Apa yang Dilakukan oleh Seorang Insiyur Manufaktur Desain?

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

03 Juni 2024, 12.36

Sumber: istockphoto.com

Seorang insinyur manufaktur desain mengkhususkan diri dalam merancang dan mengembangkan sistem dan peralatan manufaktur. Mereka terutama melakukan penelitian dan analisis, mengembangkan konsep dan prototipe, mengatur dan mengimplementasikan sistem pengujian, memecahkan masalah, dan memelihara catatan yang ekstensif. Mereka juga dapat menilai sistem yang ada untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatannya, memperbaiki atau memperbaiki komponen, melakukan penyesuaian, dan memberikan dukungan teknis kepada staf yang diperlukan. Selain itu, seorang insinyur manufaktur desain memberdayakan staf untuk mencapai tujuan dan menerapkan standar dan kebijakan keselamatan untuk lingkungan kerja yang aman dan produktif.

Tanggung jawab Insiyur Manufaktur Desain

Insinyur manufaktur desain memainkan peran penting dalam memastikan proses manufaktur yang efisien dan berkualitas tinggi. Mereka bertanggung jawab untuk membuat gambar teknik, mendukung validasi desain dan proses, serta memanfaatkan perangkat lunak CAD 3D untuk produksi dan manufaktur. Mereka juga membantu dalam pemrograman mesin CNC skala besar, melakukan Desain Eksperimen (DoE), dan melatih personel perakitan dalam penyolderan dan perakitan PCB. Para profesional ini bekerja sama dengan pelanggan untuk mengembangkan produk sesuai dengan kebutuhan mereka dan membantu departemen QA dalam mempertahankan prosedur ISO 9001. Mereka juga terlibat dalam desain hemat biaya dan peningkatan proses, pengembangan alat untuk desain produk baru, dan inspeksi artikel pertama. Pakar Jianyu Liang, Direktur Program Material dan Rekayasa Manufaktur di WPI, menyarankan, “Pada awal karier Anda, terlibat aktif dalam komunitas profesional manufaktur untuk mengembangkan pemahaman mendalam tentang area dengan permintaan tinggi saat ini dan tren di industri akan membantu Anda memposisikan diri Anda di area dengan permintaan tinggi.”

Berikut adalah contoh tanggung jawab dari resume insinyur manufaktur desain yang sebenarnya:

  • Memimpin beberapa proyek lintas fungsional independen dan meningkatkan kualitas produksi, mengurangi biaya, memastikan lingkungan didukung dan sesuai dengan FDA.
  • Memfasilitasi proses manufaktur yang baru dan yang sedang berjalan untuk mengurangi biaya produksi, biaya BOM akhir, dan jumlah komponen.
  • Mendukung manajer produksi dengan mengeluarkan perintah kerja, menugaskan pekerjaan penggilingan CNC dan manual, serta menjaga agar produksi tetap berjalan sesuai jadwal.
  • Menghasilkan dan memelihara perpustakaan bill of material (BOM) untuk setiap komponen, sub-perakitan, atau perakitan akhir.
  • Berkolaborasi dengan operator CNC dan insinyur manufaktur untuk mengembangkan post processor untuk mesin CNC.
  • Membantu dalam pengawasan dan fabrikasi peralatan prototipe termasuk konveyor, robotika, dan peralatan farmasi serta mengotomatisasi sistem minuman.
  • Memimpin beberapa proyek lintas fungsi independen dan meningkatkan kualitas produksi, mengurangi biaya, memastikan lingkungan didukung dan sesuai dengan FDA.

Ketrampilan dan ciri-ciri kepribadian Insiyur Manufaktur Desain 

Kami menghitung bahwa 8% Insinyur Manufaktur Desain mahir dalam CNC, Peningkatan Berkesinambungan, dan GD. Mereka juga dikenal dengan keterampilan lunak seperti Kreativitas, keterampilan Mendengarkan, dan keterampilan Matematika.

Kami menjabarkan persentase Insinyur Manufaktur Desain yang memiliki keterampilan ini yang tercantum dalam resume mereka di sini:

  • CNC, 8%
    Menggandakan kapasitas produksi dengan merancang dan mengawasi konstruksi dua mesin gerinda CNC 8-sumbu.
  • Peningkatan Berkesinambungan, 6%
    Memulai peningkatan berkelanjutan dan aktivitas ramping untuk meningkatkan efisiensi dan waktu pertama untuk memaksimalkan profitabilitas dan kepuasan pelanggan.
  • GD, 5
    Membuat gambar dengan menggunakan teknik desain berbantuan komputer dan standar penyusunan GD&T ASME Y14.5M serta membuat daftar material.
  • Gambar Teknik, 4%
    Membuat Gambar Teknik yang terdiri dari gambar perakitan/suku cadang/BOM/perkakas untuk produsen pegas koil kalengan khusus; produk penyegelan/penghubung/penghantaran/EMI/perisai/pembumian
  • DFM, 4%
    Daftar periksa yang disederhanakan dan dikodifikasikan untuk membuat DFM lebih mudah diterapkan oleh tim desain.
  • Manufaktur Ramping (Lean Manufacturing), 4
    Manajemen proyek perkakas baru dan modifikasi, dengan menerapkan prinsip-prinsip Lean Manufacturing.

