Apa Itu Pembelajaran Jarak Jauh? Definisi dan Arti

Dipublikasikan oleh Kania Zulia Ganda Putri

29 April 2024, 08.56

Sumber: cleverlms.com

Pendidikan jarak jauh adalah ketika pelajar mendengarkan ceramah, menyelesaikan tugas, dan berkomunikasi dengan guru tanpa kontak fisik offline dengan mereka. Ada banyak bentuk, pendekatan, dan cara realisasinya, dan akan kami ulas di sini.

Berbagai tugas dan kondisi memerlukan pendekatan pendidikan yang berbeda-beda. Pendidikan untuk sekolah dan universitas, ilmiah, pribadi, dan bisnis sangatlah berbeda.

Di sini kami akan meninjau berbagai jenisnya, namun dengan fokus pada pendidikan korporat sebagai tujuan utama kami. Mari kita mulai dengan gambaran umum pendidikan jarak jauh dan kemudian melanjutkan dengan kelebihan, kekhasan, dan implementasinya.

Keuntungan dan kerugian pembelajaran jarak jauh

Pembelajaran jarak jauh dapat memecahkan banyak masalah pendidikan. Manfaat pembelajaran jarak jauh untuk melihat bagaimana pembelajaran jarak jauh meningkatkan proses pembelajaran

  • Kenyamanan dan kemudahan
  • Keterhubungan dan fleksibilitas
  • Interaktivitas
  • Penyelenggaraan 

Di sisi lain, ada beberapa kelemahan yang perlu diperhatikan ketika menerapkan pendidikan jarak jauh. Beberapa di antaranya dapat diatasi dengan pengorganisasian yang baik, namun tidak semua kegiatan pembelajaran dapat dilakukan secara jarak jauh. Mari kita ulas contoh-contoh kelemahan

  • Miskomunikasi
  • Isolasi
  • Keterbatasan pembelajaran jarak jauh

Jenis pembelajaran jarak jauh

Sekarang mari kita tentukan jenis pendidikan jarak jauh untuk melihat berbagai pendekatannya, sehingga Anda dapat memahami mana yang paling cocok untuk Anda.

  • Konferensi video langsung

termasuk ceramah dan seminar di mana pelajar dapat berinteraksi dengan guru, mengajukan pertanyaan.

  • Kursus yang direkam

dapat digunakan untuk melatih keterampilan tertentu atau mengajarkan konsep tertentu. Peserta didik dapat menggunakan materi tambahan atau menghubungi guru/mentor melalui pesan langsung untuk mengajukan pertanyaan dan memberikan umpan balik.

  • Pembelajaran campuran

adalah kombinasi materi pendidikan online dan praktik offline untuk memperkuat dan menerapkan pengetahuan. Hal ini sangat baik terutama untuk lingkungan bisnis, di mana karyawan dapat mempelajari cara menggunakan berbagai alat dan menerapkan praktik kerja.

  • Pembelajaran mikro 

mencakup penyampaian video pendidikan kecil, infografis, dan tugas interaktif yang ditujukan untuk mengajarkan beberapa keterampilan atau konsep tertentu tanpa informasi berlebihan. Demikian pula, ini sangat efisien bagi perusahaan yang membutuhkan karyawannya untuk menguasai beberapa keterampilan dengan cepat.

Pembelajaran jarak jauh vs. pembelajaran online

Pembelajaran jarak jauh biasanya dilakukan secara online , jadi kami menggunakan istilah ini bersamaan dengan pembelajaran online. Namun terdapat perbedaan karena maksud dan tujuan pembelajaran jarak jauh tidak selalu sama dengan pembelajaran online.

Yang terakhir didasarkan pada hubungan langsung antara guru dan siswa serta kurikulum pembelajaran tertentu, sedangkan yang pertama didasarkan pada materi pembelajaran khusus untuk mengajarkan tugas dan konsep tertentu. Tujuan-tujuan ini mempunyai banyak persamaan, namun tetap saja berbeda. Mari kita lihat tabel singkat untuk membandingkan.

Pembelajaran jarak jauh

Seringkali didasarkan pada pendidikan mandiri dengan menggunakan materi dan sumber daya pendidikan. Ditujukan untuk menguasai beberapa keterampilan dan sering kali terdiri dari modul teori dan praktik tertentu.

Dapat memiliki jadwal dan tenggat waktu yang jelas serta mandiri, tergantung kondisi, pekerjaan yang berhubungan dengan pendidikan, dan keterampilan apa yang harus dikuasai.

Pembelajaran online

Didasarkan pada komunikasi online dengan guru. Dimaksudkan untuk mengajarkan beberapa disiplin ilmu dan terdiri dari kursus langsung berukuran besar dengan ujian di akhir.

Biasanya mempunyai program pembelajaran yang jelas yang harus diikuti oleh siswa, dengan menyelesaikan tugas dan lulus ujian, sehingga lebih formal.

Disadur dari: cleverlms.com