Apa yang dimaksud dengan Kesehatan dan Keselamatan?

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

22 Mei 2024, 09.46

sumber: pinterest.com

Kesehatan dan keselamatan adalah tentang mencegah bahaya. Hal ini berarti menjaga agar orang-orang tetap aman dan sehat. Dalam pengantar kesehatan dan keselamatan ini, kita akan melihat perlunya kesehatan dan keselamatan, serta argumen moral, hukum, dan keuangan untuk kesehatan dan keselamatan di tempat kerja.

Apa Itu kesehatan dan keselamatan? 

Kesehatan dan keselamatan di tempat kerja bukan hanya persyaratan hukum. Ini adalah kebutuhan manusia. Dan juga persyaratan bisnis.

Bahkan jika tidak ada undang-undang kesehatan dan keselamatan atau tanggung jawab pemberi kerja, bisnis tidak dapat bertahan dengan kesehatan dan keselamatan yang buruk.

Namun, apakah kesehatan dan keselamatan itu?

Mari kita cari tahu tentang kesehatan dan keselamatan - dan mengapa hal ini merupakan bagian penting dari bisnis yang sukses.

Mencegah bahaya

Kesehatan dan keselamatan adalah subjek yang beragam, namun pada dasarnya, hal ini didasarkan pada satu prinsip utama - mencegah bahaya.

Ketika Anda berbicara tentang kesehatan dan keselamatan, mencari bahaya, menilai risiko, atau menerapkan kontrol, Anda melakukannya untuk mencegah bahaya.

Ketika Anda menjaga orang tetap aman, Anda mencegah mereka terluka dalam kecelakaan. Itulah yang disebut dengan mencegah bahaya.

Ketika Anda menjaga orang tetap sehat, Anda mencegah mereka terkena penyakit dan penyakit. Itulah mencegah bahaya.

Kesehatan dan keselamatan terkadang mendapat pemberitaan yang buruk, dengan orang-orang berfokus pada peraturan, birokrasi, kasus pengadilan, dan denda. Orang dapat menggunakannya sebagai taktik menakut-nakuti, atau sebagai alasan atau hukuman.

Namun, praktik kesehatan dan keselamatan bukanlah tentang semua itu, melainkan tentang melindungi orang.

Ini adalah jaring pengaman, cara yang lebih baik, pilihan yang lebih aman.

Ya, ada peraturan kesehatan dan keselamatan yang harus dipatuhi. Peraturan yang harus dipatuhi. Namun, tanpa peraturan pun, kesehatan dan keselamatan adalah hal yang benar untuk dilakukan.

Kita semua berutang 'kepedulian yang wajar' kepada satu sama lain. Tidak ada yang ingin terluka. Tak seorang pun ingin jatuh sakit. Menyebabkan seseorang terluka adalah tindakan yang salah secara manusiawi - dan sesuatu yang harus dihindari.

Kesehatan dan keselamatan di tempat kerja

Di tempat kerja, masalah kesehatan dan keselamatan mempengaruhi setiap tempat kerja di setiap industri. Beberapa lebih dari yang lain.

Namun, di mana pun Anda bekerja - atau dengan siapa Anda bekerja - Anda membutuhkan kesehatan dan keselamatan. Karena Anda harus tetap aman. Karyawan, pekerja, dan pengunjung harus dilindungi dari bahaya. Tidak ada pekerjaan yang boleh merenggut nyawa atau kesehatan Anda.

Semua pekerja memiliki hak untuk bekerja di tempat di mana risiko terhadap kesehatan dan keselamatan mereka dikendalikan dengan baik. Kesehatan dan keselamatan adalah tentang mencegah Anda terluka di tempat kerja atau sakit karena bekerja. 

Selebaran hukum kesehatan dan keselamatan HSE

Kesehatan dan keselamatan adalah tugas semua orang, tetapi di tempat kerja, tanggung jawab keseluruhan untuk mengelola kesehatan dan keselamatan berada di tangan pemberi kerja.

Pemberi kerja memiliki banyak tanggung jawab kesehatan dan keselamatan hukum dalam menciptakan tempat kerja yang aman. Pada akhirnya, pemberi kerja memberi tahu pekerja apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya. Mereka mengendalikan pekerjaan dan memiliki pengaruh paling besar dalam mengelola kesehatan dan keselamatan.

Karyawan juga memiliki tanggung jawab kesehatan dan keselamatan, namun sebagian besar adalah untuk mematuhi peraturan dan prosedur yang ditetapkan oleh pemberi kerja.

Keselamatan yang utama?

Frasa kesehatan dan keselamatan yang populer termasuk “keselamatan pertama” dan “keselamatan selalu”. Dan kesehatan dalam 'kesehatan dan keselamatan' sering kali menjadi hal yang dikesampingkan.

Namun seharusnya tidak demikian.

Kesehatan sama pentingnya dengan keselamatan. Bahkan, beberapa risiko kesehatan dapat memiliki dampak yang jauh lebih besar daripada kegagalan keselamatan.

Bahaya keselamatan mungkin terlihat lebih penting karena merupakan ancaman yang langsung terlihat. Sebagai contoh, bayangkan jika Anda jatuh dari ketinggian atau tertabrak truk. Pekerja yang terluka di tanah karena jatuh.

