Apa yang Dilakukan oleh Seorang Quality Engineer? Dengan definisi dan keterampilan

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

06 Mei 2024, 15.56

sumber: pexels.com

Istilah insinyur kualitas berlaku untuk orang yang bekerja di industri manufaktur, teknik, atau perangkat lunak. Tanggung jawab mereka termasuk mengidentifikasi kesalahan dalam desain sebelum produksi dan meningkatkan proses. Mempelajari peran ini dapat membantu Anda menentukan apakah peran ini cocok untuk Anda. Dalam artikel ini, kami akan membahas apa yang dilakukan oleh seorang insinyur kualitas, gaji, lingkungan kerja, keterampilan, dan contoh deskripsi pekerjaan.

Apa yang dilakukan oleh seorang insinyur kualitas?

Insinyur kualitas adalah seorang profesional yang menguji produk sebelum dirilis untuk memastikan produk tersebut berfungsi seperti yang diharapkan. Insinyur kualitas memastikan sebuah produk memenuhi standar perusahaan dan spesifikasi dalam cetak biru desainnya. Mereka melacak dan melaporkan cacat produk untuk memperbaikinya pada tahap awal. Insinyur kualitas memvalidasi produk untuk kesesuaian, kinerja, dan keamanan.

Mereka bekerja untuk mengurangi cacat dengan menerapkan proses seperti Kaizen, yang mencakup pemecahan masalah secara sistematis, pengurangan limbah, dan peningkatan berkelanjutan, di tempat kerja mereka. Seorang insinyur kualitas juga memperbaiki kesalahan dalam perangkat lunak. Para insinyur ini menguji antarmuka pengguna untuk memastikan mereka mudah dipahami dan digunakan. Mereka juga membantu dalam pengujian regresi untuk memastikan perubahan tidak menimbulkan bug pada fitur lama. Tanggung jawab tambahan seorang insinyur kualitas dapat mencakup:

  1. Menerima umpan balik dari pelanggan dan memperbaiki bug atau kesalahan yang dilaporkan
  2. Menerapkan pengetahuan tentang desain, produksi, dan teknik kontrol proses statistik untuk memahami cara merakit produk atau layanan
  3. Mengembangkan diagram alur proses
  4. Merancang eksperimen untuk menentukan penyebab cacat produk
  5. Mengevaluasi efektivitas metode kontrol kualitas pada produk, layanan, atau fasilitas produksi baru

Gaji rata-rata dan prospek pekerjaan

Gaji rata-rata seorang insinyur kualitas adalah £34.042 per tahun. Dengan pertumbuhan teknologi, ada banyak pekerjaan yang tersedia untuk insinyur kualitas. Gaji untuk posisi ini dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk pengalaman kerja, pendidikan, ukuran perusahaan tempat Anda melamar, dan lokasinya.

Persyaratan untuk menjadi seorang insinyur kualitas

Studi pascasarjana dapat membantu Anda menjadi seorang insinyur kualitas. Anda juga bisa mendapatkan posisi ini melalui magang. Berikut adalah persyaratannya:

Pendidikan insinyur kualitas

Gelar sarjana diperlukan untuk menjadi insinyur kualitas. Anda bisa mendapatkannya di bidang bisnis, manajemen, atau ilmu apa pun. Gelar pascasarjana juga membantu, lebih disukai dalam bidang sains. Tergantung pada bidang mana Anda ingin bekerja, Anda dapat belajar:

  1. Pengembangan perangkat lunak
  2. Kimia
  3. Statistik
  4. Matematika
  5. Teknik
  6. Farmasi
  7. Psikologi
  8. Konstruksi
  9. Manajemen produksi

Magang insinyur kualitas

Magang, bekerja dengan insinyur kualitas yang berkualifikasi secara dekat, dapat meningkatkan resume Anda ketika Anda mencari pekerjaan di lapangan. Seorang praktisi kualitas level 4 dapat memberi Anda pengalaman yang dicari oleh banyak perusahaan. Menurut National Careers Service, magang semacam ini membutuhkan waktu 14 bulan untuk menyelesaikannya.

