Apa yang dimaksud dengan Manajemen Inventaris? Manfaat, Jenis, dan Teknik

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

06 Mei 2024, 08.47

sumber: pinterest.com

Dalam artikel ini, pelajari tentang manajemen inventaris dan disiplin ilmu terkait dari para ahli inventaris. Di bagian akhir, Anda akan menemukan daftar pertanyaan umum tentang inventaris.

Apa Itu manajemen inventaris?

Manajemen inventaris membantu perusahaan mengidentifikasi stok mana dan berapa banyak yang harus dipesan pada waktu tertentu. Ini melacak inventaris dari pembelian hingga penjualan barang. Praktik ini mengidentifikasi dan merespons tren untuk memastikan selalu ada stok yang cukup untuk memenuhi pesanan pelanggan dan peringatan yang tepat jika terjadi kekurangan.

Setelah terjual, persediaan menjadi pendapatan. Sebelum terjual, persediaan (meskipun dilaporkan sebagai aset di neraca) mengikat kas. Oleh karena itu, terlalu banyak persediaan membutuhkan biaya dan mengurangi arus kas.

Salah satu pengukuran manajemen persediaan yang baik adalah perputaran persediaan. Sebuah pengukuran akuntansi, perputaran persediaan mencerminkan seberapa sering stok terjual dalam suatu periode. Sebuah bisnis tidak ingin memiliki lebih banyak stok daripada penjualan. Perputaran persediaan yang buruk dapat menyebabkan deadstock, atau stok yang tidak terjual.

Mengapa manajemen persediaan penting?

Manajemen inventaris sangat penting bagi kesehatan perusahaan karena membantu memastikan bahwa stok yang tersedia tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit, membatasi risiko kehabisan stok dan catatan yang tidak akurat.

Perusahaan publik harus melacak inventaris sebagai persyaratan untuk mematuhi peraturan Securities and Exchange Commission (SEC) dan Sarbanes-Oxley (SOX) Act. Perusahaan harus mendokumentasikan proses manajemen mereka untuk membuktikan kepatuhan.

Manfaat manajemen persediaan

Dua manfaat utama dari manajemen inventaris adalah memastikan Anda dapat memenuhi pesanan yang masuk atau pesanan yang terbuka dan meningkatkan keuntungan. Manajemen inventaris juga:

  • Menghemat Uang:

Memahami tren stok berarti Anda dapat melihat seberapa banyak dan di mana Anda memiliki stok barang sehingga Anda dapat menggunakan stok yang Anda miliki dengan lebih baik. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk menyimpan lebih sedikit stok di setiap lokasi (toko, gudang), karena Anda dapat mengambil dari mana saja untuk memenuhi pesanan - semua ini mengurangi biaya yang terkait dengan inventaris dan mengurangi jumlah stok yang tidak terjual sebelum usang.

  • Meningkatkan Arus Kas:

Dengan manajemen inventaris yang tepat, Anda membelanjakan uang untuk inventaris yang terjual, sehingga uang tunai selalu mengalir ke dalam bisnis.

  • Memuaskan Pelanggan:

Salah satu elemen dalam mengembangkan pelanggan setia adalah memastikan mereka menerima barang yang mereka inginkan tanpa harus menunggu.

Tantangan manajemen inventaris

Tantangan utama manajemen inventaris adalah memiliki terlalu banyak inventaris dan tidak dapat menjualnya, tidak memiliki cukup inventaris untuk memenuhi pesanan, dan tidak memahami barang apa yang Anda miliki dalam inventaris dan di mana lokasinya. Hambatan lainnya termasuk:

  • Mendapatkan rincian stok yang akurat:

Jika Anda tidak memiliki rincian stok yang akurat, tidak ada cara untuk mengetahui kapan harus mengisi ulang stok atau stok mana yang bergerak dengan baik.

  • Proses yang buruk:

Proses yang usang atau manual dapat membuat pekerjaan menjadi rentan terhadap kesalahan dan memperlambat operasi.

  • Perubahan permintaan pelanggan:

Selera dan kebutuhan pelanggan berubah secara konstan. Jika sistem Anda tidak dapat melacak tren, bagaimana Anda bisa tahu kapan preferensi mereka berubah dan mengapa?

