Apa Perbedaan Sertifikasi Kompetensi dan Sertifikasi Profesi?

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

28 Maret 2024, 08.44

Ilustrasi: pexels.com

Upaya peningkatan kualitas pengelolaan sumber daya manusia terus dilakukan dan sudah sepantasnya pemerintah, swasta, dan pihak lain terus melakukan hal tersebut. Salah satu opsinya adalah sertifikasi kompetensi dan sertifikasi profesi.

Sertifikasi dapat membantu memastikan seseorang memiliki keterampilan untuk bersaing di dunia industri sesuai standar nasional dan internasional.

Pandemi telah menggerakkan roda . perputaran perekonomian negara lebih lambat dari biasanya. Namun berkat digitalisasi, banyak sekali peluang kerja yang terbuka. Tantangannya, tidak semua orang bisa memaksimalkannya. Salah satu solusi untuk mengatasi tantangan tersebut adalah dengan memaksimalkan potensi sumber daya manusia Indonesia.

Saat ini telecommuting semakin menjadi tren dan diperkirakan akan terus berkembang. Sistem kerja jarak jauh atau bekerja di mana saja tanpa batasan wilayah memungkinkan kita bekerja di perusahaan di wilayah mana pun, termasuk di luar negeri.

Di sini, peran sertifikasi dapat membantu sumber daya manusia Indonesia untuk memaksimalkan peluang yang ada dan bersaing satu sama lain. lainnya.

Masih banyak orang yang menganggap sertifikat kompetensi dan sertifikasi profesi adalah satu kesatuan. Ternyata ada sedikit perbedaan diantara keduanya. Bagi yang masih belum tahu, ayo baca artikel ini sampai habis ya!

Pengertian Kualifikasi
Berdasarkan LSPMKS, kualifikasi biasanya merupakan kemampuan kerja seseorang yang meliputi pengetahuan, keterampilan. dan sikap kerja menurut standar tertentu. Sedangkan profesi adalah suatu bidang pekerjaan yang mempunyai kualifikasi yang diakui oleh masyarakat tertentu.

Jadi dapat diketahui bahwa kualifikasi dan profesi adalah dua hal yang berbeda, namun untuk menguasainya diperlukan suatu ilmu tertentu. , keterampilan dan standardisasi yang menghubungkan setiap orang.

Sederhananya, sertifikasi kompetensi pada hakikatnya adalah proses penerbitan sertifikat yang dilakukan secara sistematis dan obyektif melalui uji kompetensi yang berkaitan dengan standar kompetensi profesi nasional, standar internasional dan/atau persyaratan khusus lainnya .
Suatu profesi biasanya memiliki beberapa kompetensi penting yang harus dimiliki seseorang. Tujuan utama sertifikasi kompetensi adalah untuk memperkuat keterampilan kita dalam kompetensi terkait pekerjaan tertentu.

Pengertian Sertifikasi Profesi
Sertifikasi profesi dapat dipahami sebagai proses penerbitan sertifikat kompetensi untuk pekerjaan/keterampilan tertentu. Tujuan dari sertifikat ini adalah untuk menunjukkan bahwa orang tersebut memiliki kualifikasi yang cukup untuk bertindak pada jabatan tersebut.

Pemeriksaan dilakukan secara sistematis dan obyektif dengan uji kualifikasi terkait pekerjaan/keterampilan yang berkaitan dengan standar kualifikasi profesi nasional, standar internasional dan/atau standar, profesi lainnya.
Di Indonesia sendiri, terdapat berbagai sertifikat profesi yang bisa didapatkan dari profesi tertentu, guru, manajer humas, bidan, dll.

Perbedaan sertifikat dan sertifikat profesi
Beli beberapa Pada penjelasan di atas sebenarnya kita bisa melihat sedikit perbedaannya. Tidak semua profesi di dunia ini memiliki sertifikat, namun dengan adanya sertifikat kompetensi dianggap seseorang mempunyai keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan dalam profesi yang berkaitan dengan karirnya.

Misalnya seseorang yang ingin bekerja sebagai seorang resmi. bidan , mereka dapat lulus tes kebugaran dan memiliki sertifikat bidan profesional dari Ikatan Bidan Indonesia (IBI). Contoh lainnya adalah Sertifikat Profesi Humas yang diterbitkan oleh Lembaga LSPPRI dan BNSP.

Jika seseorang ingin bekerja sebagai desainer grafis profesional, maka jenis sertifikat yang paling cocok baginya adalah Sertifikat Kompetensi karena tidak ada. Sertifikat profesi desainer grafis tetap.

Kualifikasi merupakan bukti bahwa seseorang mempunyai keahlian di bidang tertentu. Misalnya di Indonesia, jika seseorang ingin melegitimasi pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerjanya di bidang desain grafis, ia dapat mengikuti Program Sertifikasi Kompetensi Desain Visual Global.

Terbukti. memiliki sertifikat yang memuat tanda pada saat menyelesaikan proses sertifikasi. Mereka harus mencapai skor minimum untuk lulus ujian. Oleh karena itu, mereka yang lulus ujian sertifikasi memiliki nilai tambahan di mata perekrut karena tidak semua orang berhasil.

Ketika seseorang lulus ujian sertifikasi, keterampilan dan kemampuannya dapat dipertimbangkan.

Ujian biasanya diselenggarakan oleh sebuah lembaga pendidikan yang bekerja sama dengan penyedia sertifikasi seperti Microsoft dan Adobe.

Salah satu contoh penyedia ujian sertifikasi adalah Certiport International Test Center. Certiport merupakan penyedia sertifikasi resmi internasional untuk berbagai jenis sertifikasi kompetensi antara lain Microsoft, Adobe dan Project Management Institute.

Kesamaan Sertifikasi Kompetensi dan Sertifikasi Profesi
Meski keduanya sedikit berbeda, namun bisa dikatakan sama fungsinya . dan utilitas. Yaitu untuk memastikan apakah seseorang telah memenuhi persyaratan minimum tertentu untuk dapat meniti karir.

Sertifikat berperan penting sebagai bukti bahwa ia memiliki keterampilan yang memenuhi standar nasional dan internasional.

Karena Ujian Sertifikat cukup sulit - jadi sertifikat kompetensi sekaligus sertifikat profesi - yang mana orang yang sudah mendapat sertifikat sangat berharga di mata perekrut. Bukan hanya karena keterampilannya yang tervalidasi, tetapi juga karena mereka dipandang sebagai orang yang berkomitmen untuk belajar menguasai bidang tersebut.

Maka tidak heran jika orang yang tersertifikasi lebih percaya diri dalam menjelaskan keterampilan dan ilmunya. untuk perekrut dan dalam aktivitas profesional sehari-hari mereka. menunaikan tugas dan tanggung jawab anda.

Sudahkah anda menentukan sertifikat apa yang ingin anda peroleh dengan mengetahui perbedaan antara sertifikat kompetensi dan sertifikat profesi?

Sebagai distributor resmi Certiport, MyEduSolve menawarkan program sertifikasi kompetensi yang diakui secara internasional dari Microsoft, Adobe, dan Project Management Institute. Kami juga menyediakan akses ke LearnKey dan G-Metrix, sebuah platform untuk materi pelajaran dan simulasi ujian yang meningkatkan keberhasilan ujian kandidat.

Disadur dari: https://myedusolveindonesia.medium.com/apa-perbedaan-sertifikasi-kompetensi-dan-sertifikasi-profesi-a7b281227142