Bekerja menjadi seorang insinyur kualitas

Jika Anda bekerja di industri yang menggunakan kontrol kualitas, Anda dapat memulai sebagai asisten di perusahaan. Ini adalah cara yang baik untuk memulai jika Anda memiliki, misalnya, gelar sarjana di bidang teknik, tetapi tidak memiliki gelar pascasarjana. Setelah bekerja selama beberapa tahun sebagai asisten, ketika ada lowongan sebagai insinyur kualitas, Anda bisa melamar, karena sudah memiliki pengalaman bekerja di bidang ini dan di perusahaan tersebut.

Keterampilan yang digunakan oleh insinyur kualitas

Berikut adalah beberapa keterampilan yang digunakan oleh insinyur kualitas:

Pengetahuan proses

Insinyur kualitas memiliki pengetahuan tentang prinsip-prinsip rekayasa kualitas, metode untuk menguji, mengukur, dan meningkatkan kualitas. Insinyur kualitas adalah seorang profesional teknik yang berspesialisasi dalam desain dan implementasi sistem kualitas untuk organisasi. Insinyur kualitas memahami kebutuhan organisasi dan menghasilkan sistem yang memenuhi kebutuhan tersebut. Mereka bekerja dengan insinyur lain dan meneliti teknologi baru.

Keterampilan teknis

Insinyur kualitas menggunakan metode ilmiah untuk meningkatkan produk, layanan, dan proses. Mereka juga menggunakan analisis statistik untuk membantu mengidentifikasi sumber cacat dan masalah. Mereka tahu bagaimana melakukan penyesuaian selama proses produksi untuk menghentikan munculnya cacat. Insinyur kualitas memiliki keterampilan dalam menyusun dan memahami spesifikasi, menganalisis biaya, dan memahami kontrol proses statistik.

Keterampilan komunikasi

Insinyur kualitas membutuhkan keterampilan komunikasi yang sangat baik sehingga mereka dapat secara efektif menyampaikan hasil pekerjaan mereka dan mempertahankan tingkat kepuasan klien yang tinggi. Mereka mengidentifikasi masalah, memberikan solusi, dan mengomunikasikan hasilnya kepada manajemen senior. Tugas seorang insinyur kualitas adalah mengidentifikasi cacat dalam proses dan memberikan solusi untuk masalah tersebut.

Pola pikir analitis

Pekerjaan seorang insinyur kualitas membutuhkan kewaspadaan yang konstan dan fokus pada setiap detail untuk menemukan cacat pada suatu produk. Pola pikir analitis seorang insinyur kualitas membuat mereka unik dalam peran tersebut. Kemampuan mereka untuk mengidentifikasi dan memahami penyebab masalah dan menentukan solusi yang paling efektif untuk perbaikan adalah kunci dalam industri ini. Insinyur kualitas dapat membedakan antara temuan yang penting dan tidak penting serta membuat keputusan cepat untuk meningkatkan proses, produk, dan layanan.

Lingkungan kerja insinyur kualitas

Lingkungan kerja untuk insinyur kualitas bersifat dinamis dan terperinci. Insinyur kualitas menentukan cacat pada suatu produk, termasuk kesalahan pengkodean, dokumentasi yang hilang, dan ketidaksesuaian dengan produk lain dari perusahaan yang sama. Di masa lalu, pekerjaan semacam ini menggunakan teknik pengujian manual, tetapi perkembangan terbaru dalam AI memungkinkan para insinyur untuk mengotomatiskan banyak tugas yang seharusnya membutuhkan waktu berjam-jam atau berhari-hari dengan tangan. Insinyur kualitas dapat menggunakan alat ini untuk menemukan cacat spesifik dalam produk jauh lebih cepat daripada sebelumnya. Di bawah ini adalah penjelasan lebih lanjut tentang hal-hal spesifik yang berkaitan dengan lingkungan kerja:

Alat

Lingkungan kerja insinyur kualitas dalam pengembangan perangkat lunak mencakup penggunaan banyak program. Menyadari persyaratan perangkat lunak, mengetahui bagaimana fungsi alat dan mengembangkan kontrol kualitas berdasarkan pengetahuan ini adalah kunci dari peran tersebut. Berbagai cara tersedia bagi insinyur untuk menyelesaikan tugas mereka, termasuk sistem pelacakan cacat dan alat pengujian fuzz. Berikut ini beberapa di antaranya

Kolaborasi

Karena kualitas sangat penting bagi perusahaan mana pun, teknisi kualitas bekerja sama dengan para pemangku kepentingan di seluruh organisasi untuk memastikan bahwa suatu produk memiliki desain dan konstruksi yang tepat. Insinyur kualitas juga bekerja dengan mitra rantai pasokan untuk menentukan bahan baku produksi. Hal ini membantu mereka mengembangkan prosedur dan standar untuk memastikan bahwa tim memproduksi barang berkualitas dan mencegah gangguan dalam produksi.