  • Menggunakan ruang gudang dengan baik:

Staf membuang-buang waktu jika produk tertentu sulit ditemukan. Menguasai manajemen inventaris dapat membantu menghilangkan tantangan ini.

Apa Itu persediaan?

Persediaan adalah bahan mentah, komponen, dan barang jadi yang dijual atau digunakan perusahaan dalam produksi. Akuntansi menganggap persediaan sebagai aset. Akuntan menggunakan informasi tentang tingkat persediaan untuk mencatat penilaian yang benar di neraca.

Persediaan vs stok

Persediaan sering disebut stok dalam bisnis ritel: Manajer sering menggunakan istilah “stok yang tersedia” untuk merujuk pada produk seperti pakaian dan peralatan rumah tangga. Di seluruh industri, “persediaan” lebih luas mengacu pada barang penjualan yang disimpan dan bahan baku serta suku cadang yang digunakan dalam produksi.

Beberapa orang juga mengatakan bahwa kata “stok” lebih umum digunakan di Inggris untuk merujuk pada persediaan. Meskipun ada perbedaan di antara keduanya, istilah persediaan dan stok sering kali dapat dipertukarkan.

Apa aja jenis persediaan yang berbeda?

Ada 12 jenis persediaan yang berbeda: bahan baku, barang dalam proses (WIP), barang jadi, persediaan pemisah, persediaan pengaman, bahan pengemas, persediaan siklus, persediaan layanan, transit, teoritis, kelebihan dan pemeliharaan, perbaikan dan operasi (MRO). Beberapa orang tidak mengenali MRO sebagai jenis persediaan.

Pelajari lebih lanjut tentang "Apa Itu Manajemen Persediaan?".

Proses manajemen persediaan

Jika Anda memproduksi berdasarkan permintaan, proses manajemen inventaris dimulai ketika perusahaan menerima pesanan pelanggan dan berlanjut hingga pesanan dikirimkan. Jika tidak, prosesnya dimulai saat Anda memperkirakan permintaan Anda dan kemudian melakukan pemesanan untuk bahan baku atau komponen yang diperlukan. Bagian lain dari proses ini termasuk menganalisis tren penjualan dan mengatur penyimpanan produk di gudang.

Cara kerja manajemen Inventaris

Tujuan dari manajemen inventaris adalah untuk memahami tingkat stok dan lokasi stok di gudang. Perangkat lunak manajemen inventaris melacak aliran produk dari pemasok melalui proses produksi ke pelanggan. Di gudang, manajemen inventaris melacak penerimaan stok, pengambilan, pengemasan, dan pengiriman.

Teknik dan istilah manajemen inventaris

Beberapa teknik manajemen inventaris menggunakan rumus dan analisis untuk merencanakan stok. Yang lainnya mengandalkan prosedur. Semua metode bertujuan untuk meningkatkan akurasi. Teknik yang digunakan perusahaan tergantung pada kebutuhan dan stoknya.

Cari tahu teknik mana yang paling cocok untuk bisnis Anda dengan membaca panduan teknik manajemen inventaris. Berikut ringkasannya:

  • Analisis ABC:

Metode ini bekerja dengan mengidentifikasi jenis stok yang paling banyak dan paling sedikit.

  • Pelacakan batch:
  • Metode ini mengelompokkan barang yang serupa untuk melacak tanggal kedaluwarsa dan melacak barang yang rusak.

  • Pengiriman massal:

Metode ini mempertimbangkan bahan yang belum dikemas yang dimuat oleh pemasok langsung ke kapal atau truk. Metode ini melibatkan pembelian, penyimpanan, dan pengiriman inventaris dalam jumlah besar.

  • Konsinyasi:

Saat mempraktikkan manajemen inventaris konsinyasi, bisnis Anda tidak akan membayar pemasok sampai produk tertentu terjual. Pemasok tersebut juga tetap memiliki kepemilikan inventaris sampai perusahaan Anda menjualnya.

  • Cross-docking:

Dengan menggunakan metode ini, Anda akan menurunkan barang langsung dari truk pemasok ke truk pengiriman. Pergudangan pada dasarnya dihilangkan.

  • Peramalan permintaan:

Bentuk analisis prediktif ini membantu memprediksi permintaan pelanggan.

  • Dropshipping:

Dalam praktik dropshipping, pemasok mengirimkan barang langsung dari gudangnya ke pelanggan.

