Apa yang Dimaksud dengan Otomatisasi Gedung?

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

13 Februari 2024, 11.58

Otomatisasi gedung (BAS), juga disebut sebagai sistem manajemen gedung (BMS) atau sistem manajemen energi gedung (BEMS), adalah kontrol terpusat otomatis dari sistem HVAC (pemanas, ventilasi, dan pendingin udara), kelistrikan, penerangan, peneduh, kontrol akses gedung, sistem keamanan, dan sistem lain yang saling terkait. Otomatisasi gedung dimaksudkan untuk meningkatkan kenyamanan penghuni, sistem gedung yang lebih efisien, mengurangi konsumsi energi, mengurangi biaya pengoperasian dan pemeliharaan, dan meningkatkan keamanan.

Fungsionalitas BAS dapat menjaga iklim bangunan dalam kisaran tertentu, memberikan penerangan ke ruangan berdasarkan hunian, memantau kinerja dan kegagalan perangkat, dan memberikan alarm malfungsi kepada staf pemeliharaan gedung. BAS berfungsi untuk mengurangi energi bangunan dan biaya pemeliharaan dibandingkan dengan bangunan yang tidak terkontrol. Sebagian besar bangunan komersial, institusi, dan industri yang dibangun setelah tahun 2000 dilengkapi dengan BAS, sementara bangunan lama dapat dilengkapi dengan BAS baru.

Sebuah bangunan yang dikendalikan oleh BAS sering disebut sebagai bangunan cerdas, "bangunan pintar", atau (jika merupakan tempat tinggal) "rumah pintar". Bangunan komersial dan industri secara historis mengandalkan protokol yang terbukti kuat (seperti BACnet) sementara protokol berpemilik (seperti X-10) digunakan di rumah.

Hampir semua bangunan hijau bertingkat dirancang untuk mengakomodasi BAS untuk karakteristik konservasi energi, udara dan air. Respons permintaan perangkat listrik adalah fungsi khas BAS, seperti halnya ventilasi yang lebih canggih dan pemantauan kelembapan yang diperlukan pada bangunan berinsulasi "ketat". Sebagian besar bangunan ramah lingkungan juga menggunakan sebanyak mungkin perangkat DC berdaya rendah. Bahkan desain passivhaus yang dimaksudkan untuk tidak mengonsumsi energi bersih apa pun biasanya memerlukan BAS untuk mengelola penangkapan panas, peneduh dan ventilasi, serta menjadwalkan penggunaan perangkat.

Disadur dari: https://en.wikipedia.org/wiki/Intelligent_building