Apa itu Pembelajaran Jarak Jauh? - Keuntungan dan Kerugian

Dipublikasikan oleh Kania Zulia Ganda Putri

30 April 2024, 07.48

Sumber: www.mastersdegree.net

Munculnya internet dan kemajuan teknologi yang terus-menerus telah mempengaruhi setiap bidang kehidupan manusia. Hal ini telah mengubah cara kita berkomunikasi satu sama lain, cara kita berbelanja produk dan layanan yang berbeda, dan hal ini juga memengaruhi cara kita belajar atau memperoleh pengetahuan baru.

Teknologi telah berdampak pada pendidikan tidak hanya pada metode yang digunakan untuk mengajar, tetapi juga pada cara penyampaiannya kepada siswa. Sebelum adanya internet, pelajar dari seluruh dunia tidak punya pilihan lain selain kuliah langsung di universitas.

Hal ini sering kali berarti pindah ke negara atau kota lain, dan berinteraksi secara pribadi di ruang kelas. Namun, zaman telah berubah, dan kini siapa pun dari mana pun di dunia dapat menghadiri kelas atau memperoleh gelar tanpa harus menginjakkan kaki di tempat di mana kelas diadakan.

Apa itu pembelajaran jarak jauh?

Disebut juga pendidikan jarak jauh, pembelajaran jarak jauh merupakan suatu metode belajar dimana siswa tidak perlu hadir di ruang kelas secara fisik , namun dapat mengikuti kelas dan belajar melalui metode virtual.

Metode pembelajaran ini memanfaatkan keunggulan internet dan dapat dilakukan melalui siaran ceramah langsung atau video yang direkam sebelumnya.

Bagaimana cara kerja pembelajaran jarak jauh?

Jika Anda selalu ingin mengambil kursus tertentu, tetapi tidak menemukan kelas yang tersedia di lokasi Anda, Anda dapat membuka internet dan mencarinya. Ada banyak sekali ketersediaan kursus mulai dari setiap mata pelajaran yang memungkinkan dan berbagai universitas atau lembaga terakreditasi.

Setelah Anda menemukan kursus yang sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda mendaftar dengan cara yang sama seperti saat Anda mendaftar di kelas fisik. Anda mungkin perlu membayar biaya atau tidak, tergantung pada platform, kelas, atau instruktur yang Anda pilih.

Kursus dapat berupa siaran langsung , dengan jadwal tertentu dan Anda harus hadir dalam siaran tersebut. Anda mungkin dapat melihat profesornya dan Anda mungkin juga diminta menyalakan kamera agar profesor juga dapat melihat seluruh kelasnya. Perkuliahan kemudian disampaikan seperti biasa di ruang kelas fisik.

Selain siaran langsung, kursus juga dapat diajarkan melalui rekaman ceramah . Ini bisa berarti bahwa setiap kuliah dijadwalkan untuk diposting pada waktu tertentu dan Anda biasanya memiliki waktu satu minggu untuk menontonnya, sebelum kuliah berikutnya diposting.

Di sisi lain, video ceramah semuanya dapat diposting di awal kursus dan Anda dapat menonton video sesuai keinginan Anda tanpa jadwal.

Meski demikian, semua metode pembelajaran jarak jauh tersebut memiliki kesamaan. Dalam setiap perkuliahan, instruktur akan mengkomunikasikan informasi yang relevan dengan mata kuliah tersebut, yang biasanya dituangkan dalam silabus.

Sepanjang perkuliahan, mungkin ada kuis singkat , di mana Anda harus menggunakan komputer untuk menjawabnya, dan biasanya Anda akan menerima tugas dan batas waktunya. Di akhir kursus, mungkin ada ujian akhir yang dapat Anda selesaikan dari komputer Anda dan menyerahkannya untuk dinilai oleh instruktur.

Seringkali, setiap kali Anda membayar biaya kursus, Anda akan menerima sertifikat penyelesaian kursus, atau jika Anda mendaftar untuk gelar online, Anda akan memperoleh diploma setelah memenuhi semua persyaratan kredit.