  • Kuantitas pesananekonomi (economic order quantity/EOQ):
  • Rumus ini menunjukkan dengan tepat berapa banyak persediaan yang harus dipesan oleh perusahaan untuk mengurangi penyimpanan dan biaya lainnya.
  • FIFO dan LIFO:

Masuk pertama, keluar pertama (FIFO) berarti Anda memindahkan stok tertua terlebih dahulu. Masuk terakhir, keluar pertama (LIFO) menganggap bahwa harga selalu naik, sehingga persediaan yang paling baru dibeli adalah yang paling mahal dan dengan demikian dijual terlebih dahulu.

  • Persediaan Tepat waktu (just-in-time inventory/JIT):
  • Perusahaan menggunakan metode ini dalam upaya mempertahankan tingkat stok serendah mungkin sebelum pengisian ulang.
  • Manufaktur ramping (lean manufacturing):

Metodologi ini berfokus pada menghilangkan pemborosan atau barang apa pun yang tidak memberikan nilai kepada pelanggan dari sistem manufaktur.

  • Perencanaan kebutuhan material (MRP):

Sistem ini menangani perencanaan, penjadwalan, dan kontrol inventaris untuk manufaktur.

  • Kuantitas pesanan minimum:

Perusahaan yang mengandalkan jumlah pesanan minimum akan memesan jumlah minimum persediaan dari grosir dalam setiap pesanan untuk menjaga biaya tetap rendah.

  • Rumus titik pemesanan ulang:

Bisnis menggunakan rumus ini untuk menemukan jumlah minimum stok yang harus mereka miliki sebelum memesan ulang, kemudian mengelola inventaris mereka dengan tepat.

  • Manajemen persediaan perpetual (perpetual inventory management):

Teknik ini memerlukan pencatatan penjualan dan penggunaan stok secara real-time. Baca “Panduan Pasti untuk Persediaan Perpetual” untuk mempelajari lebih lanjut tentang praktik ini.

  • Persediaan pengaman (safety stock):

Etos manajemen inventaris yang memprioritaskan stok pengaman akan memastikan selalu ada stok ekstra yang disisihkan jika perusahaan tidak dapat mengisi kembali barang-barang tersebut.

  • Six sigma

Ini adalah metode berbasis data untuk menghilangkan pemborosan dari bisnis yang berkaitan dengan inventaris.

  • Lean six sigma:

Metode ini menggabungkan manajemen ramping dan praktik Six Sigma untuk menghilangkan pemborosan dan meningkatkan efisiensi.

Panduan lengkap anda untuk peramalan persediaan

Memprediksi dengan TEPAT produk mana yang akan menghasilkan perpaduan optimal antara margin keuntungan dan volume penjualan. Dalam panduan gratis ini, Anda akan menemukan 9 KPI penting untuk dilacak dan 8 langkah untuk memprediksi berapa banyak stok yang Anda butuhkan untuk memenuhi permintaan TANPA menumpuknya inventaris usang. Unduh panduan gratis Anda untuk perkiraan inventaris sekarang!

Penghitungan persediaan vs penghitungan siklus

“Mengambil inventaris” adalah proses menghitung semua stok secara fisik, biasanya setahun sekali. Penghitungan siklus adalah praktik menghitung serangkaian stok yang dipilih lebih sering. Penghitungan siklus berfungsi sebagai sarana pemeriksaan dan keseimbangan yang penting untuk memastikan jumlah inventaris yang terwakili dalam sistem manajemen inventaris sesuai dengan yang ada di rak.

Praktik terbaik penghitungan siklus adalah menghitung SKU tertentu secara teratur dan mengintegrasikannya ke dalam tugas harian staf gudang. Perusahaan dapat menentukan standar yang berbeda untuk berbagai jenis inventaris, seperti melakukan penghitungan siklus untuk SKU yang paling banyak terjual atau barang bernilai tinggi.

Perencanaan permintaan dan manajemen inventaris

Perencanaan permintaan adalah bagian penting dari manajemen inventaris yang sukses. Ini adalah proses menentukan berapa banyak setiap item yang Anda perkirakan akan terjual, dan kapan. Setelah permintaan ditentukan, manajemen inventaris mengikuti aliran barang dari pemasok hingga produksi dan pada akhirnya memenuhi pesanan pelanggan.

