Apa yang Dimaksud dengan Otomatisasi Gedung?

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

21 Mei 2024, 11.56

Contoh tata letak sistem otomasi gedung - Wikipedia

Otomatisasi gedung (BAS), juga disebut sebagai sistem manajemen gedung (BMS) atau sistem manajemen energi gedung (BEMS), adalah kontrol terpusat otomatis dari sistem HVAC (pemanas, ventilasi, dan pendingin udara), kelistrikan, penerangan, peneduh, kontrol akses gedung, sistem keamanan, dan sistem lain yang saling terkait. Otomatisasi gedung dimaksudkan untuk meningkatkan kenyamanan penghuni, sistem gedung yang lebih efisien, mengurangi konsumsi energi, mengurangi biaya pengoperasian dan pemeliharaan, dan meningkatkan keamanan.

Fungsionalitas BAS dapat menjaga iklim bangunan dalam kisaran tertentu, memberikan penerangan ke ruangan berdasarkan hunian, memantau kinerja dan kegagalan perangkat, dan memberikan alarm malfungsi kepada staf pemeliharaan gedung. BAS berfungsi untuk mengurangi energi bangunan dan biaya pemeliharaan dibandingkan dengan bangunan yang tidak terkontrol. Sebagian besar bangunan komersial, institusi, dan industri yang dibangun setelah tahun 2000 dilengkapi dengan BAS, sementara bangunan lama dapat dilengkapi dengan BAS baru.

Sebuah bangunan yang dikendalikan oleh BAS sering disebut sebagai bangunan cerdas, "bangunan pintar", atau (jika merupakan tempat tinggal) "rumah pintar". Bangunan komersial dan industri secara historis mengandalkan protokol yang terbukti kuat (seperti BACnet) sementara protokol berpemilik (seperti X-10) digunakan di rumah.

Hampir semua bangunan hijau bertingkat dirancang untuk mengakomodasi BAS untuk karakteristik konservasi energi, udara dan air. Respons permintaan perangkat listrik adalah fungsi khas BAS, seperti halnya ventilasi yang lebih canggih dan pemantauan kelembapan yang diperlukan pada bangunan berinsulasi "ketat". Sebagian besar bangunan ramah lingkungan juga menggunakan sebanyak mungkin perangkat DC berdaya rendah. Bahkan desain passivhaus yang dimaksudkan untuk tidak mengonsumsi energi bersih apa pun biasanya memerlukan BAS untuk mengelola penangkapan panas, peneduh dan ventilasi, serta menjadwalkan penggunaan perangkat.

Mayoritas proyek besar dengan sistem mekanis, HVAC, dan kelistrikan yang kompleks menggunakan sistem manajemen gedung. 40% konsumsi energi gedung biasanya disebabkan oleh sistem yang terhubung ke BMS; ketika pencahayaan diperhitungkan, persentase ini meningkat menjadi 70%. Bagian penting dari pengendalian penggunaan energi adalah sistem PASI. 20% penggunaan energi gedung, atau sekitar 8% dari seluruh penggunaan energi di AS, diperkirakan disebabkan oleh sistem PASI yang tidak diatur dengan benar.

Sistem BMS terkadang dihubungkan ke sistem keamanan tambahan seperti televisi sirkuit tertutup (CCTV) dan detektor gerakan, atau ke kontrol akses (pintu putar dan pintu akses yang mengatur siapa yang diizinkan masuk dan keluar ke dalam gedung), selain mengatur suasana interior dari fasilitas tersebut. Lift dan sistem alarm kebakaran terkadang dihubungkan ke BMS untuk pemantauan. Hanya panel alarm kebakaran yang mempunyai wewenang untuk mengaktifkan kipas evakuasi asap, mematikan pengatur udara, mengunci peredam sistem ventilasi untuk menghentikan penyebaran asap, dan memindahkan semua elevator ke tingkat paling bawah dan memarkirnya untuk mencegah orang menggunakannya jika terjadi kebakaran. api.

Untuk melindungi bangunan dari gempa bumi, sistem manajemen bangunan juga menyertakan fitur tanggap bencana (seperti isolasi dasar). Baru-baru ini, dunia usaha dan pemerintah berupaya memberikan solusi serupa bagi masyarakat pesisir yang rentan terhadap banjir dan kenaikan permukaan laut. Lingkungan terapung yang dapat menyesuaikan diri ini didasarkan pada teknologi yang sekarang digunakan, seperti Mega-Float Jepang dan SR 520 Washington, yang mengapung di landasan pacu dan jembatan beton.

Disadur dari:

https://en.wikipedia.org