kedua landmark tersebut sebagai ciri gunung berapi yang sudah punah. Laporan tahun 1768 dimasukkan dalam ringkasan Royal Academy of Science tahun 1771 (Prancis). Peta geologi AS pertama dibuat pada tahun 1809 oleh William Maclure. Pada tahun 1807, Maclure melakukan tugas yang dibebankan sendiri untuk melakukan survei geologi di Amerika Serikat. Dia melintasi dan memetakan hampir setiap negara bagian di Persatuan. Selama periode survei dua tahun yang ketat, dia melintasi dan melintasi kembali Pegunungan Allegheny sekitar 50 kali. Peta Maclure menunjukkan distribusi lima kelas batuan di wilayah yang sekarang hanya menjadi negara bagian timur Amerika Serikat.

Pemetaan berdasarkan negara

  • Singapura

Peta geologi Singapura yang pertama dibuat pada tahun 1974 oleh Departemen Pekerjaan Umum. Sebuah peta lokasi, delapan lembar peta yang menunjukkan topografi dan satuan geologi, serta satu lembar penampang pulau semuanya disertakan dalam buku ini. Selama tiga puluh tahun, mulai tahun 1974, sejumlah penemuan geologi baru telah dipresentasikan di berbagai konferensi teknis di seluruh pulau, namun tidak ada publikasi baru yang dibuat. Dengan kemajuan mereka di ruang bawah tanah, Badan Ilmu Pengetahuan & Teknologi Pertahanan dengan cepat mulai menerbitkan ulang Geology of Singapore, edisi kedua, pada tahun 2006. Peta geologi pulau tersebut berukuran 1:75.000, enam peta dengan topografi, direktori jalan, dan geologi berukuran 1:25.000 , lembar penampang, dan peta lokasi semuanya disertakan dalam edisi 2009. Banyaknya formasi yang ditemukan dalam literatur antara tahun 1976 dan 2009 merupakan salah satu perbedaan antara studi Geologi Singapura tahun 1976 dan versi tahun 2009. Ini terdiri dari bentangan batu kapur dan Boulder Beds of Fort Canning.

  • Inggris

Ungkapan "peta geologi" digunakan di Inggris. Sejak tahun 1835, British Geological Survey (BGS) telah memetakan sebagian besar wilayah Britania Raya dan Pulau Man. Sejak tahun 1947, Survei Geologi Irlandia Utara yang terpisah telah beroperasi, menggunakan personel BGS. Geologi dasar Inggris tercakup dalam dua peta dengan skala 1:625.000. Ada lembaran yang lebih teliti tersedia dalam skala 1:250.000, 1:50.000, dan 1:10.000. Meskipun skala lain sering kali hanya mencakup paparan di darat, skala 1:625.000 dan 1:250.000 menampilkan geologi darat dan lepas pantai (seri 1:250.000 mencakup seluruh landas kontinen Inggris).

  • Amerika

Di Amerika Serikat, topeng warna dengan simbol huruf untuk menunjukkan jenis unit geologi biasanya ditambahkan ke peta geologi yang ditumpangkan di atas peta topografi (dan terkadang di atas peta dasar lainnya). Batuan dasar terdekat ditunjukkan oleh topeng warna, meskipun tersembunyi oleh tanah atau penutup lainnya. Formasi batuan atau unit geologi tertentu ditunjukkan oleh setiap area warna (unit geologi tambahan dapat ditentukan seiring bertambahnya informasi yang diperoleh). Hal ini ditampilkan sebagai pengganti batuan dasar di wilayah yang ditutupi oleh lapisan tanah yang sangat tebal dan tidak terkonsolidasi, sedimen teras, endapan loess, atau fitur penting lainnya. Kunci peta menunjuk beberapa simbol untuk garis kontur stratigrafi, garis patahan, simbol strike dan dip, dan representasi lainnya. Peta geologi sering kali dibuat oleh masing-masing negara bagian, bukan peta topografi, yang dibuat oleh USGS bekerja sama dengan negara bagian tersebut. Beberapa negara bagian hanya memiliki sedikit sumber daya peta geologi, sedangkan negara bagian lainnya, seperti Kentucky dan Georgia, memiliki sumber daya peta geologi yang besar.

Disadur dari:

https://en.wikipedia.org