Cari tahu lebih lanjut tentang bagaimana perencanaan permintaan dan manajemen inventaris bekerja sama dalam “Panduan Penting untuk Perencanaan Inventaris.”

Rumus manajemen persediaan

Memahami rumus manajemen inventaris sangat penting untuk mengoptimalkan tingkat stok. Beberapa ahli inventaris dan akuntansi telah memeriksa rumus untuk mempermudah penghitungan inventaris.

KPI manajemen persediaan

Manajemen inventaris yang efektif memainkan peran penting di seluruh rantai pasokan. Ada banyak indikator kinerja utama untuk mengukur keberhasilan manajemen inventaris di seluruh organisasi yang berbeda dalam bisnis. Memahami perhitungan mana yang memberikan wawasan paling banyak ke dalam proses bisnis Anda adalah penting. Untuk mempelajari lebih lanjut, lihat KPI manajemen inventaris.

Apa perbedaan manajemen inventaris dengan proses lainnya?

Orang terkadang bingung antara manajemen inventaris dengan praktik terkait. Manajemen inventaris mengontrol semua stok di dalam perusahaan. Manajemen rantai pasokan mengelola proses dari pemasok hingga pengiriman produk ke pelanggan. Manajemen gudang adalah bagian dari pengendalian inventaris dan berfokus pada stok di lokasi tertentu.

Manajemen persediaan vs kontrol persediaan

Kontrol inventaris adalah bagian dari proses manajemen inventaris secara keseluruhan. Kontrol inventaris mengelola pergerakan barang di dalam gudang.

Manajemen inventaris vs optimalisasi inventaris

Optimalisasi inventaris adalah proses menggunakan inventaris dengan cara yang paling efisien, dan sebagai hasilnya meminimalkan biaya yang dihabiskan untuk stok dan menyimpan barang-barang tersebut.

Anda juga dapat berpikir tentang pengoptimalan inventaris sebagai melihat inventaris di semua lokasi dan saluran penjualan, dapat menggunakan semua itu untuk memenuhi pesanan pelanggan - dengan demikian, Anda dapat menyimpan lebih sedikit stok secara keseluruhan.

Manajemen inventaris vs manajemen pesanan

Manajemen inventaris bertanggung jawab untuk memesan dan melacak stok saat tiba di gudang. Manajemen pesanan adalah proses menerima dan melacak pesanan pelanggan. Perangkat lunak sering kali menggabungkan kedua tugas tersebut.

Manajemen inventaris memainkan peran penting dalam manajemen pesanan. Ketika pesanan diterima, inventaris dapat dialokasikan untuk pesanan tertentu, dan kemudian statusnya dapat diubah dalam catatan inventaris untuk pada dasarnya menempatkannya “ditahan” untuk pesanan itu. Selanjutnya, ketika sistem manajemen pesanan dan sistem inventaris terintegrasi, sistem inventaris dapat merekomendasikan lokasi mana yang harus memenuhi pesanan, berdasarkan di mana semua item dalam pesanan tersedia - ini menghilangkan beberapa pengiriman untuk satu pesanan.

Manajemen inventaris vs manajemen rantai pasokan

Manajemen rantai pasokan adalah proses mengelola hubungan pasokan di luar perusahaan dan aliran stok ke dalam dan melalui perusahaan. Manajemen inventaris dapat berfokus pada tren dan pesanan untuk perusahaan atau bagian dari perusahaan.

Manajemen inventaris sangat penting untuk rantai pasokan yang berjalan dengan baik. Manajemen inventaris mengikuti aliran barang ke, melalui, dan keluar dari gudang. Rantai pasokan mencakup perencanaan permintaan, pengadaan, produksi, kualitas, pemenuhan, pergudangan, dan layanan pelanggan - yang semuanya membutuhkan visibilitas inventaris.

Manajemen inventaris vs manajemen gudang

Manajemen gudang melengkapi manajemen inventaris. Manajemen gudang mengatur stok di gudang. Manajemen inventaris mengelola stok dan tren untuk banyak gudang atau seluruh perusahaan.

