Apa yang dimaksud dengan Kesehatan dan Keselamatan di Tempat Kerja?

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

14 Mei 2024, 13.48

sumber: phoenixhsc.co.uk

Dalam artikel ini, kami membahas definisi kesehatan dan keselamatan di tempat kerja, apa artinya bagi pemberi kerja, dan mengapa penilaian risiko sangat penting.

Kesehatan dan keselamatan kerja berfokus pada:

  • Promosi dan pemeliharaan tingkat kesejahteraan fisik, mental dan sosial pekerja yang tertinggi di semua pekerjaan
  • Pencegahan ketidakhadiran pekerja karena kesehatan yang buruk yang disebabkan oleh kondisi kerja mereka
  • Perlindungan pekerja dalam pekerjaan mereka dari risiko yang diakibatkan oleh faktor-faktor yang merugikan kesehatan
  • Penilaian lingkungan kerja karyawan, dan beradaptasi dengan kemampuan fisiologis dan psikologis mereka

Ada dua hal yang jelas. Kesehatan dan keselamatan di tempat kerja adalah tentang mempromosikan kesejahteraan yang positif, dalam hal kenyamanan, kebahagiaan, dan kepuasan karyawan, bukan sekadar mencegah orang jatuh sakit dan mengalami kecelakaan. Hal ini juga menempatkan beberapa tanggung jawab serius pada pemberi kerja.

Tugas kesehatan dan keselamatan pengusaha

Di bawah Peraturan Tempat Kerja (Kesehatan, Keselamatan dan Kesejahteraan) 1992, pemberi kerja memiliki kewajiban hukum untuk memastikan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan karyawan selama di tempat kerja. Namun, rincian utama dari tanggung jawab ini adalah bahwa kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan harus dipastikan “sejauh yang dapat dilakukan secara wajar”. Oleh karena itu, pengusaha harus melakukan apa pun yang masuk akal untuk memastikan kesejahteraan karyawan. Meskipun demikian, mereka berbagi beban ini karena karyawan diharapkan untuk bekerja sama dengan pemberi kerja dan rekan kerja mereka untuk memenuhi persyaratan kesehatan dan keselamatan yang sah. Bahkan tanpa kewajiban ini, semua staf tetap memiliki kepentingan untuk melindungi kesehatan dan keselamatan mereka sendiri, serta orang lain yang mungkin terpengaruh oleh tindakan mereka di tempat kerja.

Pengusaha memiliki berbagai persyaratan yang lebih spesifik terkait kebutuhan ini untuk memastikan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan karyawan mereka. Pertama, semua perusahaan harus mengidentifikasi bahaya di tempat kerja dan menilai risiko dari bahaya tersebut, serta menerapkan langkah-langkah pengendalian untuk mengurangi risiko tersebut. Hal ini ditetapkan dalam undang-undang di bawah Peraturan Manajemen Kesehatan dan Keselamatan di Tempat Kerja 1999. Semua bisnis harus melakukan penilaian risiko, namun jika Anda memiliki 5 karyawan atau kurang, hal ini tidak perlu dituliskan. Namun, mendokumentasikannya merupakan praktik terbaik, karena hal ini dapat memfasilitasi komunikasi yang efektif.

Ada juga persyaratan hukum di bawah Undang-Undang Kesehatan dan Keselamatan Kerja untuk memiliki kebijakan kesehatan dan keselamatan kerja tertulis, yang mencakup langkah-langkah tentang bagaimana menerapkan kebijakan tersebut. Pengusaha harus memberikan pelatihan yang relevan sebagai bagian dari proses implementasi. Untuk sebagian besar bisnis kecil dan berisiko rendah, hanya beberapa langkah mudah yang diperlukan.

Salah satu alasan utama bagi sebuah bisnis untuk menjaga kesejahteraan karyawannya adalah karena hal itu dapat meningkatkan produktivitas dan loyalitas. Orang yang memiliki masalah kesehatan lebih cenderung absen dari pekerjaan, kurang produktif saat bekerja, dan lebih mungkin untuk keluar.

Ringkasan kewajiban kesehatan dan keselamatan utama bagi pengusaha di Inggris

Kesehatan dan keselamatan adalah tanggung jawab semua orang. Sebagai pemberi kerja, adalah kewajiban hukum Anda untuk menyediakan lingkungan kerja yang aman bagi karyawan Anda. Namun, hal ini juga merupakan hal yang benar untuk dilakukan. Tempat kerja yang aman adalah tempat kerja yang produktif.

