Apa Itu Kualitas dalam Teknik?

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

06 Mei 2024, 16.13

sumber: pexels.com

Kontrol dan jaminan kualitas merupakan bagian integral dari beberapa bidang dan proses teknik. Perusahaan menggunakan metode kontrol kualitas untuk memastikan konsistensi dalam output, memenuhi ekspektasi pelanggan, dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan. Mengetahui tentang ruang lingkup, proses, dan opsi pekerjaan teknik kualitas dapat membantu Anda membuat keputusan karier yang tepat. Dalam artikel ini, kami menjawab 'Apa itu kualitas dalam bidang teknik?", mendiskusikan komponen dan prosesnya, serta membuat daftar beberapa pekerjaan di bidang ini beserta informasi gajinya.

Angka gaji mencerminkan data yang tercantum di Indeed Salaries pada saat artikel ini ditulis. Gaji dapat bervariasi tergantung pada organisasi yang mempekerjakan dan pengalaman, latar belakang akademis, dan lokasi kandidat.

Apa yang dimaksud dengan kualitas dalam bidang teknik?

Mengetahui jawaban dari pertanyaan 'Apa itu kualitas dalam bidang teknik?” dapat membantu Anda memutuskan apakah ini adalah jalur karier yang cocok untuk Anda. Kualitas dalam bidang teknik adalah mencapai keunggulan kualitas secara keseluruhan dengan mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa produk yang diproduksi memenuhi harapan pelanggan. Insinyur kualitas mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu dan menganalisis proses produksi untuk mengembangkan metodologi yang memastikan kualitas, fitur yang disempurnakan, efisiensi, dan efektivitas biaya. Mendefinisikan proses kontrol kualitas dan menerapkannya secara seragam untuk menciptakan produk yang unggul adalah tujuan dari tim kualitas.

Rekayasa kualitas adalah proses berkelanjutan di mana tim kualitas mengevaluasi produk di setiap tahap untuk memahami kekurangan, mengidentifikasi kesalahan, dan memasukkan umpan balik. Hal ini membantu meningkatkan efisiensi, menghemat biaya, dan mengurangi pemborosan karena tim pengembangan atau produksi mengoptimalkan proses mereka untuk memastikan kualitas yang maksimal. Sebagai contoh, di perusahaan IT, tim pengembangan perangkat lunak bekerja sama dengan tim kualitas untuk mendeteksi bug, menguji program, dan memasukkan umpan balik dari klien pada setiap tahap proses. Demikian pula, tim manufaktur menggabungkan umpan balik untuk memperbaiki masalah kualitas. Berikut adalah beberapa industri di mana tim kualitas memainkan peran integral:

  1. Teknologi informasi
  2. Manufaktur dan pengolahan makanan
  3. Ekstraksi dan pemurnian bahan kimia
  4. Ekstraksi dan pemrosesan logam
  5. Barang konsumen yang bergerak cepat
  6. Barang elektronik konsumen
  7. Jasa keuangan dan audit
  8. Pengalihdayaan proses bisnis
  9. Farmasi
  10. Kesehatan
  11. Otomotif
  12. Mode

Apa saja komponen rekayasa kualitas?

Proses rekayasa kualitas memiliki komponen dan langkah-langkah berikut:

Pengembangan pedoman dan standar

Insinyur kualitas membuat pedoman khusus untuk mengevaluasi produk dan menentukan kualitasnya. Membuat kriteria khusus membantu menganalisis produk secara seragam sesuai dengan standar yang ditentukan. Mereka juga biasanya menerima masukan dari berbagai tim sebelum menyelesaikan pedoman kualitas. Langkah ini membantu mengidentifikasi jenis sumber daya, upaya, dan keahlian yang diperlukan untuk proyek tersebut. Misalnya, jika standar kualitas untuk produk perangkat lunak tertentu adalah adanya fitur kelas atas, pengembang dapat menentukan jenis pekerjaan, sumber daya, dan dukungan yang mereka perlukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Implementasi dan pemeriksaan

Langkah selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan kualitas pada produk yang dibuat. Hal ini dapat membantu seluruh tim untuk memahami apakah produk yang dibuat telah memenuhi standar kualitas yang diharapkan. Di sebagian besar perusahaan, jadwal peninjauan dan penilaian bersifat periodik dan dilakukan secara teratur. Tergantung pada industrinya, hal ini dapat terjadi sesering harian, seperti di industri pengolahan makanan, atau mingguan, seperti di beberapa perusahaan IT.

Aspek lain dari proses pemeriksaan dapat mencakup membandingkan produk dengan prototipe, menguji berbagai aspek keselamatan atau mengidentifikasi cacat fisik. Tim kualitas biasanya melaksanakan rencana dan penilaian proyek sesuai spesifikasi dan harapan pelanggan untuk berbagi umpan balik dengan manajer dan tim produksi. Hal ini biasanya mencakup metode pengujian awal dan parameter evaluasi untuk mengidentifikasi masalah kualitas yang signifikan pada produk.

Penilaian kinerja produk

Sangat penting untuk menilai kinerja produk dari berbagai aspek selama tahap evaluasi, dan yang paling penting di antara faktor-faktor ini adalah fungsionalitas dan kegunaan. Hal ini membantu dalam memahami kekurangan produk pada tingkat yang berbeda terhadap parameter yang ditentukan dan mengambil tindakan korektif dengan segera. Hal ini biasanya terjadi dengan mengukur kinerja produk terhadap metrik yang diinginkan dan melakukan pengujian pengguna yang komprehensif.