Contoh deskripsi pekerjaan insinyur kualitas

Berikut ini adalah contoh deskripsi pekerjaan yang mungkin Anda temukan saat mencari peran di bidang rekayasa kualitas:

Saat ini tersedia peluang bagi seorang insinyur kualitas untuk bergabung dengan tim kami. Anda dapat bekerja untuk memperkuat kualitas di fasilitas manufaktur kami. Melapor kepada administrator kualitas senior di dalam departemen, tugas Anda adalah memimpin agenda pengendalian kualitas. Tujuan dari peran ini adalah untuk mendorong peningkatan, memastikan kepatuhan terhadap semua proses, prosedur, dan sistem kami, melibatkan tim dalam pemecahan masalah untuk bekerja menuju 'tanpa cacat', serta mempromosikan dan memelihara lingkungan kerja yang aman.

Setiap produk yang hebat memiliki proses bisnis yang hebat di belakangnya. Hal ini membutuhkan tim profesional yang bekerja bersama. Anda dapat membantu perusahaan kami secara konsisten memberikan keunggulan.

Akuntabilitas utama:

  1. implementasi dan kepemilikan semua kegiatan yang berhubungan dengan kualitas
  2. titik kontak untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan kualitas
  3. tim pendukung pelatihan untuk tindakan kualitas
  4. meningkatkan prosedur kualitas yang ada
  5. berbagi data dan praktik terbaik Anda sendiri

Keahlian dan pengalaman utama:

  1. pengalaman di bidang teknik manufaktur atau bekerja di bidang jaminan kualitas
  2. kualitas kepemimpinan yang memungkinkan Anda untuk menantang dan mempengaruhi dengan tepat
  3. kemampuan untuk menggunakan saluran formal dan informal untuk menyelesaikan sesuatu
  4. manajemen waktu dan penentuan prioritas harian
  5. Peran yang terkait dengan peran seorang insinyur kualitas

Ada beberapa pekerjaan lain yang berhubungan dengan kualitas. Beberapa profesional ini mungkin ada di tim Anda, yang lain mungkin bekerja di industri lain. Peran-peran ini meliputi:

Analis jaminan kualitas

Gaji rata-rata nasional: £30,541 per tahun

Tugas utama: Analis jaminan kualitas menilai kualitas produk atau layanan sebelum mencapai pasar. Analis kualitas membantu produsen mengidentifikasi dan memperbaiki masalah pada produk mereka sebelum sampai ke tangan konsumen. Mereka bekerja untuk menjaga dan meningkatkan kualitas di setiap tahap siklus hidup produk, mulai dari bahan mentah hingga produk jadi.

Auditor kualitas

Gaji rata-rata nasional: £28.540 per tahun

Tugas utama: Auditor kualitas adalah jenis analis jaminan kualitas khusus untuk pabrik manufaktur. Auditor kualitas bertanggung jawab untuk menguji proses dan langkah-langkah prosedur. Mereka mungkin menguji produk pada berbagai tahap produksi untuk memastikan perusahaan mengikuti semua prosedur dengan benar.

Inspektur jaminan kualitas

Gaji rata-rata nasional: £36,124 per tahun

Tugas utama: Inspektur jaminan kualitas adalah seorang profesional yang memeriksa kualitas produk pemasok setelah diproduksi. Mereka memeriksa produk yang masuk untuk memastikan produk tersebut memiliki kesalahan sesedikit mungkin. Tugas mereka termasuk memeriksa bahan dan komponen, memeriksa dokumen, dan mengaudit proses produksi.

Angka gaji mencerminkan data yang tercantum di Indeed Salaries pada saat penulisan. Gaji dapat bervariasi tergantung pada organisasi yang mempekerjakan dan pengalaman, latar belakang akademis, dan lokasi kandidat.

Harap diperhatikan bahwa tidak ada perusahaan yang disebutkan dalam artikel ini yang berafiliasi dengan Indeed.

Disadur dari: indeed.com