Apa yang Dimaksud dengan Insinyur Kualitas dan Apa yang Mereka Lakukan?

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

29 April 2024, 07.43

sumber: pexels.com

TWI

TWI memberikan dukungan kepada Anggota Industri kami untuk berbagai tantangan teknik sipil termasuk penelitian dan teknologi serta konsultasi teknik. Selain itu, kami juga menawarkan layanan pelatihan dan pengembangan profesional serta dukungan bagi para insinyur dengan The Welding Institute.

TWI adalah organisasi berbasis Keanggotaan Industri. Para ahli TWI dapat memberikan perusahaan Anda perpanjangan sumber daya Anda sendiri. Para ahli kami berdedikasi untuk membantu industri meningkatkan keselamatan, kualitas, efisiensi, dan profitabilitas dalam semua aspek teknologi penyambungan material. Keanggotaan Industri TWI saat ini mencapai lebih dari 600 perusahaan di seluruh dunia, yang mencakup semua sektor industri.

Apa yang dimaksud dengan rekayasa kualitas?

Rekayasa kualitas adalah bidang yang berspesialisasi dalam memastikan bahwa produk atau layanan memenuhi standar kualitas tertentu. Ini adalah bagian penting dari manufaktur, produksi, dan industri lain di mana kontrol kualitas sangat penting. Insinyur kualitas memainkan peran penting dalam memastikan bahwa proses bisnis dioptimalkan dan bahan baku digunakan secara efisien.

Apa yang dilakukan insinyur kualitas?

Insinyur kualitas bekerja untuk memastikan bahwa produk atau layanan memenuhi standar kualitas tertentu yang disyaratkan. Deskripsi pekerjaan insinyur kualitas yang tepat dapat bervariasi sesuai dengan perusahaan, tetapi secara umum, mereka mengidentifikasi masalah dalam proses produksi dan bekerja untuk mengembangkan solusi yang dapat meningkatkan kualitas produk secara keseluruhan. Selain pemecahan masalah, insinyur kualitas menggunakan analisis statistik untuk mengidentifikasi tren dan pola yang dapat digunakan untuk meningkatkan proses produksi dan memastikan kualitas.

Tanggung jawab insinyur kualitas biasanya meliputi:

  1. Mengembangkan dan menerapkan sistem kualitas
  2. Memastikan bahwa produk memenuhi standar kualitas
  3. Mengidentifikasi dan memecahkan masalah dalam proses produksi
  4. Melakukan analisis statistik untuk mengidentifikasi tren dan pola
  5. Memastikan bahwa proses bisnis dioptimalkan untuk memberikan hasil terbaik
  6. Bekerja dengan bahan baku untuk memastikan bahwa bahan tersebut digunakan secara efisien, sekaligus mengurangi pemborosan

Jenis insinyur kualitas

Ada beberapa jenis insinyur kualitas, yang biasanya dikategorikan sesuai dengan pekerjaan rekayasa kualitas, termasuk:

Insinyur kualitas manufaktur

Ini adalah peran umum bagi para profesional kualitas. Insinyur ini bekerja di fasilitas manufaktur, memastikan bahwa produk memenuhi standar kualitas tertentu seperti yang dipersyaratkan oleh pemberi kerja, pelanggan, atau industri secara umum

Insinyur kualitas perangkat lunak

Bidang yang lebih baru untuk rekayasa kualitas, para insinyur ini bekerja di industri perangkat lunak, memastikan bahwa produk perangkat lunak berkualitas tinggi

Insinyur kualitas pemasok

Insinyur ini bekerja dengan pemasok untuk memastikan bahwa mereka menyediakan bahan baku berkualitas tinggi untuk digunakan oleh pabrik dan fasilitas lainnya

Insinyur jaminan kualitas

Insinyur ini bekerja untuk memastikan bahwa produk atau layanan memenuhi standar kualitas tertentu yang ditetapkan setelah diproduksi

Keuntungan menjadi insinyur kualitas

  1. Ada beberapa keuntungan menjadi seorang insinyur kualitas, termasuk:
  2. Kemampuan untuk memberikan dampak yang signifikan terhadap kualitas produk atau layanan
  3. Kesempatan untuk bekerja dengan berbagai orang dan departemen yang berbeda di dalam perusahaan
  4. Kemampuan untuk memecahkan masalah dan menerapkan solusi kualitas yang dapat meningkatkan proses bisnis dan produk
  5. Potensi untuk kemajuan dan pertumbuhan karier di dalam perusahaan

Kekurangan menjadi insinyur kualitas

Terlepas dari keuntungan yang terkait dengan peran ini, ada juga beberapa kerugian menjadi seorang insinyur kualitas, termasuk:

  1. Perlunya tingkat perhatian yang tinggi terhadap detail
  2. Potensi tingkat stres yang tinggi karena sifat pekerjaan dan tanggung jawabnya
  3. Kebutuhan akan keahlian dan pengetahuan teknis tingkat tinggi
  4. Kebutuhan akan kemampuan komunikasi yang kuat untuk bekerja secara efektif dengan departemen yang berbeda di dalam perusahaan, termasuk mereka yang tidak memiliki tingkat keahlian yang sama dalam hal kualitas. Hal ini sering kali berarti bahwa Anda harus dapat menjelaskan hasil dengan jelas dan ringkas

Aplikasi rekayasa kualitas

Seperti disebutkan di atas, rekayasa kualitas digunakan di berbagai industri, termasuk, namun tidak terbatas pada:

  1. Manufaktur
  2. Pengembangan perangkat lunak
  3. Kesehatan
  4. Kedirgantaraan
  5. Otomotif

Alat yang digunakan oleh insinyur kualitas

Insinyur kualitas menggunakan berbagai alat bantu untuk menyelesaikan tugas mereka dan memastikan bahwa produk atau layanan memenuhi standar kualitas tertentu. Alat-alat ini meliputi:

  • Perangkat lunak analisis statistik
  • Bagan kendali mutu
  • Alat bantu analisis akar masalah
  • Alat bantu analisis mode dan efek kegagalan (FMEA)

Persyaratan pendidikan untuk insinyur kualitas

Sebagian besar peran insinyur kualitas membutuhkan setidaknya gelar sarjana di bidang jaminan kualitas atau bidang terkait, meskipun beberapa perusahaan mungkin juga memerlukan sertifikasi atau pelatihan tambahan. Beberapa perusahaan mungkin mensyaratkan kualifikasi khusus industri, tetapi sebagian besar insinyur kualitas memiliki gelar di bidang teknik kimia, teknik proses, atau teknik mesin. Perusahaan lain mungkin meminta Anda untuk memiliki gelar master di bidang terkait juga, terutama saat bekerja di lingkungan yang berpotensi berbahaya atau dengan proses yang kompleks.

Sebaiknya Anda juga mendapatkan pengalaman dalam teknik kualitas melalui magang, magang, atau hanya dengan mencari posisi entry-level. Meskipun dimungkinkan untuk memasuki profesi ini tanpa gelar, ini bisa menjadi proses yang memakan waktu karena Anda perlu mendapatkan pemahaman kerja yang baik tentang perangkat lunak, proses, dan peraturan yang relevan.

Seperti disebutkan di atas, teknisi kualitas mungkin juga memerlukan sertifikasi tambahan, terutama saat karier Anda berkembang, untuk mendapatkan peran yang lebih senior. Sertifikasi ini dapat dicapai melalui peningkatan berkelanjutan dan pelatihan saat bekerja, tetapi biasanya akan ada persyaratan untuk memperbarui sertifikat Anda secara berkala dengan mengirimkan jurnal atau dengan mengikuti ujian sertifikasi ulang.

Kesimpulan

Rekayasa kualitas adalah bagian penting untuk memastikan bahwa produk atau layanan memenuhi standar kualitas tertentu. Untuk memastikan kualitas produk untuk berbagai industri dan aplikasi yang berbeda, insinyur kualitas memainkan peran penting dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalah dalam proses produksi, mengoptimalkan proses bisnis, dan memastikan bahwa bahan baku digunakan secara efisien. Jika Anda tertarik untuk mengejar karier di bidang teknik kualitas, penting untuk memiliki perhatian yang kuat terhadap detail, keahlian teknis, dan keterampilan komunikasi yang kuat.

Pertanyaan yang sering diajukan (FAQ)

  • Apakah insinyur kualitas banyak diminati?

Ya, insinyur kualitas dibutuhkan di berbagai industri, termasuk manufaktur, pengembangan perangkat lunak, perawatan kesehatan, kedirgantaraan, dan otomotif.

 

 

 

  • Berapa gaji rata-rata seorang insinyur kualitas?
    Gaji rata-rata seorang insinyur kualitas bervariasi tergantung pada industri dan lokasi. Menurut Glassdoor, gaji rata-rata untuk seorang insinyur kualitas di Amerika Serikat adalah $75.000 per tahun, sedangkan di Inggris gaji rata-rata adalah £37.500 (menurut TotalJobs.com)
  • Dapatkah insinyur kualitas bekerja dari rumah?
    Beberapa peran quality engineer memungkinkan untuk bekerja dari rumah, namun hal ini tergantung pada perusahaan dan peran spesifiknya. Namun, sebagian besar peran akan mengharuskan Anda untuk berada di lokasi hampir sepanjang waktu.
  • Mengapa rekayasa kualitas penting?
    Rekayasa kualitas penting karena memastikan bahwa produk atau layanan memenuhi standar kualitas tertentu, yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, proses bisnis yang lebih baik, keamanan yang lebih baik, dan keuntungan yang lebih tinggi.

Disadur dari: global.com