Keduanya merupakan risiko keselamatan besar yang perlu dilindungi. Mereka bisa berakibat fatal. Dan kegagalan dalam mengendalikan risiko keselamatan akan berdampak pada statistik kecelakaan Anda juga.

Jadi, risiko keselamatan sering kali diprioritaskan.

  • Kecelakaannya langsung terjadi
  • Luka-lukanya terlihat jelas
  • Konsekuensinya sekarang

Risiko kesehatan adalah kebalikannya.

Bahaya kesehatan sering kali tidak dapat dilihat, seperti debu yang mematikan atau asap beracun. Mereka mungkin tidak terlihat. Dan bahkan jika bahayanya terlihat, cederanya tersembunyi. Seperti kehilangan genggaman tangan, pendengaran, atau kapasitas paru-paru secara perlahan.

Bahaya kesehatan mungkin tidak akan membuat Anda langsung sakit. Anda bahkan mungkin tidak tahu bahwa bahaya itu ada di sana sampai semuanya terlambat.

Konsekuensinya ada di masa depan.

Namun pada tahun 2022, menurut statistik HSE, ada 123 pekerja yang tewas di tempat kerja akibat bahaya keselamatan seperti terjatuh dan kontak dengan mesin. Sebagai perbandingan, ada lebih dari 13.000 kematian yang terkait dengan paparan bahaya kesehatan di tempat kerja.

Seperti yang dapat Anda lihat dari statistik, masalah kesehatan dan keselamatan kerja perlu ditangani. Tidak hanya untuk mencegah kematian, namun juga untuk menjaga agar pekerja tetap sehat dan mencegah bahaya.

Moral, hukum, dan keuangan

Terdapat argumen moral, hukum, dan finansial untuk kesehatan dan keselamatan. Sering kali kombinasi dari ketiganya berlaku.

Hubungan antara pemberi kerja dan pekerja pada dasarnya adalah pertukaran finansial, pemberi kerja membayar sebagai imbalan atas keterampilan pekerja. Pekerja memberikan tenaga kerja mereka sebagai imbalan atas waktu dan atau upaya mereka.

Orang pergi bekerja untuk mendapatkan uang untuk hidup. Bukan untuk mati atau terluka.

Secara moral, adalah salah jika pemberi kerja mengharapkan pekerja menempatkan diri mereka dalam risiko. Tidak ada seorang pun yang mau menukar nyawa atau kesehatannya dengan pekerjaannya.

Argumen hukum untuk kesehatan dan keselamatan dimulai dengan kewajiban untuk berhati-hati dan selanjutnya ditegakkan melalui undang-undang kesehatan dan keselamatan.

Kami membahas hal ini secara lebih rinci dalam tanggung jawab hukum kesehatan dan keselamatan pengusaha. Meskipun banyak peraturan yang berlaku untuk kesehatan dan keselamatan, Anda dapat memulai dengan menilai risiko.

  1. Periksa bahaya kesehatan dan keselamatan apa saja yang ada.
  2. Tentukan siapa saja yang mungkin dirugikan, dan bagaimana mereka dapat dirugikan.
  3. Lakukan tindakan pencegahan untuk mencegah atau mengendalikan risiko, dan lindungi orang-orang dari bahaya.
  4. Catat dan komunikasikan temuan Anda, sehingga semua orang tahu apa yang harus dilakukan.
  5. Tinjau dan perbarui seperlunya, jika ada hal-hal yang berubah atau perbaikan yang diperlukan.

Kegagalan dalam mematuhi tanggung jawab hukum dapat menyebabkan denda dan kecelakaan - yang menghabiskan banyak uang dan merusak reputasi bisnis (dan pemberi kerja).

  • uang yang dipegang tangan
  • Kecelakaan dan masalah kesehatan membutuhkan biaya.
  • Mencegahnya dengan kesehatan dan keselamatan yang baik dapat menghemat uang Anda!

Jika seseorang sakit atau terluka, hal ini dapat berdampak besar pada keuangan dan menyebabkan penurunan produktivitas.

Biaya tersebut meliputi:

  • Waktu cuti
  • Pemadaman listrik
  • Investigasi
  • Penundaan
  • Kerusakan
  • Tunjangan sakit
  • Merekrut staf baru
  • Penuntutan
  • Denda

Bisnis mengandalkan tenaga kerja mereka untuk produktivitas dan untuk menyelesaikan kontrak dan memenuhi pesanan.

Kesehatan dan keselamatan adalah tentang melindungi pekerja dan, pada gilirannya, melindungi bisnis. Tenaga kerja yang aman dan sehat memberikan peluang yang lebih baik bagi bisnis untuk meraih kesuksesan komersial dan stabilitas jangka panjang.

Ingatlah, kesehatan dan keselamatan adalah tentang mencegah bahaya. Jika Anda berfokus pada tujuan utama tersebut, Anda tidak akan salah langkah. Setiap bagian dari peraturan kesehatan dan keselamatan memiliki tujuan utama tersebut.

Peraturan tersebut mungkin mengharuskan adanya pelatihan yang harus diikuti, atau dokumen yang harus dibuat, atau mungkin membatasi paparan atau jenis pekerjaan yang dapat dilakukan. Namun alasan di balik setiap keputusan, hukum, atau peraturan kesehatan dan keselamatan adalah untuk mencegah bahaya.

Disadur dari: haspod.com