Berikut ini adalah beberapa kewajiban kesehatan dan keselamatan Anda:

  • Mengidentifikasi dan mengendalikan bahaya. Ini berarti mencari potensi risiko terhadap kesehatan dan keselamatan karyawan Anda, dan mengambil langkah-langkah untuk menghilangkan atau mengurangi risiko tersebut.
  • Berikan pelatihan. Pastikan karyawan Anda mengetahui cara bekerja dengan aman dan apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat.
  • Menegakkan aturan keselamatan. Tetapkan aturan yang jelas untuk karyawan Anda dan pastikan mereka mematuhinya.
  • Sediakan alat pelindung diri (APD). Jika karyawan Anda perlu mengenakan APD agar tetap aman, pastikan mereka memilikinya dan pas.
  • Ciptakan budaya keselamatan. Pastikan karyawan Anda merasa nyaman untuk berbicara tentang masalah keselamatan.
  • Dengan mengambil langkah-langkah ini, Anda dapat membantu menciptakan tempat kerja yang aman dan sehat bagi semua orang.

Apa itu kesehatan kerja?

Kesehatan kerja telah didefinisikan sebagai “memungkinkan orang untuk melakukan pekerjaan mereka dengan cara yang paling tidak membahayakan kesehatan mereka.”

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), definisi ini terlalu sempit, karena kesehatan memiliki arti yang lebih luas: “suatu keadaan kesejahteraan fisik, mental dan sosial yang lengkap dan bukan hanya ketiadaan penyakit atau kelemahan.”

Masalah kesehatan kerja sangat umum terjadi, seperti yang ditunjukkan oleh angka-angka pemerintah terbaru (2021):

  • 1,7 juta pekerja menderita sakit akibat kerja
  • 0,4 juta Pekerja mengalami cedera tidak fatal pada tahun 2020/21
  • 142 pekerja tewas di tempat kerja pada tahun 2020/21
  • 12.000 kematian akibat penyakit paru-paru setiap tahun yang diperkirakan terkait dengan paparan di tempat kerja
  • 0,8 juta pekerja menderita stres, depresi, atau kecemasan terkait pekerjaan
  • 0,5 juta pekerja menderita gangguan muskuloskeletal terkait pekerjaan
  • 0,6 juta pekerja menderita penyakit yang berhubungan dengan pekerjaan yang disebabkan atau diperburuk oleh dampak pandemi virus corona
  • 93.000 pekerja menderita COVID-19 pada tahun 2020/21 yang mereka yakini berasal dari paparan virus corona di tempat kerja

Jadi, ketika pemilik bisnis bertanya “apa arti kesehatan dan keselamatan bagi saya?” jawabannya adalah: menjaga karyawan Anda tetap aman, memastikan bahwa staf memiliki pelatihan dan informasi yang sesuai, yang pada gilirannya akan meningkatkan semangat kerja, efisiensi, dan menghasilkan bisnis yang sehat.

Apa yang dimaksud dengan penilaian risiko kesehatan dan keselamatan?

Sama halnya dengan kesehatan, pemberi kerja bertanggung jawab atas keselamatan fisik karyawan dan siapa pun yang mengunjungi tempat kerja. Hal ini berarti memastikan bahwa peraturan keselamatan yang relevan dipatuhi dengan seksama.

Penilaian risiko bukan hanya sarana untuk memastikan Anda mematuhi hukum. Ini adalah proses 5 langkah:

  • Mengidentifikasi semua hal dalam bisnis Anda yang dapat menyebabkan seseorang terluka (bahaya)
  • Mengidentifikasi siapa saja yang dapat dirugikan dan menilai bagaimana mereka dapat dirugikan (risiko)
  • Menerapkan langkah-langkah pengendalian untuk mengurangi risiko tersebut (apa yang akan Anda lakukan untuk mencegah bahaya)
  • Tinjau ulang penilaian risiko ketika ada perubahan
  • Catat temuan Anda

Penilaian risiko bukanlah proses sekali jadi dan harus diselesaikan dengan kehadiran karyawan. Hal ini memungkinkan mereka untuk memberi masukan dan berkonsultasi mengenai penilaian risiko, yang hanya akan meningkatkan keefektifannya.

