Apa Itu Rekayasa Keuangan? (Definisi, Jenis, dan Pertanyaan Umum)

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

09 Mei 2024, 18.14

Sumber: Pinterest.com

Rekayasa keuangan adalah bidang multidisiplin yang terdiri dari metode rekayasa, teori keuangan, alat matematika, dan praktik pemrograman. Ada banyak manfaat dari pekerjaan ini, termasuk penghasilan tinggi, bersama dengan beberapa tantangan. Jika Anda memiliki minat di bidang ini, mengetahui apa saja yang dibutuhkan dalam pekerjaan ini dan persyaratannya dapat membantu Anda menentukan apakah ini adalah karier yang ingin Anda kejar.

Dalam artikel ini, kami menjawab pertanyaan, “Apa itu rekayasa keuangan?”, membahas apa yang dilakukan seorang profesional dalam pekerjaan ini, menguraikan tanggung jawab dan keterampilan utama mereka, berbagi jenis-jenis rekayasa keuangan, dan menjawab beberapa pertanyaan umum.

Apa itu rekayasa finansial?
Jawaban dari pertanyaan “Apa itu rekayasa keuangan?” adalah bahwa hal ini mengacu pada penerapan berbagai model matematika untuk melakukan analisis ilmiah terhadap faktor-faktor ekonomi. Tujuan utamanya adalah untuk mengoptimalkan bagaimana bisnis di berbagai industri keuangan mereka. Para profesional di bidang ini menggunakan berbagai teknik untuk membantu pengambilan keputusan terkait menabung, berinvestasi, meminjamkan, dan mengelola risiko.

Meskipun pekerjaan di bidang teknik keuangan dapat memiliki banyak jabatan lain, banyak posisi yang membutuhkan pengetahuan tentang teknik keuangan. Misalnya, seseorang dalam peran ini dapat bekerja sebagai trader, manajer investasi, atau manajer risiko. Karier ini dapat menekankan berbagai elemen, termasuk:

  • Mengembangkan model kuantitatif baru untuk analisis data keuangan
  • Memasukkan metode ini ke dalam proses perencanaan perusahaan
  • Membangun perangkat lunak untuk pengembangan dan pengelolaan metode ini
  • Memberi saran kepada klien tentang cara-cara untuk meningkatkan perencanaan keuangan mereka
  • Memperkirakan perilaku pasar sambil memperhitungkan risiko dan manfaat yang melekat pada perdagangan dan investasi

Apa yang dilakukan seorang insinyur keuangan?
Insinyur keuangan mengembangkan model simulasi aktivitas pasar yang dapat meramalkan risiko keuangan, menggunakan alat bantu matematika dan teknik pemrograman komputer. Berdasarkan data pasar historis dan penelitian, para profesional ini merancang model simulasi untuk analisis dan memprediksi perilaku pasar di masa depan. Mereka dapat menggunakan perhitungan ini untuk menjelaskan risiko keuangan dan memperdagangkan atau menginvestasikan modal atas nama perusahaan mereka. Jika akurat, perusahaan dapat memperoleh keuntungan dari investasi dan rencana prediksi ini.

Biasanya, perusahaan mempekerjakan insinyur keuangan jika mereka secara teratur berdagang atau menghasilkan keuntungan menggunakan pasar. Organisasi semacam itu umumnya adalah perusahaan manajemen aset, perusahaan asuransi, bank investasi, atau mereka yang memiliki dana lindung nilai. Mereka mempekerjakan para profesional ini untuk manajemen portofolio, manajemen risiko, dan perdagangan eksklusif serta untuk penyediaan bantuan lain yang relevan bagi departemen keuangan.

Tanggung jawab utama seorang insinyur keuangan
Tanggung jawab spesifik seseorang di bidang ini bervariasi sesuai dengan posisi dan perusahaan, tetapi berikut ini adalah beberapa tugas utama yang dapat Anda harapkan untuk dilakukan dalam banyak peran:

