Apa Perbedaan antara Arsitek dan Insinyur Arsitektur?

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

19 April 2024, 07.40

Sumber: Pexels.com

Arsitek dan insinyur arsitektur memiliki peran yang serupa namun berbeda dalam mengembangkan bangunan. Meskipun namanya terdengar sangat mirip, sangat penting untuk memahami perbedaannya, terutama jika Anda merencanakan proyek bangunan yang membutuhkan keahlian khusus atau ingin menjadi arsitek atau insinyur arsitektur sendiri!

Kami akan membantu Anda mengurai kebingungan tentang topik ini untuk mendefinisikan arsitek dan insinyur arsitektur, mengidentifikasi persamaan dan perbedaan utama antara kedua pekerjaan tersebut dan peran penting mereka.

Apa itu Arsitek?

Peran utama seorang arsitek adalah mendesain ruang yang mendefinisikan sebuah bangunan, baik interior maupun eksterior. dari awal hingga akhir, seorang arsitek adalah pemain utama yang bertanggung jawab untuk mengkonseptualisasikan desain dan mewujudkannya. Biasanya, seorang arsitek mendesain struktur sesuai dengan spesifikasi klien.

Hal ini merupakan perpaduan antara kreativitas dan kepraktisan; arsitek harus mengawinkan visi kreatif mereka (atau visi kreatif klien) dengan batasan fungsional fisika dan batasan ruang untuk menciptakan struktur yang baik.

Hal yang sama juga berlaku untuk desain ergonomis, yang berdampak pada keputusan seperti di mana meletakkan pintu dan jendela. Elemen-elemen desain ini juga bisa lebih luas, yang berdampak pada tata letak ruangan untuk mengoptimalkannya untuk penggunaan manusia. Untuk menerapkan keahlian mereka, arsitek dapat melakukan tugas-tugas berikut:

  • Bertemu dengan klien untuk mendiskusikan ekspektasi proyek, durasi, dan harga
  • Mengembangkan estimasi biaya dan jadwal berdasarkan skala proyek, bahan, dan tenaga kerja yang tersedia
  • Melakukan uji kelayakan (atau mempekerjakan ahli yang sesuai) pada lahan atau struktur
  • Menggunakan teknologi, seperti program Computer-Aided Design (CAD) untuk membuat gambar prospektif struktur untuk persetujuan klien.
  • Meneliti dan mengikuti perkembangan kode bangunan, persyaratan, spesifikasi, dan pedoman.
  • Mempekerjakan kontraktor dan spesialis yang diperlukan untuk bangunan dan konstruksi
  • Mengawasi perkembangan proyek dan melakukan perjalanan ke lokasi kerja untuk memastikan bahwa mereka memenuhi persyaratan klien

Apa yang dimaksud dengan Insinyur Arsitektur?

Seorang insinyur arsitektur, seperti namanya, menggunakan pemahaman profesional mereka tentang teknik untuk menerapkannya dalam lingkungan arsitektur. Para insinyur ini mengambil rencana proyek dan mengubahnya menjadi kenyataan, menggunakan latar belakang ilmiah dan matematika mereka untuk membangun bangunan sesuai dengan cetak biru yang disediakan.

Tentu saja, insinyur arsitektur juga berkolaborasi dengan tukang ledeng, teknisi listrik, dan spesialis konstruksi lainnya untuk merancang struktur yang baik, efisien, dan dibangun sesuai dengan cetak biru yang disediakan. Mereka biasanya bekerja sama dengan arsitek untuk memastikan bahwa mereka mengikuti cetak biru sesuai dengan instruksi, terutama mengenai elemen desain di dalam bangunan.

Instruksi ini memiliki tingkat kerumitan yang tinggi, dari sesuatu yang sederhana seperti penempatan pintu hingga sesuatu yang rumit seperti desain akustik ruangan.

Insinyur arsitektur dapat mengambil peran sebagai berikut:

  • Memeriksa cetak biru untuk membuat rencana tindakan
  • Merancang dan mengawasi sistem teknik, terutama di bidang keahlian mereka
  • Memastikan bahwa para pekerja menggunakan panduan cetak biru sebagaimana mestinya dan bahwa setiap masalah teknik diselesaikan, terutama di bidang keselamatan
  • Menguji sistem rekayasa setelah konstruksi

Apa Persamaan antara Arsitek dan Insinyur Arsitektur?