Sebagian besar insinyur manufaktur desain menggunakan keterampilan mereka dalam “cnc,” “peningkatan berkelanjutan,” dan “gd” untuk melakukan pekerjaan mereka. Anda dapat menemukan detail lebih lanjut tentang tanggung jawab insinyur manufaktur desain yang penting di sini:

  • Kreativitas. Untuk menjalankan tugasnya, keterampilan terpenting yang harus dimiliki oleh seorang insinyur manufaktur desain adalah kreativitas. Peran dan tanggung jawab mereka mengharuskan “insinyur mesin merancang dan membangun peralatan dan mesin yang kompleks.” Insinyur manufaktur desain sering menggunakan kreativitas dalam pekerjaan mereka sehari-hari, seperti yang ditunjukkan oleh resume nyata ini: “membuat gambar teknik untuk desain baru dan desain yang sudah ada menggunakan perangkat lunak inventor dan autocad. “
  • Keterampilan mendengarkan. Keterampilan penting lainnya untuk melakukan tugas insinyur manufaktur desain adalah keterampilan mendengarkan. Tanggung jawab insinyur manufaktur desain mengharuskan “insinyur mesin sering mengerjakan proyek dengan orang lain, seperti arsitek dan ilmuwan komputer.” Insinyur manufaktur desain juga menggunakan keterampilan mendengarkan dalam peran mereka menurut cuplikan resume yang sebenarnya: “mengkomunikasikan status proyek kepada komunitas teknik melalui tinjauan desain internal. “
  • Insinyur desain manufaktur juga dikenal dengan keterampilan matematika, yang sangat penting untuk tugas mereka. Anda dapat melihat bagaimana keterampilan ini berkaitan dengan tanggung jawab insinyur manufaktur desain, karena “insinyur mesin menggunakan prinsip-prinsip kalkulus, statistik, dan mata pelajaran lanjutan lainnya dalam matematika untuk analisis, desain, dan pemecahan masalah dalam pekerjaan mereka.” Contoh resume insinyur manufaktur desain menunjukkan bagaimana keterampilan matematika digunakan di tempat kerja: “menyiapkan perkiraan biaya yang akurat untuk membuat perhitungan matematika teknik yang akurat. “
  • Keterampilan mekanis. tanggung jawab insinyur manufaktur desain sering kali membutuhkan “keterampilan mekanis.” Tugas yang mengandalkan keterampilan ini ditunjukkan oleh fakta bahwa “keterampilan mekanik memungkinkan para insinyur untuk menerapkan konsep teknik dasar dan proses mekanis pada desain perangkat dan sistem baru.” Contoh resume ini menunjukkan apa yang dilakukan oleh insinyur manufaktur desain dengan keterampilan mekanik pada hari biasa: “mengawasi personel produksi dalam perakitan dan prosedur pengujian untuk mesin elektro-mekanis-fluida. “
  • Keahlian memecahkan masalah. Keterampilan umum lainnya yang diperlukan untuk tanggung jawab insinyur manufaktur desain adalah “keterampilan pemecahan masalah.” Keterampilan ini selalu muncul dalam tugas-tugas insinyur manufaktur desain, karena “insinyur mekanik membutuhkan keterampilan pemecahan masalah yang baik untuk mengambil prinsip-prinsip dan penemuan ilmiah serta menggunakannya untuk merancang dan membangun produk yang bermanfaat.” Kutipan dari resume insinyur manufaktur desain yang sebenarnya menunjukkan bagaimana keterampilan ini merupakan inti dari apa yang dilakukan oleh seorang insinyur manufaktur desain: “rusa betina yang digunakan untuk memberikan solusi terhadap masalah hasil produk. “

Bandingkan Insiyur Manufaktur Desain yang berbeda

 Insinyur Manufaktur Desain vs Insinyur Perkakas

Seorang insinyur perkakas bertanggung jawab untuk membuat dan menyesuaikan perkakas atau suku cadang untuk mobil, alat berat, dan produk lain yang membutuhkan komponen yang disesuaikan atau dipersonalisasi. Tugas dan tanggung jawab Anda termasuk membuat cetak biru desain, menggunakan perangkat lunak berbantuan komputer (CAD) untuk mengembangkan cetakan dua dan tiga dimensi, serta memvalidasi dan mengevaluasi produk. Sebagai seorang teknisi perkakas, Anda bertanggung jawab untuk memastikan kepatuhan terhadap standar operasional seperti ISO 9000. Anda juga harus memberikan bantuan teknis kepada personel manufaktur dan jaminan kualitas.