Apa itu kursus online terbuka besar-besaran

Selama bertahun-tahun, berbagai bentuk pendidikan virtual telah bermunculan. Yang terbaru dan paling umum adalah pembelajaran jarak jauh yang disebut Massive Open Online Courses atau MOOCs. MOOCs adalah ruang kelas virtual untuk suatu kursus dimana jumlah siswa yang mendaftar sangat tinggi . Kelas-kelas ini sering kali diajar oleh instruktur berkualitas tinggi dari universitas bergengsi, seperti Princeton, Harvard, atau Stanford University.

Tujuan MOOCs adalah untuk menyebarkan pendidikan ke seluruh masyarakat, dan seringkali, kelas-kelas tersebut tidak dipungut biaya, dengan kemungkinan membayar biaya untuk memperoleh sertifikat kelulusan. Di sisi lain, bentuk pendidikan virtual lain yang telah hadir sejak pertengahan abad ke -19 , bahkan sebelum adanya internet adalah pendidikan korespondensi.

Apa kelebihan dan kekurangan pembelajaran jarak jauh?

Kelebihan dan kekurangan pembelajaran jarak jauh bergantung pada sudut pandang siswa.

Keuntungannya adalah:

  • Dapat mengambil kursus dan belajar dari universitas dan/atau instruktur mana pun di dunia
  • Membuat jadwal belajar sendiri selama kursus diberikan
  • Bisa mendapatkan gelar dari universitas mana pun tanpa meninggalkan negara asal Anda selama Anda berhasil menyelesaikan kursus yang diperlukan
  • Tidak perlu meninggalkan posisi pekerjaan Anda , tetapi dapat belajar kapan pun Anda punya waktu dan jadwal pekerjaan Anda memungkinkan
  • Dapat berkomunikasi dan berinteraksi tidak hanya dengan profesor melalui sarana virtual, tetapi juga dengan orang lain di seluruh dunia yang mengambil mata kuliah yang sama dengan Anda . Interaksi ini dapat dilakukan melalui email atau chat room, dan siswanya dapat berasal dari budaya atau negara yang berbeda. Hal ini membantu orang mendapatkan lebih banyak wawasan dan memaparkan diri mereka pada sudut pandang berbeda yang mungkin tidak mereka peroleh di ruang kelas fisik pada umumnya dengan keragaman yang lebih sedikit.
  • Kursus atau gelar pembelajaran jarak jauh seringkali jauh lebih murah dibandingkan dengan mendaftar secara formal di ruang kelas di universitas fisik. Seperti disebutkan sebelumnya, jika Anda mendaftar di MOOCs, kursusnya biasanya gratis.

Kerugian dari pembelajaran jarak jauh adalah:

  • Kurangnya interaksi sosial fisik yang ditemukan di kelas tradisional pada umumnya. Siswa hanya dapat terlibat dan berbagi pendapat melalui sarana virtual di ruang obrolan atau siaran, namun tidak dapat berinteraksi secara fisik satu sama lain
  • Itu tidak cocok untuk semua tipe pembelajar . Jika Anda adalah seseorang yang membutuhkan motivasi dan dukungan terus-menerus dari profesor atau instruktur, maka pembelajaran jarak jauh bukan untuk Anda, karena instruktur tidak selalu bersedia menawarkan bantuan dengan cara yang sama seperti di ruang kelas tradisional.
  • Beberapa kursus yang diperlukan untuk menyelesaikan gelar mungkin tidak tersedia secara online . Terkadang universitas mengadakan banyak kursus wajib secara online untuk memberi siswa gambaran tentang metodologi, kualitas, dan nilai pengajaran mereka. Setelah Anda menyelesaikan kursus tersebut, untuk mendapatkan gelar tersebut Anda mungkin diharuskan menghadiri beberapa kelas secara langsung. Kelas-kelas ini kemungkinan besar kurang terjangkau, atau Anda tidak akan dapat melakukan perjalanan ke universitas untuk mengambilnya.
  • Anda harus paham teknologi. Jika Anda adalah orang yang tidak nyaman bekerja dengan teknologi, maka pembelajaran jarak jauh tidak cocok untuk Anda. Pembelajaran jarak jauh mengharuskan siswa untuk dapat mengoperasikan setidaknya pengetahuan minimum tentang berbagai ruang obrolan, ujian online, dan interaksi, dan banyak orang merasa tidak nyaman jika mereka bahkan tidak memiliki materi fisik untuk belajar.

Disadur dari: www.mastersdegree.net