Apa itu Pharmaceutical manufacturing?

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

16 April 2024, 08.33

Sumber: Wikipedia

Manufaktur farmasi adalah proses sintesis obat-obatan pada skala industri sebagai bagian dari industri farmasi. Proses pembuatan suatu obat dapat dibagi menjadi serangkaian unit operasi, seperti penggilingan, granulasi, pelapisan, pembuatan tablet, dll.

Pertimbangan peningkatan skala
Pendinginan

Meskipun Laboratorium dapat menggunakan es kering sebagai pendingin untuk bereaksi secara selektif , sebuah proses yang menjadi kompleks pada skala industri. Biaya pendinginan reaktor tertentu hingga suhu ini tinggi, dan viskositas reaktan umumnya juga meningkat seiring dengan penurunan suhu, sehingga menyebabkan kesulitan dalam pencampuran. Hal ini menimbulkan biaya tambahan untuk pengadukan yang lebih kuat dan penggantian komponen yang lebih sering atau mengakibatkan reaksi yang tidak seragam. Terakhir, suhu yang lebih rendah dapat mengeraskan reaktan, zat antara, dan produk sampingan dalam bejana reaksi seiring waktu, yang akan mempengaruhi kemurnian produk.

Stoikiometri
Perbandingan stoikiometri reaktan yang berbeda dapat mengakibatkan perbedaan perbandingan produk yang terbentuk. Pada skala industri, menambahkan Reagen A ke Reagen B dalam jumlah besar dapat memakan waktu lama. Selama proses ini, reaktan A yang ditambahkan bersentuhan dengan reaktan B dalam jumlah yang jauh lebih besar hingga reaktan Bertambah sempurna, dan ketidakseimbangan ini dapat menyebabkan reaksi prematur dari reaktan A dan reaksi produk berikutnya juga dengan reagen B berlebih.

Ekstraksi pelarut
Menambahkan pelarut organik ke dalam pelarut air atau sebaliknya menjadi hal yang penting dalam skala industri. Tergantung pada pelarut yang digunakan, emulsi dapat terbentuk dan waktu yang diperlukan untuk pemisahan dapat diperpanjang jika pencampuran antar pelarut tidak optimal. Ketika menambahkan pelarut organik ke dalam air, keseimbangan kimia harus dipertimbangkan kembali, karena kelebihan air hanya dapat menghidrolisis senyawa organik dalam kondisi sedikit asam atau basa. Secara lebih luas, lokasi pabrik kimia dapat berperan dalam suhu lingkungan sekitar reaktor. Perbedaan beberapa derajat saja dapat mengakibatkan tingkat ekstraksi yang sangat berbeda antar tanaman di berbagai negara.

Unit Operasi
Pengembangan formulasi dan persiapan
Formulasi dan pengembangan formulasi

Pengumpanan bubuk dalam produksi berkelanjutan
Dalam produksi berkelanjutan, bahan mentah dan input energi dimasukkan ke dalam sistem dengan laju konstan, pada saat yang sama, produk diekstraksi secara terus menerus pada kecepatan yang konstan. hasil yang dapat dicapai. Kinerja proses sangat bergantung pada stabilitas aliran material. Untuk proses berbahan dasar bubuk yang berkesinambungan, penting untuk memasukkan bubuk secara konsisten dan akurat ke dalam unit operasi berikutnya di jalur pemrosesan, karena pengumpanan sering kali merupakan unit operasi pertama. Pengumpan ini dirancang untuk memastikan kinerja yang andal, keakuratan laju pemberian makan, dan gangguan minimal. Pasokan material yang akurat dan konsisten melalui pengumpan yang dirancang dengan baik memastikan stabilitas proses secara keseluruhan. Pengumpan penurunan berat badan (LIW) dipilih untuk produksi farmasi. Pengumpan Loss-in-weight (LIW) mengontrol pengeluaran material berdasarkan berat pada laju yang tepat dan sering kali dipilih untuk meminimalkan variabilitas laju alir yang disebabkan oleh perubahan tingkat pengisian dan kepadatan curah material. Yang penting, kinerja pengumpanan sangat bergantung pada sifat aliran bubuk.