  • Mengembangkan modul keuangan: Membuat simulasi pasar keuangan adalah tanggung jawab mendasar bagi insinyur keuangan. Mereka menggunakan teknologi dan data untuk perhitungan matematis untuk mengembangkan algoritma prediksi pasar yang akurat.
  • Membantu bisnis dalam pengambilan keputusan keuangan: Para profesional ini menerapkan kesimpulan data yang diperoleh untuk membantu organisasi mengurangi risiko keuangan. Misalnya, mereka dapat membuat rekomendasi berdasarkan data mengenai kapan dan bagaimana cara berinvestasi, menabung, dan mengambil pinjaman.
  • Mengamati pasar saham: Hal ini sangat penting bagi para insinyur keuangan karena perubahan di pasar saham dapat secara signifikan memengaruhi rekomendasi mereka. Mereka memantau pasar dan saham individu secara cermat untuk memperkirakan fluktuasi harga dan membuat keputusan investasi yang bijak.
  • Memberi saran peningkatan teknologi: Biasanya, banyak lulusan berkolaborasi dengan para insinyur dan penguji untuk memilih, menilai, dan membangun teknologi internal. Biasanya, mereka berusaha mengembangkan alat untuk pemodelan dan analisis, terkadang mengandalkan kecerdasan buatan untuk membantu mengembangkan algoritme yang efisien.

Jenis rekayasa keuangan
Rekayasa keuangan mencakup berbagai jenis perdagangan, dan masing-masing membutuhkan metode analisis dan perkiraan pasar yang berbeda. Berikut ini adalah jenis-jenis dasar yang mungkin Anda temui:                                                                                                                                                                                                                                                                                                        
Perdagangan derivatif                                                                                                                                                                                  Praktik ini berkembang ketika para insinyur keuangan mencari strategi baru untuk memaksimalkan profit. Gaya trading ini tidak memiliki nilai moneter langsung dalam hal perjanjian keuangan. Perjanjian ini mungkin berkaitan dengan aset, indeks, atau suku bunga. Nilai derivatif bergantung pada kinerja aset acuan dari waktu ke waktu. Insinyur keuangan dapat menggunakan jenis perdagangan ini untuk meningkatkan potensi keuntungan perusahaan.

Perdagangan pasar valuta asing
Insinyur keuangan dapat mengambil manfaat dari pasar global dengan menggunakan jenis perdagangan ini. Nilai tukar mata uang mendominasi pasar valuta asing. Umumnya, sebuah perusahaan memegang berbagai jenis mata uang asing. Membuat prediksi terkait nilai tukar memungkinkan seorang profesional untuk menentukan kapan nilai mata uang cenderung naik atau turun. Hal ini sangat membantu bisnis karena broker yang terkait dapat menggunakan prediksi ini untuk memperdagangkan mata uang, sehingga memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan kerugian.

Keterampilan utama seorang insinyur keuangan
Berikut adalah beberapa kemampuan yang bisa Anda pertimbangkan untuk dipelajari untuk membantu Anda sukses dalam peran di bidang ini:
                                                                                                                                                                                                                Pemrograman komputer
Ini adalah keterampilan penting bagi seorang insinyur keuangan untuk digunakan saat mengembangkan model simulasi pasar. Hal ini penting untuk memprediksi dan menganalisis perilaku pasar keuangan. Perusahaan mungkin lebih memilih kandidat dengan kemampuan ini karena sangat berguna untuk manajemen risiko modal. Mempelajari coding dan debugging dapat membantu Anda meningkatkan kemampuan pemrograman. Pertimbangkan untuk mendaftar di kursus pemrograman online singkat untuk mendapatkan saran dan bantuan dari para ahli.
 

Komunikasi yang efektif
Ini adalah keahlian utama bagi insinyur keuangan untuk menyampaikan pemikiran, ide, dan pendapat profesional mereka kepada manajemen dan eksekutif tingkat atas. Hal ini juga membantu mereka mengidentifikasi tren keuangan yang sedang berkembang dan memecahkan masalah dengan lebih efektif. Anda dapat melatih dan meningkatkan kompetensi komunikasi Anda dengan mencoba menjelaskan isu-isu kompleks kepada mereka yang tidak terbiasa dengan isu-isu tersebut. Hal ini juga dapat membantu Anda meningkatkan kemampuan mendengarkan dengan penuh perhatian, kesabaran, dan kejernihan suara.

Matematika
Seorang insinyur keuangan secara teratur menggunakan keterampilan matematika untuk menguji dan menerapkan strategi analisis risiko modal dan penghasil laba baru. Memiliki mental matematika yang kuat serta pengetahuan teoretis dan statistik penting bagi para profesional ini untuk memprediksi perilaku pasar secara akurat, sehingga meningkatkan kemungkinan perdagangan yang menguntungkan. Ada kursus dan pelatihan yang tersedia untuk membantu Anda meningkatkan kemampuan matematika Anda.