Gaji tahunan insinyur perkakas adalah Rp16,222.647 lebih rendah daripada gaji rata-rata insinyur manufaktur desain, meskipun gaji mereka mungkin berbeda, kesamaan antara insinyur manufaktur desain dan insinyur perkakas adalah beberapa keterampilan yang diperlukan dalam setiap peran. Dalam kedua karier tersebut, tugas karyawan melibatkan keterampilan seperti cnc, peningkatan berkelanjutan, dan gd.

Meskipun ada kesamaan, ada juga beberapa perbedaan antara insinyur manufaktur desain dan insinyur perkakas. Misalnya, tanggung jawab insinyur manufaktur desain membutuhkan keterampilan seperti “gambar teknik,” “proses perakitan,” “perlengkapan uji,” dan “desain mekanis.” Sedangkan seorang insinyur perkakas terampil dalam “python,” “java,” “cad,” dan “linux.” Ini adalah bagian dari apa yang memisahkan kedua karier tersebut.

Insinyur perkakas sangat bersinar di industri teknologi dengan gaji rata-rata $94.406. Sebagai perbandingan, insinyur manufaktur desain cenderung menghasilkan uang paling banyak di industri teknologi dengan gaji rata-rata Rp1.622.550.000. Tingkat pendidikan yang diperoleh insinyur perkakas sedikit berbeda dari insinyur manufaktur desain. Secara khusus, insinyur perkakas 0,5% lebih mungkin untuk lulus dengan gelar Master daripada insinyur manufaktur desain. Selain itu, mereka 0,1% lebih mungkin mendapatkan gelar Doktor.

Insinyur Manufaktur Desain vs Insinyur

Insinyur adalah profesional yang sangat terlatih yang menentukan kelayakan berbagai proyek, biasanya terkait dengan industri konstruksi. Mereka dianggap ahli dalam matematika dan sains, dua disiplin ilmu yang perlu mereka gunakan dalam merancang dan membuat rencana proyek. Mereka juga harus berpengalaman dalam berbagai bahan konstruksi atau industri, dan mereka memastikan bahwa bahan yang tepat digunakan untuk proyek tersebut. Mereka juga memastikan bahwa proyek-proyek tersebut memenuhi persyaratan kelompok yang mempekerjakan mereka. Mereka menciptakan ruang yang memenuhi kebutuhan pengguna akhir dan standar industri. Mereka juga memastikan bahwa proyek yang mereka buat akan bertahan dalam ujian waktu.

Posisi insinyur mendapatkan gaji yang lebih rendah daripada peran insinyur desain manufaktur. Mereka mendapatkan gaji Rp168.907,46 lebih rendah daripada insinyur manufaktur desain per tahun, meskipun gajinya mungkin berbeda untuk pekerjaan ini, mereka memiliki beberapa keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan tugas mereka. Berdasarkan data resume, baik insinyur dan insinyur manufaktur desain memiliki keterampilan seperti “cnc,” “desain berbantuan,” dan “jig. “

Setiap karier juga menggunakan keterampilan yang berbeda, sesuai dengan resume insinyur manufaktur desain yang sebenarnya. Sementara tanggung jawab insinyur manufaktur desain dapat menggunakan keterampilan seperti “peningkatan berkelanjutan,” “gd,” “gambar teknik,” dan “dfm,” insinyur menggunakan keterampilan seperti “python,” “cloud,” “c ++,” dan “c #.”

Insinyur mendapatkan gaji rata-rata yang lebih rendah daripada insinyur desain manufaktur. Namun para insinyur mendapatkan gaji tertinggi di industri otomotif, dengan gaji rata-rata Rp1.584.777.036. Selain itu, insinyur desain manufaktur mendapatkan gaji tertinggi dalam teknologi dengan gaji rata-rata Rp1.663.097.524,50 per tahun Secara umum, insinyur mencapai tingkat pendidikan yang lebih tinggi daripada insinyur desain manufaktur. Mereka 5,7% lebih mungkin untuk mendapatkan gelar Master dan 0,1% lebih mungkin untuk mendapatkan gelar Doktor.

