Apa Yang Dimaksud Dengan Beras?

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

28 Februari 2024, 09.50

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Rice_grains.jpg

Beras merupakan bagian dari beras yang telah terpisah dari sekamnya. Secara anatomi, bagian sekam disebut "palea" dan "lemma". Pada saat pemanenan padi, gabah dipukul atau dihancurkan dalam lesung untuk memisahkan sekam dari isinya. Bagian isinya yang memiliki berbagai warna seperti putih, merah, ungu, atau hitam disebut nasi. Tanaman padi bisa tumbuh dengan tinggi antara 1 hingga 1,8 meter, dengan daunnya yang panjang dan sempit, biasanya memiliki panjang sekitar 50-100 cm dan lebar 2-2,5 cm. Nasi yang dapat dikonsumsi biasanya memiliki panjang antara 5 hingga 12 mm dan tebal 2-3 mm. Nasi yang dibuat dari jenis padi ketan dikenal sebagai ketan.

Struktur dan Kandungan Beras

Struktur beras secara biologis terdiri dari tiga bagian utama, yaitu aleuron (lapisan terluar yang sering kali dibuang saat pengupasan), endosperma (tempat sebagian besar pati dan protein terdapat), dan embrio (calon tanaman baru yang tidak dapat tumbuh dalam beras kecuali dengan teknik kultur jaringan; dalam bahasa sehari-hari disebut sebagai mata beras).

Secara kandungan, beras dominan oleh pati sekitar 80-85%, disertai dengan protein, vitamin (terutama pada aleuron), mineral, dan air. Pati dalam beras terdiri dari dua jenis polimer karbohidrat, yaitu amilosa yang memiliki struktur lurus dan amilopektin yang berstruktur bercabang dan cenderung lengket. Proporsi dari kedua jenis pati ini sangat mempengaruhi warna dan tekstur nasi. Ketan, yang didominasi oleh amilopektin, cenderung sangat lengket, sementara beras pera, dengan kandungan amilosa lebih dari 20%, menghasilkan butiran nasi yang tidak lengket dan keras.

Perbedaan Warna Beras

Perbedaan warna pada beras dipengaruhi oleh genetika, terutama gen yang mengatur warna aleuron, endosperm, dan komposisi pati pada endosperm.

  1. Beras putih: Berwarna putih agak transparan karena memiliki sedikit aleuron dan kandungan amilosa sekitar 20%. Jenis ini menjadi dominan di pasar beras.
  2. Beras merah: Warna merah atau ungu disebabkan oleh aleuron yang mengandung gen yang memproduksi antosianin.
  3. Beras hitam: Sangat langka dan berwarna ungu pekat hampir mendekati hitam karena aleuron dan endosperm memproduksi antosianin dengan intensitas tinggi.
  4. Ketan: Berwarna putih tidak transparan, dengan hampir seluruh patinya merupakan amilopektin.
  5. Ketan hitam: Versi ketan dari beras hitam.

Selain itu, ada juga inovasi baru seperti beras analog dari sagu, jagung, dan tepung singkong yang diluncurkan sebagai pengganti beras padi. Beberapa jenis beras juga memiliki aroma wangi ketika dimasak, seperti 'Cianjur Pandanwangi' atau 'Rajalele', yang dihasilkan oleh senyawa aromatik yang dilepaskan oleh beras dan diatur secara genetik. Di Provinsi Gilan, Iran utara, banyak kultivar padi Indica telah dibesarkan oleh petani seperti Gerdeh, Hashemi, Hasani, dan Gharib.

Aspek Pangan

Beras merupakan bahan pangan yang sangat penting, terutama sebagai bahan dasar pembuatan nasi, makanan pokok di berbagai belahan dunia. Selain itu, beras digunakan dalam pembuatan berbagai kudapan dan kue-kue, terutama dari ketan, serta sebagai bahan dalam pembuatan tapai. Beras juga memiliki peran dalam jamu seperti beras kencur dan param, serta dalam minuman seperti arak dan air tajin. Di industri pangan, beras diolah menjadi tepung beras dan tepung bekatul dari lapisan aleuron yang kaya nutrisi. Bagian embrio juga dijadikan suplemen makanan dalam bentuk tepung mata beras. Untuk keperluan diet, beras juga digunakan sebagai sumber pangan bebas gluten dalam bentuk berondong. Beras merah, salah satu jenis beras di Indonesia, memiliki khasiat obat yang diyakini sejak lama. Beras merah memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan beras putih, termasuk protein dan tiamin yang lebih tinggi. Kekurangan tiamin dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti beri-beri. Selain itu, beras merah juga kaya akan fosfor dan selenium, yang merupakan elemen penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan mencegah penyakit degeneratif seperti kanker.

Aspek Budaya dan Bahasa

Budaya padi merupakan bagian integral dari budaya Austronesia, terutama di bagian barat. Istilah-istilah yang berkaitan dengan padi, seperti padi, gabah, merang, jerami, beras, nasi, atau ketan, menjadi ciri khas dari budaya Austronesia. Hal ini tercermin dalam relief-relief pada candi-candi di Jawa yang menunjukkan kehadiran budaya padi pada masa itu. Meskipun ada inovasi dalam pengolahan makanan beras, seperti rengginang dan beras merah instan, budaya menanak beras masih tetap terjaga sebagai bagian dari kegiatan sehari-hari.

Disadur dari: https://id.wikipedia.org/wiki/Beras