Pencampuran bubuk
Dalam industri farmasi, berbagai eksipien dapat dicampur bersama dengan bahan aktif farmasi untuk menghasilkan campuran akhir yang digunakan untuk memproduksi bentuk sediaan padat. Kisaran bahan yang dapat dicampur (eksipien, API), menyajikan sejumlah variabel yang harus ditangani untuk mencapai target atribut kualitas produk. Variabel-variabel ini dapat mencakup distribusi ukuran partikel (termasuk agregat atau bongkahan material), bentuk partikel (bola, batang, kubus, pelat, dan tidak beraturan), keberadaan uap air (atau senyawa mudah menguap lainnya), sifat permukaan partikel (kekasaran, kohesi) , dan sifat aliran bubuk.

Penggilingan
Selama pembuatan obat, penggilingan seringkali diperlukan untuk mengurangi ukuran partikel rata-rata dalam bubuk obat. Ada beberapa alasan untuk hal ini, termasuk peningkatan homogenitas dan keseragaman dosis, peningkatan bioavailabilitas, dan peningkatan kelarutan senyawa obat. Dalam beberapa kasus, pencampuran bubuk berulang-ulang diikuti dengan penggilingan dilakukan untuk meningkatkan kemampuan manufaktur campuran.

Granulasi
Secara umum ada dua jenis granulasi: granulasi basah dan granulasi kering. Pelet dapat dianggap kebalikan dari penghancuran; ini adalah proses di mana partikel-partikel kecil diikat menjadi satu untuk membentuk partikel yang lebih besar, yang disebut butiran. Granulasi digunakan karena berbagai alasan. Proses granulasi mencegah “pencampuran” bahan-bahan dalam campuran, menghasilkan butiran yang mengandung semua bahan dalam proporsi yang diperlukan, meningkatkan karakteristik aliran bubuk (karena butiran kecil tidak mengalir dengan baik), dan Meningkatkan sifat kompresi untuk pelet. 

Ekstrusi Meleleh Panas
Ekstrusi Meleleh Panas digunakan dalam pemrosesan dosis farmasi oral padat untuk memungkinkan pengiriman obat dengan kelarutan dan bioavailabilitas yang buruk. Ekstrusi lelehan panas telah terbukti mendispersikan obat yang menantang secara molekuler dalam pembawa polimer, sehingga meningkatkan laju disolusi dan bioavailabilitas. Prosesnya melibatkan penerapan panas, tekanan, dan agitasi untuk mencampur bahan dan "menyapu" bahan tersebut melalui cetakan. Ekstruder sekrup kembar geser tinggi mencampur material dan memecah partikel secara bersamaan. Butiran yang dihasilkan dapat dicampur dan dikompres menjadi tablet atau kapsul.

Dokumen
Mendokumentasikan kegiatan yang dilakukan oleh produsen farmasi dalam upaya memperoleh izin operasi, menjamin mutu produk yang diproduksi dan memuaskan badan pengatur. Memantau operasi produksi dan menentukan apakah suatu proses produksi dapat dilanjutkan atau harus dihentikan dan diperbaiki.

Site Master File (SMF)
File Induk Lokasi adalah dokumen industri farmasi yang memberikan informasi tentang produksi dan pengendalian operasi manufaktur. Dokumentasi dibuat oleh pabrikan. Catatan induk fasilitas berisi informasi GMP yang spesifik dan faktual mengenai produksi dan pengendalian aktivitas produksi farmasi yang dilakukan di lokasi yang ditentukan dan semua aktivitas yang terintegrasi erat di lokasi yang ditentukan. Jika hanya sebagian aktivitas farmasi yang dilakukan di tempat, catatan induk fasilitas harus menjelaskan aktivitas tersebut saja, misalnya analisis, pengemasan.

Disadur dari: en.wikipedia.org