Apa Itu Teknik Sipil Sumber Daya Air?

Dipublikasikan oleh Kania Zulia Ganda Putri

19 April 2024, 09.31

blog.fenstermaker.com

Hanya ada sedikit industri publik yang tidak bergantung pada pekerjaan insinyur sipil. Mulai dari pemeliharaan jalan yang Anda lalui ke tempat kerja setiap hari hingga saluran air di kota Anda dan bahkan konstruksi bangunan di sektor swasta dan publik - insinyur sipil menyentuh setiap aspek masyarakat modern kita.  

Apa itu Rekayasa Sumber Daya Air?

Sumber: blog.fenstermaker.com

Teknik sumber daya air adalah bagian penting dari teknik sipil yang berfokus pada perencanaan, pembangunan, dan perancangan sistem untuk membangun dan memelihara sumber daya air. Meskipun ini mencakup banyak sekali topik, beberapa aspek terbesar dari teknik sumber daya air lebih menonjol daripada yang lain.   

Misalnya, salah satu fokus utama insinyur sumber daya air adalah mengikuti proses siklus hidrologi untuk memelihara dan membangun saluran air alami dan buatan, lokasi pengolahan air, pengembangan tenaga listrik tenaga air, dan banyak lagi.   

Insinyur sumber daya air selalu berfokus pada bagaimana menciptakan teknik dan peralatan baru untuk membuat proyek-proyek berskala besar ini lebih terjangkau dan meningkatkan keefektifan sistem manajemen sumber daya air dan pengolahan air. Mereka harus bekerja seefisien mungkin untuk mengimbangi populasi planet ini yang terus bertambah.   

Mengapa Rekayasa Sumber Daya Air Penting? 

Rekayasa sumber daya air penting karena berhubungan dengan salah satu sumber daya utama Bumi yang terbatas: air. H2O sangat penting untuk kelangsungan kehidupan di planet kita, tetapi mengoptimalkan pergerakannya, melestarikannya, dan membuatnya aman untuk diminum adalah tugas yang sering kali menjadi tanggung jawab para insinyur sipil - khususnya mereka yang berkecimpung dalam industri sumber daya air.  

Sumber daya planet kita terbatas dan sebagian besar tidak dapat diperbaharui - termasuk air. Kurang dari 1% air di bumi secara alami aman dan tersedia untuk konsumsi manusia, namun berkat insinyur sumber daya air, kita sebenarnya dapat memanfaatkan 99% lainnya untuk tujuan seperti mengairi pertanian dan menghidrasi penduduk.   

Selain itu, insinyur sumber daya air dapat menemukan sumber air tawar lainnya dan melestarikan sumber air yang kita miliki melalui pencarian sumur bawah tanah. Para spesialis ini juga membantu melindungi lingkungan dengan berbagai cara, termasuk melalui pengelolaan limbah. 

Apa Saja Lima Jenis Sumber Daya Air? 

Lima jenis sumber daya air adalah air kota, air tanah, air permukaan, air hujan, dan air laut. Insinyur sumber daya air harus berurusan dengan kelima jenis sumber daya air ini saat mereka melakukan pekerjaan sehari-hari.  

Kota 

Air kota, yang lebih dikenal sebagai air keran, adalah air yang didistribusikan di banyak daerah perkotaan dan pinggiran kota. Air ini diatur oleh Badan Perlindungan Lingkungan (EPA). Di Amerika Serikat, kurang dari 1% air kota yang digunakan untuk konsumsi manusia, dengan sebagian besar penggunaannya digunakan untuk mandi, membersihkan rumah, dan memasak. 

Air tanah 

Air tanah adalah air yang ditemukan di celah-celah dan pori-pori di bawah bumi, dan merupakan 39% dari air yang digunakan untuk persediaan publik, dan 40% dari air yang digunakan untuk pertanian. Insinyur sipil yang bekerja dengan air tanah umumnya berfokus pada pemodelan dan pengelolaan air bawah permukaan ini, bahkan merancang sistem ekstraksi untuk air tersebut sehingga manusia dapat mengaksesnya.  

Air Permukaan 

Istilah yang luas untuk semua jenis air yang ditemukan di atas tanah, air permukaan mencakup danau, sungai, lahan basah, waduk, anak sungai, sumur dangkal, dan banyak lagi. Meskipun beberapa orang memasukkan lautan ke dalam kategori air permukaan, untuk tujuan teknik, biasanya dikategorikan secara terpisah. Itu karena air permukaan tidak memerlukan desalinasi sebanyak air laut.  

Air hujan 

Nama kategori ini cukup menjelaskannya - air hujan dan air hujan yang jatuh dari langit selama peristiwa cuaca presipitatif. Salah satu dari sekian banyak proyek teknik sipil yang berkaitan dengan air hujan adalah membangun sistem pemanenan air hujan. Tidak seperti beberapa jenis sumber daya air lainnya, air hujan biasanya rendah polutan, sehingga memanennya bisa sangat bermanfaat.  

Air laut 

Air asin yang membentuk samudra dan lautan di planet ini adalah sumber daya yang kita miliki jika kita membutuhkannya, tetapi sangat sulit untuk digunakan. Itu karena proses desalinasi yang diperlukan untuk membuat air laut aman untuk dikonsumsi manusia itu mahal dan membutuhkan banyak energi dibandingkan dengan apa yang dibutuhkan untuk memurnikan sumber daya air lainnya dalam daftar ini.  