Ilmu komputer
Ini adalah keahlian penting bagi insinyur keuangan. Ilmu ini memungkinkan mereka mengembangkan algoritme yang dapat digunakan untuk mendeteksi dan mengamati tren data yang muncul. Mereka juga dapat menerapkan otomatisasi, yang mempercepat proses perdagangan dan analisis data yang mereka lakukan. Pertimbangkan untuk memanfaatkan sumber daya online untuk berlatih dan meningkatkan kemampuan ilmu komputer Anda.

Pemikiran logis
Seorang insinyur keuangan membutuhkan proses berpikir logis untuk memecahkan masalah dan manajemen risiko. Mereka mendekati keuangan dengan pola pikir analitis, ilmiah, dan matematis. Memiliki kemampuan analitis yang kuat membantu para profesional ini menganalisis tren dan aktivitas pasar. Anda bisa mempertimbangkan membaca buku edukasi tentang pemikiran kritis atau bermain game pemecahan masalah, seperti teka-teki berbasis angka, untuk meningkatkan kemampuan ini.
 

Pengetahuan tentang ekonomi
Ini sangat membantu bagi semua insinyur keuangan, karena memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang hubungan pasar, yang dapat menginformasikan keputusan penting. Pengetahuan ini juga membantu dalam pengembangan rencana strategis tambahan dan resolusi alternatif terhadap pembaruan pasar atau modifikasi kontrak. Pengetahuan tentang ekonomi sangat penting untuk memahami dampak politik dan hubungan masyarakat terhadap pasar, dan memandu para profesional dalam membuat prakiraan. Anda bisa membaca jurnal dan buku ekonomi untuk meningkatkan pemahaman Anda tentang ekonomi.

Pertanyaan umum terkait rekayasa finansial
Berikut adalah beberapa pertanyaan umum terkait teknik keuangan yang dapat membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang profesi ini:

Apa saja gelar teknik keuangan yang tersedia?
Anda bisa mempertimbangkan untuk meraih gelar sarjana, master, atau doktor di bidang teknik keuangan. Ada banyak perguruan tinggi yang menawarkan program-program ini, dan Anda dapat memilih perguruan tinggi dan program yang sesuai dengan rencana karier Anda. Silabus program ini mencakup matematika, statistik, ekonomi, konsep keuangan dan manajemen risiko, serta teknik yang digunakan oleh lembaga keuangan dan produk keuangan.

Bidang pekerjaan apa saja yang tersedia setelah lulus sebagai insinyur keuangan?
Umumnya, lulusan bekerja di perusahaan asuransi, perusahaan manajemen aset, hedge fund, bank investasi, dan perusahaan keuangan lainnya. Mereka sering bekerja sebagai analis keuangan, manajer risiko, manajer portofolio dan manajer aset. Teknik keuangan mempersiapkan mahasiswa untuk berbagai bidang pekerjaan, termasuk regulasi keuangan, keuangan perusahaan, manajemen portofolio, perdagangan, manajemen aset, akuntansi, teknik data, keuangan internasional dan administrasi keuangan.

Apa perbedaan antara gelar Master of Business Administration (MBA) di bidang keuangan dan Bachelor of Technology (BTech) di bidang teknik keuangan?
Meskipun MBA di bidang keuangan dan BTech di bidang teknik keuangan keduanya berfokus pada bidang yang sama, MBA di bidang keuangan melibatkan studi tentang konsep dan teori keuangan dan cara Anda dapat menggunakannya di pasar saat ini, sedangkan BTech di bidang teknik keuangan terdiri dari analisis dan studi kuantitatif serta penggunaannya di bidang keuangan. Rekayasa keuangan mencakup beberapa latar belakang teknis dan mencakup mata pelajaran seperti pembelajaran mesin dalam rekayasa keuangan, sekuritas derivatif, metode kuantitatif, dan ekonomi keuangan. Manajemen keuangan mencakup latar belakang keuangan dan akuntansi dan berisi mata kuliah seperti teori keuangan, peraturan dan etika, pasar keuangan dan analisis.

Disadur dari: in.indeed.com