Kunci untuk merampingkan operasi gudang Anda adalah fasilitas yang ditata dengan cermat dan terorganisir dengan baik. Ketika setiap produk memiliki tempat khusus di gudang, hal ini mencegah staf bergerak secara tidak efisien dan memaksimalkan efisiensi tenaga kerja. Namun, proses ini hanya sebaik catatan inventaris yang mendorongnya.

Manajemen inventaris vs logistik

Logistik adalah praktik mengendalikan proses di gudang dan dalam sistem pengisian dan pengiriman. Manajemen inventaris menjaga tingkat stok dan mengelola lokasi stok.

Manajemen inventaris adalah bagian penting dari bagaimana perusahaan memanipulasi logistik mereka. Hubungan antara manajemen inventaris dan logistik saling bergantung. Logistik membutuhkan manajemen inventaris untuk menjalankan aktivitasnya. Sistem logistik yang baik akan meningkatkan aktivitas gudang dan operasional.

Manajemen inventaris vs ERP

Sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) adalah perangkat lunak yang mengelola aktivitas bisnis seperti akuntansi, pembelian, kepatuhan, dan operasi rantai pasokan. Sebaliknya, manajemen inventaris adalah bagian dari sistem ERP modern, yang memberikan wawasan tentang tingkat stok, inventaris dalam perjalanan, dan status inventaris saat ini - hal ini membuatnya terlihat di seluruh organisasi secara real time.

Manajemen inventaris membantu merencanakan pesanan pengisian ulang perusahaan dengan tepat. Sistem ERP memberikan data inventaris yang akurat kepada perusahaan, sehingga mereka memiliki informasi terkini untuk rencana manajemen inventaris mereka. Sistem ERP mengoptimalkan data sehingga manajemen inventaris berhasil.

Manajemen inventaris ritel

Inventaris ritel adalah persediaan produk yang Anda jual ke konsumen. Gunakan sistem untuk menetapkan harga yang menguntungkan dan memastikan Anda memiliki jumlah stok yang tepat untuk memenuhi permintaan.

Manajemen inventaris manufaktur

Manajemen inventaris manufaktur adalah praktik menyimpan stok yang cukup sehingga lini produksi dapat memenuhi pesanan. Proses ini membantu manajer melihat tingkat stok secara sekilas dan melacak bahan mentah, suku cadang, barang dalam proses, dan barang jadi.

Apa Itu manajemen inventaris multi-lokasi?

Manajemen inventaris multi-lokasi adalah proses mengelola stok di berbagai lokasi, gudang, dan toko ritel atau di berbagai saluran penjualan. Dengan manajemen multi-lokasi, Anda dapat memantau tingkat stok di semua lokasi dan mengoptimalkan inventaris Anda untuk memenuhi pesanan.

Apa yang dimaksud dengan sistem manajemen inventaris?

Sistem manajemen inventaris menggabungkan berbagai paket perangkat lunak untuk melacak tingkat stok dan pergerakan stok. Solusi ini dapat diintegrasikan dengan sistem penjualan multisaluran atau sistem pengiriman.

Sistem manajemen inventaris mengoptimalkan tingkat inventaris dan memastikan ketersediaan produk di berbagai saluran. Sistem ini menyediakan satu tampilan tunggal dan real-time untuk barang, inventaris, dan pesanan di semua lokasi dan saluran penjualan. Hal ini memungkinkan bisnis untuk membawa lebih sedikit inventaris dan membebaskan uang tunai untuk digunakan di bagian lain dari bisnis. Sistem manajemen inventaris membantu menjaga biaya inventaris tetap rendah sekaligus memenuhi ekspektasi pelanggan.

Bagaimana cara memilih sistem manajemen inventaris?

Memilih sistem manajemen inventaris adalah masalah mengidentifikasi fitur-fitur yang dibutuhkan bisnis Anda. Apakah Anda perlu melacak pergerakan stok dan lokasi di dalam gudang, atau merencanakan inventaris dan melacak tren, atau keduanya?

Sudah tahu apa yang Anda butuhkan?

Pertanyaan Umum Manajemen Inventaris

Ada banyak pertanyaan dalam topik yang luas dan rumit seperti manajemen inventaris. Berikut adalah jawaban untuk beberapa pertanyaan:

Apa tujuan manajemen inventaris?

Salah satu tujuan manajemen inventaris adalah menyimpan stok yang cukup untuk memuaskan pelanggan. Tujuan lainnya adalah berinvestasi sesedikit mungkin dalam stok sambil tetap mendapatkan keuntungan maksimal.

