Apa itu Farmakoterapi?

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

16 April 2024, 07.59

Sumber: Wikipedia

Farmakoterapi, juga dikenal sebagai terapi farmakologis atau terapi obat, didefinisikan sebagai perawatan medis yang menggunakan satu atau lebih obat farmasi untuk memperbaiki gejala yang sedang berlangsung (pereda gejala), mengobati kondisi yang mendasari, atau bertindak sebagai pencegahan penyakit lain(profilaksis).

Hal ini dapat dibedakan dari terapi dengan menggunakan pembedahan (terapi bedah), radiasi(terapi radiasi), gerakan(terapi fisik), atau mode lainnya. Di kalangan dokter, terkadang istilah terapi medis merujuk secara khusus pada farmakoterapi yang bertentangan dengan terapi bedah atau terapi lainnya; misalnya, dalam onkologi, onkologi medis dibedakan dari onkologi bedah.
Terapi farmakologis saat ini telah berevolusi dari sejarah panjang penggunaan obat, dan telah berubah paling cepat dalam abad terakhir karena kemajuan dalam penemuan obat. Terapi ini diberikan dan disesuaikan oleh tenaga kesehatan profesional sesuai dengan pedoman berbasis bukti dan kondisi kesehatan pasien. Obat yang dipersonalisasi juga memainkan peran penting dalam terapi farmakologis. Pengobatan yang dipersonalisasi, atau pengobatan presisi, mempertimbangkan variasi genetik pasien, fungsi hati, fungsi ginjal, dan sebagainya, untuk memberikan pengobatan yang disesuaikan dengan kondisi pasien. Dalam terapi farmakologis, apoteker juga akan mempertimbangkan kepatuhan pengobatan. Kepatuhan pengobatan, atau kepatuhan pengobatan, didefinisikan sebagai sejauh mana pasien mengikuti terapi yang direkomendasikan oleh tenaga kesehatan profesional.

Sejarah

Dari senyawa alami hingga obat-obatan farmasi
Penggunaan bahan obat dapat ditelusuri kembali ke tahun 4000 SM di peradaban Sumer. Penyembuh pada saat itu (disebut apoteker), misalnya, memahami penggunaan opium untuk menghilangkan rasa sakit. Sejarah pengobatan alami juga dapat ditemukan di budaya lain, termasuk pengobatan tradisional Tiongkok di Tiongkok dan pengobatan Ayurveda di India, yang masih digunakan sampai sekarang. Dioscorides, seorang ahli bedah Yunani abad ke-1, mendeskripsikan lebih dari enam ratus hewan, tanaman, dan turunannya dalam botani medisnya, yang tetap menjadi farmakope yang paling berpengaruh selama empat belas ratus tahun. Selain zat-zat yang berasal dari organisme hidup, logam-logam, termasuk tembaga, merkuri, dan antimon, juga digunakan sebagai terapi medis, dan konon dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit pada masa akhir Renaisans. Pada tahun 1657, tartar emetic, yang merupakan senyawa antimon, dikreditkan dengan menyembuhkan Louis XIV dari demam tifoid. Obat ini juga diberikan secara intravena untuk pengobatan schistosomiasis pada abad ke-20. Namun, karena kekhawatiran akan keracunan antimon akut dan kronis, peran tartar emetic sebagai agen antischistosomal secara bertahap digantikan setelah munculnya praziquantel.

Selain menggunakan produk alami, manusia juga belajar meracik obat sendiri. Teks farmasi pertama ditemukan pada tablet tanah liat dari bangsa Mesopotamia, yang hidup sekitar tahun 2100 SM. Kemudian pada abad ke-2 Masehi, peracikan obat secara resmi diperkenalkan oleh Galen sebagai "proses pencampuran dua atau lebih obat untuk memenuhi kebutuhan individu seorang pasien." Pada awalnya, peracikan obat hanya dilakukan oleh apoteker perorangan, tetapi pada periode pasca-Perang Dunia II, produsen farmasi melonjak dalam jumlah dan mengambil alih peran pembuatan obat. Sementara itu, terjadi peningkatan yang nyata dalam penelitian farmasi, yang mengarah pada semakin banyaknya obat baru. Sebagian besar tonggak penemuan obat dibuat dalam seratus tahun terakhir, mulai dari antibiotik hingga biologis, yang berkontribusi pada dasar terapi farmakologis saat ini.