Wawasan yang dikumpulkan selama tahap penilaian kualitas ini dapat membantu dalam memodifikasi produk atau kemajuan pengembangan secara signifikan. Hal ini biasanya terjadi dalam bentuk laporan dan rekomendasi yang terperinci, serta pertemuan dan diskusi lanjutan. Bersikap fleksibel sangat penting pada tahap ini untuk mencapai hasil terbaik.

Pengawasan proses kualitas

Sangat penting bagi teknisi kualitas untuk mengambil kepemilikan penuh atas proses dan mengawasi pelaksanaannya. Meskipun anggota lain dari tim produksi atau pengembangan juga dapat memberikan dukungan, adalah tugas insinyur kualitas untuk mengawasi tujuan menghasilkan produk berkualitas tinggi dari awal hingga akhir. Hal ini termasuk memastikan penerapan rekomendasi, menyelesaikan masalah kualitas, mengelola risiko, dan memastikan kepuasan pelanggan di setiap tingkat.

Dengan adanya orang atau tim yang berdedikasi dalam bidang kualitas, maka akan lebih mudah untuk menyalurkan umpan balik, mengelola aliran informasi, melacak kemajuan, mengumpulkan umpan balik, dan memelihara catatan. Insinyur kualitas juga memastikan bahwa setiap orang yang terlibat bekerja secara efektif untuk mencapai satu tujuan yaitu menghasilkan produk, sesuai dengan standar kualitas tertinggi dan mematuhi pedoman yang ditetapkan.

Pekerjaan rekayasa kualitas

Insinyur kualitas bekerja di beberapa industri. Tujuan dari peran mereka di setiap industri adalah untuk memberikan barang dan jasa berkualitas unggul kepada pelanggan. Tugas-tugas di berbagai sektor adalah sebagai berikut:

Insinyur kualitas dan keamanan pangan

Tugas utama: Insinyur kualitas dan keamanan makanan menguji produk untuk rasa, rasa, nutrisi, dan kontaminan untuk memenuhi peraturan keamanan dan memberikan produk sesuai preferensi pelanggan. Mereka juga biasanya bertanggung jawab untuk memeriksa kualitas bahan baku dan bahan makanan untuk kesegaran dan nilai gizinya. Insinyur kualitas makanan melakukan inspeksi fasilitas produksi dan pengolahan serta gudang penyimpanan untuk memeriksa faktor kebersihan, seperti kelembapan dan suhu. Mereka juga memastikan kepatuhan terhadap peraturan manufaktur dan kepatuhan selama produksi sesuai dengan norma yang ditentukan oleh asosiasi dan badan pengawas keamanan pangan nasional dan lokal.

Insinyur kualitas pasokan

Tugas utama: Insinyur kualitas dalam manajemen rantai pasokan bertindak sebagai penguji pertama untuk memastikan bahwa bahan baku memenuhi standar kualitas yang disyaratkan. Mereka juga mengawasi bahan yang digunakan selama perbaikan dan memastikan bahwa biaya proyek tetap sesuai dengan anggaran yang dialokasikan. Insinyur kualitas pasokan membuktikan standar kualitas, bekerja untuk menyediakan lingkungan kerja yang aman bagi tim mereka dan mengurangi pemborosan dengan membatasi ruang lingkup proses manufaktur yang cacat. Mereka juga memastikan pengiriman bahan baku yang tepat waktu dan akurat untuk memastikan produktivitas yang tinggi.

Insinyur kualitas perangkat lunak

Tugas utama: Insinyur kualitas di perusahaan IT dan perangkat lunak bekerja dengan pengembang dan mengidentifikasi bug atau kesalahan pengkodean dalam tahap pengembangan. Mereka memeriksa perangkat lunak melalui pengujian, menjalankan simulasi, dan referensi silang bagian kode dengan program yang ada. Para profesional ini meninjau produk, menulis kode, dan mendokumentasikan proses kualitas untuk membantu pengembang dalam menyiapkan produk yang memenuhi harapan klien dan memberikan pengalaman yang mulus kepada pengguna. Mereka juga membantu tim pengembangan mempertahankan tenggat waktu pengiriman dengan mengikuti proses pengembangan dan pengujian Agile.

Insinyur kualitas manufaktur

Tugas utama: Insinyur kualitas di bidang manufaktur memastikan bahwa semua bahan yang digunakan dalam memproduksi produk memenuhi standar kualitas yang ditentukan dan dalam kondisi baik. Mereka memeriksa bahan baku yang dibeli, layanan dari vendor pihak ketiga, dan barang jadi dengan parameter kualitas yang berbeda. Insinyur kualitas juga secara teratur memeriksa alat, mesin, dan peralatan lain untuk mengetahui kegunaannya guna mengidentifikasi masalah keselamatan atau efisiensi. Insinyur kualitas manufaktur membantu perusahaan mengikuti peraturan kepatuhan, menerapkan protokol keselamatan, dan mempertahankan hasil yang tinggi dengan meminimalkan gangguan.

Disadur dari: indeed.com