Mengapa manajemen persediaan penting dalam rantai pasokan

Manajemen persediaan sangat penting dalam rantai pasokan karena perusahaan harus menyeimbangkan permintaan pelanggan dengan ruang penyimpanan dan keterbatasan uang tunai. Manajemen inventaris memberikan visibilitas ke dalam rantai pasokan (pengadaan, produksi, pemenuhan, dll.) sehingga manajer dapat mengoordinasikan waktu tunggu pengiriman dengan jadwal produksi.

Bagaimana manajemen persediaan dapat ditingkatkan?

Menyimpan catatan akuntansi yang akurat dan melakukan penghitungan stok fisik secara teratur dapat meningkatkan upaya manajemen inventaris Anda. Sistem yang menyediakan visibilitas real-time ke dalam inventaris dapat membantu para pemangku kepentingan untuk membuat keputusan bisnis yang penting. Anda juga harus mengetahui kondisi stok, terutama jika Anda berurusan dengan barang yang mudah rusak.

Bagaimana manajemen persediaan mempengaruhi kodal kerja

Barang yang ada di gudang mengikat modal kerja hingga barang tersebut terjual. Membuat rantai pasokan lebih efisien membuat Anda tidak perlu menyimpan terlalu banyak stok. Meningkatkan proses manajemen inventaris membantu Anda mencegah kesalahan penyimpanan, pengambilan, dan pengiriman yang mengurangi penjualan.

Apa yang dimaksud dengan kebijakan manajemen inventaris?

Kebijakan manajemen inventaris adalah rencana tentang cara menggunakan inventaris untuk membuat pelanggan senang dan mengurangi biaya. Kebijakan menguraikan hal-hal seperti metode manajemen stok yang digunakan perusahaan.

Apa saja jenis sistem manajemen persediaan?

Ada beberapa jenis sistem manajemen inventaris yang digunakan bisnis tergantung pada bagaimana mereka beroperasi. Tiga contohnya adalah inventaris manual, inventaris periodik, dan inventaris abadi. Metode manual adalah metode yang paling tidak canggih dan paling tidak akurat, dan sistem perpetual adalah sistem yang paling canggih dan paling akurat.

Sistem Persediaan Manual: Sistem ini melibatkan penghitungan barang secara fisik dan mencatatnya di atas kertas atau dalam spreadsheet. Bisnis kecil dapat menggunakan sistem manual.

Sistem Persediaan Berkala: Sistem inventaris periodik mencakup penghitungan manual dan periodik. Penghitungan periodik mencatat detail barang saat barang masuk dan keluar dari stok. Barcode menyederhanakan penghitungan stok. Basis data berisi catatan tingkat dan lokasi stok.

Sistem Persediaan Perpetual: Sistem inventaris abadi menyediakan data stok secara real-time, karena sistem ini mengandalkan tag identifikasi frekuensi radio (RFID) aktif yang selalu aktif dan mengirimkan informasi terbaru tentang pergerakan barang. Sementara itu, tag RFID pasif menggunakan pemindai untuk mengirim informasi stok ke database.

Apa yang dimaksud dengan tingkat layanan dalam manajemen inventaris?

Tingkat layanan untuk manajemen inventaris adalah seberapa besar perusahaan percaya bahwa mereka dapat berhasil menyimpan stok tertentu, dengan kata lain, ini adalah probabilitas perusahaan untuk menghindari kehabisan stok dan mendukung penjualan.

Bagaimana ERP membantu dalam manajemen inventaris?

Perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) sangat membantu dalam manajemen inventaris karena melacak dan memberikan wawasan tentang operasi rantai pasokan, akuntansi dan pembelian, mengkonsolidasikan informasi dan membuatnya terlihat di satu tempat.

Apa yang dimaksud dengan manajemen inventaris yang buruk?

Manajemen inventaris yang buruk adalah ketidakseimbangan antara menyimpan terlalu banyak dan terlalu sedikit stok. Definisi keseimbangan yang sempurna dapat berubah seiring dengan perubahan permintaan: Penjualan berubah ketika tren atau musim berubah. Manajemen stok yang buruk akan meningkatkan biaya dan dengan demikian mengurangi keuntungan.

Disadur dari: netsuite.com