Ini adalah dokumen yang sangat penting yang memastikan bahwa Anda telah melakukan segala sesuatu yang “dapat dilakukan secara wajar” sebagai sebuah bisnis untuk memastikan keselamatan karyawan Anda dan membantu Anda untuk menunjukkan hal ini jika diminta oleh pihak yang berwenang atau perusahaan asuransi.

Tujuan utama dari semua penilaian risiko adalah untuk mengkomunikasikan bahaya dan risiko kepada karyawan Anda, untuk menyoroti kesadaran agar orang-orang memahami bahaya ini dan langkah-langkah pencegahan yang telah Anda lakukan untuk mencegah terjadinya bahaya tersebut.

Contoh-contoh masalah kesehatan dan keselamatan utama yang dihadapi perusahaan meliputi:

Penanganan secara manual

Pengusaha di Inggris harus memastikan bahwa pekerja yang mengangkat, membawa, mendorong, atau menarik beban secara manual diberikan informasi dan pelatihan yang memadai tentang penanganan manual di tempat kerja. Di Phoenix, kami menawarkan kursus e-Learning spesialis kesadaran penanganan manual untuk membantu pengusaha memenuhi kewajiban hukum ini.

Penanganan manual merupakan bagian dari peran kebanyakan orang, bahkan di dalam lingkungan kantor, sehingga semua karyawan harus menerima pelatihan kesadaran penanganan manual minimal.

Penilaian risiko merupakan persyaratan hukum di bawah peraturan penanganan manual yang spesifik.

Keamanan Peralatan Layar

Pengguna komputer dan peralatan layar tampilan (DSE) lainnya harus memiliki pelatihan yang memadai dalam menggunakan perangkat dan workstation mereka dengan aman. Kursus Kesadaran Peralatan Layar Pajangan (DSE) Phoenix memenuhi persyaratan hukum ini, membantu perusahaan untuk mengurangi risiko kesehatan yang buruk yang disebabkan oleh penggunaan DSE. Kursus ini juga menjelaskan persyaratan kesehatan dan keselamatan di area kerja, termasuk ketinggian tempat duduk dan cara menggunakan mouse dan keyboard.

Seorang pengguna adalah siapa saja yang menggunakan peralatan DSE selama satu jam atau lebih secara terus menerus setiap hari.

Penilaian risiko merupakan persyaratan hukum di bawah peraturan DSE yang spesifik.

Keselamatan kebakaran

Regulatory Reform (Fire Safety) Order 2005 mewajibkan semua perusahaan untuk memberikan informasi dan pelatihan yang cukup kepada karyawan tentang keselamatan kebakaran. Kursus keselamatan kebakaran di Phoenix mencakup Sertifikat Kebakaran NEBOSH dan kursus Keselamatan Kebakaran & Penilaian Risiko online.

Penilaian risiko adalah persyaratan hukum di bawah RRFSO.

Stres dan kesehatan mental

Pengusaha bertanggung jawab untuk melindungi kesehatan mental karyawan mereka serta kesejahteraan fisik mereka. Ini termasuk stres yang terkait dengan pekerjaan. Phoenix menawarkan kursus kesadaran stres online untuk para manajer, penyelia dan karyawan, yang membantu mereka mengidentifikasi dan mencegah penyebab stres yang berhubungan dengan pekerjaan sebelum hal itu mengarah pada kesehatan yang buruk dan ketidakhadiran karena sakit.

Isu-isu yang disebutkan di atas dibahas secara rinci oleh sebagian besar kursus kesehatan dan keselamatan di tempat kerja. Sebagai penyedia layanan terkemuka, kami juga menawarkan kursus yang berfokus pada industri tertentu, seperti NEBOSH Certificate in Construction Health and Safety.

Siapa saja organisasi kesehatan dan keselamatan kerja yang utama?

Penyedia pelatihan kesehatan dan keselamatan terkemuka bekerja sama dengan organisasi kesehatan dan keselamatan nasional dan internasional utama.

Dua organisasi yang paling terkemuka yang diakui secara internasional adalah NEBOSH dan IOSH.

Kursus NEBOSH

NEBOSH adalah Badan Ujian Nasional untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Phoenix Health & Safety terakreditasi untuk menawarkan berbagai macam kursus.

Setiap kursus NEBOSH dirancang untuk memberikan keterampilan dan pengetahuan kepada para manajer, penyelia, dan karyawan untuk menangani berbagai masalah kesehatan dan keselamatan. Bersama-sama, mereka mencakup berbagai kebutuhan pelatihan untuk berbagai industri.

Disadur dari: phoenixhsc.co.uk