Penemuan obat

Sebagian besar obat ditemukan dengan cara empiris, termasuk observasi, kecelakaan, dan coba-coba. Salah satu contoh yang terkenal adalah penemuan penisilin, antibiotik pertama  di dunia. Zat ini ditemukan oleh Alexander Fleming pada tahun 1928 setelah kombinasi kejadian tak terduga terjadi di laboratoriumnya selama liburan musim panas. JamurPenicillium pada  cawan petri diyakini mengeluarkan zat (kemudian diberi nama "penisilin") yang menghambat pertumbuhan bakteri. Perusahaan-perusahaan farmasi besar kemudian mulai mendirikan departemen mikrobiologi mereka dan mencari antibiotik baru. Program skrining untuk senyawa antimikroba juga mengarah pada penemuan obat dengan sifat farmakologis lainnya, seperti imunosupresan seperti Cyclosporin A.

Penemuan penisilin adalah penemuan yang kebetulan (yaitu kebetulan). Pendekatan lain yang lebih maju untuk penemuan obat adalah desain obat yang rasional. Metode ini didukung oleh pemahaman tentang target biologis obat, termasuk enzim, reseptor, dan protein lainnya. Pada akhir abad ke-19, Paul Ehrlich mengamati afinitas selektif zat warna untuk jaringan yang berbeda dan mengusulkan keberadaan kemoreseptor dalam tubuh kita. Reseptor diyakini sebagai tempat pengikatan spesifik untuk obat. Pengenalan obat-reseptor digambarkan sebagai interaksi kunci-dan-kunci oleh Emil Fischer pada awal tahun 1890-an. Kemudian ditemukan bahwa reseptor dapat distimulasi atau dihambat oleh agen kemoterapi untuk mencapai respons fisiologis yang diinginkan. Setelah ligan yang berinteraksi dengan makromolekul target diidentifikasi, kandidat obat dapat dirancang dan dioptimalkan berdasarkan hubungan struktur-aktivitas. Saat ini, kecerdasan buatan digunakan dalam desain obat untuk memprediksi interaksi obat-protein, aktivitas obat, konfigurasi 3D protein, dll.

Pengobatan berbasis bukti
Pengobatan berbasis bukti didefinisikan sebagai penggunaan bukti ilmiah terbaik saat ini yang tersedia untuk memberikan pengobatan terbaik dan mengambil keputusan terbaik secara efektif dan efisien. Pedoman klinis dikembangkan berdasarkan bukti ilmiah; sebagai contoh, pedoman ACC/AHA (untuk penyakit kardiovaskular), pedoman GOLD (untuk penyakit paru obstruktif kronik), pedoman GINA (untuk asma), dan lain-lain. Pedoman ini mengkonversi dan mengklasifikasikan bukti menggunakan metode sistematis, yang bertujuan untuk memberikan perawatan yang berkualitas. Pedoman ini tidak dapat menggantikan penilaian klinis, karena pedoman ini tidak dapat memenuhi semua kondisi. Profesional kesehatan dapat menggunakan pedoman klinis sebagai referensi atau bukti untuk mendukung penilaian klinis mereka saat meresepkan terapi kepada pasien.

Contoh: Pedoman Klinis untuk mengendalikan tekanan darah (hipertensi)
Jika ada seorang pasien pria Asia yang berusia 40 tahun dan baru-baru ini didiagnosis menderita tekanan darah tinggi (dengan tekanan darah 140/90) dan tanpa penyakit kronis lainnya(komorbiditas), seperti diabetes tipe-2, asam urat, hiperplasia prostat jinak, dll. Perkiraan risiko penyakit kardiovaskular dalam 10 tahun adalah 15%.

