Apa Itu Engineers? - diklatkerja

Dipublikasikan oleh Mochammad Reichand Qolby

12 Desember 2022, 15.43

Sumber : WallpaperBetter

Engineer

Insinyur, sebagai praktisi teknik, adalah profesional yang menemukan, merancang, menganalisis, membangun dan menguji mesin, sistem, struktur, gadget, dan material yang kompleks untuk memenuhi tujuan dan persyaratan fungsional sambil mempertimbangkan batasan yang diberlakukan oleh kepraktisan, regulasi, keamanan, dan biaya. 1][2] Kata insinyur (Latin ingeniator[3]) berasal dari kata Latin ingeniare ("untuk merancang, merancang") dan ingenium ("kepintaran").[4][5] Kualifikasi dasar seorang insinyur biasanya mencakup gelar sarjana empat tahun dalam disiplin teknik, atau di beberapa yurisdiksi, gelar master dalam disiplin teknik ditambah empat hingga enam tahun praktik profesional peer-review (berpuncak pada laporan proyek atau tesis). ) dan lulus ujian dewan teknik.

Definisi

Seorang insinyur profesional kompeten berdasarkan pendidikan dan pelatihan dasarnya untuk menerapkan metode ilmiah dan pandangan untuk analisis dan solusi masalah teknik. Dia dapat memikul tanggung jawab pribadi untuk pengembangan dan penerapan ilmu dan pengetahuan teknik, terutama dalam penelitian, desain, konstruksi, manufaktur, pengawasan, pengelolaan dan pendidikan insinyur. Karyanya sebagian besar bersifat intelektual dan bervariasi dan bukan karakter mental atau fisik rutin. Ini membutuhkan latihan pemikiran dan penilaian orisinal dan kemampuan untuk mengawasi pekerjaan teknis dan administratif orang lain. Pendidikannya akan sedemikian rupa sehingga membuatnya mampu secara dekat dan terus menerus mengikuti kemajuan dalam cabang ilmu tekniknya dengan berkonsultasi dengan karya-karya yang baru diterbitkan di seluruh dunia, mengasimilasi informasi tersebut dan menerapkannya secara mandiri. Dengan demikian ia ditempatkan dalam posisi untuk memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu teknik atau aplikasinya. Pendidikan dan pelatihannya akan sedemikian rupa sehingga dia akan memperoleh apresiasi yang luas dan umum dari ilmu teknik serta wawasan menyeluruh tentang fitur-fitur khusus dari cabangnya sendiri. Pada waktunya dia akan dapat memberikan nasihat teknis yang berwibawa dan memikul tanggung jawab untuk mengarahkan tugas-tugas penting di cabangnya.

Tipe Engineers

Ada banyak cabang teknik, yang masing-masing berspesialisasi dalam teknologi dan produk tertentu. Biasanya, insinyur akan memiliki pengetahuan mendalam di satu bidang dan pengetahuan dasar di bidang terkait. Misalnya, kurikulum teknik mesin biasanya mencakup kursus pengantar teknik elektro, ilmu komputer, ilmu material, metalurgi, matematika, dan rekayasa perangkat lunak.

Seorang insinyur dapat dipekerjakan untuk perusahaan yang membutuhkan insinyur secara terus menerus, atau mungkin milik perusahaan teknik yang menyediakan layanan konsultasi teknik untuk perusahaan lain.

Saat mengembangkan produk, para insinyur biasanya bekerja dalam tim interdisipliner. Misalnya, saat membuat robot, tim teknik biasanya memiliki setidaknya tiga jenis insinyur. Seorang insinyur mekanik akan mendesain bodi dan aktuator. Seorang insinyur listrik akan merancang sistem tenaga, sensor, elektronik, perangkat lunak tertanam dalam elektronik, dan sirkuit kontrol. Terakhir, seorang insinyur perangkat lunak akan mengembangkan perangkat lunak yang membuat robot berfungsi dengan baik. Insinyur yang bercita-cita untuk manajemen terlibat dalam studi lebih lanjut dalam administrasi bisnis, manajemen proyek dan psikologi organisasi atau bisnis. Seringkali para insinyur naik ke hierarki manajemen dari mengelola proyek, departemen fungsional, divisi, dan akhirnya CEO dari perusahaan multinasional.

Sumber : Wikipedia