Apa yang dimaksud dari Alloy atau bisa disebut Logam campuran

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

15 Februari 2024, 12.29

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/File:Alloy_and_metal_samples_-_Beryllium-Copper,_Inconel,_Steel,_Titanium,_Aluminum,_Magnesium.jpg

Alloy (Logam paduan/campuran) adalah campuran elemen kimia, yang setidaknya satu di antaranya adalah logam. Tidak seperti senyawa kimia berbasis logam, paduan mempertahankan semua sifat logam dalam bahan yang dihasilkan, seperti konduktivitas listrik, kekuatan, opasitas, dan kilau, tetapi sifat-sifatnya dapat berbeda dari logam murni, seperti peningkatan kekuatan atau kekerasan. Dalam beberapa kasus, paduan dapat mengurangi total biaya material dengan tetap mempertahankan sifat-sifat penting. Dalam kasus lain, paduan memberikan sifat sinergis pada elemen logam, seperti ketahanan korosi atau kekuatan mekanik.

Dalam suatu senyawa, atom-atom bergabung dengan ikatan logam, bukan dengan ikatan kovalen yang biasanya ditemukan dalam senyawa kimia. Konstituen campuran biasanya diukur sebagai persentase massa dalam aplikasi praktis dan sebagai fraksi atom dalam ilmu dasar. Paduan biasanya diklasifikasikan sebagai paduan substitusi atau interstisial, tergantung pada susunan atom yang membentuk paduan. Paduan ini dapat diklasifikasikan lebih lanjut sebagai homogen (terdiri dari satu fase) atau heterogen (terdiri dari dua fase atau lebih) atau intermetalik. Paduan dapat berupa larutan padat elemen logam (satu fase di mana semua butiran logam (kristal) memiliki komposisi yang sama) atau campuran fase logam (dua atau lebih larutan yang membentuk struktur mikro yang terdiri dari kristal yang berbeda di dalam logam).

Paduan meliputi emas merah (emas dan tembaga), emas putih (emas dan perak), perak (perak dan tembaga), baja atau baja silikon (besi dengan karbon non-logam atau silikon), solder, kuningan, timah, duralumin, perunggu, dan amalgam. Paduan digunakan dalam berbagai aplikasi, mulai dari paduan baja yang digunakan dalam berbagai hal, mulai dari bangunan hingga mobil dan instrumen bedah, hingga paduan titanium eksotis yang digunakan dalam industri kedirgantaraan, hingga paduan berilium-tembaga hingga peralatan tahan api.

Karakteristik

Paduan adalah campuran unsur-unsur kimia yang membentuk zat (campuran) tidak murni yang mempertahankan sifat-sifat logam. Paduan berbeda dengan logam tidak murni karena unsur-unsur yang ditambahkan ke dalam paduan sangat terkontrol untuk menghasilkan sifat yang diinginkan, sedangkan logam tidak murni seperti besi tempa kurang terkontrol tetapi sering dianggap berguna. Paduan dibuat dengan mencampurkan dua elemen atau lebih, setidaknya satu di antaranya adalah logam. Logam ini biasanya disebut logam primer atau logam dasar, dan nama logam juga bisa menjadi nama paduan. Bahan-bahan lain mungkin atau mungkin bukan logam, tetapi ketika dicampur dengan bahan dasar cair, larut dan larut dalam campuran. Sifat mekanis paduan sering kali sangat berbeda dari komponen individual. Logam yang biasanya sangat lunak (mudah dibentuk), seperti aluminium, dapat dimodifikasi dengan memadukannya dengan logam lunak lain seperti tembaga.

Meskipun kedua logam tersebut sangat lunak dan mudah dibentuk, paduan aluminium yang dihasilkan memiliki kekuatan yang jauh lebih besar. Dengan menambahkan sejumlah kecil karbon non-logam pada besi, kelenturannya yang tinggi ditukar dengan kekuatan paduan yang disebut baja. Karena kekuatannya yang sangat tinggi, tetapi kelenturannya yang cukup besar dan kemampuan perlakuan panas yang sangat bervariasi, baja adalah salah satu paduan yang paling berguna dan umum digunakan dalam penggunaan modern. Menambahkan kromium ke baja dapat meningkatkan ketahanan korosinya, menghasilkan baja tahan karat, sementara menambahkan silikon mengubah sifat kelistrikannya, menghasilkan baja silikon.

Perunggu cair, dituangkan ke dalam cetakan selama pengecoran.

Disadur dari: https://en.wikipedia.org/wiki/Alloy