Apa yang Dimaksud dengan Kognisi?

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

22 April 2024, 17.24

Model kognitif, seperti yang diilustrasikan oleh Robert Fludd (1619) - Wikipedia

Kognisi adalah "tindakan mental atau proses memperoleh pengetahuan dan pemahaman melalui pemikiran, pengalaman, dan indra". Ini mencakup semua aspek fungsi dan proses intelektual seperti: persepsi, perhatian, pemikiran, imajinasi, kecerdasan, pembentukan pengetahuan, memori dan memori kerja, penilaian dan evaluasi, penalaran dan komputasi, pemecahan masalah dan pengambilan keputusan, pemahaman dan produksi bahasa. Proses kognitif menggunakan pengetahuan yang ada dan menemukan pengetahuan baru.

Proses kognitif dianalisis dari perspektif berbeda dalam konteks berbeda, terutama di bidang linguistik, musikologi, anestesi, ilmu saraf, psikiatri, psikologi, pendidikan, filsafat, antropologi, biologi, sistematika, logika, dan ilmu komputer. Pendekatan ini dan pendekatan lain terhadap analisis kognisi (seperti kognisi yang diwujudkan) disintesis dalam bidang ilmu kognitif yang sedang berkembang, suatu disiplin akademis yang semakin otonom.

Meskipun kata kognitif sendiri sudah ada sejak abad ke-15, perhatian terhadap proses kognitif sudah muncul lebih dari delapan belas abad sebelumnya, dimulai sejak Aristoteles (384–322 SM) dan ketertarikannya pada cara kerja batin serta pengaruhnya terhadap proses kognitif. pengalaman manusia. Aristoteles berfokus pada bidang kognitif yang berkaitan dengan memori, persepsi, dan gambaran mental. Dia sangat mementingkan memastikan bahwa studinya didasarkan pada bukti empiris, yaitu informasi ilmiah yang dikumpulkan melalui observasi dan eksperimen yang cermat. Dua milenium kemudian, dasar bagi konsep kognisi modern diletakkan pada masa Pencerahan oleh para pemikir seperti John Locke dan Dugald Stewart yang berupaya mengembangkan model pikiran di mana ide-ide diperoleh, diingat, dan dimanipulasi. Pada awal abad kesembilan belas model kognitif dikembangkan baik dalam filsafat—khususnya oleh para penulis yang menulis tentang filsafat pikiran—dan dalam bidang kedokteran, terutama oleh para dokter yang berupaya memahami cara menyembuhkan kegilaan. Di Inggris, model ini dipelajari di akademi oleh para sarjana seperti James Sully di University College London, dan bahkan digunakan oleh politisi ketika mempertimbangkan Undang-Undang Pendidikan Dasar nasional tahun 1870. Ketika psikologi muncul sebagai bidang studi yang berkembang di Eropa, dan juga mendapatkan pengikut di Amerika, ilmuwan seperti Wilhelm Wundt, Herman Ebbinghaus, Mary Whiton Calkins, dan William James akan menawarkan kontribusi mereka dalam studi kognisi manusia.

Studi awal

Aristoteles (384–322 SM) berjasa membawa perhatian pada proses kognitif lebih dari delapan belas abad sebelum kata "kognitif" diciptakan. Aristoteles tertarik pada cara kerja pikiran dan bagaimana pengaruhnya terhadap pengalaman manusia. Aristoteles berkonsentrasi pada aspek kognisi termasuk persepsi, gambaran mental, dan memori. Ia sangat berhati-hati untuk memastikan bahwa data ilmiah yang ia gunakan untuk penyelidikannya berasal dari pengujian dan observasi yang cermat, atau bukti empiris. Landasan teori kognisi kontemporer didirikan dua milenium kemudian oleh filsuf seperti John Locke dan Dugald Stewart, yang bertujuan untuk menciptakan model pikiran yang mencakup proses perolehan ide, memori, dan manipulasi.

Pada awal tahun 1700-an, model kognitif dikembangkan di bidang filsafat (terutama oleh para penulis filsafat pikiran) dan kedokteran (terutama oleh para dokter yang mencoba mencari cara untuk mengobati kegilaan). Di Inggris, akademisi seperti James Sully di University College London meneliti metode ini di akademi, dan para legislator bahkan mempertimbangkannya ketika merancang Undang-Undang Pendidikan Dasar tahun 1870 (33 & 34 Vict. c. 75). Ilmuwan termasuk Wilhelm Wundt, Herman Ebbinghaus, Mary Whiton Calkins, dan William James akan berkontribusi pada studi kognisi manusia karena psikologi menjadi subjek studi yang populer di Eropa dan Amerika.

Psikologi

Istilah "kognisi" biasanya digunakan dalam psikologi untuk merujuk pada perspektif pemrosesan informasi mengenai fungsi psikologis seseorang; rekayasa kognitif mengikutinya. Ungkapan “kognisi sosial” digunakan untuk menggambarkan sikap, atribusi, dan dinamika kelompok dalam bidang psikologi sosial. Namun pendekatan yang diwujudkan untuk memahami kognisi juga telah diusulkan oleh penelitian psikologi di bidang ilmu kognitif. Berbeda dengan perspektif komputasional konvensional, kognisi yang diwujudkan menyoroti keterlibatan penting tubuh dalam pengembangan dan pembelajaran kapasitas kognitif.

Kognisi manusia bersifat konseptual dan intuitif, konkret atau abstrak, sadar dan tidak sadar, dan intuitif (seperti pemahaman bahasa). Memori, asosiasi, pengembangan konsep, pengenalan pola, bahasa, perhatian, persepsi, tindakan, pemecahan masalah, dan gambaran mental hanyalah beberapa fungsi yang dimilikinya. Meskipun emosi sebelumnya tidak dianggap sebagai proses kognitif, saat ini banyak penelitian yang dilakukan untuk mempelajari psikologi kognitif emosi. Penelitian ini secara khusus berfokus pada metakognisi, atau kesadaran akan strategi dan proses kognitif diri sendiri. Evolusi disiplin psikologi telah menghasilkan banyak penyesuaian terhadap gagasan kognisi.

Pemrosesan informasi adalah pemahaman paling awal para psikolog mengenai kognisi yang mengatur aktivitas manusia. Tahun 1950-an menjadi saksi munculnya gerakan kognitivisme, yang diambil dari nama gerakan behavioris, yang memandang kognisi sebagai salah satu jenis perilaku. Kognitivisme melihat kesadaran sebagai fungsi eksekutif dan pikiran sebagai mesin, memperlakukan kognisi sebagai jenis komputasi. Namun seiring dengan kemajuan penelitian kognitif dan gagasan yang menekankan perlunya tindakan kognitif sebagai proses yang diwujudkan, diperluas, dan dinamis dalam pikiran, pascakognitivisme mulai terbentuk pada tahun 1990-an. Sebagai hasil eksplorasi psikologi terhadap dinamika antara pikiran dan lingkungan serta asal-usulnya dalam banyak teori, psikologi kognitif muncul, menandai penyimpangan dari paradigma dualis sebelumnya yang menilai kognisi sebagai perhitungan metodis atau hanya sebagai aktivitas perilaku.

Disadur dari:

https://en.wikipedia.org