Apa itu Design Thinking?

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

22 April 2024, 17.34

Jam dinding Braun ABW30 dirancang oleh Dieter Rams dan Dietrich Lubs [de] (awal 1980-an) - Wikipedia

Pemikiran desain mengacu pada serangkaian prosedur kognitif, strategis dan praktis yang digunakan oleh desainer dalam proses perancangan, dan pada kumpulan pengetahuan yang telah dikembangkan tentang bagaimana orang bernalar ketika terlibat dengan masalah desain. Pemikiran desain juga dikaitkan dengan resep untuk inovasi produk dan layanan dalam konteks bisnis dan sosial.

Berkembang dari tahun 1950an dan 60an, pemikiran desain berakar pada penelitian tentang kognisi desain dan metode desain. Ini juga disebut sebagai "berpikir yang dirancang" dan "cara yang dirancang untuk mengetahui, berpikir, dan bertindak". Banyak konsep dan aspek utama pemikiran desain telah ditemukan melalui penelitian di berbagai domain desain, kognisi desain, dan aktivitas desain baik dalam konteks laboratorium maupun alam.

Istilah "pemikiran desain" digunakan untuk merujuk pada gaya kognitif tertentu (berpikir seperti seorang desainer), teori umum desain (memahami cara desainer bekerja), dan sumber daya pedagogi (yang membantu desainer atau organisasi yang tidak berpengalaman memahami cara desainer menangani masalah yang kompleks dengan cara yang dirancang). Banyak penggunaan istilah ini telah membuat orang bingung bagaimana menggunakannya.

Sejarah

Pemikiran desain muncul sebagai cara khusus pemecahan masalah melalui kreativitas pada tahun 1950-an dan 1960-an, berdasarkan penelitian psikologis tentang kreativitas yang dilakukan pada tahun 1940-an, seperti "Pemikiran Produktif" karya Max Wertheimer (1945). John E. Arnold dalam "Creative Engineering" (1959) dan L. Bruce Archer dalam "Systematic Method for Designers" (1963–1964) adalah dua penulis pertama yang berbicara tentang pemikiran desain.

Arnold membedakan empat domain pemikiran kreatif dalam bukunya "Rekayasa Kreatif" tahun 1959: (1) Fungsi baru, seperti solusi yang memenuhi persyaratan yang belum pernah dipenuhi sebelumnya atau yang melakukannya dengan cara yang sama sekali berbeda; (2) peningkatan tingkat kinerja suatu solusi; (3) pengurangan biaya produksi; atau (4) peningkatan penjualan. Pengembang produk harus mencari kemungkinan di masing-masing dari empat bidang pemikiran desain, sesuai dengan rekomendasi Arnold untuk pendekatan yang seimbang: "Sangat menarik untuk melihat sejarah perkembangan produk atau rangkaian produk apa pun dan mencoba mengklasifikasikan perubahan menjadi satu dari empat bidang... Ada kemungkinan bahwa kelompok Anda juga telah terjerumus ke dalam kebiasaan, memusatkan seluruh upaya pemikiran desainnya pada satu bidang dan mengabaikan pengambilan risiko cerdas di bidang lain."

"Metode Sistematis untuk Desainer" oleh L. Bruce Archer (1963–1964)[56] mengakui perlunya memperluas batas-batas desain tradisional, meskipun fokus utamanya adalah pada pendekatan metodis dalam desain: "Metode harus ditemukan menggabungkan pengetahuan ergonomi, sibernetika, pemasaran, dan ilmu manajemen ke dalam pemikiran desain." “Waktunya semakin dekat ketika pengambilan keputusan desain dan teknik pengambilan keputusan manajemen akan memiliki begitu banyak kesamaan sehingga yang satu tidak lebih dari perpanjangan dari yang lain,” kata Archer, yang juga mengembangkan hubungan antara pemikiran desain dan manajemen. .

Di Universitas Stanford, Arnold memulai tradisi panjang pemikiran desain yang dijalankan oleh banyak orang lainnya, termasuk Robert McKim dan Rolfe Faste, yang menyebarkan pengetahuan tentang "pemikiran desain sebagai metode tindakan kreatif". Selain itu, pada tahun 2000an terjadi transisi dari rekayasa kreatif ke manajemen inovasi. David M. Kelley, rekan Faste di Stanford yang membentuk konsultan desain IDEO pada tahun 1991, memodifikasi pemikiran desain untuk penggunaan komersial.

Proses menggeneralisasi ide pemikiran desain dimulai oleh buku Bryan Lawson tahun 1980, How Designers Think, yang sebagian besar berfokus pada desain dalam arsitektur. Beberapa kekuatan dan kapasitas yang melekat pada pemikiran desain pertama kali ditunjukkan dalam sebuah artikel oleh Nigel Cross berjudul "Cara Mengetahui Secara Desainer" pada tahun 1982. Artikel ini juga menjadikan pemikiran desain dapat diterapkan pada khalayak yang lebih luas dan pendidikan umum. Ungkapan "pemikiran desain" pertama kali digunakan dalam literatur penelitian desain secara substansial oleh Peter G. Rowe dalam bukunya tahun 1987 dengan judul yang sama. Karya Rowe menyoroti teknik dan pendekatan yang digunakan oleh arsitek dan perencana kota. Di Universitas Teknologi Delft, serangkaian simposium penelitian mengenai pemikiran desain di seluruh dunia diluncurkan pada tahun 1991. Berdasarkan konsep yang dikembangkan oleh Rittel dan Webber pada awal tahun 1970-an, artikel Richard Buchanan tahun 1992 "Masalah Jahat dalam Pemikiran Desain" mengartikulasikan pandangan yang lebih luas tentang desain berpikir sebagai pemecahan tantangan manusia yang tidak dapat diatasi melalui desain.

Fitur

Dalam proses berulang dan non-linier, pemikiran desain mencakup aktivitas seperti analisis konteks, pengujian pengguna, penemuan dan pembingkaian masalah, menghasilkan ide dan solusi, berpikir kreatif, membuat sketsa dan menggambar, membuat prototipe, dan mengevaluasi. Fitur inti dari pemikiran desain mencakup kemampuan untuk:

  • Menangani berbagai jenis masalah desain, terutama masalah yang tidak jelas dan 'jahat'
  • Mengadopsi strategi yang berfokus pada solusi
  • Menggunakan penalaran abduktif dan produktif
  • Menggunakan media pemodelan grafis/spasial non-verbal, misalnya membuat sketsa dan membuat prototipe.

Disadur dari:

https://en.wikipedia.org/