Insinyur Manufaktur Desain vs Insinyur Proses

Seorang Insinyur Proses bertanggung jawab untuk menemukan cara-cara inovatif untuk memproses bahan baku tertentu menjadi berbagai jenis produk. Mereka juga dapat memodifikasi berbagai mesin yang ada atau menjaga kualitasnya dengan memantau fungsinya dan melakukan pengujian dan pemeriksaan. Seorang Insinyur Proses harus melakukan berbagai analisis dan penelitian untuk mengumpulkan data yang akan membantu menentukan kemungkinan perbaikan atau keputusan yang harus diambil. Selain itu, seorang Insinyur Proses juga memiliki tugas untuk melakukan pengadaan dan pemasangan peralatan baru, mengumpulkan dan menginterpretasikan data, menilai risiko, dan memastikan bahwa tugas-tugas tersebut dilakukan dengan aman.

Rata-rata, insinyur proses mendapatkan gaji yang lebih rendah daripada insinyur manufaktur desain, dengan selisih Rp325.305.049,50 per tahun Dengan melihat beberapa resume insinyur manufaktur desain dan insinyur proses, kami menemukan bahwa kedua peran tersebut membutuhkan keterampilan yang sama dalam tugas sehari-hari mereka, seperti “cnc,” “peningkatan berkelanjutan,” dan “lean manufacturing.” Namun di luar itu, karier keduanya terlihat sangat berbeda.

Beberapa perbedaan utama yang penting antara kedua karier ini mencakup beberapa keterampilan yang diperlukan untuk memenuhi tanggung jawab masing-masing. Beberapa contoh dari resume insinyur desain manufaktur mencakup keterampilan seperti “gd,” “gambar teknik,” “dfm,” dan “proses perakitan,” sedangkan insinyur proses lebih cenderung mencantumkan keterampilan dalam “manajemen proyek,” “memecahkan masalah,” “lean six sigma,” dan “analisis data. “

Insinyur proses mencari nafkah yang sangat baik di industri teknologi dengan gaji tahunan rata-rata Rp1.424.550.223,50. Di sisi lain, insinyur manufaktur desain dibayar dengan gaji tertinggi di industri teknologi, dengan gaji tahunan rata-rata Rp1.663.097.524,50. Dalam hal pendidikan, insinyur proses cenderung mendapatkan tingkat gelar yang sama dibandingkan dengan insinyur manufaktur desain. Faktanya, mereka 5,0% lebih mungkin mendapatkan gelar Master, dan 1,2% lebih mungkin lulus dengan gelar Doktor.
Pelajari lebih lanjut tentang insinyur manufaktur desain vs insinyur proses.

Insinyur Manufaktur Desain vs Insinyur Staf

Insinyur staf bertanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, dan memeriksa berbagai produk, peralatan, atau struktur. Para profesional ini dapat melakukan berbagai tugas tergantung pada spesialisasi mereka yang mencakup mengawasi desain dan konstruksi bangunan, jembatan, sistem saluran pembuangan, dan infrastruktur lainnya, memperkirakan biaya keuangan proyek konstruksi, dan memastikan kepatuhan terhadap undang-undang dan peraturan kesehatan dan keselamatan. Tugas lainnya termasuk merancang dan mengembangkan mesin, peralatan, dan mesin, memecahkan masalah desain, dan membangun peralatan manufaktur yang diperlukan untuk membuat produk mereka.

Insinyur staf biasanya mendapatkan gaji yang lebih tinggi daripada insinyur desain manufaktur. Rata-rata, insinyur staf mendapatkan gaji lebih tinggi Rp81.744.069per tahun, meskipun gaji mereka dapat bervariasi, insinyur manufaktur desain dan insinyur staf menggunakan keterampilan yang sama untuk melakukan tugas mereka. Resume dari kedua profesi tersebut mencakup keterampilan seperti “desain berbantuan,” “jig,” dan “r.”

Meskipun beberapa keahlian tumpang tindih antara insinyur manufaktur desain dan insinyur staf, ada beberapa perbedaan yang penting untuk diperhatikan. Pertama, seorang insinyur manufaktur desain mungkin lebih banyak menggunakan keterampilan seperti “cnc,” “peningkatan berkelanjutan,” “gd,” dan “gambar teknik.” Sementara itu, beberapa tanggung jawab insinyur staf membutuhkan keterampilan seperti “java,” “python,” “arsitektur,” dan “pengembangan perangkat lunak. “

Secara umum, insinyur staf mendapatkan penghasilan paling banyak bekerja di industri telekomunikasi, dengan gaji rata-rata Rp1.932.116.314,50. Industri dengan gaji tertinggi untuk insinyur manufaktur desain adalah industri teknologi, resume rata-rata insinyur staf menunjukkan bahwa mereka mendapatkan tingkat pendidikan yang lebih tinggi dibandingkan dengan insinyur manufaktur desain. Sedemikian rupa sehingga mereka memiliki kemungkinan 8,7% lebih besar untuk mendapatkan gelar Master dan lebih mungkin untuk mendapatkan gelar Doktor sebesar 3,2%.

Disadur dari: https://www.zippia.com/