Sumber: blog.fenstermaker.com

Bagaimana Menjadi Insinyur Sumber Daya Air 

Jika Anda tertarik untuk menjadi insinyur sumber daya air, perjalanan Anda akan dimulai dengan gelar Sarjana Teknik Sipil atau bidang terkait. Saat Anda mengejar gelar empat tahun, penting untuk mengambil kelas tentang berbagai mata pelajaran penting yang terkait dengan teknik sipil secara keseluruhan serta yang berfokus pada sumber daya air secara spesifik.    

Apa Saja Persyaratan Pendidikan untuk Menjadi Insinyur Sumber Daya Air? 

Persyaratan pendidikan untuk menjadi insinyur sumber daya air mencakup minimal gelar Sarjana Teknik Sipil, meskipun sebagian besar di bidang ini juga mengejar gelar master. Ketika Anda mengejar gelar master, ada baiknya Anda memfokuskan pengetahuan Anda pada cabang teknik sipil mana pun yang paling Anda minati dan kuasai.   

Dalam hal ini, Anda dapat mengejar gelar pascasarjana di bidang teknik sumber daya air. Gelar tersebut pasti akan membantu Anda lebih memahami bidang ini dan lebih mungkin untuk mendapatkan pekerjaan tingkat pemula dengan gaji yang lebih tinggi setelah Anda selesai dengan sekolah Anda. Ada banyak sekolah di AS dan luar negeri yang menawarkan program teknik sipil yang kuat.  

Di Mana Seorang Insinyur Sumber Daya Air Bekerja? 

Insinyur sumber daya air biasanya berkarier di daerah dekat pantai dan di negara bagian dengan populasi yang lebih besar, seperti California, New York, dan Florida, dan di negara bagian di Timur Laut di sepanjang pantai Samudra Atlantik.  

Meskipun demikian, karena kebutuhan insinyur sumber daya air di seluruh negeri, terdapat pekerjaan di hampir semua negara bagian untuk berkarier di bidang ini. Di lokasi-lokasi ini, sebagian besar posisi insinyur sumber daya air dapat ditemukan di semua tingkat pemerintahan (lokal, negara bagian, dan federal) atau bahkan bekerja di perusahaan swasta.   

Berapa Gaji Insinyur Sipil Sumber Daya Air? 

Gaji insinyur sipil sumber daya air rata-rata adalah $73.171 per tahun per Januari 2023. Gaji biasanya berkisar antara $63.747 dan $82.603. Penting juga untuk diperhatikan bahwa gaji Anda akan meningkat tergantung pada tingkat pendidikan Anda, berapa tahun yang Anda habiskan di lapangan, lokasi karier Anda, lokasi geografis posisi, dan tingkat pemerintah atau perusahaan swasta tempat Anda bekerja.   

Seorang insinyur sumber daya air biasanya akan bekerja 40 jam seminggu dengan sesekali lembur. Baik Anda bekerja di lembaga pemerintah atau mengambil posisi di sektor swasta, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan manfaat asuransi kesehatan, rencana pensiun, hari libur nasional, dan banyak lagi.  

Apa Saja Permintaan Pekerjaan untuk Insinyur Sumber Daya Air? 

Biro Statistik Tenaga Kerja AS (BLS) melaporkan bahwa permintaan untuk insinyur sipil secara umum diperkirakan akan tumbuh sekitar 7% dalam beberapa tahun ke depan, sebuah nilai yang berada di atas tingkat pertumbuhan rata-rata sebesar 4% hingga 5% untuk pekerjaan lainnya. 

Terdapat permintaan yang besar dan terus meningkat secara khusus untuk insinyur sumber daya air di Amerika Serikat saat ini, terutama setelah Survei dan Penilaian Infrastruktur Air Minum ke-6 dari EPA menyadari bahwa lebih dari $470 miliar akan dibutuhkan untuk mempertahankan air yang aman untuk dikonsumsi manusia dalam 20 tahun mendatang.   

Organisasi Profesi Apa Saja yang Diikuti Insinyur Sumber Daya Air? 

Salah satu organisasi profesional utama yang melibatkan para insinyur sumber daya air adalah American Academy of Water Resource Engineers (AAWRE), yang merupakan akademi pertama yang dibentuk di bawah naungan Civil Engineering Certification, Inc (CEC). AAWRE memulai program sertifikasi Diplomate, Water Resources Engineer (D.WRE) untuk mengikuti banyak kebijakan dari American Society of Civil Engineers (ASCE).  

ASCE adalah organisasi besar yang beranggotakan individu-individu dari semua cabang teknik sipil. Organisasi ini awalnya didirikan pada tahun 1852. ASCE mewakili lebih dari 150.000 anggota profesi teknik sipil di 177 negara, termasuk A.S. Tujuannya adalah untuk mendorong pembelajaran teknik sipil seumur hidup secara keseluruhan, mempromosikan profesionalisme dalam pekerjaan ini, dan mengembangkan teknik sipil dengan anggota yang besar melalui jaringan. 

Sumber: blog.fenstermaker.com

Disadur dari: blog fenstermaker.com