Tidak mengherankan jika arsitek dan insinyur arsitektur sering kali bingung, mengingat peran mereka sering bersinggungan. Keduanya harus mahir dalam membaca cetak biru, dan keduanya harus memiliki pemahaman mekanis tentang bagaimana memastikan bahwa bangunan memenuhi semua pedoman keselamatan; ini termasuk mengetahui bagaimana semua sistem di suatu tempat berfungsi, baik secara individu maupun sebagai satu kesatuan.

Beberapa keterampilan yang dimiliki bersama antara arsitek dan insinyur arsitektur meliputi:

  • Pengetahuan tingkat lanjut tentang matematika dan sains
  • Kemampuan untuk membaca dan memahami cetak biru
  • Kemampuan untuk memahami sistem teknik
  • Pengetahuan yang tinggi tentang desain dan konstruksi bangunan
  • Pengetahuan strategis tentang kode bangunan dan peraturan keselamatan
  • Kemampuan untuk mendelegasikan tanggung jawab dalam lingkungan konstruksi

Seorang arsitek dan insinyur arsitektur harus memiliki pengetahuan ahli dalam bidang konstruksi dan terbiasa dengan beberapa sistem dan metode konstruksi untuk melaksanakan cetak biru.

Apa Perbedaan Utama Antara Arsitek dan Insinyur Arsitektur?

Peran

Perbedaan penting antara kedua peran ini adalah bahwa seorang arsitek lebih banyak memberikan pedoman dasar tentang bagaimana pekerjaan harus dilakukan sesuai dengan cetak biru, sementara seorang insinyur arsitektur mahir dalam menginterpretasikan instruksi-instruksi tersebut, menerapkannya dalam lingkungan dunia nyata, dan memecahkan masalah-masalah teknik yang muncul.

Apakah seorang perencana kota menginginkan sebuah bangunan kota di Main Street? Seorang arsitek adalah ahli dalam mendesain bangunan spesifik yang diinginkan perencana kota di lokasi yang tepat sesuai dengan pedoman kota dengan semua akomodasi yang dibutuhkan bangunan publik. Sebaliknya, seorang insinyur arsitektur memiliki semua pengetahuan untuk membangun sistem tersebut melalui keahlian matematika secara fisik.

Pendidikan

Pemberi kerja mungkin mengharuskan seorang arsitek untuk memiliki setidaknya gelar sarjana dalam bidang arsitektur, meskipun banyak juga yang mengharuskan gelar master. Program pendidikan ini menanamkan pengetahuan dan keterampilan penting yang dibutuhkan seorang desainer untuk membuat rencana dan desain proyek yang layak dan fungsional.

Di sisi lain, seorang insinyur arsitektur umumnya harus memiliki gelar sarjana di bidang teknik struktural atau sipil, bidang yang sangat bergantung pada matematika dan pemahaman tentang sistem mekanik.

Sebagian besar arsitek dan insinyur arsitektur berlisensi memiliki cukup banyak waktu yang dihabiskan untuk magang di bawah ikat pinggang mereka, di mana mereka mengubah pengetahuan 'kepala' mereka dari pendidikan mereka menjadi keterampilan praktis yang dapat diterapkan di tempat kerja.

Kedua pekerjaan ini membutuhkan tingkat kredibilitas dan kepercayaan yang tinggi, sesuatu yang mungkin Anda harapkan ketika keselamatan semua penghuni bangunan bergantung pada hasil kerja arsitek dan insinyur arsitektur yang berkualitas tinggi.

Intinya

Pada akhirnya, seorang arsitek dan insinyur arsitektur memiliki peran penting dalam industri konstruksi. Dari awal hingga akhir, keduanya sangat terlibat dalam proyek untuk memastikan bahwa bangunan yang dibangun aman, ergonomis, dan dibangun sesuai dengan harapan klien.

Arsitek di Boulder, Colorado berperan sebagai perancang, memberikan instruksi dasar untuk bangunan tersebut. Pada saat yang sama, insinyur arsitektur menginterpretasikan instruksi tersebut dan membangun sistem mekanis atau mengawasi konstruksinya.

Disadur dari: schoolofpe.com