Apa yang dimaksud dengan Rekayasa Kualitas? Definisi dan Contoh

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

16 Mei 2024, 07.33

sumber: pexels.com

Rekayasa Kualitas berfokus memastikan barang dan jasa dirancang, dikembangkan, dan dibuat untuk memenuhi atau melampaui harapan dan persyaratan konsumen. Rekayasa kualitas juga menekankan pada tindakan prediktif dan preventif untuk mencegah potensi masalah dalam pengembangan produk.

Hal ini mencakup semua kegiatan yang terkait dengan analisis desain dan pengembangan barang. Insinyur kualitas juga memastikan bahwa produsen membuat barang sesuai dengan spesifikasi.

Seorang insinyur kualitas tidak hanya berfokus pada kualitas produk dan proses produksi, tetapi juga pengurangan limbah.

Insinyur kualitas merancang dan memantau kualitas proses. Mereka bekerja di berbagai industri dan memainkan peran penting dalam mengoreksi atau memperbaiki cacat.

Wikipedia memiliki definisi rekayasa kualitas sebagai berikut:

“Disiplin ilmu teknik yang berkaitan dengan prinsip-prinsip dan praktik jaminan dan kontrol kualitas produk dan layanan.”

“Dalam pengembangan perangkat lunak, ini adalah manajemen, pengembangan, operasi, dan pemeliharaan sistem TI dan arsitektur perusahaan dengan standar kualitas tinggi.”

Definisi rekayasa

Rekayasa adalah penerapan pengetahuan ilmiah, matematis, dan praktis untuk merancang, membangun, dan memelihara struktur, mesin, perangkat, sistem, dan proses.

Rekayasa kualitas vs jaminan kualitas

Jaminan kualitas adalah keseluruhan proses untuk memastikan bahwa produsen membuat barang dengan benar. Produsen membutuhkan sistem kualitas untuk mewujudkannya.

Rekayasa kualitas, di sisi lain, mendefinisikan sistem tersebut. Selain itu juga memelihara dan meningkatkannya.

Jaminan kualitas berfokus pada menjaga kualitas dalam proses produksi, sementara insinyur kualitas 'merekayasa' kualitas tersebut. Dengan kata lain, insinyur kualitas merancang sistem.

Beberapa insinyur kualitas tidak hanya merancang sistem tetapi juga memantaunya. Dengan kata lain, mereka melakukan pekerjaan rekayasa kualitas dan jaminan kualitas. Dalam industri perangkat lunak, misalnya, orang biasa menyebut mereka insinyur jaminan kualitas.

Rekayasa kualitas

Rekayasa kualitas adalah fitur umum dari layanan TI. Orang biasanya menyebut insinyur kualitas di bidang ini sebagai 'insinyur jaminan kualitas'.

Rekayasa kualitas dan 'suara pelanggan'

Di pasar yang kompetitif saat ini, perusahaan selalu mengembangkan produk baru dan lebih baik. Terkadang, mereka berhasil mendapatkan pangsa pasar, dan terkadang gagal. Dalam konteks ini, kata 'pasar' memiliki arti yang sama dengan 'pasar' dalam arti yang abstrak.

Dengan banyaknya pilihan produk yang ada di pasaran saat ini, produsen harus menyediakan produk berkualitas tinggi yang diinginkan konsumen. Mereka juga harus menyediakannya dengan harga yang kompetitif.

Perusahaan dapat memastikan bahwa mereka mempertimbangkan 'suara pelanggan' melalui penggunaan metode dan alat rekayasa kualitas yang efektif.

Rekayasa kualitas mengintegrasikan umpan balik pelanggan ke dalam manajemen siklus hidup produk, memastikan peningkatan berkelanjutan dan kepuasan pelanggan.

Mengenai suara pelanggan, Quality-One International mengatakan:

“Melalui penggunaan metode dan alat Rekayasa Kualitas yang efektif selama proses konsepsi, pengembangan, dan implementasi produk, organisasi dapat memastikan bahwa Suara Pelanggan (VOC) didengar dan diintegrasikan ke dalam desain produk, kualitas dirancang dan dibangun ke dalam produk, dan pemborosan diidentifikasi serta dihilangkan dalam proses manufaktur.”

“Alat dan teknik Rekayasa Kualitas yang diterapkan dengan benar dapat berdampak besar pada biaya dan kualitas produk, serta pada keuntungan organisasi.”

Rekayasa kualitas - istilah-istilah kunci

Berikut adalah beberapa frasa gabungan yang terkait dengan rekayasa kualitas:

Standar Rekayasa Kualitas

  • Pedoman yang mendefinisikan praktik kualitas.

  • Contoh: “ISO 9001 adalah salah satu standar rekayasa kualitas yang paling diakui secara global.”

Alat rekayasa kualitas

  • Teknik dan instrumen yang digunakan untuk peningkatan kualitas.

  • Contoh: “Diagram tulang ikan adalah alat rekayasa kualitas yang penting untuk analisis akar masalah.”

Manajemen rekayasa kualitas

  • Pengawasan sistem dan proses kualitas.

  • Contoh: “Dia dipromosikan untuk memimpin tim manajemen rekayasa kualitas.”

Praktik rekayasa kualitas

  • Metode yang ditetapkan untuk memastikan kualitas.

  • Contoh: “Penerapan praktik rekayasa kualitas yang kuat telah meminimalkan cacat pada produk kami.”

Metrik rekayasa kualitas

  • Pengukuran yang digunakan untuk menilai kualitas produk.

  • Contoh: “Kami menggunakan serangkaian metrik rekayasa kualitas untuk mengevaluasi kinerja lini produksi.”

Disadur dari: marketbusinessnews.com