Menurut pedoman Hipertensi NICE 2019, tenaga kesehatan profesional dapat mempertimbangkan untuk memulai terapi anti-hipertensi setelah berdiskusi dengan pasien.Terapi lini pertama akan berupa Angiotensin Converting Enzyme Inhibitor (ACEi ) atau Angiotensin Receptor Blocker (ARB ) (jika pasien tidak dapat mentoleransi ACEi). [Jika tekanan darah pasien tidak terkontrol dengan baik, tenaga kesehatan profesional dapat mempertimbangkan untuk menambahkan penghambat saluran kalsium (calcium channel blocker/CCB) atau diuretik seperti tiazid pada terapi sebelumnya, yaitu ACEi atau ARB dengan CCB atau diuretik seperti tiazid.

Obat yang dipersonalisasi

Setiap pasien memiliki kondisi tubuh masing-masing, misalnya, fungsi ginjal, fungsi hati, variasi genetik, riwayat kesehatan, dll. Ini semua adalah faktor-faktor yang harus dipertimbangkan oleh para profesional kesehatan sebelum memberikan terapi farmakologis apa pun. Yang paling penting, kemajuan teknologi di bidang genetika memandu kita untuk memiliki lebih banyak wawasan tentang hubungan antara kesehatan dan gen. Dalam terapi farmakologis, dua bidang studi berkembang: farmakogenetik dan farmakogenomik. Usia akan memengaruhi farmakokinetik dan farmakodinamik obat, dan karenanya kemanjuran terapi. Pengaruh usia menyebabkan penurunan fungsi organ, seperti fungsi hati dan fungsi ginjal. Farmakokinetik adalah studi tentang efek obat terhadap penyerapan, distribusi, metabolisme, dan eliminasi. Farmakodinamik adalah studi tentang efek obat pada tubuh kita dan mekanismenya.

Farmakogenetik dan farmakogenomik
Farmakogenetika didefinisikan sebagai studi tentang gen yang diwariskan yang menyebabkan metabolisme obat yang berbeda satu sama lain, seperti laju metabolisme dan metabolit. Farmakogenomik didefinisikan sebagai studi yang mengaitkan respons obat dengan gen seseorang. Kedua istilah tersebut memiliki sifat yang serupa, sehingga digunakan secara bergantian.
Beberapa alel dapat berkontribusi bersama terhadap perubahan respons terhadap obat dengan mengekspresikan bentuk enzim yang berbeda yang merespons secara berbeda dari yang normal. Bentuk enzim yang berbeda(fenotipe) termasuk pemetabolisme ultra-cepat, pemetabolisme moderat, aktivitas tanpa enzim, dll. Variasi genetik juga dapat digunakan untuk mencocokkan reaksi obat tertentu yang merugikan untuk mencegah pasien menderita hasil yang tidak menguntungkan. Susunan genetik dapat mempengaruhi farmakokinetik.

Contoh: Terapi Azathioprine
Azatioprin adalah imunomodulator untuk penyakit radang usus, misalnya. Metabolitnya bergantung pada dua enzim yang berbeda(TPMT dan NUDT15) untuk menghilangkan efeknya pada tubuh kita selama metabolisme. Jika pasien memiliki fenotipe enzim yang memetabolisme dengan buruk, yaitu metabolizer yang buruk, lebih banyak metabolit toksik yang terakumulasi dalam tubuh. Dengan demikian, pasien memiliki risiko yang lebih besar terhadap efek samping yang terkait. Efek samping tersebut menyebabkan penyesuaian dosis atau peralihan ke obat lain.

Contoh: Terapi Omalizumab
Omalizumab adalah antibodi monoklonal yang dimanusiakan untuk pengobatan berbagai penyakit alergi, termasuk asma, urtikaria, dan rinitis alergi. Antibodi ini menargetkan imunoglobulin E (IgE) dalam tubuh manusia, yang memainkan peran penting dalam reaksi alergi. Kemanjuran omalizumab dapat bervariasi di antara pasien. Untuk mengidentifikasi responden terhadap omalizumab, tingkat beberapa biomarker dapat diukur, termasuk eosinofil serum, fraksional oksida nitrat yang dihembuskan, dan IgE serum. Sebagai contoh, pasien dengan jumlah eosinofil awal yang lebih tinggi cenderung merespons lebih baik terhadap terapi omalizumab.

Disadur dari: en.wikipedia.org